SOCIAL MEDIA

Wednesday, 23 November 2016

Cara Membentuk Alis Tanpa Harus Dicukur


Hai gengs, kali ini gue pingin bikin tutorial cara membentuk alis tanpa harus dicukur terlebih dahulu. Ada bahasa yang lebih SEO friendly, nggaK *Nahla budak pageviews*
Gue sendiri memang orang yang pernah mencukur alis sekitar 5-6 bulan yang lalu, sekarang udah tumbuh lagi dan ngga ingin mencukur alis lagi karena malas dan ngga penting, malah katanya gaboleh. Yaudah gapapa, mau alis berantakan kalau bisa ngebentuknya mah oke oke aja sih.



Tapi jujur aja, gue bisa kenal dengan seluk beluk alis gue karena gue pernah cukur, jadi udah ada gambaran. Alis rapih emang bagus untuk melatih kita 'melihat' bentuk alis kita yang paling rapih. Jadi kita udah punya persepsi gitude.

Gue sendiri ngga pake ngalis kalau keluar rumah, karena alis yang terbentuk dengan rapih harus dibarengi dengan riasan mata dan wajah yang seimbang. Ngga bisa keluar ngalis doang dengan gaya cetar, boleh ngalis aja tapi yang natural dan ngga kayak DOEENGG gitu.

Langsung aja ya, bahan yang gue gunain:


Brow Powder 
Ngga haruss sih, eyeshadow coklat juga boleh. Tapi jangan terlalu merah ya. Untuk pemilihan warna, kalian bisa:
-Gunain warna yang biasa kalian pakai untuk contouring. Warnanya aman dan ngeblend dengan bayangan wajah
-Gunakan yang lebih terang dari rambut. Rambut hitam ya pakai abu abu tua atau hitam yang ngga opaque banget. Untuk yang berhijab, alis coklat bisa membuat muka terlihat lebih soft, ngeblend dan kaya bule aja hahaha

Gue pake: Benefit - Brow Zing in Medium

Angled Brush
Ini andalan. Gue pribadi belajar membingkai alis dari angled brush. Karena angled brush bisa membuat kita 'meraba' tulang alis. Tulang alis sampai mana sih? Nah itu bisa diraba dengan angled brush. Kalau langsung jebret pinsil, kita jadi ngga sensitif sama kondisi tulang alis kita yang ngasih 'guide'. Jadi silahkan raba raba dulu aja alis u dengan brush.

Concealer:
TERPENTING untuk lau lau yang pingin bikin alis tanpa cukur. Inilah fungsinya, bisa menyamarkan rambut sesat. Walau ngga full, tapi bisa dipakai untuk menajamkan ujung luar biar kaya kujang Jawa Barat. BETTER PAKAI YANG FULL COVERAGE. Gue pakai Garnier BB Eye-Roll yang coveragenya light to medium. Bisa ngebingkai sik, tapi ngga yang perfect amat. Apapun itu, tetap benda wajib untuk alis lebih tajam.

Step:


1. Untuk menemukan permulaan, cek bagian pangkal.


Disitulah ketebalan alis lu yang paling tebal. Setebah alis ujung depan. Jangan liatin alis tengah kebelakang yang makin tebel ato makin tipis dengan rambut vulgar.
Garis 2 diatas adalah garis tertebal yang akal lo buat. Makin keujung makin tipis.

2. Mulailah dari belakang garis 2 tadi


Kenapa? Karena alis ujung dalam sebaiknya ngga diframe tegas. Harus dibuat diffused dan ombre untuk menghindari alis kotak.
Makannya yang jadi permulaan gambar adalah tempat dimana rambut sudah tumbuh lebat.
Untuk garis permulaan, tergantung berorientasi ke mana.
Kalau alis gue sendiri, emang suka yang ada arch dikit untuk menambah kesan mata tajam tanpa terlihat intimidatif dengan arch gelo.
Dan sebuah tips dari gue yang berhasil menimbulkan suara, "Klik!" di otak gue ketika baru belajar. Caranya adalah lo bayangin aja satu alis di Instagram atau alis siapakek yang lo suka. Terus lo ikutin bentuknya. Ngga usah peduli sama alis asli yang bentuknya turun, berantakan atas bawah. Ngga usah, fokus aja ke image alis yang suka diliatin ke Instagram. Kalo udah, langsung copy ke alis lo.

"Tapi alis orang kan beda-beda bentuknya?". Iye. Tapi kalian liat ga sih, makeup artist itu kalo dandanin orang selalu pakai alis yang sama, orientasi makeup yang sama. Kliennya pasti alisnya mirip-mirip!
Wajah bulat katanya harus dengan arch tinggi, wajah oval dengan straight eyebrows. Kenapa ngga ambil jalan tengah aja biar aman? Nyayahaahaha

Ini yang gue bahas alis dengan arch yaa, kalau alis korea ngga semua cocok karena ngga ada arch untuk define muka.

3. Ukur dimana arch paling tinggi.


Di foto gue, arch atau 'tunggakan' alis yang paling tinggi ada sejajar dengan ujung luar mata. Jadi untuk lekukan ngga usah bingung karena mata sendiri akan jadi guide.
Garis dari pangkal dalam sampai step ini bener-bener naik nanjak dengan cukup menikung. Kembali ke key point: jangan peduli sama rambut asli. Kalau di bayangan lo naik, silahkan naik. Rambut berantakannya gampang.


4. Ujung luar alis harus lebih panjang sekitar 0,5 - 1 cm dari ujung luar mata


Habis puncak di step sebelumnya. Kita buat garis turun. Seturun apa sih?

Seturun ini!


Ujung dalem alis yang palinggg dalem (tempat pertamanya tumbuh tambut) harus lebih rendah (atau sejajar) dari ujung luar. Kaya di garis yang gue tunjukin. Boleh sama tapi ujung luar ngga boleh lebih  rendah karena jadi efek melas. Gue memilih berada di garis yang sama karena ngga suka arch yang terlalu menikung. Ada juga yang ujung luarnya lebih naik dibanding ujung dalam (banyak keles ah). Sah-sah ajah tergantung pembawaan yang diingkan kayak gimando.

5. Frame bagian atas


Makin lama makin menyatu  alisnya. Seperti yang gue bilang di gambar pertama  bahwa alis ngga boleh lebih tebel dari ujung dalam. Maka itu frame atasnya harus makin dempet dan makin kecil agar menghindari efek tebel. Jadi buatnya sejajarin aja sama garis dibawahnya, bener-bener sejajar, baru pas tanjakan turun baru ditipisin.

6. Bawa maju ke ujung dalam alis


Dengan kuas yang dibuat vertikal seperti gambar diatas. Ngga usah dicocol ke podwernya lagi. Bawa maju dari permulaan gambar alis sampai menutup semua rambut depan alis dengan gerakan mengarsir maju mundur maju mundur geto.


Jadinya kaya gini:

Di idung itu kayaknya shimmer tapi kaya jamur -_-

7. Buat gerakan mengimitasi garis rambut


Udah deh! Tinggal step paripurna terakir


8. Pakai concealer untuk membingkai dan 'memangkas' rambut gengges


Makin full coverage, makin rapih. Dan ofkors pake brush kecil kalau mau yang on fleek banget.

Tapi... Gue ga punya T_T
Jadi hasilnya ngga on fleek amat karena coverage concealer yang gue punya light to medium, yang emang dikhususkan untuk bawah mata.

Taro dulu di ujung luar, dengan sekali stroke. Diberi tekanan biar jari lebih terkontrol dan lebih rapih goresan concealernya.


Lalu di blend pakai jari yang nganggur:


Habis ujung luar beres, maju ke ujung dalam. Gue selalu ngerjain bagian bawah dulu karena rambut sesat emang banyaknya di bawah.


Baru ke bagian atas.

Tada!


Boleh dikasih eyeshadow terang di bawah alis ujung luar (browbone), boleh dikasih mascara.
"Kok ngga pakai spoolie?"


..

Lupa.
Dan malas T_T
Karena aku anaknya ringkes dan ngga mau yang ribet banget T_T




Dengan ini, alis rapih apalagi kalau dari jauh T_T
Kalau dari deket pasti masih keliatan helaiannya, ini bisa ditutupi pake teknik lem yang biasa digunain makeup artist semacam Suhaib Daud. Tapi kalau hari biasa mah gini aja cukup lah.



Intinya sih alis harus lebih panjang dikitt dari mata kita biar bisa membuat ilusi proporsional. Alis depan yang ngga dimajuin akan terlihat jauh dan membuat kita seolah punya muka gini: 0  __  0

Alis luar juga harus lebih panjang, biar terlihat well-framed.

Udah gitu aja sih.



Iya itu backgroundnya pake Infraboard -_-


Oiya jangan lupa nonton Youtube gue ya, Kylie Jenner inspired dengan lip kit Ginger yang di-dupe dengan lipstick murah meriah!


23 comments :

  1. nahla lightingnya kece abisss.. pakai apa aja selain ring light #salahfokus ahhaha


    www.reistilldoll.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake ringlight aja ko....


      Sama editing level di Photoshop nyahahah

      Delete
  2. Cantik, ya? Jadi pengen coba di rumah. :D

    ReplyDelete
  3. Mau share ini ke istri. Nice info nih.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu pengen bisa punya alis rapi tapi tanpa dicukur. Pakai pensil alis, malah ketebelan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya selalu pakai eyebrow powder

      Delete
  5. Lagi musim pensil alis warna coklat, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena pakai hijab, jadi bisa lebih bebas pilih warna alis :D

      Delete
  6. Targetku pas cuti desember ini, hrs belajar bikin alis seperti iniii :D. Selama ini bag muka yg paling ga jago aku rias itu pasti alis :p

    ReplyDelete
  7. Ga bisa la suer aku teu bisa euy ngagambar na.. Bisi jd gambar gunung.. Wkkk

    ReplyDelete
  8. Nahla, Garnier BB Eyeroll nya beli dimana? Info dong :D

    ReplyDelete
  9. Wiii...alis tebal tantangannya adalah bikin yang on fleek itu yaaakkk...
    Makasih tipsnya Nahla :)

    ReplyDelete
  10. aku aku aku juga ga dicukur... asal aja dibentul, gak pake concealer juga sih soalnya gak punya ngahahaha...

    ReplyDelete
  11. Nahla cantik amatttt!

    Tutorial ini berguna banget buat aku, karena ternyata bentuk alis kita hampir mirip. Dari awal belajar gambar alis pakenya pensil, pantes aja gak jago" gambarnya. Thanks, Nahla, buat tutorialnya!

    ReplyDelete
  12. cantiik, makasih sharingnya Nahla, kebetulan lagi belajar mau bentuk alis hahaha dan alisku juga banyak rambut genggesnya, wkkk

    ReplyDelete
  13. Alisnya sama Laaa. Mau sontek abis ini mah.
    Oiya jilbabnya juga sama beud, ahahhahaha

    ReplyDelete
  14. Oke, noted caranya.
    Etapi, aku ga pernah pakai concealer. Apalah, pagi2 dah kudu berangkat sedangkan dua anak udah merengek minta diurus *alasan*

    Nahla, tutorial yg pakai pensil alis dong. Caranya bikin biar yg pangkal keliatan blur gitu. Ga tebel.

    ReplyDelete
  15. Nah, ternyata ketemu yang kucari mulai kemaren-kemaren disini toh, thanksssss

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top