Sunday, 7 August 2016

Karena Cewek "Selalu Benar", "Sensi", or Both.

Postingan kali ini bukan bermaksud menggeneralisasi, tapi ternyata masih banyak contoh nyata terutama di Indonesia. Awas ya, sedikit mengandung sumpah serapah but well...

Untuk kalian para lelaki yang sopan dalam bercanda, thumbs up for you!
**

"Karena cewek selalu benar :v"

I HATE. THIS ":v" THING. Mengingatkan gua pada komunitas/fanpage di FB yang jokenya garing, komentatornya garing, seksis, double standard dan jorok. Joroknya itu ya jorok nyampah. Pada tau kan apa komunitas itu? Yang mim mim itulah, terkenal banget kok.

Dunia udah didikte kalo cewek selalu benar. Man on the left because woman is always right. Iya ya ya ya, terserah.



Ini merupakan ide yang gua bikin ketika gua mengamati beberapa netizen bodoh di fanpage meme itu tadi, apalagi kalau meme tersebut menyindir wanita yang dandan, menggaungi "natural is the best" padahal sukanya cosplayer asia yang PLIS ITU BULU MATA 2 TUMPUK.

Lalu di postingan itu, ada wanita yang mendebat. Katanya dandan itu untuk diri sendiri, dandan bukan untuk cowok. Bagi gua? Ya bener lah! Gua dandan untuk aktualisasi diri. Gua pas dulu pacaran aja ga dandan, karena gua pede dengan my own skin. Sekarang dandan mulu, karena ternyata gua jauh lebih cantik ya. Own skin + glowing skin is the best combination for me.
Komen itu cukup logis, karena plis prewed, kawin, acara penting itu ya butuh dandan lah. Dandan itu spesial.

Tapi ketika argumen dari perempuan itu ditanggapi dengan lelucon plebeian (kampungan), disitu gua merasa "Anjir inikah populasi negara gua?".

"Setubuh, neng :v". Kampungan, norak, mesum, degradasi wanita. Eh bener kok, apa-apaan emangnya bercanda dengan tema setubuh-setubuh? Otaknya jorok banget emang?

"Sensi banget emak-emak :v", jadi kalau kita berargumen, dibilang sensi?

"Cewek selalu benar :v", jadi gue harus mengakui bahwa pendapat kalian para cowok primates  itu benar? Gua ga boleh punya pendapat lain?

TERUS ADA YANG KOMEN

"Cowok mah liat badan. Kalo semok mah pasti mau, kalo rata mah mana mau?". Jadi lo ngaku kalo lo sebenernya jorok? Idih.

Nih, ya. Harsh fact: COWOK SUKANYA CEWEK CANTIK.

Raisa ngga dandan gapapa. Tapi Dijah Yellow atuhlah plis rawat muka dikit.
Anggota JKT ngga usah dandan gapapa, tapi Atun atuhlah kurusin dikit mukanya kucel amat sih?

Intinya kalo lo udah cantik mah gausah dandan, tapi kalo muka lo pas pasan mah plis lah rawat diri biar cantik.

HAHAHAHAH pada suka cewek natural, tapi liat SPG mobil sport pada ilang akal semua. WOW NATURAL SEKALI MBAK-MBAK SPG <3

Sekarang coba kalo teori gua salah. Selingkuhan pejabat, istri simpanan, pelacur itu cantik ngga? Pake high heels? Pasti. Pake baju ketat dada montok? Duh. Bulu mata palus rambut badai? Gausah tanya.
Kalo emang cowo suka yang natural mah Anggita Sari kaga perlu dandan.
Terus istri di rumah yang katanya natural? Dikemanain? Ya suruh rawat anak aja. Yang dibeliin tas dimanja diajak ke Maldives mah yang cantik.

Intinya apa? Ya cowok itu suka cewek cantik. Ngerti?


Tapi cowok yang baik tidak hanya melihat wajah, sama juga cewek yang baik.

"Ih Nahla sensi banget".

Ya iya dong.

Masa gua ga boleh punya pendapat sendiri? Masa gua ga boleh beropini? Lo aja komen setubuh-setubuh kaga ada yang protes, giliran cewek yang komen gitu dibilang murahan.
Masa kalo gua punya pendapat, gua dibilang selalu benar? Walaupun pendapat gua logis?

Atau mungkin karena lo ga menemukan counter yang logic, jadi berlindung dibalik kata "cewek selalu benar?". Untuk menutupi kebuntuan logika/pendapat lo?

Udahlah plebeian, pengecut lagi.

Ketika cewek beropini tentang fisik pria, dicap dasar cetek. Heh, dimana-mana ngebandingin fisik orang itu ngga baik, dodol.

Giliran cowo bilang "oppai-opai ikeh ikeh kimochi" dibilang lucu. Ini primata macam apa?
Saking menyedihkannya, ketika di kondangan kita dibercandain yang aneh-aneh, kita harus ketawa! Pura-pura ketawa! Kalo ngga kita yang disalahin karena sensi banget. Padahal mereka yang sumbang!

Coba tanya diri sendiri, siapa yang sebenarnya "Selalu benar"?

Iya, mereka yang koar-koar "cewek selalu benar" inilah sebenernya yang ngerasa selalu bener.

Beda pendapat, kita dibilang sensi. Padahal lo yang kurang ajar.
Lo bilang cuma bercanda have fun? Coba lo bercanda gitu ke orang yang lebih tua, ga berani kan? Kenapa? Karena bercanda lo sifatnya degradasi. 

Bener ngga? Jangan denial. Kalo bercanda lo itu pure bercanda, lo akan bisa bercanda kepada siapapun berbagai kalangan. Karena ngga merendahkan.

Jijik banget gua liat comment sectionnya MCI (akhirnya sebut merk). Pantesan aja banyak yang bilang otak cowok letaknya di selangkangan, ya komennya "setubuh" mulu.

Kalian sadar gak sih? Sebenernya yang selalu benar itu mereka (not the grown up man yang baca blog ini hahahak).

Ketika cowok ngelarang cewek pulang malem, artinya perhatian. Ketika sebaliknya, artinya cewek itu posesif, membatasi.

Ketika cowok ngelarang cewek deket-deket cowo lain, artinya dia sayang. Ketika sebaliknya, artinya ya cewek itu membatasi pergaulan.

Ketika cewek beli make up artinya dia boros. Ketika cowok beli berpasang-pasang sepatu futsal artinya dia menunjang hobi.

Standar ganda.

Artinya ya tau sendiri lah brooo masa harus gua jelasin? Cowok bilang "cewek selalu benar" itu buat nyindir cewek, untuk 'tau tempat' kalau di dunia ini yang selalu benar itu cowok-cowok macem mereka.

SALUTTT BGTTTBGTTT sama cowok dewasa yang tau yang mana yang melecehkan, mana yang tidak. Eits, dewasa secara mental lho. Secara banyak kalik cowok dewasa yang masih lawakannya kaya bocah SD kampungan yang baru kenal bahasa jorok.

Demi apapun, lawakan tentang fisik itu ngga pernah bagus.

Gua ma sahabat gua deket banget, ga pernah ngejek fisik. "Ih dada lo tepos", "badan lo kaya gentong". Ga pernah. Even temen cowok sekolah gua ngga ada yang pernah ngelawak gitu.

Karena mereka sekolah ya terdidik. Bukan kaya mereka yang sekolah tapi ngga mau dididik. Kasian orang tua lo sekolahin lo cuma biar lo ngelawak tentang setubuh doang.

Intinya ya jadilah orang yang waras, gitu aja. Wajib sekolah 9 tahun, jangan biarkan ilmu 9 taun meluap karena kena virus orang-orang MCI MRCI apalah itu.

Ketika orang punya pendapat beda, ga usah maksa apalagi ngelecehin. Bercandain opini orang itu rendah karena lo ketauan gabisa ngebales pake opini yang logic.
Ketika lo ga setuju pendapat orang, bales pake pendapat logis lo.

Tunjukin kalau lo punya logika for god's sake!

Stop dragging people to stoop on your level.

Kalo cewek tersinggung, ngga selalu karena dia sensi. Tapi mungkin karena lo kurang ajar.
Atau ngga jangan sensi ya kalo lo diejek tentang muka lo, fisik lo, your private parts. Kan lo boleh, masa kita ngga boleh? Tapi ngga ah, ngga level bercanda kaya gitu.

Kalo loooo liat komen di web community seperti 9gag, Buzzfeed. JARANG orang yang komen rendah kaya orang-orang MCI. Lucu karena ketika ada username Indonesia komen seksis di 9gag, dia langsung diceng-cengin bule. HAHAHA. Keliatan bangettttt komennya itu 'Indo' banget, pas diliat usernamenya ehhh bener. Lucu ya. Nangis deh.

Ya, itu makanya orang Indo kaya mereka ga bisa bergaul sama orang luar dari negara maju.

Ya intinya kalau mau ngelawak, tolong sesuaikan sama moral yang berlaku ya. Jangan mentang-mentang bercanda terus lu ngelepas monyet dari mulut lo. Emang kita semua temen lo yang bisa dibercandain saru?


Rant selesai. Betapa senangnya karena di timeline gue cowoknya beradab semua. Terimakasih ya teman-teman/bapak-bapak/pakde yang menunjukkan bahwa Indonesia masih punya pria yang bertabiat baik. Eh ada sih beberapa yang gua unfollow karena annoying dan caper.
Lalu karena gua ngepost ini, maka gua adalah feminist. *sigh* hebat guys.

Udah-udah. Bubar.

24 comments :

  1. aku juga kadang nggak ngerti kenapa candaan gitu awet banget. bagus tulisannya mbak, perlu disebarin ke cowok-cowok yang bilang kalo cewek itu selalu benar :)))

    ReplyDelete
  2. Wawawawawawawaw *pukul kentongan*
    Pagi pagi diajak ngebatin sama kak nahla wkwk

    ReplyDelete
  3. Akhirnya Nahla nulis tentang ini, wkwkwkwk I do agree with you masalah begini ini. Sebenernya nggak cuman di MCI itu doang sih. Lawakan di tv juga degradasi banget kadang.. Zzz zzz

    ReplyDelete
  4. setuju, aku sebel dgn org2 itu. untung timelineku gk ada cowonya, haha

    ReplyDelete
  5. Some of my friends d skolah dl yg cowok becanda ny gt, rasany pngen gampar. Mulut ny ky orng g sekolah, sampah bgt.

    Kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. oppai-opai ikeh ikeh kimochi

    Ini apa sih artinya?
    Iya, nora ngomong setubuh2.

    ReplyDelete
  7. Bagaimana ya. Yg seperti itu sebaiknya ngga usah dilayani mba Nahla. Biasanya org2 demikian sudah mengalami kesulitan dlm membina hubungan langgeng dg wanita di dunia nyata

    ReplyDelete
  8. Aku langsung melipir kalo ketemu cowok-cowok macem gini. Ga guna banget rasanya. Mereka terlalu murahan.

    ReplyDelete
  9. nahlaaaaa. brahmana wahahahaha

    ReplyDelete
  10. "cewek selalu benar?". Untuk menutupi kebuntuan logika/pendapat lo? setuju abis!!!

    ReplyDelete
  11. hihihi seru seru bacanya jadi ikut menggebu2 :D

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi keingetan, di rumah bahkan Cowok harus selalu benar. Kalo ga, yaa abis aja udah gitu wakakakak. Tapi, emang aneh kalau becandaannya ga pada tempatnya. Bukan aneh lagi sih ya, annoying banget pasti.

    ReplyDelete
  13. Bagus banget tulisannya Nahlaaa! Nggak tau mau ngomong apa lagi. Semua yang saya pikirin tentang masalah ini ditulis dengan baik sama kamu. <3

    ReplyDelete
  14. Ketika cewek beli make up artinya dia boros. Ketika cowok beli berpasang-pasang sepatu futsal artinya dia menunjang hobi.

    baca kalimat di atas, aku langsung ke ingat sama teman cowokku. Dia punya istri yang *maaf* kalau aku bilang gak merawat diri. Maksud aku gini, teman cowokku itu punya kerja dan penghasilan yang bagus. Tapi kok dandanan istrinya gitu. Bukannya menghina atau ngejelekin. Pas aku coba kepoin cowok itu, ternyata gaji dia yang gede itu dia pake untuk menunjang hobi dia yang nggak murah. Pas aku singgung2 tentang istrinya, eh dia malah bilang cewek kalau udah punya suami gak perlu takut kelihatan jelek. Kan udah ada yang punya. Dalam hati sih mikir gini. Kasihan bener yang jadi istri temanku itu.

    Kita punya persamaan dengan teman-teman cowok. Dari SMP sampai aku kuliah (yang mayoritas temanku cowok) Allhamdullah mereka adalah tipe-tipe orang yang menghargai banget teman ceweknya. Memang kalau udah ngumpul sesama cowok, mereka sering ngomong jorok, tapi ketika ngumpul dengan cewek, mereka cukup sopan. Tapi "Sopan" dalam artian cowok. taulah cowok nggak bisa 100% sopan kan kalau udah ngomong haha ...

    tapi postingan nahla kali ini kelihatan banget sensinya. Haha ...

    ReplyDelete
  15. Aku..............sering dibecandain fisik. Ketika aku tersinggung, mereka bilang aku "sensi".

    "Demi apapun, lawakan tentang fisik itu ngga pernah bagus".

    Totally agreed.

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
  16. Setuju Mba Nahla, saya paling anti sama bencandaan yang bawa-bawa bentuk tubuh dan kata-kata jorok :(

    ReplyDelete
  17. "...ketika di kondangan kita dibercandain yang aneh-aneh, kita harus ketawa! Pura-pura ketawa! Kalo ngga kita yang disalahin karena sensi banget." iya banget sih. ga usah di kondangan, di kehidupan sehari2 pun gt. kalo kitanya bete atau marah, malah dianggep ga asik. asik mata mu! -_-

    ReplyDelete
  18. iya becandaan yang nggak high quality itu huffttt...
    Ya sompretlah,,kalau para lalaki becandain tentang hal-hal yang bikin jadi eneg ,,
    hihihi neng Nahla luapan emosinya dapet banget ^_^

    ReplyDelete
  19. OH MY GOD SEBELUM BACA SEMUA NYA MAU SETUJU DULU GUE JUGA SEBEL BANGET SAMA EMOT ITU?????? *capslock jebol*

    ReplyDelete
  20. sekarang komenin artikelnya. lol. ih nahla, kadang gue sebel juga loh sama post 9gag (walau kadang di comment section banyak yg setuju sama gue) karena banyak yg ngerendahin wanita apalagi soal post marriage (yg katanya laki-laki jadi kehilangan kebebasan) dan soal punya punya pacar bikin bokek yet they are still making posts wondering why they're single. dan sekali lagi kenapa ada emot macem gt sih? abg jaman skrg ga lepas dr emot itu dan gue liatnya annoying bgt hahaha

    ReplyDelete
  21. Halo, Nahlaaa! Setuju bgt sama postingan ini *cry*
    Dan aku sudah repost di seluruh media sosial aku, BECAUSE I'M GAZILLION AGREE WITH THIS! LUVV! ��

    ReplyDelete
  22. tampaknya saya kudet karena ga ngerti MCI itu apaan yak -__-"
    tapi emang sepakat kalo segala macam jokes yang bawa fisik itu bikin ilfil banget

    ReplyDelete
  23. Akupun sbnrnya ga ngerti MCI itu apa :D. Tp dr prnjelasan yg di atas, ga pengen juga utk tau jadinya.. di kantorku juga ada 1 team leader yg ngomongnya ga jauh2 dr tubuh ce dan selangkangan.Kdg jd kasian ama istrinya di rumah, kalo tau punya suami yg begini perasaannya gmn ya. Aku aja jelas pasti lga tersinggung dan bikin jd ga percaya lg.. alhamdulillah pak suami yg aku tau ga begitu..

    ReplyDelete
  24. AKU SUKAAAAA BANGETTTTT .. HAHAHAHHA.. INI BENER BANGETTTTT SETUJUUUUUUU..

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top