Categories

SOCIAL MEDIA

Minggu, 17 Januari 2016

Kode Etik Photoshop


Iya iya, gue ngaku, gue selalu edit muka gue pake Photoshop, iyak bully aja aing, bully.
(Buat yang belum tau Photoshop, itu adalah software untuk edit gambar)
Kenapa? Soalnya gue insecure banget sih, udah gitu doang. Dan ide ini gue dapet ketika gue melihat hasil Photoshop Xiaxue yang AMAZING banget! Sampe gue kaget :/

Skill Photoshop Xiaxue, Yutakis, dan blogger Singapura lainnya emang on the whole new level. Hasil editan tangan mereka bisa sangat cantik, natural, indah.

Kedua sosok ini memang menginspirasi gue banget untuk memper’indah’ online persona. Saking ajaibnya, sponsored postnya Yutakis sampe dijadiin official advertisementnya Missha! Karena skill photography dan editingnya yang top notch. Kalau kalian stalk Yutakis, kalian bisa lihat hasil karya professionalnya, bener bener bener bener perfect.

“Kok Photoshop? Berarti kamu gak nerima dirimu apa adanya dong?”
You have your point of views, so do i. Gue emang ‘mengeluh’ tentang kondisi fisik gue yang mengembung sih, dan gue belum dibolehin diet dalam bentuk apapun karena masih menyusui, even olahraga. Kenapa? Gue gak tau ya ini mindset ato apa, tapi rasanya kalau gue makan sehari 3x tanpa ngemil, ASI gue tidak sebombastis ketika gue rakus :/ Dan ini emang nafsu diri aja untuk terlihat lebih cantik di blog.

Gue pasti diet kok, pasti, tapi gak sekarang. Sekarang gue Photoshop dulu aja yes hahahah

“Berarti lu bohong dong dalam beauty reviews lu?!”

Nggak. Kenapa nggak? Karena gue punya kode etik. Gue punya batasan seberapa jauh gue bisa Photoshop diri gue, gue punya beberapa aturan ketat yang gak boleh gue langgar, agar tidak terjadi ‘review palsu’.

SEMUA KONTEN BEAUTY REVIEWS GUE DITULIS DENGAN JUJUR!

Ada beberapa kode etik yang gue pegang erat erat ketika gue meng-edit komuk w.


1.       Tidak meng-edit bidang yang sedang di review

Point ini aja udah merupakan statement kejujuran, gue gak akan meng-edit bagian yang gue review, contohnya:

Gue gak akan edit kulit menjadi lebih putih, lebih halus, kalau gue sedang mereview skincare, foundation, BB cream, atau apapun yang berkaitan dengan kulit.
Gue gak akan edit bekas jerawat kalau gue sedang review concealer.
Gue gak akan edit bagian mata kalo gue lagi review eyeshadow, eyeliner.
Gue gak akan edit lingkaran dibawah mata kalau gue lagi review concealer, eye cream.

Tapi ada satu yang akan selalu gue edit: PIPI GEMBIL DAN DAGU BIAR TIRUS.

Okeh?

Kenapa?

Gue bakal jarang banget ngereview barang kayak pengempes pipi, face massager, atau apapun yang berkaitan dengan bentuk wajah, kecuali kalau gue lagi bahas contouring. Dan gue ini jarang banget contour muko. Jadi? Tiap review pasti gue edit bentuk wajah.

Apa blush on termasuk dalam makeup bentuk wajah? Menurut gue sih tidak, karena dia hanya menambah warna, bukan untuk dimensi yang bener-bener sengaja buat ngecilin pipi.

Jadi, gue akan edit lingkaran bawah mata kalau gue lagi review lipstick, gue akan edit smile line kalau lagi bahas eyeliner, gue pasti akan edit bekas jerawat kalau lagi review bulu mata, apalaggi lipstick.  
Lagian menurut gue dengan mengedit bekas jerawat ketika lagi review lipstick, bakal menghindarkan orang dari ‘salah fokus’. Misalkan nih gua lagi review lipstick, ya gue mau orang fokus ke warna lipsticknya bukan ke bekas jerawat.

Sebagai pembuktian kejujuran, kalian bisa liat posting gue bare face tanpa Photoshop disini, bentuk wajah asli tanpa ditirusin disini.

2.       Tidak edit secara berlebihan

Edit berlebihan tuh ya tau lah ya, mata digedein ampe bulet banget, idung dikecilin ampe gila-gilaan, muka jadi putih banget.
Edit kayak gini bukan membuat orang makin cantik, tapi membuat orang jadi gak dikenali.
Emang ada yang kayak gini? Ada. Gue pernah liat, asal Indonesia juga, dan edit kayak gini menurut gue terlalu berlebihan apalagi sampe terlihat kayak ‘bukan manusia’.

Intinya sih, gue Photoshop diri untuk mempercantik diri (bukannya gue merasa gak cantik ya, but it’s just my 2 cents) nggak ada maksud untuk menipu, membuat review bohong.

Sebenernya cuman segitu doang sih kode etik Photoshop gue.

Tapi kalau misalkan gue ditanya “ihhh BB Creamnya pake apa kak? Kok mulus banget?” ato “Ihh kok mulus banget mukanya kak?” ya gue bakal jawab, “Iya dek, ini kan Photoshop hahahahaha!”.


Dan sering kok ketika orang lain muji gue cantik secara personal, gue jawab dengan “Ah Photoshop doang kok hahahah”.

Cuman ya muka asli gue gak jauh-jauh banget lah, tetep gitu-gitu aja.

Gue pun juga siap ketika orang komentar, “Ih cantikan yang di blog ya”. Ya itu konsekuensi gue sebagai Photoshop user. So?

Am I fake? Yesh, maybe. Tapi gue GAK BAKAL nerima pesenan kalo ada sponsor yang sengaja mau gue Photoshopin produk mereka.

Jadi? Gimana? :p

Ada yang mau gue ajarin buat Photoshop muka sendiri? :p



40 komentar :

  1. Sekreatip-kreatipnya aku edit muka, paling banter cuma bikin tanduk, jenggot, cacing yang nembus kuping kanan ke kuping kiri, ingus dan darah. Oh.. Ya.. Dan pake Paint! *le gabisa make photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang pasti mulai dari paint kok wkwkwkwk

      Hapus
  2. Ha..ha..
    Suka postingan ini. Jujur dan apaadanya. Aku meski bukan beauty blogger juga kadang edit2 foto wajah. Dan kalau ada yg bilang, waaahh kinclong, yah aku bilang aja ini the power of make up, daaaan gadget. Habis smartphone skrg kameranya bagus2 sih. Ha..ha..

    BalasHapus
  3. Ah menurut gue sah sah aja sih,lagi siapa sih fotonya yg gak mau instagram able.ya itu yg lo blg tadi, tergantung review dibagian mana. oyaaaa plissss bikin tutorial nya dong buat edit muka buat ilangin bekad jerawat wkwkwkw *malah minta diajarin*

    BalasHapus
  4. temn deket ada yang jago photosop. diajari puluhan kali pun masih enggak mudeng *bilang aja males* hahaha #ditabokpanci ujung2nya minta tolong dia kalo mo edit2 agak susah. sama aja yeh? gpp posting tentang photosop sesekali buat belajaran saya2 blogger baru yg masih unyu inii

    BalasHapus
  5. Hehehe demi pencitraan kadang edit2 dikit :))#hallah

    BalasHapus
  6. sotosop hanya untuk melicinkan dan tak ada yang salah untuk melicinkan wkkwkwk

    BalasHapus
  7. beberapa waktu lalu lagi belajar 'ngedit' muka. sok sok ngedit idung biar proporsional...pas jadi..hahahah malah ketawa ngakak. ini kalau yang ngeliat adalah orang yang belum kenal face to face sig its oke...nah kalau temen yang udah bertaun taun bareng bakal ngira aku oplas wkwkwk.

    emang perlu jam terbang tinggi keknya yah biar terkesan natural

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga pernahhh edit idung, terlalu tricky dan bahayaaaa

      Hapus
  8. aku jugaaa selalu ngedit fotoku sebelum post xD
    Yang aku edit bagian dahi... soalnya alamakjang jidatku lebar banget. In real life, nggak terlalu sih, tapi pas difoto entah knp selalu jadinya jidatku kelihatan lebar buanget :((
    Sama nambahin volume rambut biar nggak keliatan lepek banget.

    BalasHapus
  9. Aku malah belum belajar photoshop.heuheu...

    BalasHapus
  10. Jrg gw editin bag wajah lebih main ke warna ajah biar sesuai kenyataan, kenyataan hidup yang menyakitkan XD.

    Sipp, yg penting Kode Etik nya yg perlu di jaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krn kode etik itu maha penting bangettt heheh

      Hapus
  11. Nahla boleh tanya ga.. kamu pake laptop merk apa ya?
    Kata temenku warna tiap layar komputer atau laptop beda". Misalny nih aku buka foto blogku yang aku edit di laptop, pas buka di layar HP... warna fotoku jadi beda banget. Jadi bingung kan.. lebih enak edit foto di layar yang warnanya bisa dapet netral. Mau buka dimanapun hasil ga jauh beda. *kadang kesel edit foto tuh ya disini*
    Curhatan ini moga ga OOT.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akuuu pake Acer S3, disini juga beda kok sebenernya hahahah

      Hapus
  12. Aku gak bisa pake photoshop utk edit muka! Bikin tutorial dong 😆

    BalasHapus
  13. Postingan ini aku suka banget, Mbak jujur sejujurnya. Mau di edit pun tetap ada batasan ya, soalnya suka sih ngediti - ngedit wajah sendiri di foto. Tapi kalau udah keterlaluan bedanya sama aslinya nggak berani di upload di media sosial deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga, makanya gaperna edit idung dan super sangat jarang edit gedein mata

      Hapus
  14. aku liat ga jauh beda kok editing photoshopnya sama wajah nahla asli, emang aslinya udah tirus wajah kamu mah. keren postingannya #jempol

    BalasHapus
  15. gpp di edit pake photoshop. karena aku juga paham sebatas mana editan berlaku buat sebuah foto. foto-fotoku di blog juga di edit secara wajar.. ga masalah itu, klo org mau bully ya silakan itu urusannya dia.. hehehehe... aku setuju dengan pendapatmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pelaku cyber bully itu terlalu baper hahahha

      Hapus
  16. DIPAKE BANGET SIS FONTNYA? HAHAHAHAHAHAHA aku mah selfie males potosop ih, beauty plus aja cukup. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin2 tebar font ea sist. Beautyplus kadang ga natural gitu, salah2 jadi malah kayak plastikan gitu kulitnya hahahah

      Hapus
  17. Wkwkwk...si jerawat bisa mengalihkan dunia yah, maka perlu di edit.. Mauuu diajarin, cuma bisa pake #Camera360 x)

    BalasHapus
  18. Salut sama kejujuran kamu. Memang gak ada yang salah kok dengan edit foto. Selama gak bikin jadi beda banget mah gapapa. Itu gunanya filter kan? :D

    BalasHapus
  19. udah ga jaman ya pake camera 360?

    BalasHapus
  20. Buahahahahaha..ngakak di kalimat "Bully aja aing bully" :))))))
    Eh, samaan donk. Aku juga pas ngeriview lipstick (meski cuma satu2nya review makeup di blog) fotonya ttp pake filter dan di edit, tapiiii bibir bergincu-nya ga aku edit. Kalo pake picsart kan bisa tuh ngedit dgn di-invert alias cuma yg kita sentuh aja. ^^ Malahan aku sih filter editannya dicantumin di postingan. Sapa tau ada yg penasaran :)))

    BalasHapus
  21. photoshop itu make up terbaik sedunia hoho

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top