SOCIAL MEDIA

Saturday, 25 March 2017

Jenis-Jenis Video Youtube yang (Lebih) Menarik


LEBIH MENARIK DARI SIAPA?

Ya dari siapapun yang menjadi sensasi :D dari awkarin, dari #makanbang, dari video react biasa yang fungsinya hanya sekedar react ataupun sekaligus roasting.

Sebenernya ini subjektif abis sih, cuman gue merangkum hal-hal non mainstream (ya ngga non mainstream juga lah nyo nyo nyo) yang gue suka tonton di Youtube.

Karena gue agak kurang tertarik dengan video react biasa, apalagi vlog T_T psikologi di balik vlog apasik? Kenapa sih orang suka banget suka nonton vlog?! Apa serunya T_T 30 menit untuk nontonin kegiatan orang hahahaha. Yea, maybe karena vlog is not my cup of tea juga ya.

Jadinya, lahirlah jenis (not really jenis sih, apa ya?) video yang ngga kalah seru untuk ditonton.



... sama geek macam gue.

Yaudah deh! Cuss!

1. Video behind the scene


Ini adalah video dokumenter(SEMUANYA JUGA DOKUMENTER KALI LU KIRA SINETRON?) oleh National Geographic.

Tapi semua diulas behind the scenenya :D

Karena tau sendiri yekan, video NG ngga jarang berupa shot-shot jarak dekat binatang buas nan berbahaya. Pernah juga ngeliat shot near impossible, seperti ketika mereka shot isi di sarang lebah. CLOSE UP. Sampai partikel terkecil.

Disamping kualitas kamera yang bagus (YEY MENURUT LAU), terlihat kenekatan seorang kameramen. Karena setele-tele nya sebuah lensa, kayanya ngga mungkin bisa shot isi dari sarang lebah sedetil itu. Pasti ada approach ekstrim dari si kameramen.

Contoh di video ini: buaya.

Spoiler aja: dia nyeker. Di rawa-rawa. Pake celana 3/4. Sinting gak? NYEKER. Gua liat danau bersih aja masih takut dipatok lintah, lah dia nyeker! 

Kameramen datang bersama temannya (1 orang) dengan kamera yang segede gaban. Jadi bukan kamera ukuran kecil. Karena selama ini gua berpikiran bahwa mereka pasti pake kamera kecil biar less-distracting. Eh taunya kamera segede gaban. Sama anak gua aja masih tinggian kamera..

Lanjutannya... liat aja deh di videonya.

Pada suatu hari pas gue masih hamil. gue pernah dateng ke pameran foto NG di Singapore (WOHOW cheers for kebebasan dan jalan-jalan luar negeri). Ngga hanya mejeng foto, tapi mejeng how the cameramen took those pics. 

Ada satu gambar yang jadi pembuka: gambar macan dengan pose menerkam... kameramen di depannya.

Ya.

Jadi macan lagi menerkam ke arah kita nih, ya itu dah, dijepret sama dia.

Fotogafernya orang jepang.

Disitu dia cerita bahwa ia kalau kemah selalu ajak anak istri. Iya, kemah di wild life gitu. Katanya biar ngga kehilangan momen bersama.

Ketika si orang Jepang ini hampir diterkam, dia udah bilang aja dalam hati "Ini momen terakhir saya" maka itu ia berani jepret.

Ya walupun akhirnya selamat (sih).

Lalu ngeliat foto paling memorable dari NG, yang ini lho:


Jadi, si kameramen ini lagi istirahat saat tugas di Afganistan. Lalu dia captivate sama mata anak ini. Instruksinya simple aja, disuruh nengok. Nengok nengok jepret eh udah deh terkenal. Enak amat ya cari duit.

Adalagi behind the scene mangaka Asano Inio, diwawancara oleh mangaka kesayangan aku Naoki Urasawa. Behind the scene ini meliputi pengambilan foto sample (asbak) untuk digambar menjadi UFO. Berapa iMac yang dia pakai, berapa waktu istirahat yang dia pakai tiap harinya (spoiler: 2 jam sajo), teknik exact pembuatan backgroundnya gimana. SEMUA ADA HUHU



2. Video speed painting

Ini sih kesukaan gua ya hahahah! Banyak yang gue suka, karena gue pelaku digital painting, maka yang gue suka adalah speed paint digital:


Coba tongkrongin orang speed painting deh. Mewah banget. Mewah karena kita bisa belajar GRATIS. Kita bisa liat proses dari oret-oret ampe jadi waw banget. Bisa tau behind the scene di balik kerumitan sebuah foto.

Karena speedpainting juga, skill gue bisa terasah secara otodidak. Yes, gue belajar otodidak dari nongkrongin speed painting.
"Oh, dia pakai warna ini"
"Oh rambutnya ternyata begini"
"Oh sketsanya aja udah begini"
dan lainnya.

Kalau ngga suka gaya anime, bisa liat 3D art.

Lebih wow lagi!


      

Ya, inilah mewahnya video speed painting. Serasa nongkrongin artisnya aja :D
Coba in real life, apa ada kesempatan kaya gini? Ngga ada kann...

Media belajar itu ngga hanya berupa pengajaran langsung kok, tapi pengamatan juga. Dengan pengamatan, lama-lama akan kecopas ke otak. 

Mindset yang bagus adalah: oh ternyata karya serumit ini bikinnya 'terlihat' ngga susah kok. Bisa kok dipelajari, dibedah satu-satu.

Apalah yang lebih indah dari belajar gratis?

3. Video tutorial watercolor/brush lettering/DIY



Kalau masih terlalu dodol untuk mengamati speedpainting, tenang sajah: selalu ada tutorial!

Tutorial talk through atau yang by text, selalu bisa memandu kita kok hahaha

Yang paling gue suka tentang tutorial ini adalah: kita melihat prosesnya secara real speed. Kalau speed painting kan sudah dicepetin speednya, kalau tutorial otomatis kita bisa lebih 'realistis'. Secepat apa sih sebenernya si artis dalam membuat karyanya? Jangan-jangan lambat? Jangan-jangan speed painting yang cuma 6 menit aslinya 8 jam?!
Dengan tutorial juga, dijelasin teori-teorinya. Tips dan trik juga jadi lebih mudah dipelajari karena langsung ditutor.

Bisa juga tutorial bikin container lip balm EOS dengan bentuk kucing Pusheen


SO CUTE YA!
Hal yang bisa dipelajari adalah: semua bisa dipelajari kok #PelajariInception

Cocok juga untuk yang mau les tapi ga tau di mana ;)

4. Video masterclass pemain dunia

INI MAH SEGMEN GUA BANGETTTT...

Maxim Vengerov, yang sering kali dinobatkan sebagai pemain biola muda (yes, dia umurnya udah 40 something) ternyata mengajar murid juga lho!

Dan dia bedah lagu secara dalam. Gimana sih teknik main biola yang benar, tone production segala, interpretasi. Hal yang harusnya kita bayar 200 juta bisa kita konsumsi GRATIS. Aih, mate.


Walaupun kita punya xxx juta pun, belum tentu si Maxim mau ngajarin kita :p harus ada prestasi, koneksi dan reputasi dong untuk masterclass dengan seorang Vengerov.

Atau kalau kamu suka metal, cek aja mastercass sama gitaris Avenged Sevenfold (omg so 2007), Synyster Gates. GRATIS. GRAAATISSSS!



Gue sendiri pernah masterclass sama pemain Korea namanya Kyung-Hee Yoon, jagonya yaampun. Professor biola gitu. Eh bukan masterclass sih, lebih ke lesson aja. Kalo masterclass kan artinya rame-rame dalam 1 ruangan. 

Tantangannya masterclass adalah: diliatin semua orang!
Jadi ibaratnya lagi ngeles tapi ditontonin. Kalau kepleset dikit ya berarti diliatin sama semua orang. Kan maluuuu...


MAKANNYA SERING MANGKIR HAHAHAH!

Tujuan dari masterclass ini, biar kita bisa belajar dari kesalahan teman. Biar bisa dapet nasihat lebih banyak dari si orang jagoan ini.

And that's why, video masterclass ini sangat gold.

5. Video talk show per-segmen

SIAPA YANG SUKA LATE LATE SHOW?!

Carpool karaoke? Anyone?

Awalnya "Ih apasih nyanyi doang", ternyata esensinya lebih dari itu gengs! Kita bisa ngeliat sang artis bercanda seperti orang biasa, celetukannya, sedikit cerita tentang lagu di balik itu, suara asli, power asli tanpa ada mixer, amplifier dan mic. All natural. That's why i love carpool karaoke!

And i love James Corden the most!

Selain carpool karaoke ada lagi segmen kesukaan gue: Spill Your Guts or Fill Your Guts

Ini adalah acara truth or dare, tapi darenya adalah makan makanan jijik seperti sperma banteng, ceker ayam mentah, bull's penis, mata cumi mentah. YUCK.

Dan yang paling seru: bintang tamunya adalah Khloe Kardashian!


Pertanyaannya pun rese, macem
"Mending ngeliat video Rob dan Chyna atau si blablabl naked?"
"Tadi si Kylie katanya sakit, tapi ada paparazzi foto dia lagi jalan jalan, sebenernya Kylie sakit ga sih?"
"Siapasih the worst Carpool Karaoke?"
"Siapa yang pernah kamu tolak untuk ikut Carpool?"

SERU KANNN? Ih lucu deh. Lucu dan jijik. Ada beberapa moment ketika rahasia keluarga ga boleh bocor, maka si Khloe memutuskan untuk makan si jijik-jijik itu.

MY FAV.

6. ANDERSON AND ROE

MAAANNNN!

Mereka adalah duo pianist dari Julliard, BRAND AMBASSADORNYA STEINWAY N SONS, lalu satu kursi berdua gitu.

Stage actnya LUARBIASAAA, pake pukul-pukul senar piano, gesekin piano pake kertas, mainnya menggelinjang, ganti-gantian kursi sambil main. Editing videonya kacau! Mulai dari timelapse sampe freeze-freeze gitu. Lagunya juga bukan klasik totok, tapi pop kontemporer gitu. Video klipnya ngalah-ngalahin Katy Perry lah, kece banget!

HARUS DITONTON DONG!


Gimmick luar biasa, kualitas luar biasa, pake Steinway pula ah! Musiknya juga ngga terlalu rumit kok untuk yang video ini. Kalau mereka dareng ke Indo, 2 juta mah gua bayar untuk nonton mereka wihiw.

7. Teori flat earth

Y.

***


Kalau kalian sendiri, ada referensi lain gak? Bosen kan itu itu itu mulu? React video, rap, react, rap, react, vlog, react, challenge blah. Kita butuh hiburan edukatif!

Yea, who's with me?

8 comments :

  1. Aku juga nggasuka nonton Vlog, kaya kita ga punya kegiatan terus tontonin kegiatan orang. Wasting time wkwk.

    Kalo aku juga suka brush lettering, speed painting sama talkshow plusssss disney facts wkwk

    ReplyDelete
  2. awalnya ikutin vlog satu keluarga yang video editingnya lucu. bikin betah nonton. lama kelamaan bosen. hihihi

    tapi ada sih yang gak bosen2 ditonton, yaitu video mencetin jerawat. gw juga gak ngerti kenapa hahaha

    ReplyDelete
  3. Biasanya nonton kekoreaan gitu kayak variety show-nya atau video dari ASIAN BOSS yg ngewawancarain orang sana ttg pendapat isu-isu tertentu.
    Selain itu juga nonton video study hack berhubung mahasiswa akhir :D

    ReplyDelete
  4. Flat earth 101 😱😱😱
    Nonton ini kirain bakal ngantuk eh ternyata seruuuuu ya ampun ngga nyangka 😦😦

    Jadi bumi ini bulat apa datar ka nahla? 😅

    ReplyDelete
  5. gue suka banget travelling yang ada informasinya, yg simple2 kayak eatyourkimchi (simon & martina) itu juga seru dan lucu merekanya

    ReplyDelete
  6. Lo belom pernah nongkrongin akunnya Dr.PimplePopper? Coba dah! Oddly satisfying, cuy! Wkwkwkwk..

    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
  7. Begitulah banyak di antara kita yang darah keponya mengalir kuat. Jadi nonton vlog orang itu rasanya seru.

    Aku dari awal trend vlog males nontonnya, sayang kuota internet, haha. Aku suka nonton make up tutorial sama makanan tp gak suka nonton yg orang challenge makan samyang apa indomie 3 kg dan sejenisnya, gak ada esensinya, :p

    ReplyDelete
  8. Rekaman acara tivi,,,ahaha sama yg berbau tutorial dIy,simpan offline pas di kofisop.

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top