Thursday, 8 October 2015

Life with XL; Mau Ngerasain Download Aplikasi dalam 4 Detik?

Gue inget pada saat itu gue adalah tipikal pengguna yang selalu ganti SIM card, hampir semua SIM card sudah gue coba. Alasannya? Mencari yang paling murah.






Gue inget banget dulu tiap hari gue mampir ke warung buat beli SIM card biar murah untuk telpon-telponan, oh iya, jaman dulu belum gencar penggunaan Internet, jadi gue yang penting mah murah aja. Saat itu SIM card harganya cuman 10rb bonus pulsa 10rb juga, kalau habis pulsanya? Ya beli baru lagi. Jadi mungkin bagi keluarga gue yang sudah menemani 20 tahun kehidupan gue, nama “Nahla” bisa sampai 4 di buku kontak mereka, malah lebih.

Itu semua ada pada zaman SMP, zaman dimana gue ini masih timik-timik, cemen parah, demen telponan, demen SMS-an dan bisa isi pulsa tiap hari 10rb rupiah. Ajegile ini gue dapet duit darimana yak? Gue sih gak merasa ngepet ya, gue juga gak merasa ngirim SMS mama minta pulsa, pokoknya intinya gue sanggup aja beli pulsa sehari 10rb.

Lalu masuk zaman SMA, eh salah, gua mah SMK.

Lalu masuk zaman SMK Musik, gue masih tetap dengan SMS-an dan telponan, zaman itu lagi ngetrend BBM. Dulu gue iri sama temen-temen gue yang punya BB, gue pingin gitu BBMan, pasti lebih murah daripada harus isi pulsa sehari 10rb -_-

Lalu karena gue berada dalam pendidikan yang erat sekali kaitannya sama media, teknologi (iya, kami ada pelajaran Komputer Musik) dan menonton berbagai macam video musik klasik sebagai bentuk pembelajaran, makanya gue sering banget numpang Wi-Fi di sekolahan.

Semua adem ayem, gue bisa browsing Youtube-nya David Oistrakh dan Manhattan Transfer kalau gue lagi mau serius, tapi gue juga sering banget nontonin video Raditya Dika kalau lagi muak berkutat sama toge bernama partitur ini, pokoknya dalam titip kehidupan ((TITIK KEHIDUPAN)) ini, gue mulai membutuhkan internet secara berkala untuk tujuan pembelajaran.


Dan setahun pun berlalu dengan gue yang puas hanya memakai Wi-Fi asrama, dan gue pun pakai BBM untuk komunikasi.

Tapi suatu saat, gue mulai berada pada titik dimana gue gak bisa kayak gini terus, gue gak bisa memanfaatkan Wi-Fi, gimana kalau gue ada di rumah dan bukan di asrama? Hayo gimana? HAYO GIMANA JAWAB MB.

Rumah gue gak ada internet, dan gue BUTUH internet untuk download partitur, mempelajari video pemain biola, atau sekedar download lagu Pitbull yang judulnya “Toma”. Tau lagunya gak? Yang “O ye loka” itu lho, ya emang gak terkenal sih.

Eh, trivia aja nih, gue dulu pas SMA suka banget sama Pitbull. Pernah dugem ala anak asrama di kamar pakai speaker, terus nyalain Pitbull sama temen-temen, terus cetak-cetekin saklar sama buka-tutup horden dengan cepat biar serasa lampu disco -_________-

Intinya, gue merasa bahwa kehidupan digital gue sangat tidak menunjang study gue yang emang butuh banget yang namanya ‘dunia luar’.


Akhirnya gue cerita ke temen gue, Grace:
“Gres, lu kalo Internetan pake apa sih? Kayaknya twitter lu aktif banget”
Gres: “Gue pake XL, nih!”

Terus gue kayak, “Yah, masa gue ganti lagi?”, saat itu gue masih pake operator tetangga.

Terus gue bodo amat kan sama si Gres ini.


Waktu itu tuh si Gres belom jadi sahabat gue, masih jadi temen biasa, pas jadi sahabat kok dia makin kampret kok gue perhatiin, dia sering banget main hape? Kalau nunjukin video di Youtube juga gak pernah ada buffer seinget gue, liat video ya liat aja, kayak seakan ngeliat video yang udah di download, smooth banget.

Dan dibandingan hape gue yang emang gak ada internetnya selain untuk BBM, gue ngiri dong yagak?

Yaudah, akhirnya gue ganti hape *loh kok malah ganti hape?! Bukannya ini kompetisi blognya XL?!*

Akhirnya gue ganti hape Samsung yang emang gak ada BBM-nya, dan alhasil gue ganti nomor jadi XL!


Horeeeee banzaiiiii cyin!!


Terus gue ikutin aja tuh paketan si Gres, paket yang gue pake adalah paketnya Gres yang Hotrod 3g+ seharga 90ribu perbulan sebanyak 5GB.

Dan it’s soooo faasssttttttt!


Gue yang gak pernah buka Youtube di hape, jadi kampungan pas ngeliat bahwa XL jaringannya cepet banget, kok bisa ya loading Youtube bisa ampe gak buffer gitu? Kok bisa sih? HAH KOK BISA SIH AYO XL JAWAB GUE!!!!!


Gue pertama kali emang norak banget sih, dan ketika gue instal aplikasi, bener-bener lebih cepat 5x lipat dripada pas gue pake BBM yang astagahhh nginstal Uber Twitter aja lama banget boz.
Itu aja 4 tahunan yang lalu, lho.

Dan yang membuat gue sangat kagum dan mengandalkan XL adalah XL sangat menunjang kehidupan pendidikan dan karir saya.


XL dan Pendidikan Musik


Ada beberapa pengalaman menyenangkan, eh lebih tepatnya pengalaman bermanfaat dari XL internet yang sangat cepat untuk pendidikan bermusik gue,

XL berkali-kali menolong gue dengan kecepatan download mereka yang dapat diandalkan, sampai sekarang pun gue selalu download partitur untuk melaksanakan tugas presentasi lewat XL. Gue sering mendownload partitur apa saja, contohnya adalah lagu Mazurka karya Chopin sebanyak 2 halaman, tapi ada yang lebih ekstrim: Gue mendownload partitur full score Symphony juga lewat HP.






Symphony full score itu bukan partitur main-main, Symphony sendiri adalah suatu komposisi full orchestra yang durasinya bisa sampai 20 menit. Be it Mahler, Bizet, Rimsky-Korsakov, atau Symphony lainnya, gue selalu mengandalkan internet XL. Dan ukuran mereka juga bukan 4-5 halaman, tapi bisa sampai 20-50an halaman! Dan semua bisa di download dalam kurun waktu 2 menit saja untuk PDF sebesar itu!

Apa yang gue lakukan saat mengerjakan tugas? Download partitur, dan pada saat yang sama mendengarkan lagunya. Dan gak buffering sama sekali, padahal lagi download partitrunya sekalian.
Dan ke 7 semester gue lewati dengan cara begitu.

Waktu itu juga pernah ketika gue ikut kompetisi ASEAN International Concerto Competition mewakili Indonesia sebagai pemain biola, menurut gue wajib hukumnya melihat a tons of violin videos di Youtube lagu yang gue mainkan untuk kompetisi. Yang akhirnya karena sering melihat pemain biola International di Youtube, gue bisa meng-imitasi dan membuat gaya bermain gue sendiri serta membuat interpretasi serta pembawaannya, dan gak ada kendala sama sekali dengan buffering, lemot, glitch segala macem, semua berjalan dengan smooth. Dan gue pun menyetel video Youtube di mobil dalam perjalanan menuju kompetisi final.


Internet XL inilah yang berjasa memudahkan gue mengakses video masterclass Maxim Vengerov, yang bisa mengantar gue menjadi penerima Special Merit Award karena interpretasi gue yang juri bilang bagus. Kalo gue gak pake XL, mungkin gue udah muak dengan buffering dan akhirnya gue gak bisa membuka mata gue tentang dunia luar.


Karena kecepatan internet XL, gue gak pernah merasa ‘butuh’ mendownload lagu keculai lagu yang bener-bener gue suka, kenapa memangnya? Toh dengerin langusng di Youtube juga sama aja kayak download lagu sendiri: Gak pake macet-macet.


Nih ya, bisa dilihat dari isi hape gue yang isinya download-an Youtube semua:


Dan gue juga ngerjain power point lewat download-an internet:



Sebenernya contohnya banyak lagi, banyak banget malah, karena tiap tugas ya gue selalu mengandalkan koneksi internet XL, malah gue udah gak percaya dengan Wi-Fi. Jadi, gue bukanlah orang yang seneng dan excited ketika ada Wi-Fi di café, ngapain? Hape gue lebih cepet dari kebanyakan Wi-Fi.


XL dan dunia menggambar


Semua pembaca pada tau lah ya, kalau gue cinta metong sama dunia menggambar? Dan YA, gue belajar gambar semua OTODIDAK, alias belajar sendiri.

Gak ada yang ngajarin gambar, semua gue dapet hasil browsing tutorial dari Youtube dan Devianart dan banyak sumber lain.

Kalau dalam musik, kendalanya adalah waktu yang panjang, kalau dunia gambar, kendalanya adalah size yang besar per tutorial.

Satu infografis tutorial itu bisa lumayan besar lho, karena kualitasnya yang besar dan jernih juga. Gue sangat tertolong dengan internet XL yang membuat gue bisa mendownload tutorial secepatnya dan sebanyak apapun yang gue mau tanpa harus nunggu lama buat loading gambar. Semua gue pelajari lewat koneksi internet XL.

Dan gue belajar juga dengan menonton video speed painting, pada tau dong speed painting itu rata-rata berapa menit? Ya, hampir 9 menit semua rata-rata, bahkan ada 1 jam yang full-course. And guess what? Gue memutuskan untuk nonton 1 jam karena gak takut bakalan lelet! Gue sangat terbantu dengan intimnya hubungan gue dengan dunia maya, gue bisa mendapatkan skill baru setiap hari.


Dan gue selalu baca komik via HP TIAP DETIK, dan gak seru dong kalau baca komik tapi loadingnya lama? Kalo XL mah cepet, satu detik semua halaman chapter udah siap dibaca, makanya gue bilang tiap detik gue baca komik, karena emang loadingnya cepet banget!
Bukti nyata, gue bisa namatin 200an chapter (1 chapter bisa 40 halaman) hanya dalam kurun waktu SEHARI!

Kalau internet gue lama, gak bakal bisa lah.


Gue juga download driver pen tablet gue via XL, download free vector, free brush, free font, juga dari XL!


Internet XL dan blogging.

KALO INI MAH JANGAN TANYA EAK, tak ada blogging tanpa Internettttt…

Gue gak akan bisa ngotak-ngatik HTML buat template blogger kalau  gak ada koneksi internet yang mumpuni

Gue gak akan bisa upload gambar ke file hosting kalo emang internetnya lemot

Kalo gak bisa upload gambar ke file hosting? Gak bakal ada itu widget-widget disamping.

Dan gue tadi memutuskan untuk mengaktifasi Twitter lagi, dan gue download aplikasi Twitter di HP, coba berapa lama yang gue butuhkan untuk download aplikasi Twitter?

Gak sampe 4 detik!

Aduh, download aplikasi jadi gampang banget, beneran lho, tadi gue download cepettt bangetttt..
Nyokap sampe iri, “Kok enak sihhh internetnya cepet gitu?”

Gue juga gak tau, tapi dunia maya gue gak akan hidup kalau gak ada Internet XL, secara dirumah gak ada koneksi apa-apa lagi.

Wi-Fi? Gak bisa dibawa kemana-mana, kalaupun ada yang bisa, sinyalnya bapuk.

XL? Dimanapun sinyal lancarrrr (makasih om JG sudah memasang antena).


Nih, tata cara aktivasi paket XL yang gue pake!

1.       Ketik *123#

2.       Ketik 3 untuk “Internet”

3.       Ketik 1  untuk “Hotrod”

4.       Ketik 2 untuk “HotRod 24 Jam”

5. Ketik "3" untuk "Bulanan", lalu ikuti paket pilihannya.




Range harganya luas




Mau internet yang lebih asik? Aktikan fitur “Mobile Tethering” di hape kalian, kalian bisa menikmati koneksi XL via Laptop/komputer!


BANZAIII


“Ah, kayaknya XL bagus banget, lu boong ya? Demi menang lomba?”
Dih, kagak. Gua mah jujur orangnya, kalau XL jelek mah gua males ikutan lomba -_-


“Tapi kan mahal, mbak”
Kalo gua sih mending bayar lebih daripada udah bayar tapi koneksinya bapux, eh tapi kan XL range harganya juga lebar, jadi pilih aja yang sesuai budget.



Seriusan gak mau pindah ke Xl, ahhh, seriusaann? ;)







19 comments :

  1. maaakkk.. lengkap bangeettt *lalumelipirkepojokan*

    ReplyDelete
  2. Mba nahla detil bgt nulisnya.. kupas tuntas.. goodluck yaa

    ReplyDelete
  3. lengkap binggow...gudlak ya nahla... :)

    ReplyDelete
  4. Baguuuusssss banget. Good luck

    ReplyDelete
  5. Hahai..., iyappzz... emang jujur XL itu koneksi paling stabil pas udah dipakai di PC. Dulu punya modem batangan. Gonta ganti provider. Terus punya smartphone, aku pakein tethering, modemnya nggak kepake:v Soalnya udah asyik banget beli satu kuota buat mobile + PC.
    Aku gaul kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jugaaaaaa tethering mulu buat ngeblog -_- gaul banget sist wkwkw

      Delete
  6. aku tergodaaa hahaha coba XL ah *buang sim....*

    ReplyDelete
  7. HAHAHA rupanya gua ambil andil dalam promo xl. Harusnya gw jadi marketting xl hah huf. Gutlak nahloo ☆ (bintang karena aku penuh pesona)

    ReplyDelete
  8. Waah, pake XL juga yaaa, sama dong kita, paket HotRod 3G+ emang oke

    ReplyDelete
  9. Iya XL itu bagus banget. Aku pengguna XL sejak kelas 3 SMA dan sampe sekarang enak banget. Gak buffer (tapi kuota cepat habis untukku gegara nonton video youtube durasi dua jam dan marathon). Dan soal harga, iya emang agak mahal tapi aku gak masalah karena kualitasnya emang bagus + mau dibawa ke hutan juga sinyalnya masih ada #penting

    Selama kualitas oke, kenapa harus meragu keluar uang lebih sedikit?

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top