SOCIAL MEDIA

Tuesday, 11 December 2018

Aturan Super Ketat Pake Kartu Kredit + HARBOLNAS (sp)


Dari dulu gue sama sekali sangat-sangat tida mau yang namanya pegang kartu kredit atau credit card (cc). Karena dari kecil udah dihantui sama hal-hal yang ngga mengenakkan dari credit card. Kayak dirundung debt collector, terus liat drama yang tokoh utamanya boros lalu akhirannya gunting credit card sebagai ‘statement’ bahwa dia ga akan boros lagi. Intinya, gua menyimpulkan “oo biar kehidupan finance elu lancar jaya, lu ngga boleh pake credit card”.
Pada dasarnya gue ga takut sama bunga selama bayarnya tepat waktu. Yang gue takutin ya campuran antara stigma, dan perasaan ‘ngga kurang sepeser pun’ itu loh. “Ohh gua pake credit card aja deh. Wah uangku ngga berkurang ya. Ini ya rasanya belanja tanpa kekurangan uang di debit/dompet?”. Gitu loh!

Sampai suatu saat ketika umur gue udah 20 taun, gue dikasih credit card.
Diwanti-wanti gini, “Jangan pernah pakai untuk keperluan konsumtif!”.

Yaaaa, credit cardnya bawaan sihhh… Tapi tetep dooong gue yang bayar.

Akhirnya, gue punya CC deeeeh! (ga tau nih, harus seneng atau ngga?).


Gue punya 1 kondisi untuk menggunakan CC, yaitu:
Pakailah kartu kredit ketika lo ngga bisa bayar pake uang cash.
“Ngga bisa” ini juga karet banget sih.

Ngga bisa bayar cash karena lagi ngga punya uang - bisa.
Ngga bisa bayar cash karena lupa bawa dompet - bisa.
Ngga bisa bayar cash karena belom gajian - bisa.

Tapi ‘ngga bisa’ di sini itu gue ketat-in. Yaitu, ketika mereka ngga menerima pembayaran pakai debit/cash.

Jadi, gue punya list tentang barang-barang yang dibeli pake credit card.

1. FACEBOOK ADS

Facebook Ads, Instagram Ads, hayoloh. Dari sini aja udah impossible banget kan, masa bayar iklan pake uang recehan? Kebayang gak ketok-ketok rumah Zuckerberg sambil kasih duit gocapan? Ato inbox Zuckerberg, “Sis, nomer rekeningnya berapaaa?”. HAHAHAH nggak dong!

Facebook ato Instagram ads butuh kartu kredit untuk ngebayar tagihan iklan. Naah harga iklannya ini yang bisa beragam, biasanya yang paling rendah tuh berapa yaaa? 10 ribuan bisa gak sih? Gatau deh. Yang pasti, gua biasanya pake yang budget 70 ribu buat IG dan 100 ribu untuk Facebook dalam jangka waktu 1 minggu. Itu yang “Create Ads”, kalau “Boost Post” harus bener-bener merhatiin Terms and Condition ya dan budgetingnya. Terakhir kali gue pake Boost Post, gua input angka 70 ribu untuk 10 hari, ternyata 70 ribu itu untuk budget HARIAN. Jadi totalnya sekisar 700 ribu. Iya, silahkan dihajar T____T

Tapi kemaren ads yang gue pake buat Facebook otomatis diiklanin di IG juga loh, tapi resolusinya rendah. Lumayan, likes link FB bisa 300-500an, likes di IG bisa 80an. Dan kliknya juga yaaa adalah nyumbang-nyumbang dikit.

Yang ngebuat gua seneng sih, kita bisa dapet audiens baru, setidaknya non-blogger bisa tau lah ada satu blog namanya terong-terongan ini.

Kalau ngga punya CC gimane??
Duh mohon maap kalo ini jawabannya aku belom tau. 

2. Beli course online

Ini lagi kan, masa bayar course online pake kartu SPP? Ya kaga kan tjuuy..

Course online itu salah satunya bisa dibeli di Udemy.com. Macem-macem deh! Ada course hacking Wi-fi, rekaman pake software Audio, belajar Adobe Illustrator, belajar Adobe Photoshop, belajar main gitar, belajar fotografi. 

1 coursenya itu terdiri dari 20an video yang 1 videonya kira-kira 1 jam. Ngga hanya video doang, kadang suka dilampirkan elemen-elemen pendukung yang akan dipakai di coursenya. 

Jadi ini semacam kelas online, lengkap buanget ya cuy anda hanya bermodal wi-fi dan credit card udah bisa belajar coding. Dan kelasnya pun juga bukan yang seadanya, ini kelas spesifik yang jelasin rintil-merintil (???) sekecil-kecil detailnya sekalipun
Mendobrak banget deh aaach...

Siapa yang perlu course? IBU-IBU YANG MAU BELAJAR TAPI GA SEMPET AMBIL LES DI LUAR RUMAH. Yakan? Habis nyusuin anak ya lanjut nonton videonya. Yang sabar aja nyicil tiap hari 15 menit, resapi, eh tau-tau pinter.

Atau orang yang ngga punya kesempatan belajar di luar negeri, karena institusi perguruan tinggi di luar negeri tuh juga sedia course online loh! Kayak Berkeley yang universitas musik di Boston. Mereka juga sediain sertifikatnya bahwa kita ‘lulus’ di coursenya Berkeley. Jadi kuliah di sini, sertifikatnya dari Boston. GOKIL KAN!

Tapi itu kan course luar negeri, yang dalem negeri belinya bisa di Blibli, contohnya gini:


Kalau kaya gini, pakeklaaaah debit ya broooo karena ada pilihan debitnya walaupun ada pilihan CC nya. Selama bisa debit, belilah debit. Tapi ga usah takut bokek juga ya, karena ada voucher harbolnas dari Cuponation yang bisa lo pake buat beli ini. Lumayan loh!


3. Beli software

Paham sih, beli software bajakan di ITC itu masih menggoda banget. Tapi kalau kita mau meningkatkan kesejahteraan serumpun pekerjaan, mau jujur ngga mau membajak karya orang, ya cobalah beli 1 aja software asli.

Keuntungannya beli software asli, kadang suka ada diskon juga dari websitenya. Software asli juga  ngga forced closed. Lalu ngga ada malware bahaya yang bisa ‘ngeliat’ ke dalem komputer kita, karena bahayanya gitu loh kalo kita download crack, bisa aja dia ngeliat privasi kita. Privasi dalam bentuk apa? Bentuk data kartu kredit, bentuk email dan password, gitu loh maksudnya cuyyy..

Karena gue pernah banget satu masa lagi rajin download-download, tiba-tiba (walaupun ga tersambung ke internet) ada pop up serem banget gambar setan, ada bunyinya pula. Saat itu gua langsung tutup laptop dan gak mau main laptop lagi selama 2 minggu :(

Utnuk websitenya sendiri sih, bisa ke website Adobenya sendiri. Kalau untuk gamers, bisa ke Steam. Atau apapun yang pingin lo beli, gih sana ke website aslinya. Biasanya software ori yang jarang dijual di Indo itu macam Clip Studio Paint yang original, atau Paint Tool SAI, pokoknya yang aneh-aneh gitu deh.

Tapi sekali lagi buat yang gamau ribet ke website-website developer, gih ke Lazada. Bisa transfer debit juga INGAT USE YOUR MONEY WISELY! Pake voucher harbolnas “CUPODEC15” untuk diskon 15%. Kalo software yang lu cari ada, gih pake kuponnya, lumayan loh!




Gua sih udah cukup 3 itu aja,

TAPI KALO ANDA... aturan pake kartu kreditnya ngga seketat aku, yaudah lahhhhh carilah deal yang paling murah, carilah diskonan, carilaaah yang paling dikit utangnya. Makanya melek diskon dan melek voucher dong, kayak nanti nih 12.12 ada harbolnas, banjir diskon dari Cuponation. Mulai dari Blibli, Zalora, Tokopedia, wah semua ada deh, vouchernya banyak pula. 

Tapi untuk langkah awal, pake duluuuu “CUPODEC15” buat di Lazada! iyaaa.....

Klik gambar untuk langsung terjunnn ke website Cuponation!


Yuk kita pantau Cuponation Harblonas tanggal 12 Desember nanti. Pembayaran pake kartu kredit cicilan 0% bisa loh, awas jangan kalap tapi yaaa!

1 comment :

  1. Ah samaaa. Aku dan suami juga masih butuh kartu kredit buat bayarhal-hal seperti yang kamu sebutin tadi.
    Keuangan masih aman jaya kok hihi.

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top