Categories

SOCIAL MEDIA

Rabu, 15 Februari 2017

Judgemental Series - Stereotype dalam Baju Apapun


(Materi ini sedikit sensitif, jadi kalau kurang setuju ya yawda ya maap maap ea)

"Jangan nilai kami dari covernyaahhhhh..." rasanya kebanyakan muncul dari golongan-golongan macam Karin dan penggiat outfit 'bad girl, bad boy' lain ya. Atau nggak, yang tatoan.
Intinya, jangan nilai orang dari covernya. Bisa aja yang tatoan itu baik, yang pake rok mini ternyata setia level pacaran 7 taun ga putus-putus.



Intinya, kalimat ini sungguh 'laris' di kalangan dede-dede ranum SMA. Dan gue gak menyanggah hal itu, karena temen-temen gue yang tatoan, pulang pagi segala macem, nyatanya setia banget dalam hal pertemanan. Setia level nemenin gue pas patah hati di JCO, setia jadi temen nangis-nangisan, setia jadi temen dikala gue lagi toxic banget saat SMA.

Jadi gue pribadi ngga ada masalah sama anak-anak atau orang berpakaian kayak gitu, ngga ada sama sekali. Gue melihat orang secara karakter aja.

Selain atribut tattoo, ras pun juga jadi materi stereotype yang ntapjiw. Kalo lo cina ya artinya lo pelit. Artinya lo ampe mati ga bakal membiarkan pribumi berhasil. Intinya lo pilih kasih.

Tidak, karena sekali lagi: yang menemani gue dikala jatuh saat SMA, banyaknya dari golongan ras tersebut. Iyalah, di daerah gue mayoritas chinese banget.

Dan mereka mungkin orang paling baik yang pernah gue temui. Ngga pernah ada niat 'jahat' sama pribumi kayak gue. Ngga ada niat nyikut-nyikut. Walaupun akhirnya mereka di atas gue, simply karena mereka emang usahanya gila-gilaan. Jauh lebih gila dari gue, jadi seandainya mereka di atas gue, they deserves that. Jangan salahin ras orang lain ah gara-gara lu males, malu sama Gladys.

Tapi banyak lho stereotype selain tattoo dan ras. Selain foto dugem, snapback, crop top.

Yaitu.

Stereotype muslimah berjilbab..... syari.

------ Udah ya, kalau takut tersinggung mending close aja sampe sini heheh ------

Seperti gue. Gue lah ya. Gue banget. Gue gue gue. Gue adalah syari-user. Syar'i banget lah, menutupi dada, punggung, lengan atas. Ngga pernah pake celana kecuali buat daleman. Ngga pernah pake punuk unta, baju gonjreng, nggak nggak nggak pernah.

Terus ada yang gue rasakan, kadang pandangan orang lain ke gue itu beda dengan pandangan orang lain ke cewek yang berpakaian lebih modern.

Gue merasa dipandang sebagai ibu-ibu gaptek, konservatif, close-minded.

Kenapaaaa begitu?

Karena... ya akui aja. Akun-akun penyebar hoax, akun-akun rusuh yang fake itu pasti profile picturenya wanita muslimah syar'i. Atau nggak, penyebar hoax pasti banyak dari grup-grup berbau agama islam. Coba aja.

Dan isi hoax itu pasti awalnya 'ASTAGHFIRULLAHHHH' yang mana itu islami banget. Jarang kan penyebar hoax kata awalnya semacam haleluya atau apalagi sih yang berbau agama lain? Ya itu deh, intinya penyebar hoax itu kebanyakan dari akun yang islami.

Padahal mungkin yang islami cuma nama doang, adminnya mungkin islam tapi tidak meneladani karakter keislaman. HEAAKKKK tap.

Sampe-sampe ada istilah 'jilbab lebar PKS'. Yang mana mendeskripsikan ibu-ibu jilbab lebar yang kadang ngga toleran sama yang prinsipnya beda.

Ketika mas-mas melayani cewek modis, pasti tatapannya beda ketika melayani gua. Makannya kadang gua suka pingin membuktikan bahwa, "Gua syar'i tapi canggih lho, gua ngerti lho inspect elements, gua ngerti lho .exe .exe keygen X-force-an, gue ngerti lho Sibelius, gue ngerti lho cara oprek-oprek directory software".

"Gue ngerti lho lipstick paling populer di YSL", "Gue ngga setuju lho sama hoax".

Karena salah satu kerabat gua pun pernah bilang, "Tampilan kamu ya kayak ibu-ibu yang percaya hoax".

Karena penyebaran berita hoax itu separah itu. Ngga hanya membodohi orang tapi merusak citra islam. Jadi seakan-akan ibu-ibu berpakaian kaya gua ini ya percaya hoax, ingin Indonesia jadi negara berlandasan khilafah, pancasila jadi pancagila sebagaimana yang diucapkan Rizieq. Dan gue tidak begitu. Gue tech savvy, gue tabayyun, gue tidak percaya hoax, dan gue gue lainnya yang berusaha gue buktikan ke orang.

Gue paham banget betapa rusaknya citra islam, betapa orang melengos ketika temennya mulai tumbuhin jenggot yang mana sebenernya itu nggak apa-apa.

Betapa salah satu temen gue mengaku, kalau ustadz di masjidnya ceramah menjelek-jelekkan agama lain.

Dan kita harus sadar kalau ini semua nyata T____T

Oke contoh lainnya,

Ketika kita ngeliat orang kaya, anak muda berjas sambil minum cocktail. Pasti kita nganggepnya ah dia mah mana peduli sama rakyat miskin. Ngapain deh Richard Muljadi ngerayain ultah anjingnya di yatch? Cih pasti ngga sedekah, pasti jijik ngeliat orang miskin, pasti ga mau temenan sama orang biasa.

Ya ngga gitu kannn? Mau toxic ampe kapann? Orang berpakaian sederhana diremehin, baju syar'i dipandang sebelah mata, pake jas dianggap ngga sedekah. Ni besok-besok gua pake baju dari alumunium aja biar tau rasa kalian hahhaha.

Oke ganti contoh lagi,

Ketika kita ngeliat bapak-bapak seragam PNS nongkrong ketawa-ketawa sambil ngerokok, dianggap "Ih makan gaji buta!", "Ini nih yang kita gaji, kerjanya cuma males-malesan", "Ini pasti biang-biang korup". Padahal bisa aja itu lagi jam istirahat kan.

Kalau mengikuti sabda Rasulullah, pertahankanlah gaya hidup sederhana. Tapi ya rintangannya, diremehin sama orang hahaha.

Dan ini bukan salah kita. Ini bukan salah gue yang syar'i-user, ini bukan salah Richard Muljadi, ini bukan salah om-om senang PNS, ini salah prasangka buruk manusia, ini salah pandangan manusia yang memilah orang berdasarkan tampang. Ya setuju sih, berpakaian yang rapih itu form of good manner. Tapi rapih kan ngga susah.

Tapi kalo rapih dengan jilbab syar'i ya tetep aja harus melewati rintangan kaya gue lolol!


And it's okay. It's annoying, but it's okay.

Namanya hidup di dunia ya, harus mau bersinggungan dengan sifat buruk manusia. Make sure kita ngga kaya gitu, make sure kita ngga menganggap remeh orang. Karena ibu-ibu syar'i kaya gue pun bisa ngerti inspect elements (ini skill ga penting dan ga jago juga sih, tapi kedengeran keren).

Ternyata hidup di dunia ngga cuma DOR lu nikah, DOR temen lu nikah sama Ahmad Dhani, DOR kucing lu beranak sapi. Tapi ada ujian yang dikasih oleh orang lain, ada pikiran yang harus tetep positif ditengah arus negatif.

Jadilah versi terbaik apapun yang kita pakai. Kalau lo mau nongkrong pake seragam, ya presentasikanlah seragam lo dengan baik. Lo ngerokok di warteg habis pulang sekolah? Yaudah. Tapi jangan pakai seragam, nanti citra sekolah lo yang jelek.

Attitude kita mempengaruhi 'citra' pakaian kita lho. Karena stereotype itu ngga bisa diilangin gitu aja, ya mending jadi orang baik aja apapun yang kita pake.

Udah deh, Mario Teguh. Kerjaan lu kasih ke gua aja, gimana?


12 komentar :

  1. Suamiku PNS, makan gaji butaaa hwaaa sadis bgttt, jleb jleb.

    BalasHapus
  2. aku belum paham sama contohnya, abis didaerah desa jarang ibu-ibu syar'i dan percaya hoax. mereka cuma gila sinetron aja. mana peduli dengan berita-berita. (hasil dari survei ketika mereka nongkrong, hanya sinetron yang dibahas)

    BalasHapus
  3. Selalu suka sama tulisannya. Udah sih speechless cuman mau bilang itu aja hehe

    BalasHapus
  4. Hahaha setuju aku dulu juga judgemental gitu. Semakin kesini aku belajar untuk ngurangi. Tapi bukan berarti saat kita salah jadi pembenaran jg yaa

    BalasHapus
  5. Lha? Waktu ke pasar pakai syari malah ada bisik2 menyakitkan, katanya ada teroris lewat. :v Tak senyumin wae.

    BalasHapus
  6. Aku setuju. :D Speechless, jadi bingung mau komen apa. Tapi yang kamu bilang semua benar. :D

    BalasHapus
  7. Enak aja yang mereka bilang ntu, Mbak. Di sini ibu2 yang pakai hijab syari kalem2 kok. Malah suka mengalah kalau lagi berhadapan sama ibu2 lain yang suka ngotot. :'D

    BalasHapus
  8. superrr sepakat sama tulisan ini

    BalasHapus
  9. Bisa jadi itu akun palsu yg sengaja dibuat pihak tertentu untuk menjatuhkan umat islam (?)

    BalasHapus
  10. Keren ih mba Nahla .. bisa 'dalem' tapi menohok gini tulisannya. Sering nemu contoh kasus judgemental di atas 😂..

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top