SOCIAL MEDIA

Tuesday, 7 February 2017

High End Brushes: Are They Worth It?

high end brush, MAC 213 brush, MAC 129sh, Sephora Mineral Brush, Make up for ever 236

Halo! Kali ini mau membahas tentang high end brushes: are they worth it? Apa brush mahal bagus? Mengingat harga produk MAC memang cukup mahal. Brush yang gue pake meliputi brand high-end, contohnya: MAC, Make Up for Ever dan Sephora. Produk yang bakal gue review:
Sephora Collection - Classic Multitasker Brush #45 (24$)
MAC - 213 Fluff Brush (25$)
MAC - 129sh Powder/blush brush (35$)
Make Up for Ever - 236 Large Precision Blender Brush (Rp. 530.000)



Plis jangan tanya itu duit dari mana. Karena gue pun ngga ngerti, sama sekali! Pas liat price tagnya lagi, i be like, "Beneran nih gue beli ini?! Kok duit gue banyak amat?!"
And you can see kalau brush ini gue beli saat masih dalam fase impulsive, ngga perhitungan dan asal beli wae. Kecuali Sephora Classic Multitasker Brush #45 yang dikasih (tepatnya merampok) nyokap. Ya, sisanya gue beli sendiri. Dengan darah di pipi dan bolong di kantong.

Apa gue menyesal?
Yaudah biar ngga lama-lama scroll: Ya, gue menyesal.
Kok nyesel? Bukannya belanja tidak boleh disesali?
Ya kalau brush dengan expectation tinggi ternyata hasilnya bla bla bla kan males juga ye bro. 

"Kalau gitu kenapa ga searching dulu?"
Jaman gue beli ini adalah jaman dimana beauty blogger belum semenjamur sekarang, bahkan gue belum tau ada yang namanya beauty blogger. Jadi gue menyerahkan ke brand kosmetik yang bagus aja, "Karena brand ini bagus, pasti semua produknya juga bagus."

Tapi ngga semua buruk sih.


Sephora - Classic Multitasker Brush #45 (24$)


Ini brush untuk mineral powder ya aslinya. Walaupun di website tulisannya multitasker, di gagangnya untuk mineral powder. Tapi klaimnya sih bagus untuk liquid juga. Sebenernya banyak yang consider Sephora as a middle-end brand. Tapi karena harganya mahal (setara dengan MAC) jadi gue masukin ini ke kategori high end brush.


Mineral powder juga bukan barang yang "umum" dipakai orang. Ketika orang bilang "powder", yang terbesit di pikiran ya "setting powder", "translucent powder". Jarang ada (bahkan banyak yang gak tau) kalau di keluarga powder ada yang namanya mineral powder.
Gue gunain brush ini khusus untuk Tarte Amazonian Clay Airbrush Foundation. When i say khusus, artinya bener-bener khusus. Ngga gue gunain untuk produk lain.

Brush:
Brush antibacterial ini bentuknya round tapi dense banget. Jadi ngga fluffy, airy. Dense karena dia harus 'pack' powder mineral ke wajah. Cara pakenya diputer di komuk.

Gagangnya kokoh banget dari alumunium hitam. BERAT juga jadi harga tercermin di packaging. keliatan banget deh dia brush harga 300-an.

What i like:
Hasilnya kalau dipasangkan sama Tarte, airbrusheddd banget. Halus, seamless tanpa cela. Coveragenya juga bisa maksimal banget. Mungkin karena tartenya juga ya, tapi gue ngga melihat gumpalan atau apa pas masangin produk ini sama powder foundation.

What i dislike:
Streaky parah kalau pake liquid foundation, gangerti lagi. Streaky terus basah gitu kan jadi benyek benyek gitu brushnya. Kalau pake bedak padat, kulitas kulit gue jadi keliatan jelek banget padahal gue pake bedak dari Shu Uemura juga. Ya kecewa sih, ngga ada tuh yang namanya flawless kalo pake produk selain mineral powder.

Overall, kalau lau emang maniak mineral powder, ini mah bagus banget. Tapi kalau eksistensi mineral powder aja lau gatau, ya jangan deh. Banyaq brush muka lain yang lebih bagus.

MAC - 129sh Powder/blush brush (35$)


Ini adalah sumber stres gue di dunia. Setidaknya dunia makeup. Ngga ngerti lagi sama ini produk. Mahal banget pula sekarang, kalau dikursin ke rupiah berarti harga brush MAC ini Rp. 400.000-an.

Bulunya fluffy, round, gede muat di apple of the cheeks.

CUMA NUSUK BANGET BRO.
Ke pipi kaya abuse, abuse banget. Tajem-tajem kaya landak. Per helainya juga kasar, bisa diliat di foto bawah. NUSUK BANGET, ABUSE. KOK BISA?!



Gagangnya juga ringan huhu, nggak lux gitu.
"Ini palsu kali!"
Ya i hope so. Tapi nggak, karena gue belinya di counter MAC, Plaza Senayan.


Dan yang paling parah: 
Bulunya rontok!
:"(((((


Untuk performanya sendiri ya standar lah ya. Oke poin plus karena fluffy brushnya bisa ngebuat gradasi yang manis dan bisa dikontrol juga. But that's it!


What i like:
... bisa digunakan?

What i dislike:
Kasar, abuse of pipi lembut. Rontok parah, tiap pake pasti rontoknya 3-4 helai, ngga ngerti lagi. MAHAL.

Overall: Ngga bagus. Gagal banget. Udahlah ganti aja.


MAC - 213 Fluff Brush (25$)


Ini brush untuk kelopak mata. Jadi kalau kata Suhay, "Untuk ngepack eyeshadow". Jadi bentuknya pipih gitu, katanya sih bisa buat blending tapi gua ga yakin sih.


Brush:
Untuk brushnya sendiri, dilihat dari foto aja udah ketebak kok teksturnya gimana hahaha. Ya itu, kasar juga. Kayaknya natural brush ya? Men, gua pecinta synthetic brush.
Untuk kepadatannya sendiri, ngga padet-padet amat. Jadi masih letoy gitu. Letoy tapi kok tugasnya pack eyeshadow di kelopak mata? Jadi agak nyaru gitu kan hahahaha!


Untuk karakternya sendiri, banyak yang bilang kalau ini adalah shader brush, kayak brush Real Technique - Shading Brush fav gue yang galaunya kaya apaaaa pas ilang.



Dan ya, i prefer RT brush karena performanya lebih baik, lebih bisa ngangkat eyeshadow ke brush. Lebih bisa transfer pigmen ke mata. Lebih kecil juga jadi terkontrol, pas banget buat kelopak mata asia kaya gue.

Kalo mau bandingan MAC vs Real Technique, ya RT menang telak lah. Lebih murah, lebih bagus, lebih fungsi.

What i like:
....

What i dislike:
Mahal, fungsinya gak sewaw itu. Ngangkat pigmennya ngga sebagus RT, ukuran brushnya juga kegedean dan susah dikontrol.

Overall:
Kalah telak sama RT. Malu, MAC. Malu :(

Make Up for Ever - 236 Large Precision Blender Brush (Rp. 530.000)


Ini brush yang bisa ngebuat gue ngeluarin 500 ribu dalam 1 hari. Belum pernah seyakin dan se nggak sabar ini untuk ngeluarin 500 ribu dalam hidup gue T_T

YA! Karena ini magic. Untuk Nahla dulu yang belum bisa ngeblend, 1 brush ini udah cukup untuk  ngebuat seamless, blended dan hasil eyeshadow yang rapih.

"Ayo ma! Kita ke MUFE! Ngga sabar pengen beli!"
Songong amat, naik ojek aja masih mikir lau.

Brush:
Cukup besar untuk kelopak mata, tapi dense dan precise banget. Ngga kebayang ya hahaha!
Bahannya sendiri dari taklon, jadi ya halal ya karena sintetis.
Selain brushnya dense, ngangkat pigmennya bagus.



Gagangnya dari kayu gitu, artsy banget mana ujungnya lancip kepotong gitu kan. Pokoknya ini tercermin banget dari harganya.


What i like:
Pemula aja bisa bagus pake ini. Kayak magic wand aja gitu. Brushnya dense, bisa dikontrol juga. Pas diaplikasiin udah otomatis ngeblend, tapi kalau eyeshadow gelap ya harus pake blending brush.

What i don't like:
Sayangnya... fungsi dia sama dengan Real Technique Shader Brush + Blending brush biasa. Jadi gue udah ngga butuh lagi karena lebih nyaman pake RT karena lebih mudah dikontrol karena lebih kecil.

Overall:
Untuk pemula tajir gak mau latihan, beli aja karena dengan 1 brush ini udah bisa menghasilkan eyeshadow yang well blended. Tapi untuk pemula yang suka latihan, brush + blending brush juga udah bisa gantiin fungsi brush ini T_T.

Comparison!
Ini pake 3 macam brush: MAC 213, MUFE 236 dan RT Shading Brush.
Jadi kalian bisa tau performanya ;)

Untuk eyeshadow, gue mulai dari yang paling tidak pigmented - moderate - pigmented banget. 

Urban Decay - Naked 3 "Buzz"
Ini pigmentasi tercemen dari semua eyeshadow yang gue punya. Hasilnya juga mencerminkan kecemenan pigmentasinya kok:


Di gambar atas, yang paling bisa mengeluarkan pigmennya adalah MUFE. Padahal eyeshadow ini veryyyy difficult to show up. Tapi bisa diakalin pake NYX - Jumbo Eye Pencil (review) sih.

Untuk MAC, dia bisa lebih pigmented dikit dari si RT.

Yang kedua gue pake eyeshadow "Bright Turquoise" dari eyeshadow Inez - Professional Eyeshadow Palette (review).
Pigmentasinya moderate, kali ini beserta swatch jari biar pol-polannya kerasa.


Seperti biasa, yang dari MUFE emang masih memimpin. Disusul MAC dan RT. Tapi paling asik yang jari lah.
"Tuh, bagusan MAC. Kok lebih suka RT?"
Karena masalah pigmentasi ini bisa diakalin pake NYX Jumbo Eye Pencil. Tapi dari kontrolnya, RT lebih enak jadi gue tetep miih RT.

Ini yang paling pigmented, "Natural Peach" dari Inez Professional Eyeshadow Palette yang sama.


Kali ini RT harus memimpin, hasilnya setara dengan MUFE.

***

Intinya? Beli Real Technique aja udahhh, jaminan mutu. Kualitasnya hampir sama dengan brush MAC, bahkan lebih tinggi RT lo. Brush MAC dua-duanya masih kasar :(

Untuk Sephora, hanya bagus untuk powder foundation aja. Kalau MUFE bagus untuk orkay-orkay lah.

Sekian presentasi dari saya, babay!

7 comments :

  1. RT Shading brush bentuknya agak bulat diatas and sintesis, I find it work best buat cream eyeshadow. Tapi biasa-biasa aja sih buat ngepack eyeshadow, lebih prefer flat eyeshadow brush. Kalau MAC brush memang ringan karena gagangnya ga berat. Tentu saja ada yang duds ada yang OK, same as every other product. Gw lebih milih Zoeva (bristlenya halus dan awet banget).

    Kalau RT iya bristlenya halus tapi gagangnya kopong dan cepat rusak, everytime I tap my brushes to the edge of my compact or cardboard packaging langsung create dent dan itu ga terjadi di brush-brush lainnya. So lebih baik spend more tapi awet. Btw sekarang lagi venture Japanese brushes, even drugstore mutunya cukup bagus sayang aja bentuknya kurang variatif.

    ReplyDelete
  2. Reviewnya baguuus bangett...

    Ternyata brand bagus , harga mahal ga menjamin yah.. Atau apa ini cuma berlaku untuk make up brush nya aja..

    eniwei, thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  3. Aku punn sudah nyobain beberapa brush dan emang yah RT juarah dari segi harga dan kualitas. Rasanya nggak usah banyak mikir kalo beli brush RT :''')

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
  4. Baru mau komen gila brush-brush mahal-mahal haha. Tapi baca ini mencerahkan. Soalnya aku juga sempet mikir mau nabung dulu buat beli high end. Tapi ternyata RT masih sangat layak untuk pilihan kantongku

    ReplyDelete
  5. Ada lagi Nahla brush lokal yang kualitas nya kece badai.. Reine doll.. Aku fans berat nyaaa hahaha

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  6. Harga nya cetar ya Mak, diriku cuma punya brush murce Sophie Martin hehe itupun jarang banget dipake, btw tfs ya

    ReplyDelete
  7. Ckkk harganya! Aku baru kenal brush gegara menang giveaway. Itu pun dapetnya produk MiCa yang isinya 10an brush harganya 150 ribuan sajo. Tapi udah puas sih, soalnya lembut, gak rontok, mayanlaah fungsinya buat pemula. :D

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top