SOCIAL MEDIA

Monday, 14 November 2016

Foodies! - The Wicked Cold: Gelato, Fruyo, Comfort Food


Hae bozz, kali ini gue pengen bahas makanan! As you see, gue itu suka banget makan dan gue pernah bahas tentang makanan di blog gue yang lama. Mungkin blog gue jadi campur campur banget but i have no problem with that karena i am a woman with countless interest!


Kali ini mau bahas sebuah cafe baru di daerah Citra Garden, arah-arah Cengkareng. Cafe ini khusus buat sweet tooth karena ngejual makanan manis dengan interior lucu, dilengkapi wifi juga lho!


Dari judulnya aja udah dipastikan dia jual dessert sebagai menu utama di cafe ini. Gelato artinya es krim yang lembut (originally from Italy), fruyo itu frozen yoghurt dengan banyak rasa dan topping mantap, comfort food itu makanan yang... bikin nyaman kalik yak. Udah fix banget cafe ini diciptakan buat nongkrong nongkrong lucuk.
Kawasannya sendiri di ruko Citra Garden yang mana banyak banget makanan, sederet makanan semua itu!
JADIIII ini tuh cafe punya sahabat gue, Gladys! Yang punya Douce et Lisse dan dia sendiri yang masak! Ada asistennya, tapi mostly dia yang ngaduk, masak, jadi dia bener-bener work hard banget. Even dia yang bikinin gelato gue, press-in gue wafel, adukin hot chocolate. Dia semua, di dapur! Jadi gue nongkrong aja di dapur. Kakaknya juga salah satu pemilik, lebih ke kasir dan bagian nyapu-ngepel. Jadi ini cafe yang dimiliki kakak-adik yang gue kenal deket banget parah!

Dan kakaknya sendiri yang desain interior semuaanyaaaa, cakep banget gila. Instagram-able :')

Interior:




Untuk interior sendiri, dia mengusung tema cozy dengan sofa malas, majalah, bantal dengan prints warna cerah. Jadi dia menggabungkan warna cerah berupa pemilihan warna sofa, stripes kuning buat di dinding. Jadi walaupun ceria tapi tetep cozy karena didominasi sama warna putih. Dan lowong banget banget walaupun tempatnya sendiri kecil! Karena ci Janice tau banget how to make ruangan kecil jadi spacious parah. Sofanya ngga seragam, disesuaikan sama sudut ruangan. Mungkin sofa kuning diatas kurang kursi kali ya, karena aneh aja gitu kalau 2 orang duduk dempet-dempetan lol!



Seneng karena dia ngasih elemen tanaman buat refresh the entire shop. Dan dia terpapar banget sama natural light jadi bagus buanget dan mudah banget buat foto-foto. Yang diatas ngadep keluar, kursinya agak ketinggian sih jadi hati-hati banget buat naik, sandaran pendeknya juga rada awkward buat nongkrong lama-lama.



Sepi karena ini baru buka! Jam 10 gue disana -_- di sisi satunya itu sofa biasa berjejer, yang bikin spotnya unik ya sofa kuning itu tadi. Dan majalah yang disiapin itu middle-end banget. Walaupun siang tapi tetep adem karena AC nya... 3 -_- Untuk lagu sendiri, musiknya genre pop ballad yang slow tempo gitu. Terus gue saranin ke Gladys.... "Sa, pasang Debussy aja napa?". Dijawab sama dia, "Hah? Lu gila?"
Atau ngga swing jazz jaman-jamannya Ella Fitzgerald, Louis Armstrong, Anita O'day. Pasti cozy nya lebih kerasa karena dia low pace dan naikin kesan prestis banget. Atau bossa nova buat yang lebih lounge-y. DYS BELI CD DYS.

Terus kita ke lantai dua yang ngga kalah clean!


Gue suka banget ci Janice masangin yang geometry gitu sebagai aksen, karena kesan modernnya lebih dapet. Agak beda, kalo dibawah lebih warm feelnya, kalau diatas lebih sharp aja gitu, tetep cozy dan enak buangatttt


Gila ya Dys, every spot insta worthy banget apalagi pake natural light!




Tapi mungkin bisa lebih diperhatiin untuk kenyamanan kursi, tata letak, psikologi orang nongkrong di cafe adalah makin nyaman makin lama karena dessert sendiri bukan makanan yang lama habis. Jadi satu-satunya cara agar customer lama di sebuah cafe adalah gimana biar tempat duduk customer itu bikin muaalesss gerak. Salah satunya adalah bantalan kursi yang empuk dan sandaran kursi. Penting banget karena itulah magnet sebuah kursi, teradapat di sandaran. Kalau kursinya sendiri kurang nyaman, bisa-bisa abis makan langsung pergi tanpa ada pikiran untuk coba yang lain.

Kalau orang bilang: restoran 'jual' makanan, cafe 'jual' suasana. Karena itu benar. Suasana enak buat nongkrong bisa diakomodir sama tata letak kursi yang ngga awkward: berhadapan dengan orang lain tapi samping-sampingan dengan temen sendiri (lawan bicara).


Spot diatas indah banget, tapi agak kurang mengakomodir yang gue bilang.

Menu


ADUCH bodohnya, gua belom sempet liat menu pas pesen. Udah main mau ini ini bae, padahal kalau diliat dari menunya ini banyak banget spot yang unik. Kayak gelato rasa cheesecake, mint dan baileys. Fruyo itu buah berry yang tropical dan asem, it will be great kalau ada yang originalnya. Cuma untuk yang kurang suka yoghurt plain, The Wicked Cold nyediain varian youghurt yang lumayan dibandingan tempat lain yang paling cuma 2-3 rasa. Dan free unlimited toppings! Untuk comfort food, dia makanan ringan kayak macaroni, brownies, cinnamon. Tapi yang unik adalah cheese tart. Minumannya juga ada yang belum pernah gue denger kaya ceyron tea dan membayangnkan betapa enaknya butterscotch coffee tapi gue ngga ngopi -_- Dan uniknya dia ngga ada aqua, sprite atau yang standar lainnya lolol. Cafe banget sih sis.


Dia juga jual milk pudding, pudding kelapa dan klapertaart buat yang mau fast order karena udah di display.


Jual juga milk bun bikinan sendiri, rasanya ready semua dari yang original-chocolate-matcha, ada yang campur juga!



Dan ini topping-deck nya (ini nama gua yang ngarang). Banyak dan unik karena ada beberapa yang jarang diliat di cafe lain! Seperti sausnya, selain saus coklat, dia ada saus salted caramel dan butterscotch! Untuk topping sendiri, dia ada kitkat bites, marshmallow dan 2 macam Yupi. 1 yang gummy bears dan yang tropical. Sisanya ada meses, kacang-kacangan dan 12 topping lain yang unlimited.

Taste

Cheese Tart


Jadi dia dibikin pake pastry untuk crust luarnya, bukan puff pastry yak. Isiannya kalau gue taksir sih paling seputar heavy cream dan cream cheese yang di mixer (taksiran yang half-assed). Lalu semua dipanggang di oven.


Tekstur:
Untuk tekstur crust nya sendiri, ngga crunchy yang ampe kering, mendekati karena dia kalau dikunyah masih kerasa teksturnya dan kalau dipotek masih ada "tek" gitu, which is better dibanding pakai yang letoy karena nanti bisa tambah blenger.
Untuk tekstur kejunya sendiri cukup light, bukan yang cheese kental dan heavy. Pas dicoba terpisah menjanjikan banget karena biasanya kalau terlalu creamy bisa blenger.
BUT
kalau mereka berdua udah di dalam mulut dan dikunyah, jadi terasa berat karena seakan jadi seperti 'adonan'. Kayak pastry dan cream cheese di crush dan diaduk bareng. Ya gitu rasanya. Pas di 'momomomomo' rasanya makin berat.



Untuk rasa cream cheesenya sendiri, dia manis tapi lebih ke gurih. Bukan keju creamy yang manis yang biasa dipakai di cheesecake. Memilih cheese yang gurih bisa ngurangin rasa 'blenger' apalagi kalau teksturnya makin lama makin berat. Ini juga cukup. Cuman ya itu tadi kendalanya ada di adonan yang makin berat.

Ini lebih enak kalau selalu dalam keadaan hangat


Ini bagian dalemnya kalo mau liat


Overall, perpaduan antara cream cheese dan puff pastry ini sama-sama berat. Mungkin salah satu bisa dibikin sangat ringan, misalkan cheesenya dibuat di dalam, jadi ala ala lava cake gitu dan adonan luarnya kayak lava cake jadi soft cake ala-ala, tapi cream cheesenya dibuat cair dan melting, jadi kalau dikunyah juga ngga padet. Atau pastry doughnya yang dibuat fluffy kayak croissant? Jadi ada efek crunchy yang light untuk mengakomodir karakteristik cream cheese yang mau gimana juga akan tetep heavy. 

Overall konsepnya lumayan unik tapi perlu ditinjau ulang karena 1 aja udah kenyang banget.


Waffle with homemade chocolate sauce



Ini waffle yang lumayan unik karena dia ternyata lebih fluffy dan ngga crunchy kayak waffle biasanya. Ini langsung dibuat jadi dalam keadaan hangat.


Wafflenya sendiri plain karena dia hanya disajikan sama chocolate sauce yang homemade. Heavy cream, butter dan dark chocolate. Dark chocolatenya pait banget, serupa sama 70% kalau makan coklat Lindt, atau mungkin lebih karena Gladys suka dark chocolate.

I still like the tipis kering waffle, tapi ini preference kan. Sebaiknya wafflenya bisa ditabahin lagi karena ini cukup plain. Mungkin habis di kasih sauce (ada sauce caramel dan salted butter juga), bisa ditaro gelato kalo mau yang standar, vanilla gelato dan cinnamon ground dan beberapa berries kalau biasa di restoran. Tapi emang gue bukan pecinta waffle sih lol!

Bisa juga digabungin sama eskrim dengan topping, jadi sepaket. 

Overall, waffle ini butuh 'tendangan' lebih jauh biar dia stand out sama yang lain.

Cream Cheese Gelato dengan topping KitKat bites, marshmallow, gummy bear dan butterscotch sauce.



Rasanya lucu banget semua jadi bingung, jadi gue pilih cheese cake karena gue... Pecinta keju.
Untuk topping, gue pake yang default manis-manis just the way i biasanya.

Ini dibuatnya lucu! Dia mixer liquid gelato, di mixerrrr dan dia menuangkan es batu jadi dia ada asep asep nitrogen! Jadi dia berbentuk nitrogen batuan gitu, bukan yang liquid. Lama-lama, adonan yang tadinya cair jadi makin padet seiring dengan mixer.


Untuk cheesecake sendiri, saat dimakan gue ngerasa ada 'butter' taste nya walaupun ngga pake margarin kan pasti lol. I guess dia dari rasa cheese cake itu sendiri. Cheesecakenya sendiri manisnya moderate, bukan yang gurih atau manis buangat. Tapi cenderung ke manis daripada ke gurih.



Untuk saus butterscotch, agak ketutup karena... KURANG BANYAK DYS HAHAHAHAHAH.
Gue kebayangnya saus itu bener-bener big scoop ampe covering the ice cream, jadi perpaduannya setara dan bisa kasih impact.
Jadi sedikit ngga mengenali walaupun udah coba sendiri. Gua rasa karena creamy dari es krimnya sendiri udah ngeblok butterscotch.

Ini bisa jadi kombinasi unik dengan saus karamel karena gurih-asinnya bisa menyeimbangkan sisi creamy dari es krim cheesecake.
Untuk topping sendiri harusnya gue pilih yang lebih nambah tektur kaya kacang karena coklat dari KitKat dan cheesecakenya ngga compiments apa-apa. Untuk gummy bears dan marshmallow mah karena gue suka aja lolol!

Sarannya sih coba ajah... Sausnya dibanyakin ngahahahahaha uhuhuhu!

Hot Chocolate


Cara bikinnya adalah..... Bubuk dark chocoate diblender dengan frozen dark chocolate yang udah di freezer daan di food processor, ditambah susu dan komponen pemanis lain.

Ini dark chocolate yang cukup enak karena dia ada tekturnya, jadi bukan yang smooth blenger gitu. Walaupun masih cenderung ada sisi creamy dari susunya, tapi tekstur dari processed dark chocolate yang ada di lidah jadi bikin ini ngga ngebosenin.

Untuk bikin dengan dark chocolate bisa mengurangi kadar manis manis manis yang ada di makanannya.
Kalau mau buat menetralisir manis dari makanannya bisa pesen honey apple cider.


Intinya ini good place buat nongkrong, di sofa enak banget apalagi di terpa matahari bisa bikin ngantuk dan mager, mungkin bisa ditinjau kursi kursi non sofanya.

Overall, langkah besar dan big plus buat dekorasi (!!)

Kenyamanan: 3.7 / 5 (4 kalau di spot yang bersofa hahah)
Rasa: 3.5 / 5
Interior: 4.5 / 5
Service: 100/5 karena dia temen gua hahahaha!
Tapi makanan sendiri trafficnya ngga lama-lama amat kecuali waffle yang emang butuh waktu. Untuk eskrimnya juga butuh aduk aduk nitrogen.

The Wicked Cold
Citra Garden 6th Avenue, blok H6A no. 6, Cengkareng
Instagram: @thewickedcold


Tengkyu, Sa (for the 6 years of friendship!). I'm so proud of you.

9 comments :

  1. Gile gile bagus amat tempatnya. Untuk ukuran temapt nongkrong cozy dan kece, harga menunya standar sih gak kemahalan! Keren.

    ReplyDelete
  2. FOTO KAMU BAGUS BANGET. COMING FROM ME YANG JARANG PUJI ORANG HUAHHAHAHAHA

    ReplyDelete
  3. Asyik bgt tempatnya... Saya penasaran sm gelatonya...

    ReplyDelete
  4. tempatnya bagus banget, buat ngobrol buat ngeblog apa lagi... keren temennya nahla, ayo dong nahla buka kape juga

    ReplyDelete
  5. ondeeeehh... emang yee.. makanannya cucok ama dekornyaa

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama tongkongan di daerah Citra 6 sana. Makanannya lumayan, harganya nggak mahal. Mungkin karena lokasi di sekitar sekolahan ya, yang nongkrong jg pasti kebanyakan anak sekolahan, jadi harganya disesuaikan.

    Penasaran sama gelato dan milk bun-nya! Kapan-kapan mampir, ah :D

    Thank youu, Nahla, buat rekomennya yaa!

    ReplyDelete
  7. uuuww OOTD able, asiknya kesini bukan buat meeting atau sejenisnya. buat foto prodak aja hehehe.

    ReplyDelete
  8. Penampilan kue menarik..tapi sayang gue gak suka kue...

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top