SOCIAL MEDIA

Saturday, 18 March 2017

[Sp.] Untuk Kamu yang Suka Jajan di Luar!

Art by HaloTerong

Siapa yang suka jajan di luar? Gueeee T_T entah kenapa, semua masakan Indonesia itu pasti enak kalau di jual di gerobak, di pinggir jalan. APAPUN ITUUU, mulai dari ketoprak, es cendol, NASI GORENG T_T sedikit percaya bahwa makanan Indonesia kalau udah masuk restoran besar, pasti kurang gaspol. Kurang tapjiw. Kurang asin, kurang 'jorok', kurang..... micin T_T


Iya ya, mungkin micin itu alasan kenapa aku sayang kamu *EH*. Alasan kenapa makanan 'jorok' itu lebih digemari. Selain micin, MINYAK WARNA ITEM juga salah satu sumber kenikmatan jajanan di luar. Karena udah ada sari-sari dari 300 batch gorengan sebelumnya. I don't know, tapi minyak yang warna item itu emang lebih gurih ya.

Tapi, ngga bersalah tuh jajan di luar terus? Ngantri di gerobak telur gulung dengan saus yang entahlah dari apa. Ngantri di tukang cimol yang bumbunya asin-asin mencurigakan. EMANG ENAK SIHHHHH...

Apalagi food blogger yang 'makan is my job'. Makan adalah kewajiban, makan adalah A E S T H E T I C. Pasti ngga bisa selalu 'ngawasin' ingredients, kesehatan mulut dan perut juga kan?

Karena ngga mau mengorbankan kegiatan wisata kuliner, jajan di luar, ya setidaknya ada beberapa kegiatan untuk mengimbangi dosa-dosa di perut itu. YES, GAJIH IS A SIN. MOUTH GERM IS A SIN.

Jadi gue ngerangkum beberapa hal untuk mengimbangi aktifitas jajan:

1. Dijatah seminggu 2x

Ini bisa dilakukan kalau lo adalah orang kantoran yang sibuk. Tapi kalo lo adalah nongkrongers akut, kayaknya susah deh menjatah jajan di luar. Susah bukan berarti nggak bisa kan?

Solusinya, kalau nongkrong makanlah di tempat makan yang udah teruji klinis. Bukan menghimbau nge-mall sih, tapi biasanya disana ada quality control.

Atau bisa bawa minum sendiri untuk ngeganjel hasrat-hasrat nyomay (nge-somay -_-). Tiap si gerobak somay lewat, tenggaklah minum. Tiap liat temen makan somay, pikirin rumus materi dodekafoni karya komponis kontemporer, pikirkan riwayat hidup Mozart, pikirkan karya-karya Beethoven dengan orkestra, nyanyikan, maka kamu akan dikira gila. Selamat.

BERCANDA AKHH

Bawa roti dari rumah, roti dengan selai yang udah diketahui asal-usulnya. Atau bisa bawa cemilan mengenyangkan kayak protein bar, apel dan sebagainya.

Nah, kalau udah jatahnya jajan nih, baru deh beli somay. Kadang kalau kita ngejatah sesuatu, pasti jauh lebih menikmati. Karena every moments counts.

"Ah, selasa makan cimol di gerobak bang Roberto ah"

Gue juga pernah dalam tahap nahan-nahan jajan, jadinya sekali jajan itu rasanya enakk banget. Menghargai every bites ;")

Seminggu 2x juga menghindari kita dari diare dan penyakit lain lho. Menjaga tubuh juga. Menjaga tubuh dari setan.

2. Imbangi dengan makan sayur

Art by HaloTerong

*Nahla jarang sekali makan sayur*

Makan sayur ngebuat metabolisme membaik, sumber antioxidan juga untuk yang makannya suka 'jorok'. Di hidup ini harus balance kan, teman-temann? :p

Sekedar buat mengimbangi juga sih. Sayurnya juga gausah yang mentah ala lalap gitu, yang biasa aja kayak tumis kangkung, jamur tiram, capcay atau..... keripik bayem -_-

Keripik bayem itu solusi banget untuk lau yang suka jajan-jajan krispi tapi pingin alternatif yang lebih sehat biar ngga terlalu 'berdosa' amat.

Dulu ngga suka makan sayur, tapi kalo masak sendiri ya abis-abis juga. Apalagi sayurnya kalo disop jadi anget-anget mantap.

Untuk tumis sayur, biasanya gue campurkan saus tiram biar lebih gurih. Belinya juga di tukang sayur yang fresh. Jangan lupa dicuci dulu ya!

Sebenernya kalau mau yang sehat banget sih makan salad dengan dressing olive oil dan vinegar ya. Ya kalau mau #Foodies sih pakai pisang-pisang disusun tumpuk gitu. Tapi karena gue bukan #Foodies, gue pake selada sama bawang bombay aja kemaren, dibikinin pak suami. Rasanya rada hoek sih karena ngga suka selada, sukanya bawang bombay aja yang manis-manis renyah.

Pernah waktu itu lagi hidup sehat, pesen salad deh di satu restoran pizza. Saladnya gue banyakinnnn... mayonesnya. Demi meredam rasa sayur. Yeh, sama aja dong.

Walaupun ngga suka sayur, tapi bisa kok kalo diide-idein. Kadang biar ngga terlalu 'dosa' saat makan mie instan, gue suka nambahin bawang bombay setengah mateng dan sawi T_T

Btw, pete juga sayur kan? Cabe juga sayur kan? Okedeh kita nyambel pete aja HAHAHAHHAHAH
:')

3. PIKIRKAN KALORI T_T

INI SIH. Yang ngebuat gue mengurangi jajan. Cimol kalorinya berapa ya? Apa menambah lipatan-lipatan perut ucul? Apa celana gue yang kemaren muat, akan kembali tidak muat? Apa gamis gue akan menyemplak perut?

BHAYANGKANNNN...

Harus lari berapa kilometer biar lemak dari 4 bola-bola tahu itu hilang? Harus diet berapa lama biar menumpas si es cendol?

Karena gue bukan Taylor Swift yang ngga bisa gendut, makannya harus mikirin banget huhuhu. Sehari paling ngemil 3 keping biskuit T_T apakah itu hal yang menyedihkan? Iya ya? Ya? Ya?

Menurut Kompas Health, 1 piring siomay mengandung 500 kalori! Kalau itu berupa makanan yang mudah dicerna perut mungkin masih okelahh, tapi tau sendiri kan siomay kadang cuma tepung doang, ikannya dikit. Jadi yang bilang siomay pnggir jalan itu masih ngga terlalu 'berdosa' itu salah banget ya gengs.

Kalau jajannya dijatah, masih bisa tuh ngebakar-bakar kalori disaat 'puasa' jajan.

4. Olahraga ringan

INI CARANYA BIAR KALORI LUMPIA BASAH KEBUANG!

Sok olahraga banget, padahal olahraga aja jarang. Makannya perut udah ngga kekontrol lagi T_T apalagi kemarin-kemarin abis makan pecel lele dan LEHER AYAM. Itu udah pasti 700-1000 kalori sekali makan T_T

Tapi ada saatnya dimana gue jalan pagi dan sore secara intense, masing-masing 1:30 jam. Apa berhasil? Ya! Walaupun cuma turun 3 kg, tapi perut gue tereleminasi banget. Baju jersey uda ngga nyeplak-nyeplak di bagian perut. Kan ini mejik.

Ketika kita olahraga, lemak dosa itu bisa cepet keluar lewat keringat dan cairan tubuh lain. Tapi karena lifestyle gue jauh dari olahraga, maka metabolisme gue lambat. Makanya gue ini JARANG BANGET berkeringat. Pas jalan pagi pun, gue baru bisa berkeringat di menit ke... 60. Ngga ada ceritanya gue makan pedes lalu keringetan, ngga ada. Yeh, olahraga 1 jam aja belom keringetan, apalagi cuma makan pedes doang -_-

5. Perut juga bisa sedih :(

Art by HaloTerong

Kalian tau penyakit apa yang bisa nemplok ke perut ketika jajan yang jorok? Salah duanya adalah typus dan diare.

DIARE T_T

Diare itu karena keseringan makan-makanan yang ngga higienis, jadinya perut sedih dan ada bakteri-bakteri sembarangan deh yang masuk. Diare itu ngga hanya ke toilet lalu udah lho, siklusnya bisa 7-10x sehari T_T DI KAMAR MANDI. Merengek menahan lilitan sades dalam perut. Rasanya udah selesai nih 'urusan'nya, eh 7 langkah kemudian mules lagi. SEHARIAN. Oke kalau emang lagi libur, tapi kalau lagi meeting? Kaya gitu mah gabisa ditahan lho.
Or worse, lagi akad nikah..
Lagi di atas panggung...
Lagi wawancara...
T_T

Terus yang lebih parah, bisa sakit typhus. Ini parah karena pasti di opname, karena typhus biasanya kekurangan cairan jadi harus di infus. Kalau udah typhus, bawaannya lemah, lemas dan ngga mau makan.

Itu semua karena jajannya jorok :(

Tapi kalau dijatah kaya poin pertama, bisa banget dihindari. Win-win solution kann?

6. Pikirkan kesehatan tenggorokan


85% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus! 85% bro! Artinya kalo lo mendadak ada rasa 'sakit' ato  gatel di tenggorokan, artinya udah terlalu banyak makanan tidak higienis yang lo makan. Dalam 1-2 hari itu bisa jadi radang banget :(

Terus, makan jorok itu bukan satu-satunya sebab lho. Bisa juga karena virus udara, lingkungan kotor. Sounds familiar? Ya! Makanan jorok - udara ngga bersih adalah ciri-ciri dari.... tempat jajan di luar! :(

Kemarin nih gue ke warteg, biasanya sepi jadi gue merasa baik-baik aja. Tapi kemarin ada segerombolan anak muda yang ngerokok, ngga hanya 1-2 orang tapi 4 orang sekaligus T_T

Ternyata walaupun gue udah membatasi diri, yang namanya lingkungan ngga higienis ya tetep aja ngga baik. Makan + asap rokok itu uda pasti banget menyebabkan sakit tenggorokan.

AND YES, tenggorokan gue lagi sakit T_T gue malesnya kalau diiringi sama penyakit lain kayak batuk (yang sering kali diawali dengan gejala sakit tenggorokan). Bayangin deh, batuk sambil radang.  Pasti bakal sakit banget :(

Karena kita ngga bisa memastikan lingkungan selalu bersih, makanan selalu terjaga, maka kita harus mencegah dong. Salah satunya dengan kumur-kumur pake BETADINE obat kumur :D

Apa bedanya sama obat kumur biasa? Nah, BETADINE obat kumur itu lebih untuk membersihkan rongga mulut dari virus dan bakteri, jadi ngga hanya wangi-wangiin doang.

Kalo ditelusuri lebih dalem lagi, BETADINE mengandung povidone - iodine 1%, zat anti mikroba yang dapat mencegah penyakit di daerah mulut. Contoh penyakitnya seperti sariawan, gusi bengkak, bau mulut tak sedap dan sakit tenggorokan. Jadi selain jadi obat sakit tenggorokan, ini bisa lho jadi obat sariawan. Atau gusi bengkak bagi yang terinfeksi bakteri dari kotoran yang nempel di sela-sela gusi.

Povidone-iodine udah 50 tahun eksis sebagai zat yang memangkas bakteri daerah mulut lho!

"Kok buat sakit tenggorokan?" karena ini kan obat kumur doang, ngga ampe tenggorokan. Tapi ngaruh karena zatnya bakal membasmi bakteri yang paling dekat dengan sakit tenggorokan sehingga menjaga agar ngga makin berkembang.

Untuk warnanya, ya plek amat sama BETADINE obat luka. Awalnya mungkin belum terbiasa kali ya,  tapi warna kuningnya ngga bakal bikin gigi kuning permanen kok! Tinggal dibilas lagi pake air bersih.

Untuk wangi/rasanya, ada wangi mint campur ciri khas wangi betadine. Tapi ngga usah takut karena wangi betadinenya bakal ilang dan ngga meninggalkan 'rasa' betadine yang terlalu lama di mulut.

Cara pakenya: Tuang 15ml BETADINE Obat Kumur ke gelas kecil yang disediakan, lalu kumur-kumur selama 30-60 detik.



Habis itu tinggal buang di wastafel, kumur-kumur pakai air biasa untuk membilas sisa-sisa warna dari BETADINE-nya.

ASIK GAAA? Dan kumur-kumur ini boleh tiap hari lho! 3-5 kali sehari buat perlindungan mulut yang maksimal. Kalo lagi gusi bengkak dan mau menunaikan tugas sebagai food blogger, tinggal bawa di tas!


Udah ada kamera, powerbank, smartphone dan kacamata untuk ngeliat brief si pemilik restoran :p

Kapan aja harus kumur-kumur?
-Sehabis makan-makanan yang 'dosa' kaya gorengan, makanan gerobak, warteg dan segala macem.
-Saat travelling, jadi harus dibawa kalau mau wisata kuliner di negara terpencil yang kita nggak tau asal-usul pembuatan makanannya.
-Setelah pulang dari negara yang lagi banyak penyakit, rumah sakit dan lingkungan terpapar lainnya.
-Saat lagi perjalanan ke negara Timur Tengah yang lagi ada wabah MERS dan SARS
-Saat sakit tenggorokan muncul


***

Jadi, jajan di luar itu BOLEH BANGET asal ada yang mengimbangi yaaaaa.... Makan enak itu penting, tapi kesehatan perut dan tenggorokan juga ngga kalah penting.

Sekian nasihat untuk menjaga pola hidup untuk yang suka jajan, bye!




9 comments :

  1. Dari judulnya aku nggak bisa nebak konten yang di-SP in itu apa hahaha. Jadi beneran baca dari awal sampe akhir banget. Biasanya untuk minimalisir jajan diluar sih ya...bawa duit mepet aja. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kannnn soft selling aku muahhahhahah!

      Thanks for reading!

      Delete
  2. Suamiku klo hbs jajan gorengan yg minyaknya gede biasanya sering jd sariawan. Setelah nikah sering dimasakin jrg sariawan kecuali pas dicakarin Aisyah, haha. Tp emang ya kesehatan mulut tuh penting, klo lg sariawan mw c**man jd susah LoL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakannn aku juga kalo lagi makan yang jorok2 pas aja pasti sariawan atau suara langsung abis

      Delete
  3. Krn aku sering nulis makanan di blogku, mau ga mau tiap minggu memang hrs cari tempat makan baru utk bhn blog :p. Tapi aku milih2 kok biasanya. Kalo udh kaki lima, tp rasanya enak cm ga spesial2 amat, males juga jd bhn tulisan. Makanya lbh milih kuliner yg tempatnya oke, rasa juga enak tp yg bikin mau balik lagi :D. Serem mba skr jajan sembarangan gt. Apalagi kalo aku udh ngeliat piring2nya yg dicuci pake air jorok ga jelas di pinggir jalan, oh no banget... Lgs bikin mual itu..

    Ihh betadine itu aku sukaaak bgt :D. Wabginya itu loh, khas wangi2 rumah sakit yg sterik :p. Lbh enak nyium wangi begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya airnya aku pun suka pura-pura ngga liat biar ga ilfil hahaha

      Delete
  4. Aku pecinta micin dan gerobak jorok hahahaha
    Suamiku nih yg pakai Betadine, aku juga harus coba ;)
    Biar kumur2 tetap sehat

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau betadine ada obat kumurnya. Kirain cuman obat luka luar sama yang buat vajayjay. Ke mana ajaaaaa. Beliin dong ukh.

    ReplyDelete
  6. Micin itu penyelamat makanan.. 😂😂
    Tapi sejak kenal dengan kaldu jamur (kayak tongfang).. Udah. Bye micin..(itu kalau masak dirumah)

    Kalau diluar ya wassalam deh.. Penting enak..wkwkwk

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top