SOCIAL MEDIA

Saturday, 6 April 2019

S2 Ngga Yaaaaa?

AWAS INI POSTINGAN CURHAT HAHAHA.



Bagi yang belum tau, gue ini baru lulus taun kemaren. Iya, lulus S1 jurusan Classical Performance di salah satu sekolah tinggi yang ada di daerah Tangerang. Kuliahnya emang lama banget sih, dari tahun 2012 atau 2011 gitu? Pokoknya semua waktu kesikat karena cuti hamil dan kurangnya waktu latihan dikarenakan sibuk sama anak, rumah dan segala ke rumah-tanggaan lain.


Buat yang belum tau, kuliah di jurusan musik itu emang mau ngga mau, suka ngga suka, harus ada waktu ansos di ruangan sendiri, untuk? Latihan. Latihan biola juga paling nggak sehari 2 jam itupun minim banget. Kalau mau yang bagus, emang harus punya kegiatan musik lain juga di luar latihan.

Sekolah jurusan musik itu SANGAT NGGA IDEAL kalau kamu udah berumah tangga, apalagi punya anak. Tapi se-nggak idealnya-pun, alhamdulillah gue bisa lulus.

Jadi, kuliah gue emang ngaret banget. 5 tahun atau 6 tahun ya? Karena merasa ngga bisa ngejar bahan dikarenakan minimnya latihan. Itupun ngga cuma bahan recital kan, harus ada skripsi dan main 1 buah concerto. Stress banget, bahan gue beneran keteteran.

Oiya bagi yang belom tau recital, recital itu semacam konser sebagai ’tugas akhir’. Konsernya berdurasi kurang lebih 2 jam, dengan 4 orang penguji. Recital gue saat itu sangat sangat sangat melelahkan karena salah satu penguji terlambat 1,5 jam. Sehingga tenaga gue abis untuk lagu-lagu yang berat. Beneran deh, stamina drop.

Recital gue sendiri terdiri dari sesi klasik dan sesi jazz. Sesi klasik, cuma main sama piano aja seperti klasik pada umumnya. I don’t really put my heart dan keyakinan dalam lagu klasik karena that’s not my thing and not a player i want to be. Sesi pop jazz ini yang heboh format 5 pemain atau yang disebut sebagai quintet. Perkusi, drum, bass, piano. Lagu Jazz yang gue mainin diantaranya adalah 2 aransemen sendiri dan 1 lagu Chick Corea yang berjudul Spain.

Yang nonton? Banyak dong. Aku kan VETERAN HAHAHAHAHA. Dari angkatan 1 - 8 itu GUE KENAL SEMUA HAAHAHHAHAHHA. Yang nonton kebanyakan alumni.

Terus? Terus gue kebantu banget loh sama kehadiran team gue yang bertugas saat itu. Band yang bertugas, pengiring, MC (yang mana MC-nya gue sendiri), stage manager si Pengky Wijaya Kwan yang keep track agar waktu pergantian pemainnya ngga telat.

Saat penutupan acara, gue ada acara nangis-nangis dulu pula karena terharu bisa mempersembahkan recital ke pak Jap Tji Kien dan pak Tamam Hoesein. 2 tokoh besar dalam hidup!

Diakhiri dengan makan-makan bersama Pak Tamam Hoesein di restoran padang, because he loves it. Kalo ga ada pak Tamam, entah jadi apa diri ini yaaa? Kayaknya bakal tetep ngambang di lautan klasik yang ngga aku enjoy sama sekali.



Nah, balik lagi yuk cerita flesbeknya hahaha.

Di tahun-tahun yang ‘ngambang’ dimana mata kuliah gue udah selesai, dimana tugas gue cuma SKRIPSIAN dan RECITALAN, gue sempet mutusin untuk... putus kuliah aja deh.

Iya anjrittttt putus kuliah, berbekal ijasah PAKET C karena gue ambil paket C biar bisa masuk kuliah lebih cepet. I REGRET THAT. BIGGEST REGRET ON MY LIFE.

Di titik putus kuliah itu, gue punya pemikiran “Lagian aku kan udah secure hidupnya, ada keluarga, ada anak, ada pekerjaan. Apa bedanya?”. Bedanya? Gue buang-buang duit bokap buat kuliah doooongggg julehaaaaaaaa!!!!! AH!! Elu begimana dah pikirannya. Ya harus ditamatin lah itu kuliah, yang boneng aja lauuuuuu....

Ini kalo gua boleh tampol Nahla 3 taun lalu mah gua tampol dah.

And then boom i made it...

Mevlied Tenri Nahla, S. Sn. K.

Beraaaattttt...


Ngga berat karena mau diberatin lagi itu gelar.

Yup, gue mau ambil S2. Dimana? Ada deeeeh....

Cieee sok banget.

Kenapa sih mau S2? Karena gua ngerasa S1 ngga cukup aja. Gue kalo ngeliat cewe-cewe yang S2 tuh bawaannya waoooowwww keren. Waooowwwww pinter banget! Dan gue pengen jadi bagian dari cewek-cewek itu.

Tapi ngga sedangkal itu juga sih, gue mau terlibat lagi dalam pendidikan yang ‘sebenernya’. Karena kampus gue yang sebelumnya tuh emang rada-rada sepi kegiatannya. Sedangkan tempat pilihan gue S2 itu dari dulu emang terkenal aktif dan banyak link. Gue tuh seneng banget punya koneksi, punya project, punya andil dalam bermasyarakat. Betulan deh. Mumpung masih muda, masih 23, kenapa nggak?

Gue lagian merasa, dengan jadwal kuliah S2 yang ngga terlalu rame, i think i can handle that.

Dengan gelar S2 yang gue punya, gue pengen punya lebih banyak option dalam bekerja. Bisa jadi dosen, bisa kerja di kementrian kebudayaan atau apa lah. Cari securitas? Pasti. Tapi kan ada bidang kreatif yang lagi gue rintis, yaitu blogger dan IG creator. Noh liat tuh nama gue di IG udah jadi Mevlied Nahla | INDOMUSIKGRAM. I’m a part of IMG now, mayaaan yaaaa???

Gue bisa menguji luck ’ngartis’ gue di situ, tapi gue bisa dapet pegangan di lembaga secure dengan ambil S2. How’s that sound? Oke kaaan?

S2 tempat gue ngelamar emang ngga mahal dari segi biaya. Dibandingkan S2 di sekolah bergengsi macam Prasetya Mulya yang abis ratusan juta.

Good price, good move, what else?

Mungkin kekhawatirannya cuma “mau bikin apa buat tugas akhir”? Itu aja sih. Tapi kan nanti juga ketemu kok, toh dibimbing sama dosen.

Intinya, gue pingin punya koneksi dan menjadi alumni kampus ternama di Indonesia, gitu. Kan keren jadinya.

Kelak anak gua bisa liat ibunya punya pendidikan tinggi, berani ngejar mimpi, jadi dia ngga usah takut dalam melangkah. Gue pengen Mabi bangga punya ibu kayak gue. Keren, muda, cantik, pintar, halaaaah huahahaha.

Karena kecerdasan anak (katanya) dapet dari ibu ya? Pantesan Mabi pinter HAHHAAH.

Di balik itu semua, ada insecurities yang besar sih. Karena gue ngerasa ilmu gue belum cukup sampe sini. Gue masih ngerasa bodoh banget. Kok ini gabisa kok itu gabisa, jadi lu bisanya apa?

Ngeliat lulusan S1 Berklee, keren-keren semua. Ngeliat orang-orang hebat di bidang musik dan seni, kok bisa? Ngga hanya tentang skill, tentang koneksi pun begitu. Kok gue ga kenal ini ya, kok gue ga pernah ke sini ya, kok gue segini-segini aja ya?

Gue percaya kalo kita adalah lingkungan kita. Gue bisa terpacu untuk terus maju KALAU lingkungan gue mendukung. Kalo gue di lingkungan yang santai, gue bakal ikutan santai juga. Jadi gue mau terjun ke ombak dinamika S2. Gue pingin maksimalkan diri. Gue pingin menguji pemikiran di ranah akademis, ditambah kampus gue itu terkenal suka bikin seminar dan diskusi.

IT WILL BE SO MUCH FUN!


So yeah, i’m gonna use my brain again and A LOT!

Wish me luck, gaes!





No comments :

Post a Comment

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top