Thursday, 19 May 2016

#SassyThursday - Dandan = Bodoh?


Siapa yang sering liat meme gambarnya: cewe kucel pegang buku lebih baik daripada cewe cantik yang lagi dandan? Well, gue sih setuju-setuju nggak sih. Setuju karena membaca buku itu emang pinter, tapi gak setuju kalo cewe cantik jago dandan itu less berharga dari cewek satunya.

Baca punya kak Icha disini:

Masalahnya, stereotype ini lekat banget di Indo (dan di manapun), dimana cewe itu seakan-akan bisa 'disimpulkan' dari penampilan. Kalo lo dandan tebel ya lo trashy hedon suka buang duit, kalo lo pakai baju bola dengan rambut unyu artinya lo layak dipacari padahal lo sendiri ga ngerti itu baju apaan. Sesimpel itu nilai cewek di mata publik.


Padahal mungkin dia ngambil sampel dari satu cewe dongo yang kebetulan dandan tebel. Heran deh, kenapa sih pada sensi sama cewek yang doyan make up? -_- padahal belinya pake duit sendiri juga, nabung juga.

"Soalnya kan konsumtif!"

ya apalah bedanya sama lo koleksi sepatu bola atau koleksi Tazos ato koleksi barang-barang kolektif lainnya? Toh make up itu bisa membuat orang jadi produktif, lho. Berapa banyak beauty blogger/vlogger yang rate cardnya jauh diatas salaryman biasa? Buaaanyaaakkk.. 

Apa kamu pikir cinta makeup itu sia-sia? Ngobrol dulu ah sama Rolls-Royce nya Jefree Starr (deseu usaha lipstick dan one hell of beauty vlogger). Ngobrol dulu sama Nikkie Tutorials, ngobrol dulu sama Alodita ato Sasyachi yang udah ditebengin ke luar negeri berkali-kali karena nekunin make up.

Lalu, apa mereka bodoh? Apa dibayar 5 juta per posting bertema kecantikan itu bodoh? Apa dibayar 2 juta SEKALI datang event itu bodoh? Silahkan simpulkan.

Jawabannya? Gak mungkin bodoh, lah!

Mereka punya strategi agar orang rela ngeluarin kontrak puluhan juta, mereka punya kreatifitas luar biasa yang membuat mereka yang tadinya bukan siapa-siapa mendadak jadi brand ambassadornya SK-II. They. Are. Amazing.

Menurut gua, terampil dalam make up itu merupakan kecerdasan sendiri. Gak beda dari cewek yang geek misalkan. Cewek yang geek bisa ceritain reaksi kimia, cewek tukang make up bisa ngebuat cewek geek itu cantik di kondangan. 

"Tapi kan ga menarik pengetahuan makeup, cuih cetek"

Ya dan ga semua orang tertarik sama perkembangan musik di era barok, elah.

Cewek tukang dandan itu pinter kok, tapi yang dinilai kan gaya hidupnya. Berbakti nggak dirumah sama orang tua, kalau keluar rumah izin gak, apa biaya hidup prioritas + sedekah sudah disihkan sebelum lo ngehedon, lo hedon tanggung jawab gak, pake baju sesuai sama occasion gak, sama pembantu baik nggak. Itu lho yang membuat worth seorang cewek.

Kalo tukang dandan terus total bitch ga ngehormatin ortu, nilai bobrok dan pesta pake duit ortu tanpa ada rasa tanggung jawab mah ya emang trashy. Sama juga si cewek geek yang kriterianya kaya di kalimat sebelumnya.

Tapi sampai paragraf baru ini, gua tetep ga meng-asosiasikan dandan dengan takaran otak. Sama sekali nggak. Karena dandan itu pagi hari dan belajar itu sore-malem hari habis pulang aktifitas.  Karena emang itu dua hal yang berbeda, doh.

Lo bisa pinter tanpa harus keliatan busuk. Deal with it.
Lo bisa punya pengetahuan yang luasss dengan wajah cantik flawless gaya cetar. Deal with it.

And both of them is achieveable kalo emang mau usaha. Cuma kalo emang gasuka make up ya ngapain dipaksa kan.

The thing issss... Kadang orang-orang suka pada gitu sik. Coba sekarang dipikir: kalo seandainya dia yang lu bilang dodol itu apus makeup, apa dia bakal langsung pinter? Ato minimal tunggu sebulan deh, apa iya bakal langsung pinter? (sebenernya ini mengutip kata kak Arum ngahaha).

Oke? Nangkep sampe sini? Sekarang ayo kita coba move on.

Kita liat Dian Sastro, eh, kamu pikir kan Disas itu ga pake make up ya? Masih natural ya?
Oke kita ganti target yang lebih ekstrim.

Kita liat cewek ini:


Wow so trashy. Wow so Kim Kardashian. Pasti ga pinter ya. Pasti hedon terus ya. Pasti ga punya skill apa-apa ya. Wow ngga istri-material.

Say what you want... Sampe kamu liat dia main piano:
See? She plays 1000000x better than us. Skillnya menyaingin pemain asia yang latian 7 jam per hari and YES, untuk meraih skill itu lo harus latian sehari 8 jam, SEHARI. Baru bisa kaya gitu.
BTW itu bagian dari cadenzanya Gershwin - Rhapsody in Blue. My fav.

"Tapi tapi kan dia supposed to be hedon"

Ya well dia emang cinta branded label sih, tapi i'm sure dia lebih ulet dari orang-orang ini yang bisanya ngehina cewek doang hahaha. Ah, kita aja duduk 2 jam udah pegel, apalagi dia sih? Duduk 8 jam di piano, lu dan gue belum tentu bisa.

A photo posted by Lola Astanova (@lolaastanova) on


Kaga ngerti lagi ah. Permainannya geek punya, rapih, jago virtuos ga bercanda, untuk dapetin hasil segitu perlu latian sehari 8 jam dari umur 4 taun sampe akhir hayat. Kalian yang bisanya ceng-cengin cewe dandan=bodoh ga bakal bisa menghasilan 1/90 dari skill Lola Astanova. Gak akan.

dan kalo kalian liat di kantor-kantor, cewek yang cantik juga banyak yang jabatannya tinggi. Sooo?


Intinya ya udahlah dong sis/bro. Berhenti ngambil kesimpulan dan menciptakan stereotype. Otak itu penting, intelegensi itu penting, tapi ga lantas lo bikin standar sendiri kan untuk menentukan siapa yang intelejen siapa yang nggak?

Gw gak maksa siapa-siapa buat dandan, tapi ya tolong lah ya, tolonggghhhhhh dandan itu bukan berarti begoooo contohnya gua hahahaha! Btw gua geek lho sebenernya -_-

Udah ya, jangan komentar jahat lagi. Get a life.


35 comments :

  1. Se-tu-juuuuuh!! Jago makeup/dandan menurut gue adalah salah satu cara buat menghargai diri sendiri, ningkatin rasa pede.Pinter (di bidang apapun) juga penting, tapi all in all, yang membedakan itu perempuan berkualitas apa nggak adalah attitude.

    ReplyDelete
  2. sebenernya bukan soal bodoh atau pinter, tapi passion sama manner. secara orang kan passionnya beda beda, yang bedain itu cara kita menyikapi orang lain yang beda passionnya sama kita, manners.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku setuju dengan komentar febi. Semua orang punya hak buat jago di bidangnya masing-masing. Berbeda passion dgn kita atau kebanyakan orang, bukan berarti harus dijelek-jelekin. Ya saling menghargai dan bijak dalam menyikapinya lah ya.

      Delete
    2. kok aku setuju ya sama komentar mba febi

      Delete
  3. Yang menentukan itu....
    Dandannya buat apa & siapa dulu..hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku lelah kalau ngadepin cowok yg pandangannha begitu. Padahal mereka juga suka sama yg bening

    ReplyDelete
  5. Menurut aku cewe dandan itu pinter banget!!! Apalagi yg dandannya jago, top to d max deh, soalnya kan dia harus mikir shading gimana, warna apa, tambahin foundation apa, gimana cara kliatan mulus dll, dll... Jadi yg bilang ber-make up ngga pinter mungkin sirik ajah or shallow mind hihi

    ReplyDelete
  6. Hahaha emang gak adil kalau menilai seseorang dari make up, gak semua cewek bermake up itu bodoh, bisa dilihat dari penampilannya pastinya lebih anggun dan beraura.

    ReplyDelete
  7. padahal kalau dibalik, ga semua yang ga dandan itu pintar loh, ada juga yang ga dandan tapi bloon. Dan banyak yang dandan tapi otaknya di atas rata-rata, itu mah stereotipe ala org sirik XD


    The Journey

    ReplyDelete
  8. Aku blm liat sih meme, mungkin jd emosi jg klo ada share bgtuan :D Cape emang nanggepin org yg suka komentar seperti itu, baik yg komen ce atau co. Mungkin merepa gak mampu menyaingi kita yg suka dandan jadi cari2 alasan buat ngejatuhin. sabar sabar.. :D

    ReplyDelete
  9. Agree! Banyak sih cowok yang menganggap cewek suka dandan itu boros, padahal mau tuh cewek suka dandan atau kagak, boros ya boros, matre ya matre! Ngahaha

    ReplyDelete
  10. Hahahahaha setuju!!!! Aku share di sosmedku ah biar pada baca~ :D

    ReplyDelete
  11. mending jago dandan dong mba daripada dandan disalon kan lebih mahal wkwkwk
    untung sih istri kalo ke salon cuman rambut doang, sisanya dandan sendiri dirumah aja toh sekarang jaman udah kembang kempis semua produk bagus bahkan produk yang biasa ada di salon udah dijual online. cewe cantik ga bosenin suami, cuman ada satu nih masukan buat para cewek mania, jangan belanja pas laki lagi gada duit.hehe itu aja

    ReplyDelete
  12. Gue ga kepikiran mamud bakal post ini.. ini pernah kejadian sama gue dulu tapi bukan cowok gue yang ngomong kalo cewek yg suka dandan itu bodoh... tapi calon mantan mertua gue.. O.o gilaa... nyesek banget gue denger kata" itu dari cowok gue.. jadi dulu cowok gue bilang " kata mama aku ga boleh married sama kamu karena kamu suka dandan katanya cewek yang suka dandan itu bego dan cuma ngabisin duit cowok aja " OMG..!! helloowww...!! gue dandan buat memuaskan diri gue dan buat kalian yang ngeliat gue.. sekarang heemm..!! lu liat gue sekarang?! pinteran cari duit siapa antara gue dan anak cowok lu itu?! #emosi.. jadi curcol deh gue

    ReplyDelete
  13. adalagi satu stereotipe, cewe cantik tukang dandan itu nggak bisa masak. HELL YEAAA! masak kan bisa dipelajarin, kenapa kok jadi segitunya banget yak ngelabelinnya. lha temen gw mua tp masaknya enak bener tuh jago. orang sekarang kalo judge makin aneh. mungkin dia liat 1 org doang kali yg begitu eh terus di generalize. hih

    ReplyDelete
  14. Akhir - akhir ini banyak artikel yang bahas topik ini, bahkan sampai ada kalimat : "tidak ada cewek yang jelek, yang ada cewek yang malas (ga benahi diri, ga merawat diri dan intinya ga dandan) lol.

    -Lily Kanaya
    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  15. Eh aku pernah dikatain bodoh gara2 aku (katanya) cantik. Dan nyebelin juga ya dibilang gitu. Terus klo aku cantik harus bodoh gitu? Aku cuma punya skill yg beda dari yang lain dan gak berarti aku bodoh. Manusia gak harus pinter dalam semua hal kan? Mereka punya skill masing2 yg membuat mereka (terlihat) pinter.

    ReplyDelete
  16. Nahlaaa, aku setujuu. Kalo bisa pinter dan cantik dalam satu waktu, why not? haha

    ReplyDelete
  17. Emang ya orang2 sukanya judge by its cover ajah abis itu bijin kesimpulan seenak jidat hahaha, kalo aku sih cuma bisa bilang dapet salam dr beauty blogger / make up artist yg lulus cum laude dari FHUI :P

    ReplyDelete
  18. "Kamu ngabisin 500 ribu buat ini?!" *nunjuk palette eyeshadow*

    "Kamu beli semua gundam ini berapa kali lipat harga palette-ku?"


    Diam tak bersuara. Kalau diajak berantem, jatuhin rak gundamnya.

    Tapi ini dulu sih pas sama mantan. :v

    ReplyDelete
  19. ini karena orang mengeneralisasikan semua sama, apdahal enggak ya. Mungkin dia pernah lihat wanita cantik tapi bodoh jadi dia anggap semua waniat cantik bodoh, padahal enggak. Atau pernah lihat waniat pinter kutu buku, padahal belum tentu wanita pinter kutu buku. Begitulah orang suka mengeneralisasikan

    ReplyDelete
  20. aduuuh itu yg punya pikiran cewek dandan = oon, mungkin ga pernah keluar ato lahir dalam keluarga yg picik minded ;p Dikira gampang bikin makeup supaya terlihat halus di wajah, supaya bisa ngerubah wajah bulat jadi tirus, hidung pesek jadi mancung, mata ga ada kelopak jd ada, bibir tebel jd rada tipisan..... Itu butuh skill wooy :D aku aja ga lulus2 bikin alis cetar ;p.. jd tolonglah yg pikiran cupet2 tadi, semua keahlian itu menandakan kepintaran. ahli makeup, ahli nuklir, ahli masak, ahli menata rambut, semuanya itu butuh otak maksimal utk bisa menguasai.. Lagian aku pribadi ya, lebih bgs menguasai 1 skill tertentu daripada banyak hal tapi cuma sebatas so-so, ga sampe expert gitu loh..

    ReplyDelete
  21. Tertohok bgt baca ini wkwk. Emang ya dont judge book by its cover

    yozora94.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. I don't understand the correlation between makeup and intelligence though, seriously gak ada hubungannya xD Stereotip dan labelling memang kadang lucu dan gak berdasar :D

    ReplyDelete
  23. ya ampun badannya bagus banget

    ReplyDelete
  24. I feel you Nahla~~ Hmm.. sampe gue berkoar-koar juga tuh di blog soal para penyiyir makeup

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  25. Ini nih pentingnya ngambil kesimpulan cuma dari satu sample dan seenaknya ngegeneralisir. Aku pernah kuliah di jurusan fisika, tapi banyak juga kok yang dandan. Minimal pake bedak doang. Bedak kan termasuk make up ya? Berarti masuk kategori dandan dong ya. Biar apa? Biar kelihatan fresh. Kalau fresh kan semangat ngampusnya juga. Bikin lebih pede juga kan.

    Sebenernya kalau cewe seneng dandan itu udah kodratnya sih. cewe mana yang enggak suka kalau wajahnya kelihatan lebih cantik dan fresh dari biasanya?

    Mau cewe dandan atau cewe enggak dandan, plis buat cowo2, dua-duanya jangan dihina XD

    ReplyDelete
  26. Nahla! Cium dulu sini :*
    Kece banget iniiii !!
    Iya banget masih banyak yang masih menghina cewe yg doyan make up. Kesannya murah. Padahal ketika kita bisa jaga penampilan sekaligus pinter, kelar udah.. JUARA!
    Tapi apa semua perempuan bisa gitu? enggak. Kayak saya, kalau lagi geek nya keluar ya boro boro bisa merhatiin penampilan. Karena itu susah meeen.. Jago banget yang bisa jaga penampilan sekaligus tetep belajar!

    ReplyDelete
  27. Kak nahlaaaa stuju! *maap komennya kurang kreatif hehe*

    ReplyDelete
  28. Eh, Ku tipekal cewek suka dandan dan manja loh
    Iya... jujur ada sih yg ngatain begolah.. inilah... itulah

    ReplyDelete
  29. Waktu lihat ini blog, gue cekikikan,,. Lucu gitu. Kirain punya remaja mana. eh ternyata udah punya anak malah. hahaha
    Maaf loh mba *

    Btw I love this article.
    Setuju plus super, Gimana pun juga, cantik doank ga ada gunanya dan kalau otak kamu pintar berarti kamu juga pintar merawat diri. Ga perlu pakai sesuatu yang terlihat mahal, seharusnya kita sebagai perempuan bisa memakai sesuatu yang biasa aja tapi terlihat luar biasa.
    >-----< LOVE

    ReplyDelete
  30. Aku mau komen ini lupa-lupa mulu woy!! XD

    Kalau kata temen aku, Okke, "bodo ya bodo aja." Hahaha..

    Maksude: mau dandan ataupun mau kucel; kalau orangnya males baca, nggak mau belajar, wawasan sempit, nggak open mind, dll dll ya tetep ajalah bodo. Termasuk org yang suka ngatain kalau cewek dandan = bodo itu tuh, wawasan sempit dan nggak open mind. Bodo ya bodo ajaa. Hahaha...

    ReplyDelete
  31. bener banget, cewek suka makeup banyak di jugde "kayak tante tante aja lo pake makeup" padahal kan gak gitu. makeup itu sumber percaya diri wanita, heran masih ada aja orang jaman sekarang bilang gitu, pikirannya sempit :(

    ReplyDelete
  32. sebenarnya sih tergantung dari pandangan kita masing masing

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top