SOCIAL MEDIA

Wednesday, 2 November 2016

[Sp.] Photography Property: Alas Bulu


Karena bulu yang gua punya bagus, ngga kaya bulu ketek gua. Diam, Nahla. Sana kamu mojok.

Kali ini gua pengen ngasih apa yak, kayak wejangan gitu gasih? WEJANGAN NAHLA DIMAS KANJENG gua gandain followers yak bagos.

Gua pingin review alas bulu dan sebagai referensi aja kalo lau lau lagi kerajingan photography. Jadi alas untuk fotografi itu macem-macem banget, efeknya juga berbagai macam banget. Jadi menurut gua rada sulit untuk foto hanya memanfaatkan 1 macam background. Apalagi Beauty Blogger pasti perlu background untuk foto kosmetiknya.
Ngomong tentang background sendiri, background mencerminkan siapa eloe, taste, dan yang paling penting: image.


Image, karena Rolex ngga bakal foto pake alas scrapbook paper yang motifnya gurita. Image karena SKII ngga bakal foto dengan background talenan dan lap dapur. MUNGKIN AJA SIH. Tapi tau kan maksud gue?

Lo bisa jadi siapa aja dengan image apa aja di internet. Salah satu cara menunjukkan siapa lo ya dari foto produk yang lo jepret. Nih si Nahla orangnya anggun elegan lembut bermata indah -_-_-.

Misal si @dheameirina ini pasti anaknya imut imut lucu girly karena dia foto dengan background shabbychic dengan tatakan cupcakes bertingkat. Si B pasti anaknya clean karena dia foto backgroundnya cuman warna putih, artinya dia ngga mau ada apa-apa yang 'merebut' perhatian dari produk. Oh si @annisast girly banget, lebih ke arah cute, ceria dan 'berisik' karena dia kalau foto pasti dengan background pink, kuning dan warna vibrant lainnya.

Kalau yang mau lebih jauh lagi, @riomotret pasti orangnya perfeksionis dan suka dengan fantasy theme, kreatif juga yaiyalah riomotret. Oke membandingkan dengan riomotret emang jauh abis sih, tapi ngerti kan maksud gue? Foto lo mencerminkan selera dan personality yang ingin lo berikan.

Gue punya beberapa background untuk fotografi, tentunya dengan berbagai macam karakter sendiri. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari karakter yang diberikan background. Kaya scrapbook paper yang emang lucu banget motifnya tapi terlalu flat karena sejatinya dia hanya sebuah kertas. Atau hijab satin yang jadi andalan karena dia ngasih tekstur yang glamor, premium, feminine dan anggun tapi dia ngga bisa menciptakan image ceplas-ceplos girly yang playful. Ada juga berupa motif kayu yang bisa bikin efek organik, natural, raw tapi ya kurang feminin.

Jadi untuk memahami sebuah karakter background, lo harus tau dia sifatnya kaya gimana.

Dan uniknya, gue menemukan karakter alas bulu yang ngga dimiliki background lain. Yaiyala namanya juga karakter yak lucu uga u

Jadi kalo lo pingin sebuah alas yang cukup fleksibel secara karakter, penggunaan, mungkin lo bisa consider alas bulu sebagai solusi :D

gue habis dikasih alas bulu dari IG @farah_story!


Jadi adalah alas bulu, yaiya masa alas kaki gimanasih u.
Ini bisa disebut rasfur, dikirimin dari @farah_story,

Alas bulu ini ada berbagai macam warna, warna yang gue pake adalah pink, pink tua, biru, putih dan cream.
untuk bahan sendiri, bulunya sendiri lembut ketika pertama kali sampe di tangan gue. Lembut banget. Saran gue jangan dicuci karena ntar bisa berubah tekstur. Jadi ya jaga baik-baik aja, jangan dipake buat ngelap mulut apalagi mulut singa #jayusmaning #pulanglu #pulang
Tapi walaupun lembut, bulunya kadang suka rontok. Jadi please jangan ditarik-tarik yak. 

Gua ngga bilang dia tipis, tapi bisa diakalin dengan memesan ukuran yang lo mau. YES, dia bisa custom ukuran! Ukuran yang gue pake 160 x 50 cm dan harganya? Rp. 65.000!
Punya gua mah panjang banget lah, kelar. Saking panjangnya ngga bisa difoto. Tapi apa ini bad thing? Nggak, karena ukurannya yang panjang, bisa dijepit dan ditegakin jadi punya efek foto pake softbox!


Dan ini masih wayyy lebih panjang dari yang difoto.

Untuk diatas, gue pake infraboard dan dicantolin aja deh alas bulunya. Dengan kaya gini, kita bisa ala-ala studio, ngga perlu khawatir background, ngga perlu khawatir sama retakan tembok, ga perlu khawatir sama mantan karena mantan kamu sukanya sama orang lain.
Karena terkadang, banyak bahan yang lucu tapi susah untuk dijadiin background. Takut lecek lah, harus setrika dulu, takut kainnya terbang-terbang karena ngga punya jepitan, takut kainnya rusak karena keseringan dijepit.
Ada beberapa keuntungan alas bulu dalam hal ini, yaitu:

1. Gausah takut lecek
Karena siapalah yang mau setrika alas bulu? Ngga ada gila PR banget idup lo. Karena alas bulu sendiri ngga bakal lecek, dia hanya perlu dirapihin selayaknya ngerapihin rambut pake jari biar bulunya ngga naik-naik dan lebih teratur. Sisanya? Tinggal gulung untel-untel dan lo ngga harus khawatir lecek.
Ada beberapa bahan velvet yang gampang banget lecek, jadi tiap gue mau photoshoot pasti nyetrika dulu ya. Kan rempong gils. Mending gua nonton Sherlock Holmes.

2. Dia punya 'beban' 
Jadi ngga perlu jepitan lagi buat dicantolin di infraboard. Dan gausah takut terbang-terbang begitu dicantolin. Di atas gue ngga pake jepitan sama sekali dan dia ngga bakal goyang-goyang labil karena ditahan sama beban. Which is good!

Ini gue bahas per warna dan karakter ya!

1. Putih untuk kamu yang elegan dan dingin dan mancay

 

Untuk putih, gue memakai snowglobe sebagai objek. Udah kepikiran banget untuk bikin tema frosty, fluffy snow karena mengenal tektur dari rasfur.
Ya, rasfur, mau warna apapun, masih mencerminkan sedikit kesan feminin karena teksur visualnya yang fluffy dan lembut. Rada salah pasang ya kalo mau foto baang-barang ngga fluffy seperti..... pisau lipat?


Gambar diatas gue ambil dengan emphasizing the texture, jadi rada gue acak-acakin biar tektur saljunya masuk ke suasana. 
Karena teknik backdrop gue terapkan, efek yang dibuat jadi 'lengkap' dan cocok banget menggambarkan salju dengan kesan dingin.


Gambar diatas gue naikin brightnessnya biar kesan musim saljunya keliatan, jan lupa dikocok dulu snowglobenya biar kristalnya terbang-terbang.



Kalo dari sudut ini, jadi keliatan lebih real-time karena ambilnya sedikit dari bawah agar bisa menciptakan kesan 'nyata'. Sekali lagi brightnessnya bisa diterangin.


Ini gua ambil dengan menitikberatkan pada cahaya yang dateng dari belakang. Selain serat kain lebih nyata, mempergelap brightness bisa lebih memberi kontras pada arah cahaya loh. Terkesan flashback, old memories dan secercah harapan #KAPTENTSUBASA


Ngga cuman dengan napas bright dan fluffy, background alas bulu putih bisa ngebuat efek suram dan berhantu berbadai juga lho dengan nurunin brightness.
Salah satu kelebihan alas bulu putih adalah, lo ngga usah takut warnanya 'ngaco' ketika naikin brightness, turunin contrast dan manipulasi warna lainnya. Karena dia netral dan ramah edit banget.

Overall, background putih bagus buat yang suka efek clean namun bertekstur sehingga foto lebih ada aura lembutnya. Bagus juga buat yang suka foto low-light karena cahaya yang tembus dari sela-sela bulunya itu cakep banget.

2. Cream untuk kamu yang naturalis, vintage dan mancay

Pokoknya apapun warnanya, istilahnya tetep "mancay".


Berbeda dari alas bulu putih yang gue acak-acak, ini gue buat rapih dan searah biar ngga nabrak teksturnya dengan bunga kering yang bakal gue foto. Yang mau gue sampaikan adalah, walaupun alas bulu, tapi ngga selalu punya efek berantakan dan tekstur yang 'rame', lho. Alas bulu juga bisa ditata biar lebih 'flat'.

Background cream ini lebih ke arah orang yang suka foto-foto bunga, daun, bunga kering, hal hal vintage dan natural. Efek yang dikasih juga lebih mature karena tonenya yang warm namun ngga terlalu 'eye catching'.

Ini cocok banget untuk nambah aura hangat, makannya tema yang cocok adalah cincin pernikahan dengan ornamen bunga kering yang cantik. Cincin pernikahan melambangkan hal yang mature, sedikit nostalgic. Kalo kata Indosiar mah, golden memories lah.



Di foto atas, walaupun tekstur bunga kering udah mendominasi, tapi alas bulu tetep memberikan sedikit sentuhan tekstur yang ngga berlebihan sehingga ngga flat.



Suka banget sesi foto yang ini! Karena background - bunga kering - kristal dan cincinnya serasi banget karena warna cream yang 'mengikat' mood foto.

'


Metik cincin karena why not

Cream bisa jadi pilihan orang dewasa yang kalem, collected dan ngga neko-neko. Apalagi dipasangin sama barang barang berbau kayu.

Jadi kelebihan warna cream ini: 
-Bisa membuat mood menjadi warm seketika
-Tidak berlebihan dalam ngasih tekstur
- Warnanya ngga terlalu kuning, jadi cukup 'aman' kalo dipasangin sama barang-barang selain warna coklat.

Kekurangannya adalah: 
-Susah ngebuat image playful centil karena warnanya kalem banget. Jadi buat lo yang lebih ekspresif, mungkin bisa cobain yang warna...

3. Pink tua buat yang girly, bold dan mancay

Karena menurut gua, orang-orang menggunakan alas bulu warna pink tua kebanyakan. Pas ditawarin alas bulu, gue udah pasti milih yang pink tua karena it's just alas bulu's identity.
Tekstur alas bulu yang fluffy, cocok banget sama warna pink tua yang genit!

Untuk objek di atas pink tua mungkin agak tricky karena ngga bisa terlalu ngasal banget. Yang pasti, objeknya juga harus centil. Kayak eyeshadow palette yang warna warni, permen ato apalah.
Objek yang gue pake disini adalah barang-barang berwarna mint karena kontras antara shocking pink dan mint itu cantik banget, saling mengisi dan ngga berlebihan.

Ini gue padu padankan sama scrapbook paper, temanya liburan



Ini gua pake teknik flatlay, just like semua orang yang pake bekgron pink, pasti mereka flatlay deh ngahaha!









Alas bulu warna pink emang bagusnya flatlay karena power di warna pink itu sendiri paling kuat jika dijadiin background tunggal kayak yang dibawah ini.
Kalau dipadu sama scrapbook, efek pinknya lebih tone down dan berubah menjadi sekedar aksen, bukan satu-satunya yang membawa mood. Jadi ngga terlalu powerful buat lo yang emang ngga suka warna ngejreng.


Buat lo yang merasa terlalu ngejreng dan ngga klik-klik amat sama warna pink tua, ada juga versi yang lebih lucuk! Karena ngga semua orang suka warna bold kann


4. Pink muda untuk kamu yang princessy dan... Mancay

Salah satu warna aman yang masih kental elemen feminin, ya itulah warna pink kalem.
Kali ini gue pake bedak motif doodle, kertas scrapbook gambar bunga kecil dan tatakan lace. Ceritanya mau feminin princessy yang rada childish :D dan gua belom pernah buka ini karena sayang ini lucu banget merk jepang aakkkk!



Jujur gua rada susah untuk 'ngebelokin' dan ngebuat image dengan warna pink karena secara karakter, ngga sekuat pink tua tadi yang udah nonjok dan loud banget. Karena ini bukan baby pink juga, jadi image yang dibuat oleh alas bulu ini ya palingan princessy, centil tapi tetep collected. Ngga berisik berisik amat.



Tapi warna selanjutnya yang pingin gue tunjukkin adalah warna yang paling tricky, yaitu...

5. Biru untuk eloe yang feminin tapi gamau ngaku

Wah sumprit ini susah banget untuk cari objek yang klik, pas dan jodoh. Teorinya sih warna shocking pink lucu ya, atau ya kalo mau aman ya warna putih atau biru muda. Cuman trust me, kalao lo bisa pull off warna ini, hebat banget!
Gue pake instax pink saking kehabisan ide, tentu saja dengan kertas scrapbook untuk memvisualisasikan image lebih detil


'

Warna birunya emang cantik banget, cuma harus pinter milih objek dan tau mau 'dianter' kemana fotonya. 




**

Overall, alas bulu keren banget buat yang pengen imagenya playful, fluffy dan feminin. Kaya yang gua bilang, dia emang akan selalu punya sedikit sentuhan feminin.
Kekurangannya mungkin ngga semua image bisa dia create dan lau tetep butuh elemen lain untuk spice up your image apalagi kalau bahas kosmetik dan hal centil. Untuk menghasilkan foto yang centil (sesuai karakter alas bulu itu sendiri), lo emang butuh properti lebih dari satu.

Tapi kalau mau start coba-coba foto, bisa beli yang warna putih dulu karena paling fleksibel konsepnya dan bagus kalau pakai konsep studio ala-ala.

Apalagi Farah jual alas bulu versi besar yang gue review disini


Thanks ya!

LINE: nazlafarah13
WA: 0857 4200 7417

15 comments :

  1. Iya cantik banget mba :D makasih banyak ya infonya :D cocok banget ya bookstagram :D

    ReplyDelete
  2. Deugh... Superrr mancay dah semuamuanyaaaa.... Hidup mancay! Hahaha...
    Ini sebenernya mancay tuh apaan sih nahla? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mancay itu: mantap say. Tapi jadi cay karena mansay itu aneh haha

      Delete
    2. Wkwkwk.... Oalaaaahhh... Kirapun apakah hahaha...

      Delete
  3. Alas bulu emang lg hits bgt ya, alodita yg sering liat pake. Dulu pernah envy bgt waktu kaka bawa bulu domba dr new zealand, bagus bgt, tapi skrg lokal jg udh bagus juga, dan yg pnting buat aku mah MURAHHHH..

    ReplyDelete
  4. Surprise rasanya pas lihat profil kamu. Masih muda dan produktif. Salut deh! :D

    Alas bulunya bagus, ya? Warna biru gitu. Kemarin aku pernah liat punya teman warnanya putih.

    ReplyDelete
  5. Yeee makasih Nahla dikau memberiku inspirasi. Kemaren aku abis ke pucuk Surabaya gudangnya toko bahan kerajinan dan kain, trus aku tau ada kain rasfur ini. Kayaknya bakal aku borong deh.

    And yesss maafkan aku di sini bukannya nyawerin sponsormu *digumohin

    ReplyDelete
  6. Biasanya sih aku pake scarf motif soft gitu untuk alas, mau pake bulu2 hmmm takut latah >.<

    Tapi etapi abis ngebaca ini kok pengen pengen gimanaaaa gicuuu.
    Tar deh, kalo alas bulu ini udah gk ngehits boleh laaah dibeli wkwk.

    ReplyDelete
  7. Bagus deh kalau lebaaar. Aku kira seukuran serbet gitu aja. Eh ini bisa buat slimutan hehe

    ReplyDelete
  8. salam kenal kaka, baru pertama kali main ke blog ini, tempaltenya luar biasa menarik, eye catching banget,,kayak pemilik blogger personal profesional gitu, keyeeennnn.

    nanti coba deh, tips yang dapet pakai becgroung biar hasil foto makin bagus

    ReplyDelete
  9. postnya inspiratif banget mbak, nambah ilmuuu..duhh jadi pengen punyaa alas bulu..hwhwhhw..fotonya juga bagus2 :3

    ReplyDelete
  10. Bagus, kirain tadi pake foto ilustrasi dari pixabay etc, ternyata foto sendiri.. udah pinterest banget, mancaayy, haha

    ReplyDelete
  11. Yang cream kusukaaaa. Bawaannya pengen nikah 😂

    ReplyDelete
  12. Baru baca postingannyaaaa dan terkesimaaa. Nahlaaaa ciyuss potonyaa kereen semuaaaaaa😍

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top