SOCIAL MEDIA

Monday, 24 October 2016

[Sp.] Home Photoshoot ala Studio!


Siapa yang ga ada budget untuk photoshoot anak-anak? T_T AKOOOOO! Gue pengen banget photoshoot ala-ala anak artis, kenapa? Karena pingin ajaaa mengabadikan moment apalagi anak umur 2 taun kan lagi aktif tapi masih ada baby fat chubby-chubbynya gitu, apalagi giginya rata-rata masih bagus kan? Jadi biisa diarahin untuk ngapain aja. Misalkan, disuruh nyengir pasti mau, unjuk gigi pasti mau, kecuali disuruh belanja ayam paha atas 1 kg di Pasar Modern. Yakalay boz.

Gue berhasil untuk melakukan photoshoot ini! Mungkin hasilnya ngga yang kaya artis-artis karena kan ada properti yang dimiliki studio kayak lighting, sirip mermaid dan hal-hal tematik lainnya. Tapi ini worthy banget lho buat dipajang di dinding rumah, selama ngambil gambarnya bagus, ya! Kan gak asik ya kalo mau di frame tapi ada potongan daster keliatan di kaca -_- jadi gue ngerangkum hal-hal 'aman' yang bisa diterapin banget di rumah!


Ngga ada lighting ribet, ngga ada background ribet, mau foto pake kamera hape bisa, kamera mirrorless bisa, disini gue pake DSLR, karena ya emang suka aja foto pake DSLR, mumpung punya hehehe. Tapi bisa banget pake handphone biasa!

Ini yang kalian butuhin.

1. Tembok putih

... atau background yang ngga jorok. Nggak jorok itu kayak gimana sih?
-Ngga ada barang ganggu
Misalkan foto di ruang tamu bisa, tapi jangan sampe ada nyempil barang yang ngga nyambung kayak lap meja, mainan di meja TV, sebisa mungkin semua simetris dan teratus sih. Ngga simetris jugeeee, tapi kalo mau ngambil foto anak dan pingin anak jadi center of attention, foto dengan background tembok emang yang paling bener. Karena semua rumah pasti punya tembok kannnn..

Bisa juga dengan apapun background yang lau mau, tapi ingget harus teratur ya. Teratur, rapihh. Teratur versi gue adalah ketika lemari di tengah, ngga ada daun pintu yang 'bocor', semua enak diliat dan serasi. Warnanya juga harus dipikirin apakah cocok dengan tema, cocok dengan apapun lah.
Makanya dengan tembok putih, warna apa aja jadi masuk :D

2. Karpet/alas bulu!

Kenapa sih ini penting? Karena jujur aja: ngga ada ubin yang bagus. Yakannn?
"Terus, aku mau pake karpet yang biasa aja, gimana?". Bolehhh, tapi karpet biasa itu biasanya buluk kan karena kena kaki, jadi gue saranin kalau mau keliatan professional ala-ala, inves alas bulu itu ngga merugikan, lho! 

Tapi di IKEA harganya mahal yaaaa, pasti 600an gitu -_- makanya gue punya alas bulu yang harganya 150rb dan dapet cukup luas untuk karpet 'sopan' di kamar tidur, photoshoot, foto barang. Setiap rumah kan minimal harus ada 1 sudut cantik ;) biar tetep semangat dan dapet inspirasi serta nggak bingung kalau mau foto produk khususnya blogger. 

Tapi biasanya karpet kan tebel dan berdebu banget, dilipet juga makan tempat karena hanya bisa dilipet ala silinder -_-
Makanya, alas bulu punya gue ini (makasih @farah_story!) karena ngga ada alas karet bawahnya, jadi tipis dan ringan! Bisa dibawa ke manapun spot foto yang lo mau :D

Dilipetnya juga gampang karena bisa dilipet kotak gitu karena ini tipis.
Ini versatile banget untuk parenting blogger, mom blogger yang pasti cerita tentang anak, tapi bingung foto anak. Di luar ngga ada pemandangan, ruang tamu biasanya kotor kan apalagi kalo anaknya suka mainan, belom lagi bekas-bekas pocel di ubin yang bikin tambah susah.
Solusinya ya gelar aja ini barang, bener-bener ngga ribet karena tipis, dan BOOOMMM GURLLLL foto anak lo jadi dan cetar karena mirip di studio!

Apalagi untuk beauty blogger yak, bisa foto flatlay kosmetik, bisa dijadiin backdrop apalagi untuk yang suka foto! Kok backdrop? Saking tipisnya, ini tinggal di jepit di infraboard dan ditegakin. Tipis, lebar dan gampang banget buat diapa-apain. Ringan banget! Udah ngga perlu ke IKEA cuman biar beli karpet ukuran 100x130 cm! Dan harganya cuma Rp. 150.000!

150 ribu dan lo bisa menyulap kamar lo jadi ala-ala apartemen di Senopati *ngarep*

Tipis jadi lebih portable

Dan kenapa warnanya putih? Karena bisa jadi efek awan, fluffy dan menunjukkan kepolosan anak-anak. Selain itu kalau anak-anak mau geletakan, gapapa banget karena ini halus dan ngga rontok-rontok sih sejauh ini. Cuma anak harus cuci kaki dulu ato cuci sepatu karena kalau kotor bisa dekil T_T
Untuk kelembutan, udah oke banget. Bulunya ngga rontok-rontok selama ngga diuyel-uyel kan -_- 

Unutk 150k, gue dapet yang ukuran segini kira-kira:


 Ini tekstur dari alas bulu (gue ngga bilang karpet karena karpet ada anti slip karet yang ngebuat jadi makan tempat dan ngga protable).
Jadi dia bulunya rada panjang, bahannya adalah.......... bulu. Bukan bakso. Iyalah menurut lau.
Mungkin kendalanya ketika lo pemalas kaya gue dan lo males untuk vacuum cleaner -_- cuma itu emang problem untuk anak pemalas sih, kalo lo rajin mah bakal bagus-bagus aja. Dan disaranin ini taro kamar aja yang jarang diinjek karena kalo lo taro di ruang tamu? Behh


Ini dibawah gue foto closeup, ya setinggi itu lah. Kenapa sih karpet dengan bulu yang rada panjang itu bagus untuk photoshoop? Karena nanti helai-helaian putihnya kejepret di foto jadi kaya di timbunan awan gitu. Dan ini fluffyyyyyyy jadi lucuk lol. Ati-ati aja nyucinya, nanti tekturnya berubah. Jadi ya taro dan kagumi keindahannya -_-

'

Jadi kalo mau merintis jadi blogger dengan banyak foto, blogger yang suka fotoin ootd anak, flatlay barang-barang sponsor (HAHAHAHA), coba inves ini aja ;) bisa untuk barang bisa untuk manusia lol!! 

 3. Tentukan tema!

Ini gue temanya, "Sweet dreams" jadi gue menambahkan elemen piyama dan boneka yang panjangnya sama kayak bodi Mabi. Salah satu alasan kenapa gue pilih boneka ini karena.... Gue ngga ada boneka lain yang lebih lucu lol!
Ini bonekanya flat jadi ngga makan 'volume' badan si Mabi, tinggi jadi dia kalo dipeluk lucu karena sejajar.
Untuk piyama, gue pake leher bulet dan motif gajah-gajah melayang biar lebi dreamy tapi cute. Ini yang bikin lucu kerahnya, jadi keliatan banget fluffy dan childish.

Ditambah karpet yang teksturnya dreamy tapi ngga mengambil perhatian berlebihan, udah tepat banget konsep ini.


Untuk properti, pakelah yang kira-kira sesuai dengan tema. Ini warna bonekanya ora nyambung sih jadi ya yaudahlah lol. Kayak kalo mau foto ala ala piknik, bisa ditaro keranjang piknik, atau cangkir mainan, topi yang kebesaran biar nanti si anak main-mainin topinya.
Ato mau foto pake pete boleh deh serah lo zzz -_-_-_-_-_-

4. Harus ada orang yang bantu!


Selain bantu jaga biar anaknya ngga melanglang buana, bantu biar anaknya senyum senyum, ngobrol, melawak dan kuncinya adalah: ada interaksi dengan anak.

Semua bisa diliat dari mata anak, apa anak lagi interactive mode atau nggak. Jadi kehadiran kakak/papa/siapapun itu penting banget untuk keep anak di spot itu. Yang penting sih anak ga kabur dan ada temen bercanda (!!)

Karena kalo berdua ma emak kadang anak pingin minta gendong, nangis (ini juga saik sih buat di foto cuman ntar lo dibully HAHA).

Dan jangan pake hape juga, nanti gue ada foto Mabi pegang hape dan matanya jadi "off focus" banget, kayak ngga 'hidup'. Jadi hape bukan solusi, gengs.
ATAUUUU bisa puterin lagu! Untuk emak yang mau foto sendiri karena ngga ada orang di rumah. Nah, kalo diputer lagu selain uplifting mood, anak jadi joget dan nyanyi, which is cute.

5. Pake shutter speed tinggi

Untuk DSLR, gue di foto ini pake minimal 1/100, jadi good lighting itu penting banget karena kalau shutter speed tinggi otomatis foto jadi lebih gelap. Untung deket jendela karena sinarnya bagus dan merata.
Kalau pake handphone, biasanya ada Sports Mode atau Child Mode. Cari opsi yang memperbolehkan kita ngambil gambar dengan objek yang cepat.

Makannya biasanya fotografer anak apalagi toddler itu ada 'kelas'nya karena harus capture moment lucu itu susah lho. Kalo ibunya yang foto kan anak udah akrab, kalo stranger kadang suka ngga akrab malah nangis. Makannya shutter speed tinggi itu butuh banget biar memonet sepersekian detik itu dapet!

6. Makan sosis sonice.

Ya kagaklah.

Foto aja dengan papa yang melawak, anak pasti bahagia. Awalnya dia pasti canggung, disinilah peran papa untuk melakukan pose yang memalukan demi anak dan endorsan mama. Ya papa, pengorbananmu tak cya-cya.

Bisa dikasih petunjuk,

"Ayo peluk bonekanya!". Maka hasilnya bakal kaya gini:



Mabi belom mandi demi mengejar matahari. Pas kan samatemanya lolol!
Kalau diliat di kakinya, helaian bulunya jelas banget, kayak rumput. Jadi dia bukan bulu yang sifatnya blur gitu, dia jelas banget helaiannya. 


Ini gue foto dari atas (banget). Jadi kaki gue melangkahi Mabi dan fotoin dia. Dia dikasih instruksi semacam, "Peluk bonekanyaaa!". Boneka ini lucu karena dia seperti 'teman'.


Ini gue sambil rada tiarap gitu ngambilnya biar sejajar sama Mabi dan bisa nangkep ekspresinya dengan jelas.


Ini one of my fav karena dia centil buangat! Karpet bulu makes it better karena bakgroundnya clean tapi masih cute dan berteksture. Karena kalau pakai kain putih biasa, selain keras (jadi anak gabisa goler goler), dia terlalu flat jadi ngga ada kesan playful.



Ini sudut yang  pas karena bisa ngeliat ekspresi anak dengan posisi tiduran yang tentunya unyu dan pelukable


Di foto head-on gini, bisa keliatan jelas pancaran sinar matanya, ekspresinya dan semua fitur dengan jelas.
Pokoknya kalo foto sama anak, harus keliatan ekspresinya karena itu daya tarik. Jadi cobalah semua angle karena bisa bikin efek foto yang beda.
Dari depan bisa keliatan sinar matanya, dari samping bisa keliatan pipi tembem dan interaksinya dengan orang sekitar. Coba coba aja,

Terus yang dibawah ini kesayang aq:


Gausah khawatir keras karena alas bulunya lembut jadi nyaman buat foto kaya gini. Mabi pegang cotton bud -_-

Dengan angle kaya gini, mata ka Brian bisa keliatan berbicara dan ekspresi Mabi kayak, "Huh liat nih Mama, aku dipeluk HAHAHAHA".

Terus karena gue ibu yang aji mumpung ada penghibur, jadi gue buat tema satunya lagi dengan kondisi Mabi udah mandi donggg, kali ini temanya, "Walk the Dog" dengan mainan yang dikasih Gladys!




SEEE dia kalo dikasih hape langsung diam tidak interaktif!

 "Mabi, Mabi!"

 "Smileeee!"

"Cheeeseeee!"
 Ini gue pake pencahayaan dari belakang dan sedikit dari depan. Untuk ngasih efek dreamy dan memutihkan semua background. Semua putih ditambah alas bulu berserat jadi dia kaya di awan :D gausah ke studio, coba aja maksimalkan cahaya dan atur brightness :D



NAH! Ini tujuannya shutterspeed tinggi! Karena dia ketawa gini cuma sebentar aja, tapi coba liat ngga ada yang gerak kan, paling cuma ngeblur karena tangannya di belakang. dari roknya aja yang dinamis ngga ada motion blur sama sekali. Makannya DSLR itu berguna karena selain bisa ngeblur, dia juga bisa ngeset shutterspeed ampe gataulah berapa hahaha ko gue lupa. Yang pasti untuk capture pergerakan anak bisa banget ASAL ada cahaya yang mumpuni.


Ini foto dengan Xylophone ala-ala. BTW dia dari kemaren ngoceh, "Abang Xylo... Mabi Mabi... Abang Xylo nangis" padahal yang nangis Mabi -_-




Tercapai kann? Dengan background bersih dan karpet ala studio, ngga perlu keluar duit mahal-mahal. Ngga perlu ngebatesin foto yang diambil, ngga perlu nambah sesi kalau 1 jam udah abis. Santai dan pigura-worthy!


Kalau mau beli karpetnya, cek IG: @farah_story ya!!!

100 x 130 cm: 150.000 saja. Gausah ke toko perabotan yang biasanya harganya udah 600-700 ribu! :p
Bisa made by order dengan warna lain kayak shocking pink, biru muda, creme dengan ukuran yang terserahhhhh bangetttt!

Thanks ya,

LINE: nazlafarah13
WA: 0857 4200 7417

31 comments :

  1. Impian banget tau punya karpet bulu2 kayak gini. Nggak usah selebar ini juga nggak papa, yang penting cukup buat pepotoan produk. Kalau anak, nggg...keknya udah nggak terlalu lucu soalnya udah gede, hahahaha.

    Nggak kayak Mabi yang ucul maksimaaaal. Itu yg pake dress trus mangap dan tangannya ke belakang suka bangeeeet. *Uyel uyel Mabi <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia jualll dari yang kecil ampe gedee ada yg hargane 65k kalogasalah hahaha

      Delete
  2. mupeng sama karpet bulunya, sayangnya rumahku enggak ada tembok warna putih... catnya biruuuuuu

    tapi, tips ini bolehlah kapan2 di cobaaa

    ReplyDelete
  3. Keren! Karpet bulunya bikin pengen tuh. :)

    ReplyDelete
  4. Lucu aneeet mabiii.. Hah, karpet bulu begini slain vacuum nyucinya gimana kalo kuning2? Kayaknya dikeluarin kalo mo poto doang ya. Sayang kalo kuseeem.

    ReplyDelete
  5. Waaww tips nya oke bgt mbaa.. Dipi ngikutiiiinn ahhh... Hahaha.
    Salam kenal, dipi, bandung.

    ReplyDelete
  6. Mabi lucu banget sii . Mirip kak Nahla banget 😇

    ReplyDelete
  7. keren semuanya.. salam kenal mabi dan momy..

    ReplyDelete
  8. Astaga, bagus bangeeeeeeeeeeeeeeeeet, ala ala riomotret yekan wkwk

    ReplyDelete
  9. aaakkk pas amat aku lagi nyari karpet bulu2 gini, hahaha.. MABI main lagi yuuuuukkkk :D

    ReplyDelete
  10. Aku kok Fokus sama Mabi dan papanya coba T_T

    ReplyDelete
  11. Okee banget tips nyaa. Dan Mabi lucu bangeeet siiiy :*

    ReplyDelete
  12. waaah, aku juga mau beli karpet bulu untuk aksesoris foto-foto. kalo dinding kayaknya aku mau beli karton putih aja, soalnya rumah kontrakanku catnya pink ga jelas

    ReplyDelete
  13. Keren foto-fotonya Nahla. Tipsnya juga oke. Tinggal dicobain aja. Trims ya :)

    ReplyDelete
  14. Langsung stalk seller alas bulu ��
    Btw, itu papanya mabi artis ya? Kayaknya pernah liat main ftv kalo nggak salah..

    ReplyDelete
  15. Lucu mabii..
    Ih hasilnya cakep yaa nahlaaaa. Aku lagi pingin foto gini..

    ReplyDelete
  16. Ubin kamar aku bagus, La... Keramik. Hahahaa.... jadi aku cinta. Tapi.... aku belum punya baby. Biasanya sih mpus jadi objek. :3 nice post!
    Mabi lucuk....!

    ReplyDelete
  17. Kotaknya itu putih segi empat dibuat sendiri ya Mak? Pesan tukang kayu? Kayak jadi studio mini gitu ya?

    ReplyDelete
  18. Kotaknya itu putih segi empat dibuat sendiri ya Mak? Pesan tukang kayu? Kayak jadi studio mini gitu ya?

    ReplyDelete
  19. Eh iya loh, kemarin ngintip di IKEA yang ukuran kecik aja udah 300rebooo. Ini segede gaban cmn 150rb huhuhu, lucu putihnya. Sayang banget emang kalo kena kotor >.<

    MABI GEMESIIIIIN sekali ^^

    ReplyDelete
  20. Kereeen! aku pernah nyari alas kek gitu di toko kain ternyata ga ada yang panjang,
    Pengen nyoba pakai HP semoga bisa :)

    Makasih Tipsnya Mba..

    ReplyDelete
  21. Mau beli juga aah... karpet bulunya. Tp kl saya sih udah bukan motret anak lg scara anak2 saya udah lewat masa2 unyu nya hihihik...

    ReplyDelete
  22. Keceee.. Lucuuu Mabi.. Kayaknya mesti punya karpet bulu kayak gitu, bisa buat foto macem2 yaa.. Iya klo foto studio mahil bener.. hiks..

    ReplyDelete
  23. mantep, harus ditiru ini bun, jauh lbh hemat

    btw kalo pake kamera 5mp hasilnya bagus ga ya?

    ReplyDelete
  24. Lucu bgt karpet bulunyaaa, jd pengen beliiii

    ReplyDelete
  25. Mabiii, cantiknya udah keliatan banget, Nah :D

    ReplyDelete
  26. Penting banget ini info foto studio ala2 nya. Haha.. Mabi cantikkk

    ReplyDelete
  27. Pipimu, Mabi.... Minta dicubitin huehehee
    Btw, makasih buat rekomen IG utk beli alas nya itu yah mbak :D

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top