Categories

SOCIAL MEDIA

Tuesday, 2 July 2019

Online Dating Scammer dan Gombalannya



Sebagai anak yang ngga suka ngikutin series, gue merasa web-seriesnya missturis tentang online dating scammers itu seru banget. Ada 6 episode yang menceritakan tentang pengalaman dia ‘pacaran’ sama bule yang ketemu di dating apps. Disebut dating SCAMMERS karena bule-bule itu ternyata penipu yang ujung-ujungnya minta duit juga.

Stepnya simple, tinggal daftar di aplikasi kencan internasional, match, lalu boom terjalinlah. Atau banyak juga yang tiba-tiba dapet message Facebook dari bule-bule kece tersebut, yang biasanya ngga jauh dari army, pilot, pengusaha. Bermodalkan DP bule gantenk, boom pacaranlah mereka.

Not really pacaran sebenernya, tapi deket dan cukup intens lah. Karena setau gue, bule emang ngga ada peresmian macem nembak gituloooh. Kayak temen gue yang dari Amrik nih, malem-malem ngechat, “Gimana sih cara nembak cewek? Kalo di sono mah tinggal nyosor aja” LAH simple banget idup lau, hahahaha!



Makanya, dari yang gue tonton di web-seriesnya missturis, ngga heran kalo mereka baby-baby-honey-honey-i love you-an tanpa harus ada “Will you go out with me?” gitu.

Kalau kita nonton, mungkin kita bakal langsung ketawa-ketawa aja ya, “Kok banyak sihh orang yang ketipu?”, gitu. Sama seperti ketika kita ngetawain berita Tribun yang judulnya, “Geger! Ibu Rumah Tangga Tertipu Ratusan Juta Lewat Kencan Online!”. Ya emang lucu aja gitu, lucu aja kok bisa terjerembab di lobang yang bodo banget gitu loh.

Ya jelas bisa, ternyata.

Karena, satu, online dating scammers ini udah gunain video call loh. Betulan! Hahahaha. Makanya believable banget kan?

“Kok bisa?”

Jadi, mereka gunain video cowok bule random yang lagi ngomong. Mereka arahin videonya ke kamera hape yang buat video call, terus tinggal ngomong deh!

“Tapi kan gerak bibirnya ngga sama!”

Ya disitulah mereka bilang “Sorry ya koneksinya ndak bagus” dengan boso inggris logat Nigeria. Sehingga, jadi lumrah banget kalo mulut dan suara ngga sinkron. Wow, ternyata jadi scammer itu tipsnya adalah memiliki internet yang ngadet-ngadet biar bisa alibi, wkwkwkw.

Kedua, mereka jago edit foto!

Pacar bule ini tau banget kalo wanita itu suka kemevvahan, makanya mereka PASTI ada wacana mau ngirimin kita barang mewah untuk mancing kepercayaan dan uang.

Jadi ketika mereka mau ngasih gift mahal dan cek bernilai puluhan ribu dolar ke kita, cek itu tuh udah tertulis nama kita. Begitu juga bukti kirim uang, resi dan segala macemnya, semua udah ada nama kita, alamat kita. Jago banget!

Ketiga, mereka sindikasinya menjalar sampe ke Indonesia. Jadi saat mereka mau ngirimin barang mewwwwah ke kita, bakal ada orang Indo yang ngaku-ngaku dari bea cukai untuk konfirmasi kiriman kita, “Bu, paketnya udah ada di saya nih. Tapi ada biaya yang harus ditebus dulu bu karena barangnya mewaaah semwa. Nih bu tolong kirim 20 juta ke sini ya, toh ngga sebanding kok sama nilai barang mewwwah yang akan ibu dapatkan”.



Qan itu meyaQinQan sekali ya, terutama buat orang-orang yang nggaQ pernah transaksi antar negara lewat bea cuQai.

Terakhir dan yang paling krusial, mereka ini gombalannya emang maut banget gile dah ngga paham lagi w. Tipe-tipe anak Twitter banget (sorry gua asal sebut Twitter padahal ga maen, intinya tipe-tipe cowo idaman netijen wanita lah).

“You have the most beautiful eyes..”

“You’re so pretty baby..”

“You are the most beautiful woman in ma laif”, gitu harus pake ma laif, kan logat Nigeria wkwkwkw.

Buat cowo-cowo pada umumnya, kalimat-kalimat ini cheesy banget kan najis. Apaaaa coba ketemu aja belom udah muji-muji mata? Mata lo meletak.

Tapi inilah yang ngebuat korban jatuh cinta sampe rela ngirim uang ratusan juta, foto-foto nude dan semuaa yang diminta sama si penipu. Inilah yang menjadi motor si scammers (selain foto ganteng tentunya), pusat dari segala kejahatan hahahaa.

Lewat online dating, cewe-cewe ini dikasih gambaran pacar yang udahlah bule, ganteng, kayaaaaa, so sweeet pulaaaa…! Ya kapan lagiii kaaan? Apalagi kalo udah ngebayangin nikah, di pulau eksotis, rumah besar di luar negeri, anak lucu, hidup enak, hidup mewah.

Lari dari kehidupan nyata yang kadang cowonya ngga sempurna, kadang bikin kesel, kismin, ngga ganteng, pokoknya bertolak belakang deh dari tipu daya yang dibuat online scammers.

Ngga hanya tentang pacaran, mereka juga jadi punya angan atas masa depan yang berbeda. “Oh nanti di masa depan, aku bakal gini ya, aku ngga akan hidup kayak gini lagi, aku bakal jadi istri pilot/army/pengusaha terkenal”. Seakan nasib akan berubah seketika.

Karena percaya sama angan-angan, udah banyak ibu-ibu di luar negeri yang ketangkep dan dijatuhi hukuman mati karena bawa narkoba di pesawat. Ibu-ibu IRT biasa, yang dia pun ngga tau isinya apa.

Korban ini - yang si penipu sebut dengan ‘klien’ - dijadiin tumbal atas bentuk kriminalitas yang lain. Salah satunya buat ngirim narkoba dengan aman. Yaiyalah, tinggal “Baby, aku udah kirimin barang ke kamu nih buat temenku yang di sana, tolong anterin dong?”, lalu beres. Ketika kita ketangkep polisi pun, alamatnya ga bisa dilacak, orangnya ngga bisa dilacak, karena? Karena semua identitasnya palsu.

Yup, kalau kalian mikir bahwa kerugian paling ‘cuman’ duit doang, kalian salah.

Kita bener-bener bisa mati :)

Semua gara-gara mulut manis orang Nigeria, hahaha. Kenapa sih dari tadi nyalahin orang Nigeria terus? Karena di dokumenter ini, semuanya emang dari Nigeria hahaha. Tepatnya Afrika Barat.



Yup, betul. Di Nigeria sana, ada warnet khusus untuk sarang scammers melancarkan aksinya. ‘Klien’ mereka ngga hanya 1 orang, tapi bisa 3-4 orang. Apakah semua kliennya wanita? Nope. Kliennya bisa wanita, bisa pria. Karena orang Nigeria ini basically bisa jadi siapa aja kok dengan fake accountnya. Terutama kalo mangsanya pria, beugh gampang. Tinggal bilang aja “Eh vcs yuk” terus kasih unjuk aja video pornstar ke mereka.

Dari: https://youtu.be/U4kCN7TZ6us


Mereka bilang, kalau di Nigeria sana itu susah. Paling banter jadi buruh kasar, duitnya juga ga seberapa. Jadi banyak dari mereka yang memilih untuk jadi penipu aja. Penipu-penipu ini juga ada brokernya loh, bener-bener kejahatan yang terorganisir.

Ngga cuma broker, di sana juga ada dukun peletnya hahahahaha! Jadi tiap penipu ini punya mangsa baru, mereka minta didoain sama si mamak dukun ini biar dapet duit banyak. Si mamak dukun ini caranya juga kurleb sama sama dukun lokal; nyemburin aer hahaha.

Dari: https://youtu.be/U4kCN7TZ6us

Sebenernya dari sekian banyak hal yang udah gue sampaikan, poinnya ini:

Words really does have power.

Kata-kata itu punya makna yang KUAT, makna yang DALEM dan punya KEKUATAN. Dari sini kita tau bahwa modal gombalan aja cukup kok buat mancing seseorang buat ngirimin duit banyak. Modal gombalan aja sanggup kok ngebuat ibu-ibu ini lari dari rumah untuk ngirim paket narkoba.

Scammers ini membuktikan bahwa modal kutang sama bacot aja mereka bisa ngehasilin ratusan juta.

Dari: https://youtu.be/U4kCN7TZ6us

Ternyata kata-kata, kalimat manis, kadang lebihhhh berharga dari tindakan. Cowok yang mulutnya manis jauuuuh bisa bikin cewe klepek-klepek.

Sehingga buat kalian-kalian, jangan bersembunyi di balik “Ah gua mah ga usah sayang-sayangan lah, yang penting ACTION!”. Noope, ngga begitu. Karena orang itu butuh afirmasi, udah banyak banget orang yang ketipu karena lisan. Ngga usahlaah kita sudutin ‘ya cewek sih bego, terlalu pake perasaan!’.

Cowo juga gitu,

Kemakan angin surga tawaran usaha sama orang, yang ujung-ujungnya ditipu,

Kemakan cerita sukses di money game,

Kemakan mainan saham bodong karena rayuan agen yang maut,

Ketipu milyaran karena dirayu wanita-wanita penipu,

Kita juga gitu,

Kata vlogger A enak, langsung beli.

Kata B kita gendut, langsung diet.

MEMANG KATA-KATA ITU ADA KEKUATANNYA.

Apakah bukti-bukti ini ngga cukup buat kalian untuk improve your way to love your partner? Untuk “Halaaah ngapain sih sayang-sayangan, muji-muji, norak!”.


Ternyata manusia memang butuh diyakinkan secara real, yang terdengar, terlihat, terasa. Ternyata action doang kadang ngga cukup, validasi ucapan juga sangat diperlukan.

Ternyata kata-kata itu yang membekas lama.

“Kamu inget ga dulu pernah bilang A?! Masih membekas di pikiranku!”
“Dulu kamu sering bilang i love youu, sekarang ngga pernah..”

Manusia butuh dipuji, dihargai, digombalin. Pujilah pasanganmu, ngga usah selebay scammers yang penting pesan verbalnya tersampaikan. Puji keek makanannya enak, mobilnya bersih, matanya kinclong, keteknya silau, jidatnya lowong 😔


Semoga jadi pada belajar dari kisah scammers ini ya. Ngga selamanya karena cewenya yang bodoh, karena scammers ini sungguh lihai mainnya.

Kita juga sebagai pengguna internet juga harus kritis yaa, baca-baca soal online scammer.

Jangan lupa nonton missturis juga, seru!

2 comments :

  1. Series yg kutamatkan dg baik, dan kuperhatikan semua bagian videonya.. Ya kata² manis ini bikin telinga ciwi² ini tergugah, to do something for "bule" scammer ..

    ReplyDelete
  2. Pesan sponsornya bener banget lho. Aku tuh haus pengakuan banget, terutama kalo itu aku dapatkan dari suami, orangtua bahkan mertuaku juga. Bukannya norak apa gimana, ya emang dipuji itu seneng nggak sih? But at the same time, kata-kata juga bisa menghancurkan hidup kita, so ati-ati kalo bergaul dengan orang hahaha

    Thanks Nala postingannya!

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top