Categories

SOCIAL MEDIA

Minggu, 02 Juli 2017

Merawat Anak Tanpa ART dan Suami. SIKAATTT!


HAHA kok kesannya gue nelangsa banget? Tanpa ART? Tanpa suami? Berdua aja dong di rumah?

YAAAA BENARRRR!

Jadi, beberapa hari kemarin mbak gue mudik. Dan... suami gue masih kerja di luar kota sehingga gue sama anak harus survive sendiri di rumah. Sendirian. By all means, ngga ada bala bantuan siapa-siapa. Btw, kak Grace Melia munyu munyu bikin artikel ginian juga.

Awalnya gue merasa pesimis banget. "INI PASTI HELLISH!". Karena gue tau banget, merawat anak dengan mbak dan suami aja kadang masih suka bikin pusing kepala, apalagi cuma berdua doang?

And worse: itu adalah momen puasa. Dimana gue harus bangun shubuh siapin makan sendiri, siapin buka sendiri, merawat anak dengan perut kucruk-kucruk. Solo karir sebagai IRT bener-bener ngga pernah ada di list cita-cita gue.

"Yakin, Ningna?" kata Brian.
"Yakin lah, yakin," kata gue sambil membayangkan hellishnya menghadapi Mabi yang susah makan, picky eaters dan solo karir begadang-begadang.


Persiapan:

1. SEARCH MAU MASAK APA AJA DI COOKPAD! (baca ulasan Cookpad disini ya!)
Ini penting banget! Karena ibu-ibu macam gue ini suka ngga ada ide mau masak apa T_T ide masakan gue cuma goreng-gorengan sama... nasi goreng. HHH. Sungguh tak mencerminkan pasukan dharmawanita ya.

"Kenapa ga beli aja sih?"

Karena... entah kenapa gue pingin menuju #IstriIdeal2k17 gitu ya. Pingin tau rasanya bener-bener ngurus rumah, bener-bener masak dan menjalankan hidup sendirian. Semacam simulasi aja gitu, "Kira-kira bisa ngga ya kalau seandainya keadaan memaksa gue untuk tinggal sendirian?".
LINE Sticker: We Have a Baby!

Selain mau jadi wanita idaman, gue pingin belajar berhemat dan survive dengan budget minim. Makanan aja 1 porsi 20 ribu, di tukang sayur 20 ribu udah bisa beli lumayan banyak bahan makanan untuk seharian. Ya karena w cinta uank sih ya, jadi mending repot dikit nyahahah.

So, langkah yang paling dasar adalah mengenal resep masakan. Harus kreatip. Duit belanja ada, kalo ide ngga ada ya masa mau masak nasigorengmulutiaphari?!

Habis search, langsung deh cus belanja di Giant. Belanja banyaaaak biar ngga mati gaya di rumah.

Habis belanja, harus bisa menyimulasikan dulu. Bangun jam berapa, habis ini apa, cuci piring pas kapan, ngepel pas apa, apa pas apa, malem apa bla bla bla.

Lalu ada 1 step besar yang berpengaruh dalam sepak terjang per-ngurus-anak-an ini, yaitu:

BELI EARPHONE BLUETOOTH OMGGGGG


Gue beli di Miniso seharga Rp. 199.000. WARNANYA PINK, LUCU YAAA.....
Kenapa game changer? Nanti gue jelasin lol.

The D-Day:

Ini jadwal gue:

💙 Masak sahur adalah malam hari saat anak udah bobo. Masak hal-hal yang bisa dipanasin seperti sup, tumis-tumisan, oseng-osengan atau pasta. Jangan masak goreng-gorengan karena akan anyep pas sahur. Kalau mau goreng sih pas bangun sahurnya itu, tapi kan malez ya bozzzz... mending bangun tidur langsung microwave aja atau panasin pake kompor.

💙 Cuci piring di sela-sela proses memasak. JANGAN DITUNDA YA! Jadi ketika kita lagi nunggu menggoreng, yaudah cucilah itu talenan, capitan endebrai endebrai. Idungnya dipasang ya biar bisa langsung sadar kalau gosong. Karena percayalah, habis makan kenyang pasti udah males yang namanya cuci-cuci. Mending bobo.

💙 Habis selesai makan sahur, bikin nasi lagi untuk makan pagi dan siang anak. Jadi pagi-pagi tinggal bikin lauk mini aja. Gue sih biasanya.... masakin nugget untuk sarapan. Siangnya baru goreng hewan yang 'bener'.

💙 Bobo bentar biar HQQ.
By me. Gila ini artwork taun kapan 

💙 Anak bangun langsung gantiin pampersnya, goreng nugget dan kasih makan.

💙 Ketika anak lagi main, gue ngepel dan nyapu. Di step ini usahakan kita sambil ajak ngobrol anak ya, biar anak ngga merasa 'dikacangin'.

💙 MANDI BARENG. Ini penting karena menghemat waktu. Ngga ada lagi drama anak gedor-gedor pintu pas mandi. Jadi gue mandiin Mabi dulu, pakein dia sabun, bilas baru deh mandiin diri sendiri. Walaupun mandinya juga tetep harus buru-buru, tapi lebih tenang karena anak udah wangi dan ada di dalam pengawasan.

💙 Keringkan diri sendiri terlebih dahulu. Baru keringin anak. Tapi pakaikan baju anak dulu yaaaa, jadi posisinya kita masih handukan pas pakein baju anak. Habis anak beres, fully dressed, baru deh kita pake baju.

💙 Siapin lauk anak. Goreng dori for the win. Di step ini, Mabi lagi main-main sendiri di depan TV (i'm a bad mother ye maap).

💙 Kasih makan anak. Habis kasih makan anak, boboin deh.

💙 Saat anak bobo, kita masak untuk buka, kalau sempat ya bereskan mainan.

💙 SELESAI. Baju tinggal laundry ahelaaaaahhhh.

Ini tips dari aing biar hidup lebih mudah, lebih ringkes dan tydac ribet. Tips malas lah pokoknya ya..

💁 Pakai panci/piring yang ngga terlalu besar. MALES NYUCINYA YA T_T
Jadi gue pake piring yang kecil untuk makan, simply biar cuci piringnya makin cepet. Gue juga sebisa mungkin masak hanya dengan 1 panci ya, most likely sih wok. Wok wok wok hahaha pret. Wok apaan sih? Wajan elaaah yang gede itu kayak topi tentara.

💁 Bikin 1 menu aja tapi yang udah all in. Kayak sup daging, kari dsb. 1 menu udah ada protein, karbo, sayur dan lain-lainnya. Jadi ngga usah masak 2 lauk. Ya bisa 1 ngapain masak 2 elaaahhhh *sungguh ngga teladan*

💁 Siapin mainan anak yang banyaaaakkkkkk, didemprokin di lantai. Main ya main dah biar mereka konsen dulu.

💁 Jangan haramkan penggunaan hape yak, karena Youtube itu rescue banget kalau kita lagi mau pup.

💁 Sediakan dingklik kecil di depan kloset, biar kalau anak mau ikut kita pup ya dia tinggal duduk di situ. Eh ini beneran.

💁 TINGGAL DI 1 LANTAI. Kalau rumah lau tingkat, disarankan gelar kasur di lantai 1 aja. Karena di sana udah sekaligus dapur, pintu luar, jadi semua pekerjaan bisa disambi dengan nengok-nengokin anak main di ruang tamu. Lantai 2 gausah dipel elah ribet.

FYI, gue sendiri menjadikan 2 sofa bed sebagai tempat tidur. Posisinya di ruang tamu banget, di depan pintu utama hahaha. Jadi pas tamu masuk, disuguhkan pemandangan selimut dan bantal. BODO AMAT... hahahaha~


Sofa bed nya beli di informa. Kainnya diganti jadi kulit warna putih biar kalau kotor gampang di lap.
To be honest, gue lebih suka tidur di bawah sih. Rumah rasa apartemen banget. Selain itu jadi lebih mudah traffic lalu lintas rumah tangganya.

💁 LAKUKAN AKTIVITAS SAMBIL MENDENGAR LAGU!
Karena:
1. Pekerjaan rumah yang rumit terkesan ringan karena kita 'lupa waktu' dengan menikmati alunan lagu.
2. Semua dikerjakan lebih enjoy dan relaks karena sambil joget-joget.
3. Ketika anak rewel, kita ngga terlalu ter'pressure' dengan tangisannya.
"Ah Mabi nangis, ah ini keren banget alunan bassnya, cup cup Mabi, aduh ini keren amat solo pianonya", things like that.
4. Sambil nyanyi-nyanyi kecil gitu, kali aja taun depan lu ngeluarin album.

Ini lebih ke menjaga kewarasan, menjaga ke'enjoy'an agar ngga stres. Apa harus pake earphone yang bluetooth? Ya ngga juga, pake yang ada aja. Tapi earphone bluetooth membuat kita ngga riweuh sama kabelnya. Karena ketika masak kan males ya kalau tiba-tiba talinya kusut lalu jatoh-jatoh ke wajan, lagian bahaya juga.

Kalau mau pakai earphone biasa, kabelnya lewat jalur belakang jadi lebih aman.


"Terus, capek nggak?"

NGGAKKKK, IT FEELS LIKE HEAVEEEEENNN! Sumpaaah T____T

Ini bukan sarkasme ya, beneran deh. Gue kira bakal hellish gitu taunya nggak. Taunya rileks, karena yang gue layani 'cuma' diri gue dan Mabi. Gue menikmati every control i have, every dish i make.

I feel liberated lol. Emang ya, anak soliter mah gini ya.

Tapi tergantung keadaan dan karakter juga sih, kalau karakter lu yang model-model harus ngobrol banyak gitu ya kayaknya bakal stres. Tapi thanks to the music, i feel accompanied. Terimakasih juga yang tersayang-tersayang udah nemenin aku via chat, I LOVE YOU MWAH MWAH MWAH.

Capeknya sih saat malem-malem rewel aja, habis itu udah enjoy lagi :)

Jadi ya.. merawat anak sendiri itu sejauh ini ngga seriweuh itu sihh.. mungkin Mabi yang pengertian apa gimana.

"Tapi kira-kira bisa hidup tanpa mbak selamanya gak?"
GAK hahaha. Kecuali Mabi udah sekolah. Kan aku juga ada kerjaan brooo.. Gabisa :( bingung nitipinnya aja sihhh..

So.. wish me luck on the next session ya! It's fun!

9 komentar :

  1. Wah keren Nahla bisa enjoy banget ^^

    BalasHapus
  2. aku blm pnh ngurus anak sendirian bgt. Pasti ada bala bantuan, hihi. Tp anak tuh lbh nurut klo diurus sendiri dr pd ada nenek/kakeknya. Kerasa pas udh tgl d rmh sendiri rasanya hidup begitu indah, anak nurut, suami keurus, wakaka

    BalasHapus
  3. semua memang lebih mudah dengan bantuan ear phone isi musik ya... 🎶🎶🎶🎶

    BalasHapus
  4. Haha kalo aku balik dari mudik, first time ngurus rumah tanpa embak. Capek! Bangettt. Mana nyuci baju sendiri, setrika sendiri, karena aku sayang uang juga haha

    BalasHapus
  5. This is me, everyday.. Berduaan sama bayik di rumah kalo suami kerja 😁 tapi seru ya, berduaan sm anak di rumah. Berasa jadi punya tangan delapan wkwkwkk

    BalasHapus
  6. Sungguh keputusan yang bijaksana baca blogpost yang ini, secara ditinggalin paksu sebulaaaan berdua bareng anak doang, beli earphone bluetooth juga ah! Wkwk
    Sempet salfok sama yu yu hakusho eike

    BalasHapus
  7. Toss! Buat emak2 setrong tanpa asisten. Sendiri ngurus RT emang bakal lebih enjoy daripada punya ARihyang ujung2nya kadang kin setresss

    BalasHapus
  8. Tsakep Mama Mabi,Mbk Nahla setrong
    btw.
    Aku kenapa jatuh cinta sama pemndangan kasur di ruang tamu itu, Mbk Nahla.
    :D

    BalasHapus
  9. Aku ngalamin ini selama 2 tahun.. Hihi.. Bayangin segitu lama dulu tanpa open sm komunitas online n jd mommy yg mau serba sempurna.. Tp skrg sadar terlalu lama begitu bikin otak ga refresh,, skrg udh ad blog yg bs nyurahin waktu luang kearah positif.. :)

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top