Thursday, 11 February 2016

#SassyThursday - Koko Felix dan Wanita Mandiri



Halo! Kali ini kami mau ngomongin seorang tokoh cyber (?) yang influencenya gede banget di dunia dakwah, iyahhh.. Itu adalah koko Felix Siauw!

Yeeayyy..

Baca punya kak Icha disini:
Felix Siauw dan Perempuan Kuat



Jadi FS ini adalah ustadz tionghoa yang mualaf dan aktif di Twitter dalam berdakwah, dia juga launching beberapa buku dan bersama istrinya ia punya usaha hijab syar’I bernama hijab Alila.

Dia ini sosok yang hmmm, kontroversial? Karena apa yang dia tweet-kan itu kadang suka menyinggung wanita dan sarat akan ngajak ribut LOL, yeh walaupun intinya bener, cuman emang ada beberapa celetukannya dia itu yang membuat beribu wanita termasuk gue menjadi sakit hati, dikecilkan, etc etc


Jujur, gue pernah dateng launching Hijab Alila dengan koko Felix Siauw sebagai pembicaranya, dan nyokap gue punya semua bukunya. Dan menurut gue? He's good at public speaking, really. I respect him when it comes to hijab syar'i campaign.Bukunya juga bagus dan menarik, gak ada yang menyinggung, beneran.

Cuman kadang dia rada suka gak merhatiin perasaan orang lain kalo lagi ngetweet, kemaren abis nyindir ibu bekerja, sekarang dia nyinyir tentang cewe mandiri. Wow keren sekali.

Kutipannya gini nih:

"wanita itu harus kuat, mandiri, nggak bergantung yang lain" | ya udah, itu pilihanmu, jarang lelaki yang mau wanita seserem itu hehe.. 


Dear om, seriously? 
Okelah, ini adalah potongan kultwit (lagi) tentang kelembutan seorang wanita, bisa dicek disini yak untuk lengkapnya.

Gue SETUJU dengan apa yang dia omongin di RANGKAIAN kultwit itu. Tapi karena ini Twitter, boleh gak sih kalo gue ambil per tweetnya aja? Boleh dong, karena sejatinya Twitter itu sarana one-liner, kalo gak siap diambil 1 tweet aja ya jangan ngekultwit, ngeblog aja kayak gue, makanya sebaiknya tiap tweet itu dipikirin matang-matang, jadi kalo diambil sepotong doang esensinya masih tetap sama.

Intinya di tulisan situ sih: Kelembutan wanita itu yang mengalahkan lelaki, karena gak dimiliki lelaki.

Bener, bener banget, tapi..

.... nggak juga sih, Brian lembut, lebih lembut daripada gue malah (plis jangan jawab dengan "yaudah coba kamu melembutkan diri", karena kalian tak kenal aku sebagai isteri).

Kalo kemaren pas gue masih emosi. Mungkin gue bakal mikir kayak gini……………


“Gue mau ngomentarin semua tweetnya:

istri yang bersikap kekanak-kanakan didepan suami itu menyenangkan | istri yang kuat tegas didepan suaminya? dingin, aneh.. (=_=)

Okelah menyenangkan, tapi apa 'kekanak-kanakan' itu kata yang bener-bener tepat untuk mendeskripsikannya? Dan istri yang kuat dan tegas didepan suaminya itu aneh? Nggak lah, nggak aneh kalo emang harus tegas. Kalo suami lo rada submissive by default gimane? Ato suami lo lagi goyah? Ya lo butuh lah jadi tegas -_- Lah, Khadijah ada menenangkan Rasulullah SAW yang menggigil habis dikasih wahyu, dan Khadijah bukan feminis kebarat-baratan ya HAHAHA

Dan kembali ke twit awal yang gue mau bahas.
Sebenernya kultwit ini kan buat pasangan suami istri, tapi kok khusus yang ini ditargetin buat yang single ya? Dengan adanya kata "lelaki yang mau".

Jadi menurut dia, wanita kuat mandiri dan tidak bergantung pada diri sendiri itu jarang ada yang mau.
Gitu katanya.

HAHAHAHHA

Awalnya gue emosi ya bacanya, dia kira dia siapa bisa atur-atur sifat wanita? Kan mandiri, kuat dan tidak bergantung pada orang lain itu sangat dibutuhkan untuk wanita single agar bisa kompeten di dunia, lah kalo dia menye menye, hidup orang tuanya gimana? Apalagi anak tunggal. Sahabat gue anak tunggal, bapak ibunya gak kerja, bisa tuh ngehidupin keluarga dari SMP. Itu semua karena tiga poin itu yang kata dia serem. Dan apa ada yang mau sama dia? YA ADALAH...... Bahkan mereka mau karena 3 poin serem itu tadi, hiii wow keren ya.... 

Mandiri, kuat, bergantung pada diri sendiri itu bekal, inget ya, bekal untuk hidup kedepan. Cewek bisa kok mandiri kuat sekaligus lembut. Dan kita mandiri, kuat itu bukan buat narik perhatian lelaki, tapi buat mengharumkan dan membanggakan nama ibu bapak, weee geer banget. Lagian siapa juga yang mau sama cowo cemen yang ngeliat cewe kuat aja serem AHAHAHHAH

Maaf ya, kok dengan perkataan "seserem" itu, malah memperlihatkan bahwa kamu.............. Cemen?
Maksudnya, perlukah se'serem' itu sama wanita single yang kuat, mandiri dan bisa diandalkan? Okelah mungkin power mereka besar.... Tapi apakah segitunya ampe kamu..... Serem? 

Lagian kan jodoh udah ada yang ngatur kan? Kok wanti-wanti "jarang yang mau"?

Ada tuh business woman sukses, kaya raya, pemimpin Quraisy, menolak beberapa tawaran pernikahan, janda 2x tapi tetap sukses, ummul mukminin, menghidupi anak-anaknya selagi menjanda dan menyantuni fakir miskin. Pas banget dengan dekripsi: kuat, mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. 

Dan siapa gerangan suami dari wanita kuat itu? Nabi Muhammad SAW.

Yes, kurang apa lagi.
Siapakah wanita keren yang gue maksud? Iya, Siti Khadijah.

My goodness, who doesn't want to be successful like her? And having a perfect husband like that?

"Tapi kan Siti Khadiah istri yang lembut", lah kan yang kita bahas masa 'lajang'nya Khadijah sesuai tweet tadi? Yang masih berdagang, kaya raya, bahkan menjadi 'bos' nya Nabi Muhammad SAW dalam berdagang waktu itu.

Tapi wanita kuat, mandiri, tidak bergantung dengan siapapun (selain Allah), diperistri tuh sama Nabi Muhammad SAW, kalau sudah dapet suami sekeren itu, siapa yang mau komentar?”

Iya, paragraf panjang itu tadi yang awalnya pingin gua lontarkan (dan emang sudah) di postingan ini… Tapi gue sadar bahwa………….

Mungkin ini cuma selera dia aja.

And I was like: Oh iya!

Mungkin ini cuma selera dia ajah, yang suka sama cewek yang imut-imut, warna-warni, munju-munju dan nempel-nempel. Mungkin dia suka wanita lembut fragile gitu pas lagi lajang (ya, kita bahas cewe yang lagi lajang agar sesuai konteks tweet).

Terus gue akhirnya gajadi sewot deh, hahahahah!

Disamping dia yang menggeneralisir selera pada wanita, ya kalau ga setuju sama dia yaudah.

Cuman yang dipermasalahkan, dia itu pengemban dakwah.

Ngerti gak?

Pengemban dakwah itu gak seharusnya berdakwah dengan nyinyir, mengecilkan orang lain (wanita pulak), dan gak menggeneralisir tipe cewe kesukaannya dia hahahah

Dia itu dipanggil ustadz.

Berdakwahlah yang adem, yang menjadi pelita dalam kalbu. Karena yang lo sebarin adalah agama, erat pada batin, bunyi hati terdalam. Bukan make up yang sejatinya kebutuhan super tersier kayak gue.

Orang berdakwah biar apa sih? Biar yang bengkok jadi lurus kan? Bukan biar yang lurus jadi melengkung sombong keatas?

Berdakwah pake cara nyinyir gitu, siapa yang bakal tercerahkan?

Orang yang lurus mungkin bisa ‘iya-iya’ aja sama omongan kamyu.

Cuma orang yang lagi tersesat, butuh pencerahan, butuh siraman rohani, butuh ilmu baru, apa gak kabur duluan? Apa gak down duluan liat twit kayak gitu?

Gue ini berhijab bukan karena di “Kamu gak pake jilbab, islam macam apa kamu?!”-in. Gue berhijab karena gue di encourage temen nasrani gue agar lebih baik karena gue adalah tiang doa bagi keluarga kecil gue.

Gue stop ngomong kotor bukan karena di “Kamu cewe apa comberan? :D”-in. Tapi karena gue pingin jadi panutan bagi anak gue.


Tau gak sih, dakwah dengan nyinyir itu ngebuat orang ILFIL duluan sama islam!


Kaga ada ceritanya Rasulullah SAW disuruh nyinyir, kaga ada. Bahkah beliau diperintahkan untuk selalu rendah diri di hadapan jamaahnya, berargumen dengan santun biar orang-orang gak antipati.

Sekarang, twit kayak gini, yang nyindir cewe kuat sebagai ‘serem’, itu bikin orang antipati gak? Sok jawab sendiri.

Ya terserah sih, namanya juga orang, bebas mau didengerin ato nggak, tapi dia harus ingat bahwa dia itu pengemban dakwah, jamaahnya banyak.

Jangan sampe gegara dia doang, orang Indonesia jadi nyinyir kalo dakwah. Yang mana makin banyak aja makin hari.

 Dan plis sebelum komentar, gue membahas WANITA YANG SINGLE ya, bukan yang berkeluarga. Walopun kultwitnya tentang pasutri, tapi potongan ini kan khusus buat yang single? :)

Buktinya ada kata “lelaki yang mau”.


Dan nggak, wanita mandiri kuat karir hebat itu gak selamanya dia membangkang sama suami. Nggak begitu. Jangan menggeneralisir. Wanita kuat karir hebat itu setelah jadi istri ya sama aja ko kaya wanita yang dari awal diem dirumah, bisa jadi patuh tapi ada juga yang membangkang.

Sama aja.

“Ngapain cari cewe yang udah mapan dan lebih mapan dari kita? Nanti dia egois, ujung-ujungnya divorce” CIEEE MINDER CIEEE KEBANYAKAN NONTON INPOTEIMEN CIEEEE~~~

Nggak valid. Mertua gua awalnya punya jabatan yang lebih tinggi, tapi karena itu mama jadi ngebuka jalan buat ayah untuk jauh lebih sukses dari mama sendiri. TALK TO MY MOMMA’S HAND.

Dan mertua gua masak sendiri, cuci baju sendiri, apapun sendiri. Dan apa anaknya kesepian dan bermasalah? No, anaknya (yang sekarang jadi suami) mentalnya sangat sehat, dulu juga diasuh sama adek mama, no probs.


Jadi kalo gebetan kamu sukses, ya kamu jangan menutupi ketidakmampuan kamu dengan jelek-jelekin wanita yang bekerja, ya? Untuk menaklukan wanita sukses, kamu harus lebih greng lagi, kalo kamu minder, artinyaaaaaa?


Yaudah ya, bye bye Felix, ntar dulu deh ya. Aku lebih suka Dr. Zakir Naik yang logis tapi gak offensive. Ato Alm Ust. Jeffrey yang merangkul dan meluruskan banyak orang even bences sekalipun.

“Ah dasar kamu feminis barat-barat yahudi”. Hahaha udah ah air mataku nanti mengalir, kamu mau tampung? LOL


Coba baca ini deh, keren banget!


Ah aku sebenernya takut dibully :(  jangan galak-galak ya? 

32 comments :

  1. Ah gila lu Nahla keren banget! *keplok-keplok*

    Ngos-ngosan gak sewaktu nulisnya? I guess you did! :p

    ReplyDelete
  2. Kalo temen suka share status/twit felix, aku cuma bergumam, "Hm.. sudah kuduga..."
    Sudah kuduga pasti bakal aneh lagi. Sensasional. Lucu dan selalu senyum kuda abis lihatnya. Rasanya, islam RUMIT banget deh buat dia. Gak FLEXIBLE blas! antirescpect sama ucapan dia. Cewek harus jd ibu rumah tangga, istrinya punya usaha jilbab. Bukan wanita karir? Ngasilin duit kan? Ngehendel juga kan?
    Masa langsung sukses? Pasti awal rugi kan? Istrinya harusnya sih nangis2 bombay, nutup usahanya. Sifat kekanak2an kan gitu. Tapi usahanya lanjut sampe skrang. Itu wujud wanita kuat kan?

    wanita kuat serem? yg maksudnya jago taek won do dan silat atau sejenisnya kali?
    emanh salah? Entar kalo musibah dicopet, digodain di jalan. ITU BERGUNA banget.

    Sempit banget pikirannya.

    Eh btw, fans dia baca ini entar gimana ya. Haha.
    Udah ah... ntar aku ikutan dibully.

    ReplyDelete
  3. ini penting banget di-share dgn mention ke akun twit FS niiih :)

    *komporrr*

    ReplyDelete
  4. kokoh ini emang penuh kontroversi yaak, aku gemesh pas dia bahas wanita bekerja.. twitnya selalu jd viral apa itu kali yaak strategi marketing doi buat bisnisnya?

    ReplyDelete
  5. Kalau kamu sampai dibully gegara ini aku belain dah. Belain dengan militan. Semilitan fans Agnez Mo kalau idolnya dibully :))

    ReplyDelete
  6. nahlaaaa aku tak salim sama kamu deh. Aslikkk... memang bener dakwah harusnya meluruskan yg bengkok, bukan membuat yg lurus jd melengkung sombong keatas. Lucu juga ya, dahwah nyinyir berdasarkan selera dia.

    Aku share postingannya boleh yaaaa?

    ReplyDelete
  7. hahahaha bener banget
    actually aku juga mikir ini berdasarkan kriteria si felixsiaw aja terus dia menyamaratakan ke semuanya
    akibatnya banyak cewek yang takut buat mandiri dan kerja keras (ngomongin temen yang alim dan sering baca tweet felix) :(

    ReplyDelete
  8. TALK TO MY MOMMA’S HAND

    Nyahahahaaaa Nahla. Ajegilee aju ngakak ngakak meringis baca versi kamyu :'D

    ReplyDelete
  9. dulu cowo yang sekarang jadi suamiku mau menikah sama aku karena mandiri.
    kan, cewe mandiri tetep ada yg mau keleesss.. justru malah jadi punya personal bargaining sendiri. yamasa apa2 mesti minta tolong cowo, aduh risih lama2 cowo nya juga -__- kecuali cowo nya emang mau, daaan ternyata ga semua cowo juga rela tiap saat direpotin cewe kan? jadi tergantung selera cowonya suka cewe gimana. aduh gitu aja ribet mesti disangkut pautin sama materi dakwah, koh. -___-

    koreksi, bukan kekanakan kali ya harusnya, tapi bermanja-manja.

    hihihi..

    ReplyDelete
  10. saya ga ngikutin tweet felix siauw, saya lbh suka ngambil pelajaran orang yg lembut2..menurut saya wanita itu unik, dia bisa lembut dan kuat apalagi jika ada kondisi yg memaksanya demikian...

    ReplyDelete
  11. Aku setuju banget sama artikel inihh,, emang bener sih, kalau yang bagian ini si ustadz felix selalu bikin kontroversi.
    Kalau aku sih gak terlalu suka sama ustadz Felix, soalnya terlalu mainstream lah kalau bahas feminisme.
    (life is a choice)katanya begitu.
    yang namanya manusia mah udah diciptakan berpasangan, gak boleh ngejudge 'wanita mandiri dan tegas' serem dan jarang disukai, lah gue entar jomblo terus dong kalo gitu.. mana kuliah bayar sendiri, kerja jadi pengawas kedisiplinan, aaa.. *jadi curhat

    so far, aku setuju banget sama artikel ini. keren, empat jempol buat mbak Nahla ^_^

    ReplyDelete
  12. Nahla kamu sering2 post dong. Asik banget kalo ngulik sesuatuh.. sampe kepoin ig kamu juga
    Hahaha...

    ReplyDelete
  13. Hallo Nahla :D hihi tulisannya seru. Hm, kadang kalau ada yang share tweet atau status FB nya aku cuma "oh, yaaa yaaa.. oke sip. NEXT" :p

    ReplyDelete
  14. ehm... dari analisis ngasal saya, bisa jadi ini salah satu strategi untuk bisnis istrinya, makin kontroversial dan banyak yg membandingkan cuitan dia dengan fakta bahwa istrinya seorang pengusaha makin orang kepo dengan produk jilbabnya so makin laris deh hahaaii

    ReplyDelete
  15. hahaha tanpa sadar diskriminasi gender masih ada dimana mana. keep kalem and show our power~ #lemparhighheels

    ReplyDelete
  16. Aku bacanya sambil ngos-ngosan loh ini hahaha
    Etapi emang ustadz itu emang penuh kontroversi kok, dari jaman twitnya yang trus jadi buku udah putusin aja

    ReplyDelete
  17. Kalau menanggapi ustdz positive thinking saja krn pada kapasitasnya yg dia sampaikan itu nasehat..walau mungkin cara penyampaiannya menurut lo salah. Inti yg ingin disampaikan yg perlu dipahami. Kalau nggak begitu nanti kesal terus hehe...sisanya pelajari saja di Quran dan amati apa yg terjadi secara keumuman dlm hidup, bkn hal2 yg ingin diamati saja...semua tanpa kecuali termasuk skenario2 terburuk. Lalu tarik kesimpulan dari yg ada di Quran.

    ReplyDelete
  18. Aku bukan militan FS kak. Dan aku berpenfang teguh dengan "jangan dengar kata ustadz, dengarkan Quran dan sunnah"
    Aku suka dengan cara FS menyampaikan opininya yang blak2an dan tajam. Terkesan tidak ada yang ditutup2i
    Tapi apalah daya FS adalah manusia biasa, yang perlu kita bantu ingatkan. Tulisan kakak ini keren semoga beliau baca gimana nyamannya ummat dalam pemyampaian sebuah dakwah.
    Tapi jangan karena tweet sebaris kita jadi ilfeel dengan semua dakwahnya dan mengabaikan beliau.
    Manatau ternyata yang disampaikannya nerdasarkan Quraj dan hadist tapi kreja kita keburu eneg jadi mengabaikannya..

    Tetep jadi kakak keren dengan tulisan dan karya2 kakak, kak nahla ^^

    ReplyDelete
  19. Aku sepakat sama kamuh. Siap jd brikademu kalo kamu dibully. Wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Dan yang paling kontroversional 'selfie haram' duuuh seeesss plizzz.. Sempit bgt ngga sih?
    Suka ingin nyinyirin balik tapi ngga punya ilmunya hihihi
    Jadi suka gemeesss sendiri aja..

    Dan yeah kereeeennn Mama Mabiiiiiii :D

    ReplyDelete
  21. wah ternyata lagi bahas topik ini ya *ngulang memori lama..
    aku bukan geng yang rajin nyimak tweet beliau sih.. aku lebih sering nyimak ustad salim a. fillah, cahyadi takariawan, muhammad faudzil adhim, dll.. tp setauku soal ini bukan nya udah diklarifikasi sm beliau yah? :-|

    ReplyDelete
  22. Yahh..kultwitnya ustadz kan jeritan batinnya jd bukan utk umum kalee neeng. Cuma kepencet saat itung pendapatan dikiranya kalkulator. Ustadz Philip eh Felix mah mmg gt atuh neeng. Hrs sabar sama Ustadz2 sekarang krn banyak lebih sadis dr malaikat Izrail, banyak yg merasa lbh tahu dr Tuhan sendiri...

    ReplyDelete
  23. ahahahaha.. nice posting! saya mah udah ilfil aja ama so-called ustadz FS itu :) kalo ada yang mengidolakan sih mangga wae...

    ReplyDelete
  24. "Jadi kalo gebetan kamu sukses, ya kamu jangan menutupi ketidakmampuan kamu dengan jelek-jelekin wanita yang bekerja, ya? Untuk menaklukan wanita sukses, kamu harus lebih greng lagi, kalo kamu minder, artinyaaaaaa?" SETUJUH yah!

    nyinyir kok kayak merendahkan diri sendiri juga sih bang? ya.e.lah

    ReplyDelete
  25. Kalo lagi sendokir, bisa nih aku baca postingan ini sambil sorak sorai bergembira saking setujunya sama ini postingan. Mungkin dia baru belajar tapi merasa tau semuanya dan pandangannya IMHO kurang luas. Dan aku napsir sama yang inih:

    "Berdakwahlah yang adem, yang menjadi pelita dalam kalbu. Karena yang lo sebarin adalah agama, erat pada batin, bunyi hati terdalam. Bukan make up yang sejatinya kebutuhan super tersier kayak gue."

    Salam kenal kak Nahla!

    ReplyDelete
  26. Akuuu..akuu.. suka juga sama Dr. Zakir Naik.. harusnya ustad2 nyinyir di indo belajar dari cara beliau berdakawah, yang logis, ga grasak-grusuk asal njeplak, hormatin lawan bicara (liat cara Dr. Zakir Naik dakwah, dia akan diam sampai penanya selese dg pertanyaannya, kecuali udah keluar konteks/penanyanya ngeyel) orang-orang jadi respect dg Islam & bukannya Ilfil.

    Setuju sama kak Nahla, contoh cara Nabi Muhammad SAW berdakwah dg santun & adem, buktinya Islam bisa besar spt sekarang dengan dakwah santun beliau bukan dg cara nyinyir

    ReplyDelete
  27. Nahlaaaa.... kwkwkw.. setuju sih. Ustad Felix emang tweet ataupun Fb-nya menohok. Tapi berkat beliau, berkat bukunya yang tentang "hijab" itu aku jadi tergerak pake hijab.

    Ustad felix ini alirannya kan HTI = wahabi. wajar sih menurutku. Karena mereka bener bener ngikutin apa kata Al Quran dan Sunah secara tegas. klo gak boleh ya gak boleh,klo gak di contohin nabi ya gak boleh di ikutin. beda sama aliran yang lain yang ada abu abu. di HTI itu cuma ada boleh dan gak boleh engga ada subhatnya. klo orang lain bilang islam garis keras :)

    ReplyDelete
  28. Nahla....keren banget tulisannya. Si FS itu suka nyinyir sama ibu ibu bekerja. Emangnya dia mau bayarin segala macam tagihan ibu ibu??Ibu bekerja gapapalah,asal tetap menomorsatukan keluarga,dan perempuan kuat berarti nantinya bisa membangun generasi yang kuat untuk Indonesia. Kadang kadang aku juga ga suka sama ceramahnya si FS ini.

    ReplyDelete
  29. Nahla....keren banget tulisannya. Si FS itu suka nyinyir sama ibu ibu bekerja. Emangnya dia mau bayarin segala macam tagihan ibu ibu??Ibu bekerja gapapalah,asal tetap menomorsatukan keluarga,dan perempuan kuat berarti nantinya bisa membangun generasi yang kuat untuk Indonesia. Kadang kadang aku juga ga suka sama ceramahnya si FS ini.

    ReplyDelete
  30. KOK AKU BARU BACA INIIIII.. oiya, waktu itu lagi sibuk2nya persiapan lahiran, hahaha...

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top