SOCIAL MEDIA

Thursday, 6 April 2017

#SassyThursday - Hal yang Dilakukan Ketika Bokek (ft. GesiWindiTalk)


Sebenernya ngga banyak juga hal yang bisa dilakukan ketika nggak punya uang, bokek atau tanggal tua. Karena akuilah: without money, kegiatan kita terbatas T_T sedekah aja ngga selancar ketika punya uang T_T


Yah, kalau kata ibu ideal sih: kalau perencanaan keuangan ditata dengan rapih, ngga ada tuh yang namanya bokek!

Tapi ya, namanya manusia pasti pernah ngerasain yang namanya nggak punya uang. Cari-cari tips hemat belanja, apalagi gaji freelance yang ngga menentu. HELA NAPAS AJA BRE.

Jadi, apa sih hal yang gue lakukan ketika bokek?

1. ONLINE WINDOW SHOPPING

Kalian tau nggak, kenikmatan belanja tertinggi ada ketika kita milih barang. Karena perasaan 'aku belum memilikinya!' itu punya bumbu asoy tersendiri. 

Ya sama lah kaya cowok, asik pas PDKT aja BHAK.

Ditambah dengan ke-aware-an kita kalau kita lagi ngga punya uang. Beh, sense of 'belum bisa memiliki'nya pasti gede banget.

OR, maybe gue aja yang masokis T_T suka menyiksa diri T_T suka melihat barang mahal yang cuma jadi inceran T_T

Online window shopping juga ngasih kita sense of berusaha:

"Ah aku belum punya duit! Ayo kerja lebih keras! Biar bisa punya barang ini!"

Padahal kalau udah gajian pun, barang itu tetep belum bisa kebeli.

Simply karena kemauan akan barang itu udah hilang.

THAT'S WHY gue menghindari pembelian impulsif, salah satunya ya ini: ada beberapa barang yang emang 'menantang' ketika belum kita miliki. Ketika udah beli malah bingung, ini diapain? Ujung-ujungnya dikasih ke orang deh karena cintanya udah luntur.

Kalau kemauan akan barang itu tetep ada even 6-7 bulan kemudian, belilah!

Hayo yang suka impulsive buying, coba merenung hayo: udah berapa barang (hasil impulsive buying) yang udah kamu buang? :p

Jangan lagi ya, barang itu harus dicintai. Belilah barang yang kita cintai. Makannya, pantengin tu barang ampe 6 bulan kedepan. Bahkan karena gue cinta every single of my makeup, mau disumbangin kok berat T_T karena emang udah cinta dan bukan impulsive buying semua.

Kembali ke online window shopping, ternyata kebiasaan ini (plus bokek) bisa membuat kita bener-bener mengenal perasaan kita (WUIH) ke barang inceran.

2. Surfing Youtube

Karena paket internet sudah dibayar, tinggal kita manfaatkan saja.
Surfing Youtube yang menyita waktu (ngitung-ngitung nunggu gajian) kayak Buzzfeed, riddle dari Ted Ex, tutorial makeup mah udah ampuh lah untuk 'boongin diri' sendiri kalo lagi bokek.

Ngeliat hipster-hipster di Youtube lalu merasa diri sendiri ikutan kaya padahal cuma nonton doang. Halu banget neng.

Nontonin James Corden atau acara-acara bule biar serasa lagi liburan di Amrik, padahal beli kentaki pret ciken aja susah.

Emang gengs, gaya nomor siji. Feeling rich kadang jadi candu masih sulit sulit kura sa tapi tak ingin lagi lagi bersama tapi saat ini ku... (TSAAHHHHH..) *Maaf ya kalau pada ngga ngerti. Lupain aja*

Ya, hiduplah dalam dunia halu walau sejekap saja.

3. Manfaatkan kamera dan alat yang ada di rumah

Saatnya jadi produktif! Belum tentu mendapatkan uang tapi sudah tentu mempertajam skill dan pengalaman. Kalau kaya gini, gue suka 'larut' di dunia sendiri. Udah ngga peduli mau bokek kek, mau belum makan kek, art is art. And it's intoxicating.

Foto apa aja boleh. Bisa foto anak, foto mbak, foto koleksi makeup. Atau bikin aja video asal-asal. Asal-asal asal latihan.

Sebenernya ngga harus kamera, untuk kamu yang doyan buku, tuh baca dah kalo lagi bokek. 1 bulan kadang ngga kerasa ye, mpok?

4. BANDING-BANDINGIN HARGA DI INTERNET

SUNGGUUUHHH padahal cuma beda 3-4 ribu! Tapi gue merasa itu adalah terapi lol. Suka aja, ke website A, website B, hanya untuk mencari harga yang lebih murah.

Dengan cari barang yang lebih murah, kita akan mendapatkan rasa "YEYYYY PRANG PRANG PRANGG KAMU HEBAT". Karena produk murah itu susah dicarinya.

Kalian ngerasa gitu nggak? Ngerasa bangga kalau dapet harga yang lebih murah? Karena 110 dan 95 ribu walau cuma beda sekian ribu, tetep aja tampilan nominalnya beda.

Dan... belum tentu juga dibeli :") jadi emang suka aja banding-bandingin harga.

5. KODE KE PAK SUAMI

"Wah aku pingin deh makan xxx.. tapi ngga ada uang huhu"

Kalau pak suami nangkep kode-kodeannya, bisa aja lngsung dibeliin.

Kalau kaya gini, langsung dah pake prinsip "Mereka yang paling baik adalah mereka yang membahagiakan istri" HEAAAAAKKK CUHH.

Tapi kalau suaminya adalah tipe yang "Ih apa sih, hemat dong!" ya mau gimana ,-,

Ya sekali-kali lah tidak mandiri, karena bokek. :"))

Wanita independen seasonal ya jatohnya. Kalo lagi banyak duit beghhhhh aku adalah wanita mandiri, ngga butuh lelaki, queen ngga harus ada king nya. Patriarki is another form of bullshot.

Kalo lagi bokek mah 11:12 sama tokoh cewek lemah lembut yang biasa di bioskop HAHAHAHAHA

Bercanda ah.

Ada lagi yang kaya Mba Windi, ngechat suaminya "Yah usah transfer belum?". Dan ngga cuma mbawin, banyak yang kaya gitu juga. Halah.

Aku masih mayuu sih chat minta uang gitu, karena pasti dikasih walaupun Brian lagi bokek juga :") kan kasian.

*Gue jadi pengen jual laptop deh buat tambahan uang saku. Tapi belum bisa move-on karena memorinya banyak sekali. Dari papa pula*


10 comments :

  1. online window shopping, iya nih terapi banget kalau pas lagi bokek

    ReplyDelete
  2. kalau lagi bokek justru klo window shopping pengen beli semuaaa, wakaka. Tp pas udh punya duit, justru yg ada di wishlist satu2 pada ilang semua karena aku gak butuh, cuma kepengen, haha

    ReplyDelete
  3. Samaan yang nomor 1 kayak ada kebahagiaan tersendiri gitu lihat detail bahannya apa sampe komentarnya dibacain juga T_T

    ReplyDelete
  4. No 1 nih lumayan sering,liat2 aja udah seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah apa hal scientific dibaliknya ya XD

      Delete
  5. Emang sight seeing dan kepoin ol shop udah jadi penawar rindu akan uang.. Sementaraaa hahah

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top