SOCIAL MEDIA

Wednesday, 8 March 2017

Brush untuk Pemula | Alat Makeup untuk Pemula | Brush for Beginners


Kali ini mau bikin artikel tentang brush untuk pemula. Banyak banget yang nggak tau mau mulai dari mana. Men, suruh pilih lipstick aja bingung lu, apalagi pilih brush? Sebenernya nggak hanya brush sih, ada sponge juga. Jadi judulnya gua bikin dua aja biar ala-ala SEO. Padahal belum tentu ada yang nyari huhu.

Untuk rekomendasi merk sendiri, semua bergantung kepada budget anda ajah. Jangan maksain pokoknya, karena make up adalah kebutuhan tersier untuk rakyat biasa kaya gue. Yang penting mah asik dipake, ngga sakit dan gak rontok aja.

Ngomong-ngomong, background yang gue pake bahannya jersey. Warna baby blue gitu, tapi entah kenapa jadi dusty banget. Efek pencahayaan kelez yak.

Yaudah, langsung aja!


1. Sponge 
... yang rada bagusan.


Fungsi: Meratakan BB Cream, foundation, cream contour, concealer dan 'baking' bawah mata dengan powder.
Cara pakai: ditepuk-tepuk lah, masa digadoin pake sambel bu Rudy?


Ini salah satu item yang wajib dimiliki pemula-pemula ucul. Kenapa? Karena fungsional dari pemula sampai professional. Bisa buat ngeblend BB cream buat si pemula, bisa buat ngeblend cream contour buat yang jagoan dikit. 'Tak lekang oleh waktu' adalah kalimat yang cocok untuk barang ini.

Kenapa harus beli yang bagus? Karena sponge abal punya daya transfer yang jelek. Ketika ia dicocol ke produk makeup, malah nyerep. Itulah bedanya pori-pori sponge abal dan sponge bagusan. Disini gue pakai Real Technique Miracle Complexion Sponge sebagai andalan. Karena hasil akhirnya nempel, rata dan seamless. Penggunaannya pun bisa basah atau kering. Sponge basah untuk hasil dewy dengan coverage yang light, sponge kering untuk coverage yang lebih tinggi.

Yang gue suka dari sponge ini selain teksturnya yang chewy-chewy yahut, cepet 'jadi'nya! Tinggal plok-plok, ta-da! Ngga tau sih perbandingan antara ini dan Beauty Blender, katanya sih bagusan BB. Tapi Real Technique aja udah recommended banget lho :D

Tapi harus disimpen di tempat kering dan lebih sering dicuci ya. Pertumbuhan jamur dari dalam sponge lebih terpacu, karena pori-pori yang sering kali lembab terkena produk liquid.

2. Blush Brush


Fungsi: Mengaplikasikan blush dan bronzer. Bisa juga untuk set wajah dengan finishing powder.
Cara pakai: Diunyeng-unyeng

Blush brush ini krusial banget. Karena lu ngga bisa pake blush dengan bare hands kann? :')
BB cream masih bisa dipake pake tangan kosong, kalo blush? :')

Makanya, ini no doubt sebagai salah satu alat makeup yang paling krusial. Ngga usah beli yang macem-macem merk, beli aja yang ngga tajem dan ngga rontok :D

Kelemahan: fungsinya terbatas.

Ngga kaya sponge yang bisa untuk concealer, contouring bla bla bla. Fungsinya terbatas untuk produk pipi aja. Brush fluffy kaya gini juga ngga 'efektif' untuk aplikasi blush yang cuma dikit di bagian-bagian tertentu. Karena ia besar, otomatis wilayah 'semprotannya' juga luas.

Btw, merk MAC ini ngga recommended sih. Alasannya bisa diliat disini:
High End Brushes - Are The Worth It?

3. Angled Contour Brush



Fungsi: Mengaplikasikan powder contour, highlight dan blush
Cara pakai: Direbus.

Angled contour brush ini NGGAK krusial, tapi penting! Kalau disuruh milih antara blush brush dan angled, gue pilih ini. Karena bisa untuk contouring, blush dan highlight. Ukurannya pun pas untuk contouring hidung.

Untuk shading dan highlight, brush diusapkan dengan posisi horizontal, seperti di bawah ini:


Untuk blush, diusapkan dengan posisi vertikal tepat di atas shading.

Tapi, brush macam ini ngeblendnya agak susah, ngga kaya fluffy blush brush yang otomatis 'diffused'. Tapi gapapa, tetep jadi fav karena pas di hidung dan tulang pipi.

Untuk merk, gue pakai Felicela Angled Contoured Brush (di video typo pulak akh). Brushnya LEMBUT BANGETTTTT, warnanya putih cantik. Hal terlembut yang pernah gue pegang seumur hidup T_T ringan juga. Tapi mahal, harganya Rp. 280.000 an. Cari pilihan yang lebih murah aja, brush Real Technique sepertinya lebih murah. Tapi lama-lama jamuran huhu.

4. Shading Eye Brush



Fungsi: Meletakkan eyeshadow di kelopak mata dan cekungan mata (crease)
Cara pakai: Ditotol ke daerah mata yang ingin diberi esedo.

INI FAV GUE BANGET. PAS ILANG, GUE LANGSUNG BELI LAGI. Bro bro bro gila banget. Kenapa gue suka? Padahal fungsinya cuma 'gitu' doang? Karena dia pas ukurannya untuk pemilik kelopak mata kecil kaya gue. Ujungnya yang kecil memudahkan kita untuk naro eyeshadow 3 warna tanpa takut kecampur-campur. Kontrolnya enak banget untuk pemetaan eyeshadow. Apalagi bagi lau yang suka warna kontras di bagian crease, pasti suka banget karena eyeshadownya ngga akan terlalu nyebar ke bagian atas crease. Warnanya terpusat di daerah yang diulas aja.

And that's why Real Technique Shading Brush ini fav banget. HG brush, can't live without it!

5. Blending Brush

Fungsi: Ngeblend eyeshadow
Cara pakai: Pakai gerakan memutar boleh, maju-mundur boleh, gosrek-gosrek biasa juga boleh.

Blending brush ini fungsinya untuk
1. Nyampur 2 warna eyeshadow
2. Mengulas warna transisi di cekungan kelopak mata (crease)
3. Ngeblend ujung eyeshadow biar ngga ada batas kasar

Apa ini penting? Ngga juga. Penting untuk lau yang suka mainan eyeshadow warna-warni, mainan 2-3 warna eyeshadow dan hal-hal 'next level' lainnya. Kalau masih berkutat dengan 1 warna, pakai jari atau shading brush juga cukup kok.

Ukurannya cukup besar, jadi fungsinya bukan untuk meletakkan pigmen ke kelopak. Ngangkat pigmennya pun ngga se'canggih' shading brush. Ini brush 'secondary', tidak berguna untuk dimiliki kalau belum punya shading brush atau brush kelopak mata.

Gue pakai Masami Shouko no. 38, tajemnya warbiasa. Nusuk-nusuk juga kaya si MAC, errghhh.. Pengen beli lagi tapi mubazir, sayang duid. Walaupun secara performa lumayan bagus, secara tekstur nggak banget. Disarankan raba-raba dulu sebelum beli. Waktu itu ngga bisa raba-raba karena ngga ada testernya, jadi pure beli ini karena temen-temen bilang merk Masami Shouko bagus. Eh taunya nggak.

Masami Shouko Pro yang gue punya warnanya pink, kayaknya natural brush. Gatau juga sih. Ya, mending beli merk Real Technique, Morphe atau Sigma sekalian untuk investasi ;)

Untuk mata, gue hanya butuh blending dan shading brush aja.


Kalau masih punya budget, gue sarankan beli Angled Brush




Fungsi: membuat cut crease, garis tegas di mata, mengaplikasikan gel eyeliner dengan presisi yang wadauw, mengaplikasikan eyeliner bawah mata yang 'rapih', menggambar alis.
Cara pakai: digambar wae

Ini penting tapi ngga 'banget'. Karena fungsinya ngga terlalu 'ngaruh' buat pemula. Ya, paling basic sih untuk bikin alis, tapi untuk alis pun masih bisa pake pensil alis. Untuk gel eyeliner juga ngga disarankan untuk yang masih pemula, karena gel eyeliner kalo udah kecoret mah udahlah, belepotan.

Jadi, gue ngga masukin item ini ke must-have brush sih.

***

Begitulah daftar alat makeup untuk pemula, akhirnya bisa ya mengambil 5 item dari beberapa brush yang dimiliki. Yey!

Tapi kalo lagi on budget juga bisa kok, dicicil aja.
Selama masih bisa di'handle' dengan tangan kosong, jangan paksain diri buat beli brush ya kalo emang belom gajian. Gapapa kok, beli brush bukan fardu ain. Dintar-ntarin juga gapapa.

TAPI KALO MAU BELI SEKARANG JUGA BOLEH.

Thanks for reading, ini videonya!


5 comments :

  1. Egg spongenya Lamica juga bagus kayaknya.. pernah dimake-up.in pake itu, alus hasilnya. Tapi Lamica produk lokal harga pada bae sama merk luar, kelasku brush setnya mineral botanica aja lah, wkwk.

    Btw, make up ini bikin mukamu keliatan agak tanning.

    ReplyDelete
  2. Duh aku kagak ngerti la, harus bacanua pelan-pelan dan nonton videonya.

    ReplyDelete
  3. hihihihi.... makasih infonya mbak. nolong banget buat aku yg 'NOL' soal make up dan kawan-kawannya ^^

    ReplyDelete
  4. Nahla, bahas dong cara pakai blush yang benar baik cream maupun powder sesuai bentuk wajah.

    ReplyDelete
  5. Jangan sampe gak bisa makan seminggu karena beli brush ya kan, Nahla? Hehe. Aku punya brush karena menang giveaway. Ya abis, aku selama ini cuma modal jari doang sama spons bawaan bedak haha

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top