Thursday, 21 January 2016

#SassyThursday - Aa' Fedi Nuril


Fedi Nuril.
Fedi Nuril itu kan yang perawatan kuku kaki itu ya? Itu Fedicure hahahaha
Fedi Nuril itu yang susu anak itu ya? Itu Fediasure hahahaha
Fedi Nuril itu yang bikin galau ya? Itu Fedih di hati hahahaha
Wow o ow aku lucu sekali teman-teman, wah hebat ya aku *plok plok plok*

Baca punya kak Icha disini:

Ngomongin Fedi Nuril dan Fedih di hati, kayaknya cewek-cewek lagi pada mewek ya ditinggal nikah? Cieeee ditinggal nikah cieee~ sama mantan udah ditinggal nikah belom? HAHAHAH


Kali ini topiknya adalah AA Fedi yang belum lama ini nikah…. TIBA-TIBA. Siapa pencetus idenya? Kakak AST dong, belio sangat pandai membaca trend karena uptodate banget, lah gua? Internetan cuman buat baca komik. Nanti dua minggu lagi kita bahas kisah cinta Raku sama Chitoge yuk? Mereka lagi hot loh di kalangan otaku.

Sebenernya gua gak ngikutin sih, cuman gua tau lagi booming banget, sampe ada yang ngetweet kira-kira gini, “Ya Allah.. Fedi Nuril nikah… Cobaan apa ini.. Peluk aku Tuhan..”. WOW ternyata banyak banget yang baper ya!

Gua kira ini kawinan biasa, ternyata mereka…………… Ta’aruf.

Apa sih ta’aruf? Bisa diliat disini.

Nah, singkatnya ta'aruf adalah proses awal yang tujuan akhirnya untuk menikah. Jadi kedua pihak dipertemukan sama perantara (bisa guru ngaji, orang tua, temen), keep it in mind bahwa semua proses dijalani secara islami. Setelah saling mau, dipertemukanlah mereka berdua oleh perantara, lalu ngobrol dan silahkan tanya-tanya apapun LITERALLY; apa yang disuka, gak disuka, masa lalu, masa depan mau gimana, sifatnya gimana dkk. Dan semua harus jujur demi kemurnian ta’aruf dan keberhasilannya dalam pernikahan. Untuk lengkapnya, gue kutip dari link tadi:

Adapun proses yang saya ketahui jika melalui orang tua, saudara, sahabat dll yaitu dimulai dengan menanyakan apakah bersedia diperkenalkan dengan calon ta’aruf, menentukan kapan waktu ta’arufan, menentukan tempat pertemuan (biasanya pihak pria datang kerumah pihak wanita, namun juga bisa ditempat lainnya), memperkenalkan kedua calon ta’aruf (selama ini boleh mempertanyakan sesuatu yang diperlukan), kedua calon pulang kerumah masing2 dan diberikan tenggang waktu untuk berpikir atau istikharah, kemudian jika pasangan sudah merasa cocok maka akan dilanjutkan pada proses selanjutnya yaitu kapan waktu khitbah dan proses selanjutnya.

Jadi setelah ngobrol itu silahkan merenung, kalo cocok ya lanjot kalo ga cocok ya dadah dadah no hard feeling yes. Nah biasane proses ta’aruf ini ada tenggat waktunya, misalkan 5 menit *BERCANDA*.

Apakah tanpa cinta?

Ya siapalah yang tau tentang hati seseorang, tapi satu yang gue yakin: ketika mereka bertemu di jalan Allah, cocok di jalan Allah, maka mereka akan mencintai di jalan Allah juga.
Makanya ada yang namanya sholat istikharah (minta petunjuk pilihan), ada yang namanya Al-Qur’an (yang menjadi acuan dalam bersikap dan berumah tangga nantinya). Jadi semuanya berporos pada Al-Quran, cari wanitanya juga yang sholeha, apalagi cowoknya.. Harus siap jadi imam. Makanya ada proses merenung tadi, saat merenung sholat istikharah biar yakin, saat merenung coba tanya hati: apakah bakal cocok?

Menurut gue Fedi Nuril adalah pria yang pantas mendapat decakan kagum! Kenapa?
Secara dia artis, pemuda masa kini, populer, siapapun bisa dia dapetin, tapi dia mau lurus di jalan Allah. Kalau ada yang mau ikutin jalan Allah, insyaAllah berkah.

Dan untuk ta'aruf dibutuhin 2 orang yang emang Religion Oriented bangeettt, jadi semua harus diniatin karena Allah. Jan minta yang aneh-aneh, terima kekurangan suami/istri.

Kembali ke kisah AA Fedi.
Singkatnya, mereka kenal dari BBM, terus ngerasa cocok, lalu Fedi telp ibunya Venny (istrinya) buat ta’arufan, ta’arufan 6 bulan, terus nikah deh.

Keren sih, unik, dan bisa jadi contoh yang baik dalam masyarakat muslim.
Menurut gue AA Fedi udah gede ya, udah tau lah konsekuensi dari apa yang dia lakuin, uda gede udah jangan dicela-cela udah ah.

Tapi kalo gue disisi mereka sih, yang sebaiknya diketahui pas proses pengenalan adalah:

1. Cara pasangan marah
Comic by me

Wah ini penting banget, harus banget tau sebelum nikah, apakah dia tipe yang diem-dieman? Ato tipe yang diem-diem buang lipstick kita? Kan berabe kalo ternyata si pasangan marahnya kabur dari rumah, banting-banting meja, ato menghardik. Ini susah sih, cuman hal-hal ‘ga enak’ kaya gini harus ditanyain dan HARUS dijawab jujur, namanya juga ta'aruf bos. Soalnya kalo ternyata si cowoknya marahnya banting-banting meja kan kasian ceweknya, udah telat, udah. Kalo gue marahnya gimana? Ya gue marahnya diem terus nangis hahahahaha, jarang sih marah yang model ngebentak gitu, palingan cemberut ngambek hahah pret banget lah gua ini, cemen, ABG.

Intinya dengan tau cara pasangan marah, kita jadi bisa mengantisipasi. Oh iya tanya juga kalo marah maunya diapain, ada orang yang maunya dirayu-rayu *kayak gue*, ada yang maunya didiemin. Jan sampe pasangan kamu maunya didiemin tapi kamunya malah ngelendot manja, ato lebih serem lagi kalo kebalikannya: kamu maunya dimanja eh pasangan kamu malah ngediemin. WAH ATIT PAK ATIT.

2. Masa lalu yang suram

Ini gak kalah penting. Bukannya ngungkit-ngungkit ya, cuman kan kita harus tau pasangan sedetil-detilnya. Gimana perasaan kamu pas tau bahwa pasangan kamu dulunya tukang ngobat? Pernah dipenjara? Walaupun sekarang nggak. Ato buat yang cewek, gimana perasaan kamu pas tau cewemu dulunya ‘bandel’? Pacaran bebas, ngerokok dan hal-hal lainnya? Walaupun sekarang nggak.

Yang kayak gini penting banget soalnya, dan please ketika ada orang mau jujur tentang masa lalunya, tolong diterima… Karena mereka udah berubah.. Mereka udah gak kayak gitu lagi. Orang bermasa lalu suram itu bangkitnya gak gampang sama sekali.. Penuh air mata dan dikejar rasa bersalah (selamanya).. Kalau emang pasangan kalian baik, mau ke jalan ta'aruf (jalan yang disukai Allah), tolong terima apapun kekurangannya. Karena bangkit itu susah dan gak kalah keren sama orang yang menjaga hidupnya agar tetap ‘lurus’.

3. Boleh kerja nggak ceweknya?

Ini cukup penting di era sekarang. Soalnya banyak wanita yang mau kerja kan, nah jangan sampe kalian akrab-akrab lutju eh tau tau ga dibolehin kerja, “Udah, tutup aja tokonya!”. Wih gimana itu, namanya JEBAKANNNN! Nyeselnya bisa seumur hidup. Dan kalo udah dibatasin gitu gue gak jamin bisa berbahagia, kenapa? Kalo ceweknya emang daridulu passionnya kerja ya gimana? Wong dalam islam boleh kok kerja, asal menunaikan kewajiban sebagai istri/ibu. Makanya tanya aja ke si AA, “Aku boleh kerja?”. And the answer might surprise you.

4. Kebiasaan yang (menurut kita) nggak buruk.
Nah ini bisa jadi berantem nih, kadang kebiasaan kita yang menurut kita biasa aja eh malah gak disukai sama si pasangan, contoh:

-Cuci semua piring pas malem-malem (karena ada yang gak suka piring kotor)
-Beli make up sebulan sekali (karena nanti dibilang keseringan belanja)
-Sering nongkrong sama temen-temen
-Males mandi (GUE)
-Gak pake sendal rumah
-Gak nutup pintu
-Gak nutup kloset habis dipake
-GAK BISA MASAK *GUE*

Ya kayak gitu-gitu, remeh kan? Remeh. Tapi nanti pasangan bakal kaget, apalagi tentang masalah tutup-menutup pintu. Eh banyak lho pasutri yang marah gara-gara hal kecil kayak gitu doang hahahha. Cuman bisa lah gini2 ditolerir, ya namanya rumah tangga harus siap dong.

Sebenernya banyak lagi sih. BANYAK BANGET MALAH. Cuman 3 itu kan yang sering luput (tentang wanita bekerja itu sebenernya udah sering dibahaas, ini cuma buat ngingetin aja). Kalo tentang finance, ART, dkk dsb mah ya udah pasti dibahas ya.

Kembali ke Fedi Nuril, mungkin sejagat raya wanita endonesah sangat iri dengan mbak Venny. Mba ini dateng darimana eh tiba-tiba nikah sama Aa Fedi! Banyak banget yang iri, karena prosesnya yang barokah, terus semua cewek pasti berangan-angan diadd BBM dan dita'arufin sama Nicholas Saputra yang masih membujang wakakaakaka, "Yang.... Ayo dong telp ibu aku :(" HAHAHA

Buat ciwi ciwi lutju, sabar ea, kalo berdoa sama Allah insyaAllah dijawab kogs. Siapatau kalian tiba-tiba ketemu Lee Min Ho di Tindr terus jadian? Kan gak mungkin aja? Ato tiba-tiba kalian nemu sendal punya Reza Rahadian terus diajak ta'arufan.
Kan kayak kata om Arham Kendari, "Tak kenal maka ta'aruf". Ya tak? :*

Banyak yang bilang gue dan Brian ta'aruf karena pacaran cuman 3-4 bulan (lupa). Tapi nggak sih, gue sama kak Brian pacaran biasa aja hahaaha


Jadi apakah gue patah hati? Nggak. Aku patah hati kalo Kurama nikah. Tiba-tiba anime Yu Yu Hakusho dibuat lagi dan Kurama ternyata ada pacarnya, nah itu bisa buat gue sedih.

30 comments :

  1. Selalu suka yang versinya nahla, alurnya dapet...pleus ada komik ngehenya yg lutukkk banged...jd keinget yg tas kawe nya tema syahrini kmaren hihiii

    Aku sukanya bagian ceritamu disertai penjelasan detil yg ada kandungan nilai moralnya #eaaaakk

    ReplyDelete
  2. Enggak berhenti ketawa. *lalu lupa poin tulisannya* Enggak dink. Becanda. :)))))

    ReplyDelete
  3. Yaah, jujur kecewa karena yg dibahas taarufnya,, kirain bakal bahas barisan sakit hatinya yang komen-komennya terutama di ig si cewek sungguh menghibur ibu2 rumpi.. secara eike udah gak mungkin taarufan lagi,, haha

    ReplyDelete
  4. Kerrenn,,
    Suka banget dg gayanya nahla nulis.
    Izin ngutip salah satu kalimat d atas yaaa 😁

    ReplyDelete
  5. Nahlaa >,<
    Good post! *akudehgapatahhati :p

    ReplyDelete
  6. aduh, nisekoi lagi, ta'arauf juga mereka

    ReplyDelete
  7. Disaat emak-emak sejagat Path aku share #PolisiGanteng...aku gak bergeming ikutan ngeshare.

    Eh pas tau Fedi Nuril nikah,hayaahhh langsung ngeshare plus mringis sedih...

    Aku padamu Fedi Nuril....

    ReplyDelete
  8. pantes ya di fb bnyk yg share ttg mrk. Cuma baca sekali doang. Dan keren yah. Tapi emamg klo nikah gk pacaran dulu tuh enak. Aku ngalamin sendiri. Soalnya pas hbs nikah lucu bgt kikuk gk karuan :D

    ReplyDelete
  9. Nahla lucu bahasnya hahaha

    tapi emang benar sih, orang bangkit dari masa lalu itu ga gampang. Sampai sekarang aku udah say no untuk pacaran tapi untuk menikah pasti ingin tapi belum tau prosesnya seperti apa, intinya gamau lewat pacaran (kapok) hahaha


    www.misstyameyo.com

    ReplyDelete
  10. Ngakak abis liat komiknya. Wahahaha

    ReplyDelete
  11. keren ya, fedi nuril yg artis pake taaruf...

    ReplyDelete
  12. Aihh kak Nahla, selalu suka caranya kak Nahla nyampain sesuatu.

    Iya ding, buat lulus dari masa lalu yg pahit itu syuyahh.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. kwkwkwkwk...sukaaa ilustrasi komiknyaaa

    ReplyDelete
  14. Sorry Fedy Nurel tampangnya bukan tipe aku....jd mau kawin silaken

    ReplyDelete
  15. AKUUUUUU LANGSUNG HEBOH PATAH HATI NGILANG DARI TEMLEN karena nggak sanggup menahan pedihnya hati ini *lebay* *tapi nyata booow..*

    Padahal aku sendiri mau nikah, tapi kok tetep aja nyit-nyit ya? Duuuh xD

    Lah gimana, aku ngefans dia dari jaman ABG sampe sekarang. Dari jaman anak band yang polahnya begidakan sampe orangnya jadi ngademin kek ubin masjid sekarang ini. Asliiii dari tahun ke tahun aku dibuat takjub ama perubahan Fedi. Keliatan banget dari isi twitnya dia yang cerdas. Alamakkk calon suami idaman bangeeet uhuhuhhuhuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cokelatgosong komennya paling uhuuuksss deeh :))))

      Delete
  16. bahas taarufnya ringan, dan mudah dimengerti ini,

    ReplyDelete
  17. actually kalau diliat-liat dan dikepo-kepo (ketauan kurang kerjaan), si Fedi ini gaya taarufnya ga yang islami banget sih. pasalnya, mereka deket udah lama, yaaaa.. even ga pake pegangan tangan selama deket sama calon istrinya (waktu itu). terus ada acara merayu merayu sehala (kepo IG cewenya sampe abis HAHAHA).. kalau taaruf itu boleh modusin calon istrinya ga sih?

    hmm jadi yaaaaa... kesimpulannya.. biasa aja ah ga gimana-gimana..huehehe

    ReplyDelete
  18. hahahah, lucu nya parah parah parah XD XD. . (komentari paragraph pembuka).

    ini trend yang aneh nahla, why ? karena gw bingung, why?
    gw gak bergairah samsek liat fedi, apakah saya salah? uwowoowowo~~

    iyah sebenernya kalo mnurut gw Ta' aruf agak agak gimana yah karena sejoli married tnpa banyak tahu keadan salah satunya, jadi bener tuh kalo poin nya kudu lebih banyak pengenalan biar gak Shock, dan ikhlas kalo ada hal hal yang gak bisa mereka terima ttg pasangan.

    akhir kata semoga awet buat mereka daghhh #Doa-tulus

    ReplyDelete
  19. Aku gak patah hati. Hahha. itu ajah.

    ReplyDelete
  20. Aku mah ma reza rahadian dah patah hati pas adegan ciuman di halfworlds ^^

    ReplyDelete
  21. huwaaa...suka suka sukaaa...share ah ke socmed

    ReplyDelete
  22. *langsung kepoin IG keduanya kemarin*

    ReplyDelete
  23. Kalo aku belum nikah akupun PATAH HATIIII!

    ReplyDelete
  24. Gak ngaruh ma kehidupanku. :D Aku mau udah nikah dan punya anak. :D

    ReplyDelete
  25. Mulanya, perasaan sudah terombang-ambing, makin ke sini makin tak bergeming,
    nah pas baca ini : “Ya Allah.. Fedi Nuril nikah… Cobaan apa ini.. Peluk aku Tuhan..”. WOW ternyata banyak banget yang baper ya!
    Aku, sudah tak tahan lagi, pecaaahh
    Hahahaha...
    Salam dari bumi Borneo yaa... :)

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top