Tuesday, 21 June 2016

12 Tips untuk Membuat Blog Selangkah Lebih Presentable


Ngggaaakkkk gua gak mau mendikte siapa-siapahhh... Toh gua juga masih pletat-pletot kalo nulisss.. Masih gatau yang bener itu punyanya atau punya-nya, akh apalah gua inihhh sumpahhh ini gua ga mau nyombong benerannnnnn!

Cuman gua sering aja denger cuitan orang-orang yang pingin blog nya jadi berkembang dalam artian: rame pengunjung, go-job lah istilahnya. Istilah siapa tuh? Istilah gua.
Go-job maksudnya bagus sampai layak untuk ngejob, ya job macem-macem lah kayak review ato apalah apalah.

Tapi gausah lah jauh-jauh ke ranah job, intinya mah pingin banyak pembaca dan selangkah lebih dikenal, gituh.



Ya menurut gua sih hasrat untuk terkenal pasti ada di semua orang, cuman masih in denial ajah ngahahahah...

Balik ke cuitan orang-orang ini, akhirnya gue blog walking ke blog-blognya dan emang masih kurang beberapa langkah lagi untuk menjadi blogger yang presentable dalam artian menjadikan blog sebagai brand. Gua ada wejangan dikit, dikit banget elah terus cemen pulak. Pulang aja, Nahla. Pulang!

Tapi kata pak Tamam Hoesein, kita tidak boleh memvonis diri sendiri. Oke, Nahla. Kamu gak cemen. Jangan pulang dulu.

Ini mungkin bisa diterapin kalo eloe eloe eloe mau selangkah lebih baca-able dan jadi go-job karena go-jek udah punyanya Nadim Makariem.

(Btw ini tips buat orang yang baru pertama kali bikin blog dan pingin blognya lebih berkembang)

1. Kapital

Setidaknya ya, ini langkah 1 banget untuk membuat tulisan lebih rapih. Mungkin banyak yang ngga tau perbedaan "mengubah" dan "merubah" atau tanda kutip atau apalah apalah. Tapi minimal lo harus tau caranya memakai huruf kapital. Apalagi untuk judul, harus pakai kapital dengan benar ya.
Karena penggunaan kapital pada judul itu menandakan bahwa kita serius nulis, gue sih rada ga semangat membuka link yang ga pake kapital. Kenapa? Ya judul aja ga pake kapital, apalagi isinya :D

Format di blogger.com emang ngga disetting <titik> <spasi> <kapital> jadi ya harus manual banget, rada pegel sih tapi worth it :D

2. Lo nulis buat dibaca orang lain

Ini nihhhhh...

Yang membuat beberapa blogger pemula mungkin rada bingung kok viewersnya segitu-gitu aja, ko followers ga nambah dkk dsb. Karena mereka menulis ya buat nulis aja, ga memikirkan kerangka *plis gue juga ngga*, ga memikirkan apakah itu menarik buat dibaca.

Makanya kalau eloe eloe liat blogger famous kayak gua HAHAHAH kayak misalkan *ga usah mention ka Icha karena dia sudah dimention beribu-ribu kali disini* mba Windi Teguh. Blio emang ngga menggunakan bahasa sok gaul SKSD kaya bahasa gua, tapi blio tetep 'nyambung' dengan pembacanya karena dia nulis untuk dibaca orang. Dia nulis memposisikan dirinya didepan pembaca, dia bercerita tanpa harus menggunakan bahasa yang terlalu slengekan kayak gua.

Begitu juga blogger serius kayak mba Carolina Ratri, bahasanya formal tapi ngga 'jauh' dari pembaca. Ko bisa?

Karena sudut pandang mereka ga cuma aku-aku-aku. Hari ini aku begitu lalu aku begini lalu aku a b c d. Mereka melibatkan orang lain, melontarkan pengetahuan yang sifatnya universal, mengemukakan pendapat buat 'dimakan' sama publik. Walaupun tsurhat tapi orang lain tetep mendapatkan manfaatnya. Itu dia yang ngebuat followers dateng.

Bahasa gaul atau tidak, tidak menentukan apakah kita bakal laku di pasaran. Banyak yang bahasanya gaul tapi karena sudut pandanganya seputar gue-gue-gue jadi ga menarik, begitu juga yang bahasanya formal.

Lo nulis usahakan ada pesan moral, ada interaksi, membawa emosi pembaca dengan melibatkan mereka. Kalau materi lo misalkan puisi cinta, selipkanlah intermezzo di paragraf pertama, didedikasikan ke siapa.

Content is the king. Mau template lo asikadut tapi isinya kepret kan malez uga broh. Jadi bahaslah yang menarik, yang dekat, ada pelajaran yang diambil gitu lah.

3. 500+ kata is a MUST.

Ga bisa ditawar ya, karena dibawah 500 kata itu ga bisa sampai ke klimaks sama sekali. Ngegantung, no impact menurut gua. Apa yang mau disampaikan kalau dibawah 500 kata? :( menulis panjang is da bomb. Ya gausah panjang-panjang banget sih cuma ya you get the point.

APALAGI KALAU KALIAN DISPONSORIN.

500 kata is kepretan angin, guys. Please do lebih dari 1000 kata, karena itu bentuk tanggung jawab. Gue nulis ulasan ULTIMA II itu sampe 2000+ kata, demi profesionalitas, tanggung jawab moral, citra diri di mata brand, performa di mata blogger dan agency.

Kalo gua jadi brand, bisa nangis gua kalo barang gua cuma dapet 600 kata :( apalagi kalau produk yang ditawarkan berupa jalan-jalan, lipstick banyak shade, blush on, bahkan SEPAKET makeup.

"Tapi si seleb blogger buat reviewnya dikit-dikit". Ya oke lah mungkin mereka terkenal. Tapi jujur aja: bagus gak hasilnya? Puas ngga bacanya? Karena pembaca paling jujur itu diri sendiri, kalau diri sendiri ngga menikmati artinya it's not good enough.

Selain lebih disukai Google, artikel yang 500+ kata itu bisa memuaskan diri sendiri sebagai creator, lho. Orang ngeliatnya juga ngga menimbulkan komentar, "Ini orang niat nulis ngga sih?!".

4. Buat kerangka sederhana.

Ini sederhanaaa banget...
-Pembuka
-Isi
-Penutup

Pembuka isinya bisa jelasin kenapa punya ide nulis ini, kesan pertama menanggapi isu ini, rasa deg-degan nungguin barang ini nyampe rumah, berapa lama lo ngincer barang ini. Ya intermezzo lah. Buatlah ya 2-3 paragraf, sertakan lawaq kalau perlu.

Isi ya isi. Misalkan lo lagi bahas onigiri, bahaslah:

1. Deskripsi:
Meliputi apa sih ini, makanan macam apasih ini, sejarahnya gimana sih, berapa gram sih, biasanya dimakan pas apa sih, variannya ada apa aja? Terkenal ngga? dsb dsb
2. Packaging
Bungkusnya biasanya kaya gimana? Dibungkus plastik? Keliatannya bagus atau ngga?  Praktis ngga? Presentable ngga?
3. Dat kinestetic things
Teksturnya, wanginya, lengket ngga? Benyek ngga?
4. Rasa
Rasanya enak ngga? Pedes? Asin? Rasa ikannya kerasa?

Lalu penutup, bahasannya:
1. Overall, enak ga?
2. Beli dimana? Harganya berapa?
3. Kalimat penutup berupa "byebye all, see you kapan-kapan".

"Ko panjang sih, La?", ya kan kamu mau terkenal hahaha ya harus usaha nulis panjang dong akh. Kalau pakai format di atas, 1000 kata gua yakin bisa lebih.

5. About Me

ABOUT ME GUA BAPUK KARENA BELOM ADA PROTFOLIO MEDIA KIT AHAHHAH

Tapi minimal di side-barnya ada profil dan email lo. Ada foto, deskripsi singkat tentang apa yang lo tulis, siapa lo dan email. Udah sih. Fotonya yang bagus yak.

6. Jangan disingkat-singkat!

Haram hukumnyaaaahhh!!!!!
Dijamin ga bakal enak dibaca, dijamin susah cari pengunjung, dijamin no good things will come if you singkat-singkat kayak orang ga niat. Aku ga sakit mata dengan typo, tapi sakit mata dengan singkatan apalagi tiap paragraf disingkat :( sedih hati om.

Kenapa sih anti banget sama singkatan? Kan cuma di blog.
Ya you have to take your blog seriously :/ plis dong Instagrammers aja udah ada yang pake drone kok buat OOTD, social media is a tambang emas, peluang kerja, tempat cari duit. Situ selfie buat gaya, sini selfie buat cari duit. Si ono mandang kita sebagai blogger narsis, kita berlomba bikin selfie paling bagus biar brand tertarik.

You must niat juga. Secara visual aja singkatan itu ngga enak, mana bisa berharap punya pembaca kalau secara visual aja udah ngga ngenakin?

Makanya gua ga suka blogging pake hape karena hakikatnya hape adalah tempat untuk nyingkat-nyingkat hhahaha, untuk menggunakan hape tanpa disingkat itu menurut gua near impossible :/

TERUS JANGAN ADA SINGKATAN ALAY PLISSSSS, udah gede udah bisa bikin blog, masa masih pake "Aq", "Sich" yang berulang-ulang, BAH.

7. Ada gambarnya

Misalkan foto, pake kamera hape aja ngga apa. Jangan pecah dan harus terang ya. Gambar itu penting lho biar ngga bosenin, dan jangan pecah yaaaaaa jangan. Kamera hape jaman sekarang mah bagus-bagus kok.

(Baca: All About Haloterong's PhotographyProses Pembuatan Ilustrasi Haloterong.com)

Atau ngga bisa ambil (dengan credits) di website kayak pixabay.com, freepik.com. Gambarnya banyak yang bagus-bagus kok, yang penting ada gambarnya yaaaa...

Untuk selfie, tolong foto yang terang ya, backgroundnya dipikirin, jangan sampe lo foto di depan rak cuci piring misalkan, atau lo foto keliatan jemuran, ngga oke banget sis. Kamera boleh bapuk, masa background juga? Hahahahha!

Coba aja di teras rumah, biasanya backgroundnya bisa tembok. Jangan lupa diedit ya, edit brightness lah minimal.

8. Template yang nyaman di mata

Bisa pake template premade yang responsive buat tampilan bagus yang kekinian, cuma ga bisa di custom sesuka hati karena codingnya ribet makanya gue masih belom terlalu niat nyari. Ngeliatin punya annisast.com yang baru tampilan mobilenya bagus tapi masih terlalu clean for my liking bhak, plis lah anak ini banyak maunya -_- cuman reponsive template emang bagus banget.

Background putih masih jadi andalan, tapi gue nyaman dengan template blog yang sekarang, walaupun background tulisan tetep putih, tapi background keseluruhan biru muda gradasi ungu kuning. Yang penting background itu jangan yang:

-Motif ribet, walaupun background tulisannya putih
-Terlalu banyak warna yang ngga senada. Misalkan: ijo army, oren, abu-abu. Wah itu sih penyakit banget. Mending pilih 2 warna yang senada aja. Yang aman adalaah warna pastel karena kalau digabungin tetep manis walaupun kadang juga kaga nyambung. Ya untuk awalan pilih 1 warna dulu ajah.
-WARNA SUDUT.
Tau ngga di kotak color picker? Ya yang kalo digeser-geser warnanya beda, nah ini warna sudut kanan atas. JANGAN YA....


Kok jangan? Karena warnanya terlalu saturated, bikin 'capek' mata. Masih ada yang pakai warna sudut kaya gini, entah itu ijo, biru, kuning, apapun kalau sudut-kanan atas itu ngga akan pernah nyaman dipandang.

Sengejreng-ngejrengnya logo komersil, ngga akan pernah gunain warna sudut lho #fact
Dan kalau mau pakai warna yang ngejreng, pakailah di tempat yang tidak terlalu dominan kayak: elemen header misalkan maskot, page tabs, label, widget. Untuk background pilih putih atau warna muda aja, ini cuman saran sih

Lalu ke font. Pakai font standar aja untuk textnya misalkan Georgia, gue pake Cambria. Cuman kalau mau yang manis, pakai font yang sifatnya sans serif aja yang standar kayak Calibri. Cambria-Calibri itu udah bagus kok. Untuk warna font, gue menghindari pakai yang terlalu hitam karena terlalu saturated sama background (putih), jadi pilihlah abu-abu tua, ya pokoknya abu-abu lah. Gue ngga menyarankan merah maroon, ijo tua, biru tua. Walaupun tua, tapi ngga nyaman di mata.

Gue pribadi suka dengan perpaduan font sans serif (huruf tanpa 'kait') dan abu-abu, selain ngebuat kesan feminin di mata juga ngga pusing. Cuman akhirnya pake serif karena ya lebih reading material aja gitu -_-

TOLONG YA DEK JANGAN PAKE COMIC SANS, TOLONG, AKU MOHON.

Terusss gua ukuran font nya 18px, yang lebih gede dari blogger-blogger lain. Bukannya mau gimana-gimana, tapi pengelihatan gue ini kurang bagus, jadi butuh font gede untuk memfasilitasi diri sendiri bhak. Emang gede banget sih, cuma gue gampang bacanya :/

Lalu tentukan color scheme. Ya tema warna gitu, kaya di blog gua kan warnanya: biru muda - ungu - pink - putih - red orange. Ya sebenernya sedikit susah untuk masukin warna banyak-banyak kalau masih ngeraba-raba. Coba aja googling "color scheme" lalu pilih deh dari 48940 color scheme.



Gambar dari website ini https://www.shopify.com/partners/blog/69878531-the-ultimate-list-of-online-colour-palette-generators-for-web-design, coba dibuka deh, ada beberapa website color scheme generator yang bisa dijadiin ide :D

Cuman idealnya sih gunain 1 warna yang dominan, yang lain-lainnya dijadikan elemen aja.

9. Jump Break/Read More

Itu lho, yang lambangnya ada kertas sobek. Fungsinya untuk memotong post biar ngga ditampilin full di homepage blog. Jadi lo ketik aja 2 paragraf, terus klik "Insert Jump Break" berupa kertas sobek.

Ini biar pas orang ke blog lo, ngga 'pusing', bisa milih-milih artikel, bisa klik kanan terus nambah deh trafficnya hehehe.
Ini istilahnya "Read More" biar ga bingung. Tulisan "Read More" bisa diganti jadi icon lucu lhooo

10. Sebar di social media

MAHA PENTING. Gua kalo ga nyebar di komunitas blogging di Facebook, Haloterong.com ngga bakal seberkembang ini. Believe me, sebar link di Facebook grup itu ngaruh banget. Bisa menunjukkan siapa lo, menunjukkan karya, menunjukkan kalo lo itu ada. Terus bisa cari temen baru, bisa cari komunitas baru, pergaulan meluas dan akhirnya selangkah lebih 'dikenal'.

Kalau orang udah tau nama lo - minimal familiar - pasti lama-lama bakal ada agency/brand yang menghubungi eloe, ya tergantung traffic juga sih. Tapi lo ngga boleh skip ini ya!

Add juga blogger-blogger kece di Facebook, nimbrungin, mengakrabkan diri karena iitu bagian dari networking kan. Dengan lo share blog lo di pesbuk, otomatis blog lo tampil di fesbuk dia juga dan akhirnya bertambah lagi orang yang 'tau' blog lo,

11. Nulis minimal seminggu sekali  

Gua seminggu 2x, ada yang 3x, ada yang dijadwalin. Cuma karena akhir-akhir ini kesehatan gua dan Mabi menurun akhirnya lumayan jarang nulis. Ini aja colong-colong waktu,

Dengan lo nulis lumayan sering dan disebar, maka orang akan lebih familiar dengan lo. Jangan lupa fotonya yang menarik, bahasanya yang menarik.

yang terakhir.....



12. Don't EVER lose your personal touch!

Berakli-kali bilang kaya gini di tulisan gue sebelumnya. DON'T LOSE YOUR PERSONAL TOUCH. Itu yang bakal nganter lo ke tempat salak cipondoh. Nah ini adalah salah satu personal touch gue: jayus. Ya alhamdulillah ya ses yah aku jadi dikenal sebagai blogger berbahasa frontal, jayus dan ceprat-cepret.

Pada akhirnya, blog adalah your mini-you. Disitulah lo hidup, menjadi satu page bernama blog. Itulah jiwa lo, you put your best on dat,


**

Ya gitu doang sih. Cemen? Iya mungkin ya cuma ya aku udah usaha jadi tolong atuhlah hargai aku dengan salak cipondoh.

Ini tulisan gua tentang menulis:

Tips Menulis yang A610an (Asik Tenan) 

50 comments :

  1. Jangan lupa ciptain karakter. :D
    Karakter haloterong beda dooong sama Vindy Pindy Mindy. :3
    Semua yang kamu tulis bener, La. Yang belum konsisten di aku adalah... rajin nulisnya. Alamak... budak satu ini malasnya kalau sudah di rumah. Pengen guling-guling di kasur mulu. Huhu...
    Ide banyak, ngendep di list mulu nggak ditulis-tulis. Mudah-mudahan bulan ini rajin lagi seperti sedia kala...

    nice post!

    ReplyDelete
  2. konsisten nulis yang masih kacau balau di aku...
    blm punya jadwal yang bener hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma punya jadwal kamis aja hahaha

      Delete
  3. tapi tapi ini tulisan bkn untuk pemula lah. hahahaha .

    aaaak ada namaku disebut blogger ngeheits haloterong.

    btw nahla judgement serriesmu kok ga ada lagi. aku nyanyol disini dulu gara2 itu xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku bikin yaaaaa JS nya haha

      Delete
  4. Makasih banyak-banyak nahla ^^ manfaat banget buat pemula kaya akuh :D

    ReplyDelete
  5. Naiss share sis :D, kalo ak nulis kurang panjang bagai makan kurang kenyang, tak terpuaskan gitu loh...kadang efek nulis panjang, foto kudu cakepable nan lengkap nulisnya jadi jarang soalnya mikirnga susyeee haha, tapi iji lagi usaha lagi biar posting menuju puncak *afi blogger* hahaa :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  6. 500+ kata is a must. Betul!
    Karena kalau kurang ya rasanya kok banget nih tulisan..hehehehe..
    Belum apa-apa udah kelar aja bacanya~

    ReplyDelete
  7. huahahaha masalah nulis panjang itu gw kalo ga panjang nggak suka aja, kurang gimana gitu. dan hampir smua tipsnya bener banget :D


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. ini untuk pemula kelas tinggi ya mbak, harus dicatat dan praktekin satu-satu :)

    ReplyDelete
  9. Rajin nulis adalah hal yang paling susah. Bener tuh 500+ kata is an important thing. Keliatan pantes buat artikel. Tapi ya gitu, nunggu moodnya naik dulu baru bisa dapet segitu. Wkwkk

    www.gadzotica.com

    ReplyDelete
  10. Aku masih pemula sih tapi untungnya aku udh ngelakuin itu semua hahaha
    Thanks infonya ya :D aku bakal belajar lebih baik lagi biar bisa nge-hitz nnti hahaha

    Ssicawang.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Nice.

    Paling sebel kalau baca postingan blog yang ensingnya gantung alias nggak selesai. :)

    ReplyDelete
  12. Hehe, emang jayus bener yang nulis. :). Tidak apa-apah, saya suka aja bacanya :)

    ReplyDelete
  13. Blog saya warnanya pink karena suka pink. Gimana tuh perpaduan warnanya? Bikin bosan dan sakit mata gak?

    ReplyDelete
  14. Beneran deh, nulis pendek2 itu ga nyaman kaya ada yg kurang.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. A610an nih tipsnyaaaaaaa. Makasi ya Nahlaaaa <3

    ReplyDelete
  16. Saya termasuk orang dengan napas pendek. Kadang nulisnya sedikit-sedikit. Lagi berusaha ni nuat manjangin lagi

    ReplyDelete
  17. 3. 500+ kata is a MUST. Isinya? Curhatan semua mennnnnn *doyan curhat* arigatou sensei Nahla

    ReplyDelete
  18. Ha..ha... "kepretan angin". Istilahnyaaaaa... Aku udah lupa nulis pendek. Sekarang ini kalau nulis sependek-pendeknya 700-800. Kalau sponsored post biasanya di atas 1000 lah... Nice tips Nahla :)

    ReplyDelete
  19. Makasih mba Nahla. Ke TKP bebenah blog.

    ReplyDelete
  20. Setuju sis point diatas emang penting buat blogger pemula biar makin hitz!

    ReplyDelete
  21. Dan tulisan ini panjang bgt tapi syarat ilmu. Soal share di komunitas yg ada di FB saya sering minder, Mbak. Kalian keren-keren.

    ReplyDelete
  22. nahla emang gahul, briliyan ples mau berbagi, makasi banyaaak tips2nya

    ReplyDelete
  23. kecelah,, jadi bisa belajar untuk up in lagi blog saya nih.. jadwalin ngeblog PENTING banget ahhh,, T_T
    makasih nahla,,engkau seperti embun penyejuk dalam kehausan (gyagyagya) eh beneran loh ,, makasih makasih :*

    ReplyDelete
  24. udah mulai ngebiasain nulis panjang nih, tai about me nya masih acakadut... hahaha

    ReplyDelete
  25. Hai Nahla, salam kenal yes.. Thanx, tip2nya berguna bgt nih. Apalagi yang 500+. Aku baru ngeeeeh mestinya memang sepanjang itu yah.. ahaha

    ReplyDelete
  26. hahahhaha bener semuaa...
    cuma konsisten doank gw yang belom bener :))
    nice post la..

    ReplyDelete
  27. Cakeeeep cakep tulisannya sis. Lemparin satu dong salak cipondoh. :3

    ReplyDelete
  28. Yakkk. Kumpulin lagi semangat nulis yang mulai tercecer.. :D

    ReplyDelete
  29. siap dipraktekan deh wejangannya mbak bro.. makasih sharenya yaah,, semoga dengan praktetin ini semua, bisa jadi blogger yang berkembang. :D

    ReplyDelete
  30. lengkap banget :) makasih ya, berguna nih secara blog harus dibenerin juga

    ReplyDelete
  31. Comic sans kenapa banyak yang nggak suka ya...hahaha

    ReplyDelete
  32. Nahhh...asiik nih. Makasih Nahla udah diingetin. Meski mastah bloher sering mbahas tetep aja sih bandel...heuheu

    ReplyDelete
  33. Wah..tipsnya bagus dan kena bangetttzzz mba,

    ReplyDelete
  34. Tips nya bagus, ntar kalo blog aku udah keren, follow balik ya jeng, hwahwahwa, sekarang mah masih kosong melompong gak ada isinya...

    ReplyDelete
  35. Comic sans kenapa ya? Soalnya aku pake Josefin sans yg agak mirip comic sans nih haha jadi penasaran.
    tfs ya tips-tipsnya, noted'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kurang profesional kelihatannya. Saya dulu juga pake huruf-huruf lucu macam comic sans, Juice ITC, Josefin, dan kawan-kawannya. Tapi karena disaranin pakai huruf yang lebih "formal", aku ganti, deh.

      Delete
  36. Tipsnya bagus...Terima kasih :)

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top