Thursday, 7 April 2016

#SassyThursday - Cyber Friends



Kalo dilihat sejauh ini, dari mulai gue yang masih awal-awal bikin blog, nyemplung di komunitas, mendapat pembaca baru sampe sekarang, gue merasakan manfaat luar biasa dan paling menyenangkan dari blogging: mendapat teman.

Baca punya kak Icha disini:

Bagi yang ngikutin blog gue, kalian pasti tau kalo gue itu sangat ‘lemah’ dengan teman, gue sangat sentimentil jika membahas persahabatan, sangat ‘terjual’ jika ada orang yang ngobral kata-kata “sahabat”, sampe sampe bikin Friendship Giveaway. Iya, gue sangat senang punya teman. Gue bersyukur banget punya temen, karena dulu pas SD – SMP jarang ada yang mau berteman dengan gue. Gue selalu jadi outcast, gue selalu jadi ‘that kid’ yang ga kedapetan kelompok kalo disuruh bikin pasang-pasangan, gue ga pernah menjadi ‘teman no. 1’. Even di kereta saat perpisahan SMP aja, gue duduk terpisah dengan ‘teman-teman dekat’ gue, mereka duduk sebelah-sebelahan dengan temen ‘prioritas’nya. Sedangkan gue? Duduk sendiri, yang akhirnya kursi sebelah gue diisi oleh temen yang ‘yaudahlah sisa tempat duduk cuma ini’.



Karena hal itu juga, gue ‘sampe sekarang’ berusaha mati-matian kalo ada temen baru, even dari segi materi. 500rb is nothing kalo gue pake buat traktir temen-temen gue di tempat yang bagusan, karena gue ingin mempertahankan mereka. Emang ini kesannya ‘ngebeli’, cuman usaha gue segitunya agar gue gak menjadi ‘anak yang ga dapet kelompok’ lagi.

Lalu gue mencoba aktif di socmed, dulu sebelum punya blog. Gue gabung komunitas kecantikan dan ikut nimbrung di thread yang gue pahami, senang banget kalo ada yang reply ato mention, akhirnya opini gue penting. Akhirnya ada yang mau nanggepin, ga kaya dulu yang selalu dikacangin. Sedih banget. Dikit-dikit gue mulai menaruh hati pada konsep cyber community, karena mereka ga liat siapa dan apa wujud gue, yang mereka liat itu opini gue. Gue inget banget, orang komunitas pertama yang jadi friend di Facebook dan suka komen-komenin status gue adalah Kimberly Khoe. Disitu gue merasa berharga karena bisa ngebuat temen baru.

Lalu gue merambah ke dunia blogging, dimana gue hanya menumpahkan unek unek dan curhat ga guna. Tapi ada yang nanggepin! Terimakasih KEB yang udah mau follow dan ikutin haloterong.com ampe sekarang.

Makanya gue sempet ga nyangka dan bahagia pas serius di dunia blogging, ternyata gue bisa dapet kenalan-kenalan baru, berkomunikasi sama orang-orang yang hanya gue kenal lewat tulisan, bahkan akhirnya ketemu di dunia nyata jika lagi ada acara. Seneng banget.

Gue kira temen gue bakal itu-itu aja.

Ternyata temen di dunia blogging juga ga kalah seru yha.

Ini yang membuat gue selalu dandan yang cantik tiap mau ketemu blogger lain, sampe sampe mules di mobil hahaha, I’m THAT excited!

Sebahagia itu gue bertemu orang baru yang ingin jadi teman, baca baca komen segala macem.

Sampe gue menerima chat dari kak Icha bahwa geng blogger kesukaan kami udah ga ngumpul bareng lagi. Padahal mereka super akrab, sampe bagi-bagi barang sponsor, foto-foto gengs segala macem. Disitu gue mulai mempertanyakan sesuatu:

“Apa pertemanan di dunia maya itu rapuh?”

Jegerr hahahah..

Menurut gue? Iya.

Iyaaaa… Rapuhh.. Iyaa…

Karena gue sendiri masih memasang dinding tipis, gue masih ‘waspada’ karena… Lu tau sendiri kan blogger gimana? Jaringannya luas, penuh kompetisi.

Gue takut banget ketika gue salah-salah ngomong di grup, salah tindakan, gue jadi bahan ceng cengan blogger lain. Karena gosip para blogger itu cadas, gaes. Bisa ngaruh ke job, blogger gathering, karena ada 1 hal penting yang menjadi ‘pegangan’ dalam dunia blogger kan? Apa itu? Networking. Sekalinya attitude lo dicap jelek sama blogger, siap siap awkward jika ada gathering, siap-siap disinisin, disindir, di’jegal’ secara dunia maya dan gaada yang merekomendasikan blog lo kalo ada brand yang lagi cari job.

Makanya kayanya gua ga bisa bener-bener menjadi diri gua sendiri, belum bisa. Karena gue takut persahabatan kita retak dan gue dimusuhin.. Lagi.

Mungkin sama dengan blogger idola kami yang kami bicarain waktu itu, mungkin dia dijauhin karena beberapa hal, yang membuat gue mikir, “selfie kompak bareng bareng bukan berarti ‘kuat’ didalamnya”.

Pun dalem hati gua ada rasa cemburu dan iri kalo kakak Icha (NIH BACKLINK NIH) lagi dapet job dengan bayarannya yang berkali kali lipat dari bayaran gua, ato sekedar diundang acara apakek. IYA AKU JELES KAK, AKU NGAKU.

JANGAN KETAWA.

Makanya pertemanan gue dengan kak Icha itu pasti, pasti ada rasa kompetisi diantara kami berdua. Apalagi gue yang emang punya masalah kepribadian. Iri ya pasti irilah. Takut dijauhin takut diomongin ya pasti lah.

Tapi gue ga bisa mengelak bahwa dialah orang yang berpengaruh pada karir blogging gua. Dia yang bawa gua ke grup WA nya KEB (dimana gue beberapa kali dapet job), dia yang ngajakin bikin rubrik #SassyThursday, dia yang ngajak aku kalo ada brand yang lagi cari blogger buat gathering, dia yang banyak banget endebrai endebrai.

Iri sih pasti, tapi gue cukup tau diri untuk tidak membackstab. WALOPUN KADANG DIA MA SUAMINYA NGESELIN BANGET GUSTI. Anaknya doang yang kaga.

Merangkum dari segala pengalaman gue berteman dengan ini orang, gue merasa bahwa cyber friends itu ga ‘seburuk’ itu. Kita masih bisa berkembang either di dunia maya dan dunia nyata. Orangnya mau gua curhatin, secara gua gabisa dong curhat tentang bagaimana cara meningkatkan produksi ASI ke geng SMA gua yang jodoh aja masih seret.

Dan gue akui sih, satu grup LINE dengan blogger blogger yang dulunya cuma bisa gue baca dalam kekaguman itu sangat WARBIAZAHHHHHHH… Seakan akan gue layak diperhitungkan dan disandingkan sama Rini Cesillia ngahahaha, dengan Xiao Vee, Utotia, Vitrie, siapa lagi ya yang gue ngefansin? Ya begitulah. Awesome.

Yang gua bisa ambil dari segala cyber friends ini sih: bisa berkembang, tapi jangan baper.

Jangan baper ya *toyor diri sendiri*. Jangan iri ya *gampar pipi*. Karena dunia blogger itu SARAT BANGET DENGAN KOMPETISI. Ya bayangin aja sama orang yang satu profesi, gua pun iri kalo ngobrol sama Bernadette Wijnhammer. Seumuran, bedanya dia udah tur biola ke jepang, belanda, inggris dan dapet beasiswa (DAN CANTIK BANGET), sementara gua diem aja menjadi terong dalam freezer. Apakah gue iri sama Bernadette? Yaiyalah! Tapi apa gue enjoy being her friend? Yes. Walopun gue harus telen itu minder.



Tapi gue bahagia punya temen temen baru, semoga suatu saat kita bisa kongkow bareng di Las Vegas ya, tapi jangan ilfil kalo gua ngelawak. Ciao bellek.

30 comments :

  1. HAHAHAHAHAHAHAHAHA NGAKAK DI BAGIAN 'JANGAN KETAWA' KAMPRET

    ReplyDelete
  2. kamu bahagia gak kenal akuh? *ketemu aja belom pernah x(*

    ReplyDelete
  3. lain kali aku bakal bahas temen dumay ku yg luar biasa, la.. kamu entar kudu baca :D

    ReplyDelete
  4. Iya ya kehidupan di blogger kompetitif sekali. Pernah ikut acara yg pesertanya blogger semua dan memang bedaa.. wahh penguji kesabaran. Waahahahaa....

    pertemanan di sosmed juga bikin gelii ... giliran ketemu labgsung diem2an.. weleehh welehh

    ReplyDelete
  5. I feel you banget Nahlaaaa!!!! Di dunia nyata kayak pasang 'the wall' karena guepun aslinya super sensitip soal begini. Di dunia per bloggeran pun!

    ReplyDelete
  6. I feel you banget apalagi bagian "teman yang dapet jejeran karena yaudahlah ga ada kursi lain" hahaha.. bikin baper beneran..

    ReplyDelete
  7. Jadi temenku ya Nahla...*hahahaha..
    Udah lah ya..aseli kalau aku komen dimari bukan karena ada apa apanya :)

    ReplyDelete
  8. ihik.. i feel you... *tosssss*

    ReplyDelete
  9. mau dong jadi temannya Nahla :D :D

    ReplyDelete
  10. Sumprit masa lalu kamu kek gitu? Samaan dong. Jadi inget diri sendiri hiks. :'D

    ReplyDelete
  11. wuihhhh temenannya sama seleeeeb, ambil antrian aaah jadi temennya Nahla juga hhihi ^^v

    ReplyDelete
  12. Waduh,bole ga daftar jadi temen nahla???
    Aq ibu 1 anak yg sukaa banget baca blog nahla,mak icha juga suka baca sih...
    Nyari temen yg "beneran" tu susah emang,yang nyata aja susah apalagi maya.tapi kan bukan berarti g ada.....
    Ada kok yang tulusss...
    Mana...manaa...
    Akuhh tulus kok
    *gubrak
    #bighug

    ReplyDelete
  13. duh, ternyata sebegitunya ya Nah kehidupan para blogger. tapi emg gw juga ngerasain satu manfaat penting dr ini semua: mendapat teman baru ^^

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. Bener banget sih ya jangan baper. Aku juga suka Sebel kalo liat temen yang bahkan umur blognya lebih muda daripada aku tapi pageview dll dll nya udah lebih banyak.
    Ya tapi gimana, itu kan juga balik lagi ke usaha sendiri xD
    Lagian iri-iri ga guna sih, lebih baik jadi motivasi biar kita bisa berkembang juga xD

    ReplyDelete
  15. hahahaha, suka nih bacanya ;).. Tapi memang kok mbak, aku aja dapet temen banyak itu juga dari dunia maya, dari kegiatan blogging ini... dulu2 mah temen palingan dari temen bekas sekolah yg itu juga udh ga deket2 bgt sjk kita kerja masing2.. Temen kantor? apalagi itu, justru temen2 kantor ini yg harus dihati2in banget, secara ya , kompetisi kantor itu kejam -__-. nusuk dari belakang, jilat2in bos ;p.. whateverlah.. makanya cuma dari temen blogging aku kyk dpt temen yg tulus :). ga tau juga sih beneran tulus ato ga, tapi at least aku ga ngerasa sedang saingan, ga ngerasa iri2an.. Apalagi kalo segmen niche blognya beda ama aku.. apa yg mau dijadiin kompetitor :D ..

    ReplyDelete
  16. Gak cuma dunia blog aja sih. Kita hidup ini ya berkompetisi semuaa. Aku mah woles aja *sok keren*

    ReplyDelete
  17. Persahabatan bagai kepomping, terkadang kepo terkadang juga rempong :P

    ReplyDelete
  18. Namanyaa hidup ya. Selallu adaaaa ajaa :p

    ReplyDelete
  19. Kalo kata lagu, keep your friends close but your enemy closer. Nahloh -_- Tapi setuju deh bagian jangan bapernya. Terharuuu :,) karena akupun suka awkward dalam berteman. Antara seneng tp takut bkin ilfeel trs mreka kabur. Hahahaha

    ReplyDelete
  20. Aku dooong...pas pindah Palopo langsung berubah. Udah tinggalnya di negeri antah berantah, sehari-hari dirumah doang. Akhirnya temen dumay banyaaaakk, temen nyata paling tukang sayur doang, HAHAHAHA...

    ReplyDelete
  21. Wahh, masa sik seorang Nahla digituin? Bukannya seleb sekolahan yak? :P
    Ga pernah baper soal temen, orangnya cuek, keliling mall aja seneng sendirian, lalala

    Tapi aku sama kayak kamu, seneng banget kalau ada temen yang beneran mau temenan sama gue, ga pake embel embel apa apa, dan itu sekarang susah banget nyarinya >,<

    ReplyDelete
  22. memang orang-orang yang tidak punya beban itu umumnya adalah mereka yang melakukan sesuatu tanpa maksud materiil...ngga mengharap endorse, pagerank naik, dan segala kompetisi lain..mereka melakukannya memang karena suka saja dan ingin berbagi...kenal dengan teman2 blogger2 yg semacam itu, mereka yg dari awal nothing to loose...sangat menyenangkan bisa berteman dengan orang2 demikian...

    ReplyDelete
  23. Nahla peluuuk.. Aku pun orangnya kaya gitu.. Jadi orang yg nggak dipilih buat jadi temen sekelompok. Haha zz

    ReplyDelete
  24. Aaahh saya pun begitu. Saya introvert dan terkadang awkward social, jadi kalau mau ketemu orang banyak gugupnya kayak apaan. Tapi nggak bohong kalau pgn punya temen yang deket banget yang apa-apa pasti cerita. Apalagi skrg saya ikut suami di Kalimantan jadi makin jauh sama temen di Bandung. Dan ya, socmed memang memudahkan bisa jadi punya temen. Walau ya itu tadi. rapuh..

    ReplyDelete
  25. Tapi emang bener lho dunia blogger pun syarat dengan kompetisi, apalagi kalau masih newbie kayak aku nih,., :D , bahkan ada yang coment in my blog aja udah girang buangeeet,., heee,.,

    ReplyDelete
  26. tergantung nasib juga sih mba...kadang ketemu temen online yang bisa jadi friends...ketika ketemu hukum dunia nyata yang berlaku..
    yg penting open mind ketika pertama kali kopdar...bahwa kdg yg rame di dunmay ternyata pemalu di dunnyat...etapi untuk anak-anak dan remaja kopdar temen online a big no yaaa..anggap saja semua bahaya hahaha...

    ReplyDelete
  27. love this post deh Nahla.. saya mau banget jad temen kamu :)

    ReplyDelete
  28. hidup emang keras. nggak di dunia nyata ato di dunia maya sama aja, hehe

    ReplyDelete
  29. gak sengaja melipir kesini nih, postingannya ajib bangett..
    btw salam kenal Kak Nahla *manggil kak aja, biar akrab*

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top