SOCIAL MEDIA

Wednesday, 15 November 2017

Magnetnya si Alpha-Male

Kemaren gue baca tulisan a fellow blogger
soal Alpha-Male (AM). Gue lupa blognya, di history pun udah ngga ada T_T. Karena gue sendiri punya opini tentang AM, ya akhirnya gue buat tulisannya yeaaaah~

Okay, first: Alpha Male itu apa sih?


AM itu adalah pria dominan. Pria yang mendominasi pria-pria lain di sekitarnya. Karakteristik yang dimiliki meliputi canggih mempengaruhi orang lain, ngga takut berkonfrontasi, bisa melindungi diri sendiri, memiliki karakter seorang leader.

Karena traits AM ini, tanpa koar-koar pun orang udah 'paham' kasta dia di antara orang lain. Kasta si pemimpin.

For short, Alpha Male adalah si merah dalam serial Power Ranger. Kalau di versi anime, tokoh-tokoh utama yang rambutnya jabrik.

GANTENKNYA MASBROQ
Yukihira Souma si tukang masak 
Alpha male juga jago untuk 'nyepikin' orang, entah di lingkungan professional maupun lingkungan perwanitaan. Karena mereka punya confidence pas ngoceh-ngoceh, gesturenya pun wah wadauw banget. Jadi ngomong ngasal sekalipun, kalo dibarengi dengan gesture yang wah wadauw mah cewe iya-iya aja.

Karena hal ini juga, cewek-cewek mah lemaz lututnya ya tiap ketemu wangi-wangi dominasi ini HAHAHAH.

Yaiyalah, banyak cewek yang suka dengan pria alpha karena merasa secure, 'teratur', tau arah hidup kemana. "Jadikanlah aku makmummu" kinda thing.

Apalagi di lingkungan dimana pria adalah leader atas wanitanya, wah bergetar deh. Karena wanita suka sosok yang bisa diandelin. Tipikal-tipikal hero gitu kan?

Karena cowok-cowok ini tau keuntungannya jadi AM, jadi di internet banyak tuh tutorialnya. Nih di Wiki-How ada -_-

Bahkan di blog yang gue baca, beberapa orang yang memiliki traits alpha male ini heran kenapa mereka banyak ditaksir, padahal lagi nggak tebar pesona? Ya, karena kemampuannnya memimpin secara natural, woman find it sexy.

Alpha female juga ada, karakteristiknya sama: vokal, leading, tegas. Beberapa ada yang sangat achivement-oriented.

Biasanya alpha female lebih mudah dalam menerobos pekerjaan/jabatan yang didominasi oleh laki-laki. Bukannya gimana sih, soalnya alpha female punya ketegasan dan kemampuan untuk mengatur komunitas skala besar. Kalau yang biasanya masih terintimidasi sama lawan jenis, alpha female mah nggak.

Walaupun sebaiknya semua cewek mah ngga usah terintimidasi sama lawan jenis sih.

Alpha-alpha ini adalah yang megang kendali dech.

Kalau gue sendiri gimana? Gue sendiri selalu berdoa...

"YA ALLAH JAUHKANLAH AKU DARI PRIA-PRIA ALPHA KOLERIS"

HAHAHAHA


Gue mah kalau mengendus bau-bau alpha male justru menjauh.
"Wah ini alpha nih, bukan range gue banget. Duh intimidating banget sih, situ bos?".

Dengan ini membuktikan bahwa, pesona alpha male ngga ngaruh ke gue. Karena sifat leadership - dominannya itu ngebuat gue merasa terintimidasi, 'diatur', dibawahi. Sedangkan gue pingin banget diperlakukan setara sama pasangan, sedangkan alpha male ini kan born to be a leader.

Sebagai orang yang rebel dan pemberontak, gue ngga suka kalau 'wilayah main' gue diotak-atik alpha male.

"Ngga deh, sebaiknya gini"
"Ngga bisa, menurut perhitungan aku blablabla"

Dih males.

So, am i an alpha female? Ngga juga. Karena gue bisa sangat pasif sekali di berbagai waktu tertentu. Gue bisa menjadi leader, tapi ngga di semua waktu.

Seleraku adalah si biru dalam serial superhero. The sidekick dari si merah. Yang cool, ngga terlalu mendominasi, tapi pintar dan lebih pemikir dari si merah.

Seleraku adalah sigma male, kyaaa~

UH GANTENG BANGET

UH GANTENG BANGET (2)
Walau begitu, bukan berarti gue ngga suka dipimpin. Gue suka, tapi sukanya dipimpin tanpa dominasi. Gue kenal kok beberapa orang yang kalau diliat mah kalem, ngga terlalu 'leading', tapi kalau udah di field yang dia kuasai dia bisa memimpin dengan baik, dia bisa berdebat dengan logic.

Orang-orang macam ini, membiarkan wanitanya memimpin dalam beberapa hal. Alpha yang bisa berganti peran lah istilahnya. Jadi ngga selalu dia-dia terus yang in charge.

Karena yah walau begitu, pria tetep 'kepala keluarga'.
Maka dari itu, sebelum lu naksir sama alpha, liat dulu karakter diri. Suka dipimpin? Suka memimpin? Suka di'tata'? Pemberontak?

Karena cowok alpha kalau dihadapkan dengan cewek rebel, bakal ambyar banget. Sebaliknya, kalau lu emang butuh imam, dibimbing, dipimpin ya alpha male is your thing.

Itulah magnetnya alpha male, kalau medannya sama, dia akan tertolak. Kalau medannya beda, dia akan melekat.

Kalau karakter ceweknya pasif, dia akan melekat.
Kalau ceweknya aktif-agresif, dia akan tertolak.

Untuk cowok yang ngga punya traits alpha-male, ya gapapa. Iya, pria memang harus memimpin keluarga, tapi itu bisa dibicarakan kok dengan pasangan.

Memimpin kan bukan berarti harus dominan, memimpin itu yang penting tau tujuannya kemana. Mendidik istri juga ngga harus yang nge-alpha banget, mendidik dengan dorongan-dorongan justru bakal lebih ngaruh untuk cewek cewek alpha yang rebel.

Ya percaya aja sama diri sendiri, maksimalin karakter diri. Ngga usah minder karena ngga terlalu alpha, just be the best version of yourself uuu~~

1 comment :

  1. tulisannya mbak sinta yudisia ya? kemarin beliau nulis tentang alpha male soalnya

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top