Categories

SOCIAL MEDIA

Senin, 26 Desember 2016

Judgemental Series: Branding dan Menjaga Hati Netizen.


Untuk influencer kelas bekicot bobo di daun aja, gue udah rada merhatiin konten gua di socmed. Apa potensi menyinggung? Apa itu fakta? Kira-kira gua bisa di-unfriend nggak ya kalo ngepost ini?


Terus, image gue gimana ya ntar? Apa gue ternyata di socmed juga bertaring beracun dan toxic? I don't mind if it's on my blog, tapi di socmed? Gue harus 5x lebih hati-hati. Gua pernah kok marah di Facebook, cuma i regret it like really. Intinya, socmed gue bukan hanya untuk gue, tapi untuk ya tau lah ya.

Image gue pun sebenernya bukan Nahla si angel yang baik amat, gue tidak punya 'kewajiban' menjaga image karena haloterong bukan itu. Gue bukan Grace Melia yang founder lembaga non-profit RRR, yang melakukan penyuluhan kesehatan, tes TORCH, menyupply semangat orang, tombak bagi kalangannya.

Jadi, filter image gue dan Grace Melia tentu berbeda. Gue lebih longgar, ketika gue share meme meme ngaco, orang maklum karena gue haloterong. Ketika Annisa Steviani share tentang kritik pemerintahan, wajar karena dia annisast, yang suka emosian di blog, yang panas. Normal.

Tapi tidak untuk Grace Melia yang bales reply orang aja harus agak hati-hati karena imagenya sangat keibuan, santun, angel blablabla. Lalu, lo bisa ngebayangin stresnya dia nggak?

Gue bebas anjir-anjiran, lah dia? Nggak. Padahal kalo lo liat aslinya ya sama aja kaya gua, serius deh.

Beda branding = beda filter. Yakan?

Untuk siapa? Untuk netizen. Biar pandangan kalian ke kami ngga 'pecah'. Karena banyak juga pembaca yang bukan blogger. Jadi mereka pure mengenal lewat blog tanpa tau seluk-beluknya, ya mereka expectnya kita bertingkah sesuai di blog dong.

Ape lu kate kalo Alodita keceplosan bilang "asu" pas lagi bales-balesan sama temennya? Ya diprotes lah. Karena? Karena Alodita punya image yang kurang lebih sama nafasnya kayak ka Grace. Ibu, mengayomi, angel, baik hati, senyum semangat, kita bisa.

Ketika kita udah menghadapi publik sebagai seorang yang punya influence, maka sosial media kita bukan punya pribadi lagi, tapi punya mereka.
Share lah sesuatu yang cocok sama image kita, biar mereka ngga kaget.
Usahakan pembawaan kita mirip dengan karya kita, biar ngga jomplang.

Karena mereka follow kita karena image kita di blog. Lu suka gua nih misalkan, ya kaget kan kalo gue bahas bisnis dengan bahasa saya-anda beserta smiley :) ?

Karena socmed adalah blog - tapi lebih spesifik. Di blog kita bahas anak berenang, di facebook posting foto anak nangis karena bola renangnya direbut.
Di blog review A, di Instagram story kita post behind the scene.

Lebih spesifik, mini, tapi tetep pada personality itu.

Makannya jangan kaget kalau Linna Teguh meledak di IG. Bukan karena Linna berubah, tapi karena ia punya image yang harus dia jaga sebelumnya, saat kasus kemarin ya mau tidak mau harus kasih tunjuk wajah sebenarnya.

'Wajah sebenarnya' ini yang kadang bikin orang kaget. Dari ngefans jadi ilfil. itu yang gue bilang 'socmed udah bukan punya kita, tapi punya publik'.

Kayak Raisa sama Jupe, bisa aja Raisa aslinya nyablak, ngaco, vulgar kayak Jupe. Bisaaaaa, emang lu kenal Raisa? Nggaaak...

Tapi karya dan branding Raisa dan Jupe kan beda total.
Kalo Jupe ngepost macem "Julid lu!!!" orang ngga kaget karena dia Jupe.
Kalo Raisa? Beh, pilihannya cuma 2
1. Followers berkurang karena pada ilfil
2. Followers nambah untuk ngebully.

Terus, stress gak jadi Raisa?

Apalah netizen Indo? Raisa aja dibilang kaya pembantu pas foto sama Sandra Dewi dan Raline Shah.

Beda lagi dengan Selebgram yang feeds-oriented. Lu boleh foto anak lo dari kamera hape, straight tanpa edit dulu. Orang selow. Karena followers lo cuma 600 misalkan.

Tapi bangsa-bangsa selebgram? Yah, foto sama mirrorless aja masih dipilih yang paling bagus kok.

Terus kebayang gak repotnya nenteng mirrorless kemana-mana? OH sama tripod karena Selebgram itu OOTD-an dong. Emang mirrorlessnya ditaro di pot? Kan kagaaa cuy. Minimal bawa orang.
Kebayang gak lu, ke restoran 7 km dari rumah aja harus sama orang biar bisa OOTD-an?

Bawa mirrorless, bawa orang, sesuaikan warna baju sama barang yang mau di promote, edit. ITU CUMA 1 FOTO. Ngga ada ceritanya dia jepret langsung dari kamera tanpa edit, burem terus dia feel ok with it.

Kebayang gak ketika dia dapet surprise tapi ngga lagi bawa kamera? Kamera iPhone kan baguuussss~ kata lo. Tapi yang ga pake iPhone? Yang nggak puas hanya pake iPhone? Ya pikir sendiri aja ribetnya gimana.

Jangankan nenteng mirrorless, duit aja rasanya mau disumplein ke popok anak biar ga usah bawa apa-apa.
Jangankan sesuaiin baju sama pashmina dari @hijabtrendycuy, ini aja masih baju kemarenan. Belom sempet nyuci segala.

Ternyata, level bekicot aja udah mikirin, "Kalo gue ngucapin natal, disinisin gak yaaa?"
"Kalo gue ngepost foto Mabi nonton di smartphone, dijudge ga yaaaa?"

Jadi, cita-cita jadi 'selebgram', 'influencer' itu ada yang dikorbankan lho. Lu gabisa like fanpage Jonru, kalo ketauan followers gimana? Lu gabisa ujug-ujug nyemprotin "Dasar Mulan anj***!" di Lambe Turah, kalo diliat orang agency gimana?

Raline Shah jangankan follow Lambe Turah, ngelike postingan cowok aja pasti udah digosipin kan? Update Instagram sama Fedi Nuril aja udah dicuap-cuap kan? Berat lho itu, kebayang gak?

Terus, kapan mereka jadi diri sendiri dong? Ya di tempat dugem, hangout, sama artis lain. Eh kalo ketauan ambil rokok terus dijepret, gimana?

Awkarin lah bebas. Eh tapi sebebasnya dia, ngga bisa sembarang foto langsung aplot lho. Posting 1 foto aja yang ngejek udah ratusan, olshop yang protes udah berapa tau.

Branding itu berat. Makin eksklusif makin berat. Influencer gak boleh mecahin 'ilusi' followers. Kita sedikit-banyak harus upload apa yang kira-kira mereka suka. Jadi, apa "Ayu Ting Ting keren karena jadi diri sendiri" itu valid? Ya bro mana ada sih public figur jadi diri sendiri?

Jupe lo bilang real? Ya real itu apa sih kalo dalam sekat dunia maya? Apa deh yang real? Sosmed, TV, majalah, semua hanya ilusi. Candu aja buat penggiat showbiz. Aduh gue pengen beli Sour Sally.

Sour Sally enak, tapi ribet kan kalo gue foto ke Instagram? Karena males bawa mirrorless. Ya balik lagi: gak bisa posting sesuatu yang merusak feeds lol.

Udahlah, ketika mereka topengnya kebuka dikit, ya maklumi karena mereka manusia. Eh gabisa dong, jati diri mereka punya publik. Jadi kalo mau nge-diri sendiri dimana? Ya di tempat dugem eksklusif vvip khusus artis. Kelar.

Oh, atau di group chat. Mantap.

18 komentar :

  1. Pengamat influencer sejati inii ^^

    BalasHapus
  2. Maya nya gimana, nyatanya gimana. Beda sih. Ketika kita keluar dari kebiasaan, pasti netizens kaget, kayaknya saya mulai terbiasa sama heloterong

    BalasHapus
  3. nyimak..pelan-pelan..he2 bisa dibilang influencer itu cuma akting..
    ---katanya emang gitu ya artis..kl depan kamera ramah tamah...bgitu iklan sibuk sendiri..

    BalasHapus
  4. Pergi bareng temen2 selfie, mau upload, lhah kok kurang oke yaaaa... semua upload kecuali aku 😂 padahal ku kelas cupu..

    BalasHapus
  5. Uhuk! Kesindir sama kalimat : foto anak pake kamera hp tanpa edit langsung posting krn folower cuma 600. Hahahahaha

    BalasHapus
  6. Kok bisaan nulis begini mba nahla.., bener semua 😂. Berat ya jd seleb..dilevel apapun 😂.

    BalasHapus
  7. Bersyukur punya follower dikit. Berat euuuy

    BalasHapus
  8. Bener say..terllau banyak drama di sosmed..

    BalasHapus
  9. Waduh, belum pernah ketemu langsung sama Mbak Gesi. Cuma emang bahasanya bak langit dan bumi sama Nahla. :'D

    BalasHapus
  10. Sosmed lama2 seperti sinetron ya? :'D

    BalasHapus
  11. ahhaha aku ngekek baca ini. itu bener lho yg soal bangsa selebgram. kalau aku jalan sama mereka, ransel isinya dah kayak mau camping. baju ganti buat foto.

    BalasHapus
  12. Aku suka sama Sour Sally Black Sakura. Hahahaha
    Tapi yg sekarang ga sehitam pas awal2 launching
    *salah fokus*

    BalasHapus
  13. Ini templatenya rusak gak sih? Kok konten tulisannya berulang dua kali dan widget yang biasa di sisi kanan pada jatuh ke bawah dan munculnya habis tulisan.

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top