SOCIAL MEDIA

Thursday, 2 February 2017

#SassyThursday - 5 Makanan yang Sulit Ditolak


I'm a big eater! Gue suka banget makan, suka suka banget! Suka karena... ya suka aja. Emang lau butuh alasan untuk suka sama makanan? Dan gue paling gak ngerti sama orang yang gampang kenyang atau orang yang "Aku sebenernya ngga terlalu suka makan" alias yang makan cuma buat negakin tulang punggung. WHY?!
Ka Icha:


Makanan adalah salah satu nikmat Tuhan yang siji banget. Dengan makanan lu bisa membaca peradaban, kondisi agraris, mata pencaharian orang-orang dan mata dari kebudayaan. Mata dari kebudayaan karena makanan itu personal bangaww.

Selain suka makan, gue juga ~kurang lebih~ suka masak. Ya baru akhir-akhir ini sih. Akhir-akhir banget. Karena dengan masak aku bisa apa ya? Aku bisa push the boundaries. Ea sombong lu.

Karena i'm a big eater, tentu gue punya 5 makanan yang sulit-sulit sekali ditolak. Apa ya? Apa apa apa.

5. Pretty dessert!
Ga bisa. Ga bisa.
Mau lagi diet, jaga badan atau gimana. Ketika gue dihadapkan sama jejeran cake yang berkilau, warna-warni dengan bentuk yang well-composed gue GABISAAAAA AAAAAA..

Karena gue ngeliat cake sebagai sesuatu yang cute and you know that i'm a big sucker for a cute thngs. Karena gue suka sama seni jadi gue suka sesuatu yang warna-warni. Apa lagi yang warna-warni di makanan? Ya dessert!

Ngga terlalu wow wow sama es krim tapi kalau udah ada cake mah udah deh. Even cake dari Richeese factory yang kayaknya biasa aja (dan emang biasa aja) gue bisa menggila. There's always a room for dessert!

Bahkan kalau acara keluarga, buffet dsb gue selalu lari ke bagian dessert.

Cake kesukaan gue biasanya cheese cake, apapun yang ngga pake irisan buah strawberry, gue juga ngga terlalu suka cake coklat atau tiramisu karena kurang berwarna. Dulu suka banget rainbow cake simply karena warna-warni, cetek parah.

Jadi, lu mau nyogok gua? Bawa aja ke toko cake lol!

Selain cake gue juga napsu kalau disuguhin cendol, es merah delima, KLEPON! Lalu apa lagi ya? Jajanan pasar terutama Surabi Notosuman is so good. Milkshake dengan rasa unik kayak marshmallow atau cookie, es krim rasa cotton candy dengan topping gummy bears dan marshmallow.

Untuk tempat dessert kesukaan, gue rekomen Miki Ojisan no Mise untuk bolu cheese cake yang SUPER lembut, toko cupcakes yang ada di Citos (uda tutup sih) yang rainbow cupcakes, Sour Sally dengan topping cookie dough sauce  juga fav banget, Surabi Notosuman itu the best serabi in the world! Untuk selai kesukaan, gue mempercayakan Lotus yang rasa crunchy speculoos, the best jam in the world.

Untuk cemilan siap beli (apasih) gue suka Silverqueen Chunky Bar dan Twister. My fav karena rasanya manis dengan tekstur gitu kan. Kalau disuruh milih Silverqueen atau Cadburry, ngga bisa milih sih. Cadburry juga enak, yang paling enak adalah Cadburry yang isinya jelly itu lhooo, enak banget!

4. Telor 1/2 Matang
Ngga hanya berupa telor 1/2 mateng yang di abang-abang warteg atau di mangkok sendiri, gue juga suka poached egg (stengah mateng karena dalemnya kan masih mentah), omelette yang stengah mateng (masih basah) dan.. apa lagi ya? Every egg that still jiggly lah.

Karena gue suka sensasi melleleh di mulut. Meleleh yang manis juga suka (kaya lava cake), tapi melelehnya si telor ini ngga bisa dihindari.

Saking sukanya poached egg, gue sampe bikin 5x percobaan! DAN GAGALLL...

GAGAAALLL...

WHYYYY...

Entah karena airnya terlalu bubbling, muternya terlalu ganas atau apalah sehingga poached egg yang gue bikin, putihnya selalu misah. Kan sebel ya.
Tapi selain poached egg gue juga suka banget fluffy omelette, itu lho yang putihnya dikocok ampe stiff peak, campurin kuningnya dan goreng seperti biasa. Hasilnya akan fluffy nyoy-nyoy gitu. Karena teksturnya kayak souffle, nyum!

3. Sushi

Untuk tempat sushi, gue sampe taraf bikin peringkat Sushi dari yang enak banget sampe cringe parah. Dan Sushi Tei tidak ada di tempat teratas.
Saking sukanya sushi, gue sampe... Entah deh ah. Sampe take notes salmon mana yang paling enak. Teori gue dalam menilai restoran sushi: semua tercermin di nigiri sushi.
Nigiri itu sushi yang mentah, kalau mereka top notch berarti restoran sushi itu bagus. Kalo lu liat resto sushi yang murah, pasti, pasti 80% menu mereka (atau bahkan 100%) adalah fusion sushi. Fusion sushi adalah sushi matang dengan topping mayonaise, cheese dan barang-barang luar jepang lainnya. Isian sushinya juga berupa tempura, crab (batangan). Kalo mau cari yang mentah juga paling banter timun atau telur ikan (tobiko) yang jadi taburan luar dalam California Sushi.

Nah geeknya keluar lagi kan.

Untuk peringkat resto sushi ala Halo Terong:

1. Kaihomaru
Di AEON, the best sushi dengan harga yang ngga boong. Makan disana, 1 orang bisa 500-1.000.000. Tapi ngga menyesal lah karena salmonnya hidup dalam mulut ketika digigit. Masih fresh, masih krenyes krenyes, crunchy. Full of live!
Pokoknya indikator salmon bagus atau tidak adalah 'jiwa' dia saat dalam mulut. Apa hidup? Apa terasa seperti 'bergerak'?
Menunya juga full nigiri, full traditional. Bahkan ada cha-zuke.

2. Sushi Sei
Dengan range harga 1 plate nigiri Sushi seharga 350-400, ini kedua yang punya kualitas sushi bagus. Dan as you see, Sushi Sei ngga terlalu nyediain fusion sushi.

Eh ini top 2 aja sih sebenernya. Do i love those places? Not really. HAH? KO NOT REALLY?
Karena kriteria gue adalah seberapa bagus hasil ikan yang didapat, sedangkan.......

Gue sukanya fusion sushi T_T

Jadi most fav gue adalah:

1. Sakura Sushi di restoran Midori


Yang mana dia ngga ada apa-apanya sama Kaihomaru tapi tempat Sushi fav gue. Sakura sushi itu gabungan antara salmon mentah, nasi, MAYONNAISE dan tobiko. What's not to love? Semuanya kesukaan gue.. i like fresh salmon, mayonnaise dan tobiko. So nomor 1 ya Midori lah.

Idk kenapa Sushi Tei rame padahal overprice dan kualitas ikannya ngga seWAW itu sampe punya tag harga segitu. Sushi Tei juga menang di fusion kan? Ya berarti dia ga mau highlight nigirinya.

If you want to judge a japanese restaurant, eat its nigiri.

2.Pete



Gatau. Gatau lah. Ngga bisa nolak. I love its texture, rasanya yang agak barbar tapi melengkapi my whole tastebud.

Pete balado itu udah ngga ngerti lagi, tapi yang paling gue suka adalah pete dengan telur. MY GOODDDDDNEEESSSS!

Gue kalo lagi makan makanan sunda nih, ngga bakal start makan kalo petenya belum dateng. TRUE!
Walaupun begitu, gue ga suka pete mentah sih. Belum kali ya? Masih terlalu sayur aja gitu. Paling suka pete bakar untuk lalapan atau pete tumis untuk campuran dalam makanan.

Pernah masak pete dan shock ternyata di dalam pete selalu ada belatung, ulat kecil putih gitu. BUT YAUDAH DEHHH.. demi makan pete kan, uletpun hazaaar!

Tapi ya gue suka pete dalam koridornya ya, bukan dibikin cake pete atau sushi pete. Ew.

1. Masakan Brian

Ini kayaknya ngga bisa



Apapun yang Brian bikin pasti enak, pasti habis dan pasti menjadi fav. Apalagi ayam panggang dengan red bean, mashed potato dan saus bikinannya. Paling enak.

Terkadang dia sebel kenapa dia yang masak terus, i say karena makanan dia surgawi kan lol! Karena dibikin dengan kasih sayang eaaaa zz

Karena makanan yang Brian amsak selalu baru buat gue, dia pernah masak apa ya ya macem-macem deh. Pasta dengan isian kentang dan tuna lah, saus salsa lah, nachos lah, bikin sushi.

I love his cooking. Tapi akhir-akhir ini dia nyuruh gue yang masak huhuhu :(

AYO BRIAN MASAK DONG KANGEN HUHU


**

Ya segitu aja sih 5 makanan yang sulit ditolak. kalau anda anda sukanya apa? Sukanya asam garam kehidupan ya? Atau sukanya istri tetangga?

16 comments :

  1. pada seneng bgt sm sushi ya, aku gak doyan, senengan makanan chinese dan sesuatu yg mie-mie gitu, mungkin krn emang ada gennya, hahaha.

    ReplyDelete
  2. Yang nggak pernah bisa nolak: Coklat sama eskrim.
    Pete juga suka sih, tapi mahal parah di sini, dan suami sama sekali nggak suka. Jadi entaaah udah berapa abad nggak makan pete. Padahal dulu jaman masih di Jakarta tetanggaan sama orang Betawi sering banget dibagi pete sama jengkol xD.

    Sedih deh baca postingan ini, Nahla. Aku jadi kangen makanan favorit pas di Jakarta kayak nasi padang, soto bogor, toge goreng yang nggak ada semua di Palopo. Aku bisa apa T___T

    ReplyDelete
  3. telue setengah mateng, sluurup, enak...

    ReplyDelete
  4. Telur setengah matang is mai laff...
    Aku sampe eksprimen bikin telur setengah matang ala2 penjual mie rebus coba,hhahaha.

    Untuk sushi,di pekanbaru sushi yg enak masih sushi tei,dilanjutkan dgn tsukiji sushi.
    Tapi tsukiji fusion semua,g ada yg mentah2.

    ReplyDelete
  5. Bakso dong yang juara. :D Hehehehehe biar udah makan lima kali, kalau udah nyangkut bakso, ayo aja mah. :v

    ReplyDelete
  6. PETE ENAK BANGET!!! tapi kalo mentah nggak doyan hahaha

    ReplyDelete
  7. Peteeeeeee emang enaak. Ya ampun syurgaaa. Huhuhu

    ReplyDelete
  8. Eh telur setwngah mateng juga masya Alloh nikmatnya. Kalau cake aku cuma suka yang ga terlalu manis dan cokelat? No aku ga gitu suka

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran juga sama masakannya Brian. :v

    ReplyDelete
  10. tos mba ..suka banget sama telur setengah matang

    kalo sushi aku sukanya yang fusion, kalo yg mentah sih hell no

    btw, salken :)

    ReplyDelete
  11. Aaakk! Aku juga gak bisa nolak cake enak. Terserah deh bentuknya gak lucu-lucu banget, yang penting lumer di lidah. Aku punya toko kue langganan, cakenya sepotong kecil 20ribu, bela-belain selalu beli nyaris tiap minggu, karena enaknya ngangenin. Cokelatnya uhhh... lumer blas. Nyam nyaam!

    ReplyDelete
  12. Telat setengah Mateng, Cake , Pete cocok lah kalo makan sama Nahla Cari cheese cake Atau warung tenda pecel-pecel yang Ada Pete nya .. XD

    Kalo sushi .. mmm.. gimana ya Nahla.. Aku mending makan nasi goreng Tek tek lewat depan rumah ketimbang sushi.. hahaha
    Tingkat ke-Gaul-an Aku belum sampai di situ .. aka eneg makan sushi .. hahaha
    XD

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  13. pete sama ikan tongkol...
    iya sepakat saol telor setenagh mateng

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top