Categories

SOCIAL MEDIA

Selasa, 30 Agustus 2016

Akhirnya Aku Menyewa Jasa Asisten Rumah Tangga!



Judulmu lho ndok, sok iye banget.

Yaaa akhirnya setelah sekian lama gua idealis sok sok nggak berembak, sok sok bisa merawat semua sendiri, akhirnya gua memutuskan untuk hire mbak.



Kenapa gua hire mbak? Karena gua stres ngasih mabi makan hahaha, dan kalian tau sendiri kalau Mabi itu kalo makan sama gue itu lama -_-_-_-

Ngga, jadi selama ini tuh gue emang dibantuin embak, tapi bukan mbak yang khusus buat Mabi. Mbak ini ada kalau gue lagi ngga ada dan buat kasih makan aja kalo gua lagi berhalangan kasih makan. Semua berjalan lancar dan sukses, sampai suatu hari Mabi cranky parah, gue kurang tidur dan nangisnya rapet banget frekuensinya. Gua ampe bingung mau ngapain karena gue sendirian aja, Brian ngga ada, mbak gua yang itu tugasnya emang bukan sama Mabi terus.
Di satu titik, gua nangis, stres dan bener-bener gatau harus ngapain karena Mabi nangisnya membahana banget.
Akhirnya mbak gue yang tukang masak merekomendasikan ponakannya, namanya mbak Tri.
Setelah ngomong-ngomong, gua akhirnya mau ngambil mbak.

Faktanya adalah..
Mbak Tri itu seumuran sama gue.
Yes.

Tahun ini 21.

Jadi gatau mau manggil mbak Tri atau Tri aja, akhirnya mbak Tri aja karena udah customize kalau sama mbak panggil mbak.

Nah, mbak Tri ini tugasnya:
1. Ngasih makan Mabi.
2. Titip Mabi kalo lagi kerja atau foto blog
3. Cuci baju, masakin makanan Mabai.
4. Mandiin

Itu kalo lagi di rumah nyokap, kalo di rumah gue sendiri kami bagi tugas, siapa yang masak, dll dll. Gue aja ini abis potong tempe hahaha. Intinya kalo di rumah sendiri, dia kerjaannya nambah jadi nyambung masak kalo Mabi pengen diladenin sama gue, nyuci piring, nyambung ngepel kalo gua berhalangan.

"Terus fungsi lo sebagai ibu apa, dong?"

Tanya kalian-kalian yang idealis dan ngga punya mbak (entah karena ngga mau, gak bisa, gak tega, ngga apalah).

Fungsi gue ya banyak lah. Ngajarin manner, ngurus pas sakit, nidurin, ngeladenin kalo dia begadang, ngeladenin kalo nangis, ngegendong, menuntun jalan, gotong-gotong ke rumah sakit, beli pampers bayar rumah sakit. Hayo apa lagi? Menyusui lol.

Ya intinya gue itu ada fungsinya ya gaes, tolong ya jangan judge aku. Judge boleh sik serah aja.

Intinya ya gue tetep nomor 1 yang ngeladenin Mabi.

TERUSSS... Mbak ini katanya polos, pendiem nurut. Emang bener sih sejauh ini. Walaupun ada kekurangan yang sifatnya 11 12 kaya gue lah, yang penting dia ngga galak sama Mabi, bisa bercanda sama Mabi dan MABI SELALU MAKAN BANYAK.

Ya, mbak.

Mbak juga nurut kalo dibilangin, ntar juga makin lama makin mateng seiring bertambahnya umur. Gapapa yang penting orangnya baik, terus kakinya bagus wtffffff

Mbak Tri ini orangnya juga sukak gosip sama gua, jadi apa yang terjadi di dunia per embakan gue tau. Seru karena kita kalo ngobrol ga kaku kecuali kalo gue ngasih instruksi ato menegur. Tapi selebihnya tenang sih. Mau diatur juga kok dia.

Gue ngehire mbak Tri udah hampri 1 bulan, dan Mabi mau disupain mbak Tri itu hari kedua mereka bertemu -_-
Berarti mbak Tri orangnya baik, biasanya anak kan bisa ngerasain kan siapa aja yang demen anak kecil, siapa aja yang pura-pura demen. Gua kalo kesel ma Mabi aja dia ngerasa -_-

"Kamu ngga takut?"

Ngga karena gua ngga ngambil dari yayasan. 2 anggota keluarganya itu kerja di rumah nyokap gua, bukan hanya 1 ya, dua. Dan dua duanya baik banget, lucu asik diajak ngobrol. Mannernya juga baik, kerjanya bagus. Jadi gua ga takut. Yang penting manner sih, sejak Mabi sama mbak juga ngga ada perubahan buruk dari segi manner, malah udah kurang frekuensi mukulnya. Tetep suka nangis kalo lagi di oper, intinya Mabi tetep milih dan deket sama gue. Jadi kalo mau oper sih gue harus melipir secepat kilat. Intinya kalo ngga ada gue Mabi pinter -_-

Ada beberapa hal yang gua ga sreg tentang yayasan:

1. Si mbak jadi ngga takut 'kehilangan kerjaan', jadi kebanyakan kaya ogah ogahan gitu. Pecat aja gua, toh gua balik ke yayasan bakal tetep aja job kok.
2. Biaya administrasi. Yang kadang 2 jutaan gitu.
3. Ngga percaya yayasan. Ngga. Ngga.
4. Lebih percaya rekomendasi orang deket, mbak deket yang kerja lama. Mereka jadi kerja tapi diawasi keluarga juga, suasana jadi enak karena ngga home sick banget. Kalo mereka aneh anehpun gampang di track.
5. Ngga percaya yayasan!

Walaupun banyak banget yang harus diajarin, Mba Tri tetep mau belajar. Wong baru 1 bulan, masih banyak banget waktu buat berkembang.

Lalu ada beberapa momen yang kami bersyukur banget karena ada mbak Tri, seperti:

Kemaren gue perjalanan Bandung - Jakarta, di tengah jalan macet banget! Lalu kami ke rest area. Brian yang biasanya fine makan sambil direpotin Mabi, lagi pengen banget melipir dan makan biasa dengan tenang. Makan sambel di Ibu Ciganea.
Gue yang tugasnya adalah menjadi 'penyuara' keinginan Brian, bikin planning:
"Oke, Mabi dan Mbak Tri makan ayam disini. Nanti kita berdua melipir ke Ibu Ciganea. Karena Mabi kalo makan sama mbak Tri itu cepet dan selalu makan banyak"

Oke, ngaku deh, Mabi makan ayam di AW, kok gitu? Kan fast food? Ya biar cepet karena kami itu cuapek banget di mobil, Mabi pun di mobil belom tidur jadi dia harus makan banyak dan cepat lah biar perjalanan cepet selesai. Lagian ngga sering kok, beneran deh paling sebulan cuma 2x

Lanjut cerita, kami berhasil makan ibu Ciganea dengan sangat tenang, energi keisi lagi, balik-balik Mabi uda makan nasi AW 3/4 broooo, banyak banget!

Masuk mobil, Mabi bobo tentram ampe nyampe rumah. Sangat membahagiakan. Tentu saja Mba Tri makan juga. Waktu itu gua bikinin puding malah.

Lalu pas besoknya, gue ma Brian lagi teler abis dari Bandung. Sore pengen ngedate (gue yang ngajak -_-) ke warung depan buat makan Indomie, lalu Mabi titip di Mba Tri dan makan banyak. Pulang-pulang Mabi menyambut kami banget.

Lalu sejak ada mba Tri, gue olahraga pagi tiap hari. Betis jadi kenceng, berat badan turun 3 kilo dan cukup stabil. Kali ini ada harapan diet gue bakal berhasil.

Atau pas kemaren makan rooftop di Lembang, Mabi disuapin mba Tri, gue ma Brian tentram makan. Lalu gue suapin Mabi es krim.

"Nanti kalo kalian jadi ngga deket, gimana?"

Mabi sama Brian aja ketemu seminggu cuma 2 hari, lengketnya kadang ngelebihin gue ma Mabi. Mereka berdua ini lengket buangett, ngga ada ceritanya Mabi lupa ma Brian. Padahal udah di tinggal-tinggal dari Mabi 3 bulan, lho. Tapi mereka deket banget lengket banget yang ampe minta gendong, ketawa ketawa centil, peluk peluk nyuruh papa bobok, dia bangun subuh buar ngajak papanya main. Ya, sedeket itu. Ampe papanya nyetir dia nangis minta pangku.

Papanya pun kalo sama Mabi itu lengket banget, apa apa diladenin, kadang suka sebel karena seakan gue yang galak dan bapaknya yang baik hati nyehhhh -_-

Intinya ya kalo deket mah deket aja. Liat mba Windi Teguh lah, kerja tiap hari tapi anak anaknya tetep lengket bunda-bundi all the way.
Intinya kalo sama anak jangan terlalu sering mainan hape, gue udah kurangin banget sih hahaha. Ya harus diladenin.

Apa Mabi deket sama gua?

Jan tanya. Walaupun kadang dia ga mau digendong kalo ngambek, walaupun dia kadang lebih pengen digendong sama orang lain. Cuma kalau dia mencoba hal baru, pasti dia minta izin ke gue. Bangun tidur pasti nyari "Mama". Kalo sakit pasti minta gendong gue. Apa-apa segala tetek bengek. Ya layaknya seorang ibu lah. Ga mau ditinggal kerja, gue harus meilipir dengan cepat, suka nyari mama kalo gue lagi kerja. Bangun nangis kalo ngga ada susunya mama.

Yakin, ibu yang ngurus sendiri aja bisa musuhan sama anaknya kalo ngga dibanjiri kasih sayang, vice versa. Tante gue kerja tiap hari, anaknya diasuh baby sitter, tetep bunda bunda bunda terus. Nurut bundanya. Kenapa? Walaupun tante gue tegas kalau bikin aturan, tapi ada waktu manja manja dan attitude ke anaknya itu bagus banget, ada kalanya sweet ada kalanya menegakkan aturan.

Jadi ngga semua anak ber baby sitter itu ngga deket sama ibunya ya. Yang penting quality time. 

Intinya? GUA BERUNTUNG BANGET PUNYA MBAK. Hidup gua lebih tentram, bahagia hepi dan tetep deket dong sama Mabi.

Per bulan gajinya 1,5juta. Itu daerah Tangerang Selatan. Mengerjakan semuanya dengan bantuan gue juga. Ya cincai lah.
AKU BAHAGIA AKU BAHAGIA. Foto foto blog jadi tenang, nulis jadi tenang, gambar jadi tenang :)

Terimakasih Brian, i love you T_T kalo kamu ngga ngijinin entah apa idup aku.

39 komentar :

  1. Aaahh senangnya bisa kerja lebih tenang yaaa. Anak2 memang musti diladenin & ditemenin juga kalau mau main :)

    BalasHapus
  2. Halo Nahla, akhirnya cerita tentang mbak juga xixiixixi
    Ya gimana ya aku juga ga percaya yayasan, tapi galau terus bingung halah
    Bersyukur si mbak Tri baik ya dan Mabi mau makan banya wkwkwkw
    Sehat2 terus Mabiiii muach

    BalasHapus
  3. sayapun tetap dekat dengan anak walau seminggu sekali baru ketemu :)
    intinya anak akan tetap dekat sama ortunya, terlebih ibunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selama kasih sayangnya tetep tercurahkan :D

      Hapus
  4. Beneran ada ya Nahla yang nanya "Terus fungsi lo jadi ibu apa?" Kejem bener sih kalo ada yang gituuuuuu. Anyway semoga cocok dengan mbak baru ya Mabiiiiiii. Nahla blognya makin kece niiihhh. Syukaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ada sih lol, cuma menanggapi ibu ibu yang kadang suka di forum forum FB ngahaha

      Hapus
  5. Yey asiknya nahla, hampir sama, udah sebulan punya art, tpi cuma bantu cuci setrika aj.. ga kuat abisnya kalo semua dipegang sendiri,iya enak kalo ada yg gantiin pegang anak, bukan berarti ga sayang, tapi ortunya juga perlu energi scara fisik dan psikologis.
    Aku jg kebantu bangetttt skrg, alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, aku juga kalo dirumah juga ngerjain apa apa enak hehe

      Hapus
  6. It's oke kok kalo Mabi makan fast food.. km gak perlu njelasin berkali-kali di tiap tulisan, itu hakmu, :D

    Aku juga pengen pake mbak, tapi gak nyaman kalo ada orang lain di rumah jadi ya udah kalo ntar ngerasa gak sanggup paling anak dimasukkin daycare atau full day school haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buat pendatang baru aja yang masih belum menyesuaikan cara pandang :D
      aku dulu full day school hahaha, oke oke ajaa

      Hapus
  7. dulu aku pernah punya embak buat jagain anakku waktu aku kerja, tp embaknya naksir suamiku. yo wes, tak pulangin wae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi langsung ketawa baca komen mba ika :D

      Hapus
    2. cussss kaya gitu mah tendang wae haha

      Hapus
  8. Katanya...nyari mbak itu lebih susah daripada nyari jodoh..
    Eh ini ciyussss..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kata orang orang, semoga ini jodoh amminn

      Hapus
  9. Happy banget kalo dapet mbak yg cocok dan bagus. Skrg makin jarang soalnya, kan. Semoga Mba Tri awet, yaa, Nahla.. :D Mbak itu ngebantu bangeeeet. Capek fisik dan capek hati kita bisa berkurang. Anak2ku jg tetep deket sama ibunya kok walo tiap hari aku kerja, don't worry.. :)

    BalasHapus
  10. Aku setuju dengan tulisan Mbak Nahla. Aku juga waktu balita ada Mbak ART-nya. Dia yang malah bantu orangtua untuk ngajarin aku mengenal benda-benda. Tapi aku tetap dekat sama orangtua. Betul itu, gak usah takut punya ART asalkan punya quality time dengan anak.

    BalasHapus
  11. selamat atas mbak barunya ya,,moga cocok terus ama mabi kecil. hire mbak tu emang ngebantu banget, meski blm ada baby. ketika urusan nyapu ato cuci piring aja udah jd keributan,,well itulah saatnya hire mbak.hidup kembali tenang dan damai.daaaan sapa blg kita ga sayang anak klo pake jasa mbak pengasuh gitu.justru ni bukti kita sayang kali,biar tu anak selalu ada yg jagain, biar ketika emaknya pas teler,silap,tu anak ga nyungsep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa biar kalo merem dikit ngga jatoh hahaha

      Hapus
  12. Selamat yaaa.. bisa ketemu art yg cocok. Krn kenyataannya susah cari embak yg bnr2 pas di hati. Jd kalo bisa ketemu yg bnr2 oke.. itu anugrah banget...

    BalasHapus
  13. Gak bakal kritik, Nahla juga manusia *sambil nyanyi* yang perlu istirahat. Punya bayi batita itu menguras tenaga, apalagi buat seorang ibu yang kerja sambil kuliah kaya Nahla. It's OK punya Mbak, kalau ada yang nyinyir senyumin aja. Toh mungkin dia belum pernah ngerasa jadi ibu (beneran)multitasking. Aku gak merendahkan IRT, tapi IRT sambil kerja ya double capek.

    Intinya semangat terus Nahla. Semoga dengan ada mbak, diet Nahla bisa sukses. *lah

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga berat berat banget sih sebenernya, cuma masih mau ngembangin diri aja untuk jenjang karir halah

      Hapus
  14. aku kalo punya anak mau cari mbak juga deh biar bisa ngeblog *apaan woy*



    https://isthiud.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  15. Mabi teruskan punya poni sampai kamu dewasa.

    BalasHapus
  16. Bacanya nyesss Nahla (eh aku panggilnya nama aja yah kita seumuran atau malah tuaan aku???) yang belum jadi ibu rumah tangga macam aku jadi ada gambaran hihi :D BTW sama, aku juga nggak percaya yayasan meskipun belum pakai jasa mbak. Cuma kalau yayasan entah kenapa pikiranku sama kaya poin2 di tulisanmu :D

    BalasHapus
  17. Before I say anything, I wanna say sorry if my comment offend you, and feel free to delete this.

    But honestly, after reading your post, the first thing that came across my mind was: this post really shows how insecure you are as a mother. This post show how big other opinion's influence you, and how bad you want to be picture or seen, as the perfect/ideal Mother.

    Newsflash honey: Don't be (insecure)! We are the mother of our children, and we know what's best for them. You don't have to made a full post to explain every single choice that you made related to your children. In this case, the decision for hiring a helper.

    Because why? Because you will never ever please everyone. There will always be someone somewhere, judging you for every single decision that you made. And of course the number of those people will increase, since you are somehow a public figure, as a blogger who has many readers.

    And what should we do to those kind of people? Ignore them. Wasting your time explaining your decision, only makes them feel worthy.

    So my advice will be: Don't feel sorry, for trying to be the best mother for your child. Because we, mothers, surely made every decision based on whats best for our child.

    Let them judge you as they please, you can't control them. But you can control yourself so you don't have to be affected by their judgement. Your life will be so much happier without having the fear about others judgement about you.Believe me, been there done that :)

    PS: dont worry dear, there are millions of mothers out there hiring a (or two) nanny for helping them. Hiring nanny is not a sin. Cheers!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maap pake B. Indo ya.
      Ngga bakal dihapus kok, jangan takut untuk berpendapat disini, karena selama kritikan itu membangun why should i delete it? :D

      Iya, pembahasan ini untuk yang baru baca blog ini dan masih 'saklek' sama pemikiran ibu yang baik ngga pake nanny. Jadi sebenernya untuk menegaskan aja, mungkin karena pemilihan bahasa jadi kesannya aku kayak tersinggung gitu ya XD

      Aku juga punya rubrik Judgemental Series, tujuannya exactly kaya yang mbak bilang: jangan peduli kata orang lain. Cuma mungkin karena pemilihan kalimat aja jadi ditangkepnya beda. Aku pingin 'pembaca baru saklek' ini minimal tau pemikiranku kaya gimana tentang mbak,

      Mungkin lain kali aku pakai bahasa yang lebih ngga ngegas ya biar maknanya lebih jelas disampaikan.

      Critics are welcome here! Thank you ya masukannya. Makasih udah dibilang semacam public figure MUEHEHEHEHEHHEHEHE

      Cheers!

      Hapus
  18. Tiba-tiba aku masuk di sini hahahaha...
    Aku hasil anak diasuh ART. Malah anak tetangga sKing sibuknya ortu, kerja pagi, sore-malam sering nyanyi dan ngemusik di luar sana.
    Dan... yaa... aku masih dan masih akan masih mencari papa... dulu tiap papa pulang latihan, aku peluk papa.. trus kakinya di kaki papa. Trus jalan.. trus minta dongeng, trus papa gak boleh pergi, pokoknya dongeng, trus papa harus di sebelahku, trus mama juga sama.
    Sampai sekarang kalau papa datang kantor/latihan malam, aku masih excited...
    Meski aku produk ART. :D

    ART 13 tahun bersama keluarga. Baik. Udah itu aja. 13 tahun udah bisa gambarin bahagianya kami.
    Mama papa bisa kerja, anaknya bisa sekolah, anaknya bisa pintar bergaul utk jaga nama baik keluarga, dan banyak kebaikan lainnya.

    Aku produk asuhan ART, aku sayang emak ART :)
    Sayang ortu kandung? Kalo gak sayang aku udah jadi anak rusak gak berprestasi. Good...

    BalasHapus
  19. Punya Mbak adalah salah satu bentuk kewarasan buat gue. Malah jadi nggak marah-marah ke anak karena nggak terlalu capek dan stres ngerjain banyak hal sekaligus. Yeay!

    BalasHapus
  20. ga percaya yayasan, ngga, ngga, hahahaha yes sama banget kak (walaupun aku belom berkeluarga wkwkw) dirumah aku juga dari dulu hampir ga pernah hire mbak dari yayasan, semuanya kenalan dari orang terdekat (in my case si mbak ini tetangga alm.nenek aku dulu yang selalu bantu-bantu)

    dia udah jagain aku dari umur aku 2 minggu (soalnya ortu ku 2 2nya kerja kantoran) hahaha sekarang umurku 22 fyi (si mbak udah ga kerja dirumah sejak aku SMP) tapi kadang suka aku ajak ke rumah atau nginep disini soalnya kangen (halah)

    Dari pengalaman aku yang diurus sama mbak (halah pt.2) menurutku sih sama sekali ga ngefek sama hubungan aku dan ortuku, kuncinya emang selalu quality time dan aku semacam bisa mengerti repotnya gimana kalo ngga ada di mbak, dan sebagai anak yang diurus sama mbak aku bersyukur banget pernah diurus sama dia /baper

    BalasHapus
  21. Kita memang kadang memerlukan tenaga mereka buat membantu kita di rumah.

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top