Thursday, 28 January 2016

#SassyThursday - Instagram Makeup


Haaaae gengsssss…
Selamat hari kamis ya! Aku suka banget hari kamis, gatau ya kenapa ahahha
Kali ini kami berdua mau bahas Intagram make up! Kok makeup?
Karena Sassy Thursday kan bahas trend, trend apa ajalah kita lahap, awalnya mau bahas polisi 86 itu cuman kayaknya lebih seru ini karena kita wanita ehe ehehe

Baca punya kak Icha disini:
Instagram Makeup

Jadi….. Instagram makeup!
Apa sih itu? Itu adalah trend makeup yang bersumber dari Instagram, buat yang ga tau Instagram, (yakelez hare gene boz) Instagram (IG) adalah social media berbasis foto, jadi mudah banget ngebuat trend yang bersifat visual, contohnya makeup.


Kenapa sih gampang? Soalnya kualitas foto yang memadai (gak perlu di klik full view), fasilitas video 15 detik yang mudah di play, dan frekuensi si trend-setter buat ngeupload itu bisa dalam jarak yang singkat, jadi semua mudah dipelajari. Bahkan gue aja sekarang lebih tertarik ngescroll IG daripada FB, apalagi Twitter, walah baca aja gue males wkwkwkkw

Untuk trend makeup ini, ada 2 pelopor (yang gue tau) dalam hal ber-makeup ini…… Kim Kardashian dan Kylie Jenner! Ya mereka adalah seleb Amrik gitu, gatau sih kenapa terkenal, tapi buktinya trend mereka bisa sampe diikuti beriburiburibu wanitaaaaaah! Dan emang super booming banget ampe detik ini.

Berikut trend yang berhasil gue rangkum:


1. Heavy Contouring


Art by me

Bukan, ini bukan sekelompok remaja dengan seifuku dan segerombolan fans yang suka ngumpul di Fx, bukan. Ini adalah contouring dengan berat, mind you, dengan berat.
Teknisnya gimana sih?
Ada nih mappingnya disini:

Dari groupon.com


Nah, teknik ini adalah mengulaskan contouring product/concealer/foundation berwarna 2 tingkat lebih terang dan gelap, fungsinya apa? Agar wajah kita lebih 3D, terdefinisi dan punya ‘bentuk’.
Contouring sendiri ada 2 personil (?): Shading dan Highlighting

Shading ini yang gelap, highlight ini yang terang. Yang gelap fungsinya men’cekung’kan, yang terang fungsinya untuk menonjolkan.

Apa sih yang biasanya dicekungin? Rahang, bawah tulang pipi, sekeliling tulang hidung, hair line, dan ada juga yang naro shading di cekungan mata, fungsinya untuk mengecilkan. Dan yang ditonjolin? Tulang hidung, tulang pipi, dagu, atas bibir, tulang alis.

Teknik ini memang udah lama banget, cuman yang bikin ini populer karena pilihan warnanya yang dramatis dan pengaplikasiannya yang lebih ‘tebal’ dari yang biasa. Yang mempopulerkan? Kim Kardashian.


Contouring versi IG ini itu ekstrim banget, karena mereka warnanya awalnya mencolok, lebih gelap banget dari kulit wajah dan garis-garis gitu. Sehabis di blend juga tetep keliatan jelas banget, hampir merubah image :0

Dulu cewek contouring kalo buat ke kondangan doang, sekarang kemana-mana contouring hahaha
Menurut gue sih, contouring ini bagus banget buat difoto IG, photoshot atau make up studio maupun panggung, kenapa? Karena aktifitas tersebut mengurangi warna pada wajah, jadi gak keliatan medok. Seperti di studio, lightningnya sangat terang, panggung juga, kamera pun mengurangi intensitas warna pada benda aslinya. Makanya contouring ini bagus banget kalo yang nerapin itu vlogger, beauty blogger atau buat portfolio.

@monapetre

Tapi di dunia nyata? I don’t think so.

Ya kecuali kalo mau nikahan sih. Soalnya medok dan kontras banget cin, menurut gue sih jadi ehm… terlalu menor. I mean, shading dikit-dikit is okay, tapi kalo sampe heavy contouring gitu? Yah hahahahah. Menurut gue sih dari depan it’s okay it’s fabulouz, tapi dari samping kayaknya terlalu tebel gitu :’)

Tapi kalau kalian mau photoshoot, mau jadi beauty vlogger beneran (I mean professional), ini adalah satu teknik yang harus kalian kuasai, karena emang it’s not easy!!!!! Cobak, mulai dari pilih warna, blending, ngebuat ‘kontur’, susyeh cin. Dan teknik ini bakal kepake banget kalo kalian suka foto-foto cetar. Keren sih, menarik banget buat di pelajari.

Yay or nay?
Hm… I say it’s a nay for real life (I mean jalan-jalan). Tapi kalau keperluan sudio, why not? :D


2. Alis tebal kotak menukik cetar


Ah gak usah jelasin pada tau kan? Ini nih biang kerok meme “alis ulet bulu”, alis yang tebel, defined, gelap dan cetar. Jaman sekarang mah bukan pake pinsil lagi ya gaes, pake POMADE! Iya, itu yang kayak gel liner :’)





Alis ini entah yang mempopulerkan siapa, adalah teknik dimana alis ‘dibuat’ sedemikian rupa agar memiliki kesan defined dan sexy (buat yang arched). Kalau dulu mungkin rata-rata wanita puas hanya dengan membentuk alis seadanya dengan pinsil alis, sekarang walaupun masih dengan pinsil alis, namun alis dibentuk agak berbeda dari bentuk alis naturalnya. Seakan-akan mereka bukan ‘mengisi’, namun ‘menggambar’. By all means, digambar dari pangkal sampe ujungnya, harus lancip dan tegas.

Ada pepatah yang bilang “Mata adalah jendela dunia, maka alis adalah bingkainya”. Mungkin itu yang membuat peminat alis cetar ini banyak?

Salah satu hal yang membuat gue kurang nyaman adalah: banyaknya wanita yang memakai cari ini tanpa punya kemampuan membentuk alis yang mumpuni dan gak tau ‘aturan main’nya.

Apasih aturan mainnya?
-Untuk rambut gelap, warna alis harus lebih terang 1 shade minimal, begitupun sebaliknya.
-UJUNG DALEMNYA HARUS DISIKAT. Jangan sampe kotak, itu gaes utama.
-Kalo mau bener-bener dibentuk, plis jangan mletat-mletot :’(((

Tapi kebanyakan banyak yang belum tau aturan main diatas, jadi masih pada item, alis kotak, dan mletat meletot. Sebenernya alis macam ini bisa di pull-off di dunia nyata, banyak kok yang sukses. Cuman menurut gue pribadi, dengan menunjukan adanya ‘helaian alis’ yang keluar jalur bakal ngebuat alis jadi lebih natural dan ‘lumrah’ di dunia nyata. Soalnya banyak banget sih yang saking tebelnya jadi ya gitudeh, jadi malah ga keliatan rambut alisnya, jadi kayak.. tempelan.

Sebagai contoh, mari kita liat alisnya non Raisa: tebel, terbentuk, tapi helaian rambutnya masih keliatan. Itu yang membuat dia menjadi icon cantik natural padahal mah pret natural apanya sih ah dasar orang-orang mah gitu kalo ga ngerti makeup tapi komen tentang kecantikan -_- *jadi sensi*


Ato kayak neng Cara Delevigne, tebel kan? Tapi rambutnya masih keliatan. Sekarang banyak banget mba-mba yang ngebentuk alis jadi lebihhhh tebel dari alis aslinya, ya wajar aja sih, cuman kadang pensil alisnya warna item jadi kayak tempelan….


Dan ada lagi yang namanya ombre brow, jadi ujung dalemnya itu dibuat gradasi dengan coklat yang lebih muda. Di dunia IG mah bagus-bagus aja, tapi di dunia nyata, I’m so sorry…
Let me get this straight: Kalo kamu belom menguasai banget, sebaiknya simpan dulu. Karena ini fatal banget, pilihannya cuma dua: kamu jadi panutan wanita atau kamu jadi brand ambassador lakban.

Jadi, yay or nay?
Yay kalo kamu bisa, nay kalo kamu cuma stengah-stengah bisanya, nay banget malah.

3. Strobing


Ini sama aja kok sama contouring, bedanya ini cuma highlight aja. Konsepnya adalah hanya menonjolkan kelebihan pada wajah. Biasanya ini mengandung shimmer untuk efek glowing. Caranya adalah sapukan ke tulang pipi, tulang hidung dan dagu. Pake brush yang lebih kecil dari brush blush pada umumnya.
Strobing ini populer akhir-akhir ini, gue pribadi juga penganut strobing, mending gue strobing daripada contouring, selain ribet juga tricky. Gue cuma contouring idung aja sih sejauh ini. Strobing di gue memberikan efek glow, kulit bagus. Tapi pastikan highlighter yang kalian pake itu shimmernya yang kecil ya, satin finish juga bagus, soalnya suka ada kan yang glittternya terlalu kayak bola disko.

Warna highlighter ini cantik banget gaaaeeeeesssssss! Ada yang warnanya pink, champagne, ivory, white, lucu lucu bangettt..


Tapi ada juga sisi trickynya dalam ngestrobing, yaitu? Kulit berminyak.
Kayaknya strobing itu buat orang yang kulitnya kering kaya gue, makanya ini populer banget di kalangan bule-bule (secara ya mereka rata-rata kering kulitnyah). Kalau untuk yang berminyak, nanti malah silau beneran gimana hahahah, kecuali ya kalo mau dipantau banget di cermin.

Dan ketika kalian strobing, pastikan make up kalian ‘keliatan’. Maksudnya harus keliatan pake lipstick, harus keliatan lagi ‘dandan’ lah pokoknya. Kenapa? Soalnya kalau lipstick kalian pudar ato makeup mata kalian ga terlalu keliatan, malah kesannya jadi berminyak? Kaya gue di foto ini, 

A photo posted by Mevlied Nahla (@haloterong) on


keliatan berminyak kan? Padahal gue make-upan lho.

Makanya, sebaiknya kalo untuk bagian wajah tertentu kayak dagu dan jidat, pake yang matte aja, karena kalo salah-salah hasilnya malah kayak minyakan. Dan kalau kalian lagi di TV gitu jangan pake berlebihan juga deh, nanti cahayanya mantul banget. Makanya kalau kalian amati, semua artis itu make-upnya matte, gak ada yang pake strobing-strobing gitu.

Yay or Nay? Yaaaayyyyy~

4. Overdrawn lips


Hmmm… ini dipopulerkan oleh si Kylie Jenner! Jadi yah.. Konsepnya sih… Punya bibir tebal.
Ya gue gak mau ngejudge ya, cuman kadang untuk mencapai tampilan yang diinginkan, orang rela beli lip plumper! Apa itu? Itu adalah alat kecil yang nyedot bibir biar bibir kalian gede -_-_-_-


Jadi kayak habis oprasi bibir gitu, tapi ya yang namanya standar kecantikan bule kan yang sexy sexy, jadi bibir tebel itu indikator keseksian juga.
tapi ada juga yang gak suka pake lip plumper (serem soalnya!), dan mereka ngegambar bibir… keluar garis.

Iyah.. gitu. Jadi pake lip liner nih (lipstick dengan wujud pensil), dan mereka ngegambar bibir di luar garis bibir alami mereka. Orang mah malu yak kalo make lipstick keluar garis, nah ini lagi trend wakakakak
Dan habis itu lipsticknya matte, biar kayak Kylie Jenner.

Sebenernya gak ada yang salah ya, sok aja atuh suka-suka kamyu, cuman ini menurut gue CUMA bagus di IG, kalau di dunia nyata aku bilang sih no.. Kenapa?
-Kalo blepotan pas makan bakal jadi aneh banget
-Kalo diliat dari deket bakal aneh banget
-Aneh banget.

Dan pasti, pasti semua orang nyadar: Itu bibir lu gedean yak?
Lagian gua heran sih orang adaaaa aja dapet ide. Awalnya ya garis tepi bibir kan gak bakal keliatan karena lipsticknya masih fresh, masih pekat, lah kalo udah ilang-ilang kan malo.
Jadi Yay or Nay? Sorry, boo… but it’s Nay.

5. Lime Crime!


Yes, liquid lipstick, who doesn’t love it?!? Warnanya opaque, ketahanannya bagus, shadenya banyak. Dan siapa pelopornyaaah? Ayo kita sama-sama sebut.. 1.. 2… LIME CRIME!

Disamping kontroversinya (penipuan bank, zat pewarna yang dipertanyakan), Lime Crime tetep dicari-cari! Karena warnanya cantik, dan sensasi pengaplkasiannya itu oh my goodness.
Sampai detik ini, peminat liquid lipstick belum pudar. Apakah gue termasuk pemakai? Yessshhhh.. Gue pake Make Up For Ever - Aqua Rouge. Belom berani sih pake yang shade merah cetar ato oren gitu, cuman ya why not? Ini masalah nyali ajah :D

Liquid lipstick ini emang belum bisa didapet di Indomaret, cuman bisa lah PO PO. Kualitasnya emang bagus, efeknya juga cetar.

Yay or Nay? Yay :D


So? Ya sebenernya 'jurus' diatas itu emang bagian dari teknik makeup yang ga salah buat dipelajari sih.

Cuma mau bahas apakah yay or nay or yay or naynaynay.
Tapi gue jadi mengambil kesimpulan: IG is IG, real life is real life.


Gak selamanya yang di IG itu bagos buat real life. Kita harus bijak memilih dan jujur sama diri sendiri, and please, no more alis lakban.

18 comments :

  1. Saya paham! Ya saya Paham!
    Dulu aku gatau apa2 beginian. Trus jadi tahu make up heavy sejak jadi model kemanten2. Tapi yaaa kalo sehari2 paling cuma alis *nambahin ujung soalnya alisku tebal setengah -_-* , ulas eyeliner brown di atas tipis, sama lipstik matte pink. Udah. Kadang cuma ganti warna lipstik doang, oren-merah gelap persis bibir. Kadang ya liptint. tp skrg uda jarang banget pke liptint.

    ReplyDelete
  2. No more alis lakban en Shinchan! Huwahahaha asli malah ngakak. XD

    Aduh Nahlaaa, ajarin contouring-strobing whatever itu lahhh. Trus rekomin produknya juga dong untuk kulit berminyak. :')

    ReplyDelete
  3. isssssshhh saya belajar countouring idung dari kamu lhooooooo :D tapi belum pinter-pinter nihhhh rada oon kalo soal contouring mah :D

    ReplyDelete
  4. aku fokus baca yang alis then mikir alisku gamau di cukur tapi mau rapih tapi ga keliatan tempelan gitu gimana yaa ??

    ReplyDelete
  5. Countouring dan Bibir tebal emang bukan buat dialy.. Tapi kalau alis tebal, kek nya bisa jadi untuk harian, biar tetep eksis ya sist..

    Satu yang kurang dalam artikel :) Sulam Alis.. wkwkwkwkwk (T___T) sapa tau belum ada yang tau dengan sulam alis, maksudnya alisnya disulam pakek benang wol wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  6. Mau nambahin mba, untuk pemula yang mau ngukir alis (halah ngukiirr), better tambahin juga eyebrow powder utk alis bagian dalam supaya lbh alami.
    Pengalaman aku pas awal belajar ngalis, pake pomade malah jadi kaya sinchan. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Hahaha sumpah ya, gw ngakak bacanya. Iya nih. Alis lakban lagi ngetrend banget. Mbak-mbak yang ngalis pake tenaga dalem kayak gitu sptnya perlu baca blog mu yang ini deh, Nah :D Lalu untuk liquid lipstick... errrr.... gw belom nyoba padahal di IG udah seliweran tuh produk sana-sini

    http://tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wkwkwk..
    kemarin aku habis di make over ama teman arisan... beberapa yay beberapa nay untuk alisku yang sengaja di rias..
    hahahaha

    mua-nya ngasih trick yang alis ombre..teman2 arisan bilang yay..

    teman kuliah bingung.. ini siapa sebenarnya -____-

    ReplyDelete
  9. bibir tebel itu sexy ya kalo kata orang barat??hhahahhaha
    aku pingin blajar yang menyamarkan pipi tembem nih ho ho

    ReplyDelete
  10. yang dijabarkan di atas bener banget kak.. terutama pensil alis item + tebel. kayak tempelan selotip aja ...hahaha
    suka deh baca2 postingan kak nahla. sepanjang apapun tulisannya gak ngebosenin, gak berasa udah baca sampe bawah2 aja .. :)
    keep blogging ya kak :)

    ReplyDelete
  11. Nggak mudeng kalo di suruh dandan begituan. Bisanya pake bedak sama lipen doang..haha

    ReplyDelete
  12. Aku suka alis tebel, tapi nggak suka pomade. Soale kalau pakai eyebrow gel gitu kok berasa rambut2 alis bener-bener ketutup yah? Jadi aku lebih suka pakai pensil atau powder aja.
    Terusss, aku pakai warna item untuk alis, yang kata banyak orang adalah SALAH. Tapi kok aku merasa nggak cocok ya pakai coklat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaka cetar sih, pake apa aja bagusss wakakaaka
      maksud aku item tuh yang bener2 sampe kayak spidol gitu lho ka yang hampir setebel eyeliner. Pinsil alis emang kebanyakan coklat sama abu2 tua hahaha yagasih.................................

      Delete
  13. itu alisnya kok cantik banget sih :)
    saya juga gak banget kalo melihat orang dengan alis model alis sinchan :(

    ReplyDelete
  14. yang selalu ngingetin untuk tampil sederhana aja justru para temen-temen kantor. biar tetep keliatan kayak bocah mungkin hwahahaha. padahal pengen coba ini itu yang PO PO an di IG

    ReplyDelete
  15. Mantap... Mantap....
    Smwnya pada cantik2...

    ReplyDelete
  16. baru denger istilah strobing. wakakaka

    http://hai-ija.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top