Categories

SOCIAL MEDIA

Monday, 18 February 2019

Hijab Celebration Day 2019, Sebuah Gerakan Empowering (sp)


Sebenernya agak mellow loh ngomongin hijab ini, iya, dulu kan gue sempet nulis suka-duka dunia hijab dalam job permusikan dan hasilnya... sering banget ditanyain “jilbabnya dipake/boleh dilepas gak?”. Sure, emang permintaan market emang banyak yang kaya gitu kok. Dan gue tetep bertahan sama integritas aja. Maksudnya, ya gue ngga mau lepas hijab hanya karena 1-2 kerjaan.


Tapi ini bikin mellow karena gue jadi mikir, “apa karena gue pakai hijab, maka pilihan gue jadi terbatas...?”.  Apa karena gue pake hijab, gue jadi sebaiknya dirumah aja ngga usah kerja? Apa karena gue pake hijab, artinya gue jadi harus memiliki satu image dan satu pekerjaan tertentu aja yang ‘cocok’ sama hijab yang gue pake?

Disitulah gua ngerasa, butuh support system nih. Butuh wadah dan gerakan dari wanita muslimah sendiri nih dalam hal produktifitas kerja, ide kreatif, yang memajukan kita sendiri para muslimah.

Dan itulah yang dilakukan Hijab Celebration Day 2019, event yang diselenggarakan HIJUP dalam rangka World Hijab Day pada bulan Februari ini. Acara ini juga didukung sama Kementrian BUMN karena di dalamnya juga ada ajang pencarian bakat, Islamic Next Gen. Dimana mencari bakat-bakat musisi, hijabers dan wirausaha muda.



Tujuannya besar, yaitu support sesama muslimah dan #EmpowerChange. Untuk membagikan energi wirausaha, enterpreneur, semangat berkarya terutama ke generasi millenial.

Dengan apa?

Dengan menyertakan acara yang seru banget. Yaitu ada Fun Run, Family Run, Epic Aerobic, Music Performance dan Talkshow. Sehingga kita muslimah ngerasa apa ya? Ngerasa aktif dan punya pikiran bahwa aktifitas kita ga terbatas kok even kita pake hijab. Kita masih bisa nonton konser, bisa olahraga, bisa dapet tontonan edukatif. Kita masih bisa have fun sekaligus menebar manfaat bagi orang lain.

Kita juga ngeliat sosok-sosok sukses yang ngga pelit ngebagiin cerita mereka, sehingga makin yakin bahwa konsep muslimah sukses dalam bidang enterpreneur/apapun itu udah beneran ada dan banyak.

Yang diundang pun ada banyak dan inspiring semua, ada Suhay Salim, RAN, Vidi Aldiano, Ria Ricis, Arief Muhammad, Rachel Vennya.



Di sebelah panggung ada booth-booth dari sponsor, seperti HIJUP, BRI Syariah, BNI Syariah, Islamic Next Gen dan masih banyak lagi tapi ngga ada produk makanan sih (MAKAN MULU DIPIKIRIN)



Dan pakaian olahraga yang menjadi sponsor bajuku kemarin: Noore.


Terharu banget sih ngeliat ikon-ikon muslimah modern yang berprestasi di kancah internasional. Beneran deh. Karena ini membuktikan bahwa perempuan muslimah juga boleh kok berkarya, boleh unjuk gigi dan dapet apresiasi masyarakat luas. Ditengah kasus-kasus KDRT dimana wanita ngga boleh punya pekerjaan sama suaminya sehingga ngga sanggup untuk cerai, ada mereka-mereka sebagai penyemangat.

Noore ini menyediakan outfit olahraga muslimah, jadi segala hijab jersey itu ada. Termasuk baju yang gue pake nih. Jujur aja awal-awal dipesenin emang “meeh paling jersey biasa”. TAPIIII...

Jersey dari Noore ini bahannya ngga jeplak badan loh! Jersey tebel yang ga bikin panas. Bahannya bukan bahan yang ’ngikutin badan’ sehingga ngga usah takut njeplak-jeplak kemana-mana. Ukuran yang gue pake L/XL, tapi ternyata agak kelonggaran jadinya nyaman dan leluasa bergerak.

Nih kaya gini


Habis gue liat-liat keadaan, langsung deh gue ke main stage untuk nonton talkshow.

Talkshow pertama yang gue tonton salah satunya dibawain sama CEO HIJUP, Diajeng Lestari. Ternyata berdagang itu udah jadi bagian dalam dirinya sejak dia kecil karena ibu dan ayahnya adalah wirausaha. Diajeng pas kecil, selalu punya akal untuk membuat produk yang bisa dijual di kelasnya. Mulai dari cincin dari kabel lah, tempat duduk kosong lah diobjekin sama dia, kertas binder lah.

Tapi nasib memutar kursi, ia kuliah FISIP di UI. Tapi yang namanya tekad dan semangat enterpreneur ya, dia selalu nyempetin diri untuk nyempil di kelas-kelas jurusan bisnis. Kayak Management of Change, kelas marketing, kelas branding dan semacamnya. Sehingga, Diajeng bisa ngebuktiin bahwa dia bisa tetep belajar apa yang dia suka walau ada di jurusan yang berbeda.

Gue ngeliat sosok Diajeng sebagai apa ya, sebagai sosok yang ulet dan tentu aja: berani. Inspiring mah udah pasti ya, tapi tetep kekeuh sama ilmu yang ia ingin dapet loh, orangnya achiever banget.



Dan dia menjelaskan bahwa, jadi enterpreneur itu membawa manfaat bagi negara, dan itu adalah yang islam lakukan: memberi manfaat. Dia juga bilang bahwa berdagang adalah sunnah Rasulullah. Jadi muslimah yang mau berwirausaha, ternyata kalau diliat-liat, memang ada nilai pahalanya! Dengan kita punya UKM, kita bisa menaikkan standar ekonomi dan ikut serta mengecilkan kesenjangan ekonomi sekitar. Mulai dari dagang pisang goreng sampe bikin start up, sama-sama membawa manfaat.

Gua pribadi masih takut banget buat dagang. Gua anaknya kalem, ngga bisa “EHH BELI DONG!” gitu. Malu. :( padahal paham banget kalo mau kaya harus dagang hahaha LOOH. Gua terlalu soft untuk dagang, mudah dimanipulasi dan kurang berani ambil keputusan “kalo ga mau beli yaudah ga usah!”. TAPI JADI SEMANGAT LAGI PENGEN HIHIHIHI.

Di talkshownya juga ada Ben Kasyafani loh hahaha.


Di event ini juga gue merajut pertemanan baru, namanya Dian, dia runner di fun run 5k. Gue kemaren ngider-ngider acara sama dia mulai dari talkshow, makan, dannnn foto-foto!


Waktu itu tuh gue diem nunggu di depan booth foto sambil “Mau foto tapi gaada yang fotoin...” :(
Lalu Dian akhirnya nawarin foto haahha, sejak itu kita ngider-ngider bareng deh.

Untuk kamu yang males nonton talkshow, males lari, males belanja, tenang aja karena adaaaa BAZAAR AHHAHAAHHA.

MAKANAN PAAAAK.... WOHOOW! Excited banget sih parah, selalu paling excited kalo udah makan.


Bayarnya pake cash, tapi ada promo gopay bagi tenant khusus. Sebenernya stand makanannya ngga banyak-banyak amat kok.

Gue bingung banget milih apa, tapi ada yang daritadi menggoda imanku, yaitu namanya Sate Tulang Ny Riche. Dan boothnya emang rameeeee.

Sate tulang ini ada sate kulitnya juga dan GILAAA GILA GILA GILA GILA ENAK ABIS CUY Paraaaaaaah ini kalo gua bisa beli 12 mah gua beli dah 12.

Satenya tuh dilumuri bumbu asam manis yang gurih banget. Sate kulitnya ada bagian renyah di luar karena dibakar, tapi dalemnya tuh kenyal dan gurih banget. Untuk sate tulangnya sih Ya Allaaah, dagingnya empuk banget! Bumbunya ngeresep ke dalem dan empukk. Harganya biasa sih, ngga murah, tapi gua lupa berapa huahahaha berapapun itu, worth it lah, banget! Duh masih kebayang empuknya kenyelnya dan besarnya 1 tusuk itu.



HHH ENAK ABIS...

Untung sempet makan, karena habis itu mau nonton RAN.
Gue nyempil-nyempil banget ke samping panggung (spot gue tiap nonton konser ya di posisi ini). Gua kira ngga akan terlalu gimana-gimana karena gue sendiri biasa aja sama RAN. Tapi pas mereka manggung sih kalo ga ikut nyanyi berarti bohong sih. Parah. Euforianya membuncah banget. Ngga cuma itu, home bandnya juga asik-asik. Drummernya oke, bassistnya aksi panggungnya oke,a da koreo-koreonya, mereka juga reharmonize chord-chord yang ada di lagu hitsnya RAN.



Seru banget, walau kerasa banget 1 jam mengguncang panggung, tapi seru!
Yang lebih relatable sih setlist lagu di pedal boardnya Asta 😂


Tapi tenang untuk dedek-dedek yang nemenin mamanya fangirling RAN, bisa dititip dulu sama papanya di NUSSA Corner. Ada lomba mewarnai, lomba costume, story telling. Sedih banget, i wish Mabi was here with me.



Yang bikin acara ini oke tuh apa tau gak?

1. FREE!
Kapan lagi bisa nonton RAN sama Vidi Aldiano gratis coba??

2. ON TIME!
Naiknya jam 10, turun jam 11. Pokoknya parah deh on time banget. Kalo telat paling kaya 10 menitan aja. Rundown tersusun rapih. Biasanya kan “Jam segini siapa? Oh si B? Halah paling masih talkshow si A”. Ini nggak, jadwalnya bisa diandalkan.


Karena lokasinya di Bintaro Xchange, kalo kita lagi panas-panasan, mau ngadem mah tinggal masuk mall aja.

Intinya acara ini ngebuat muslimah yakin untuk bergerak lebih progresif dan modern terutama bidang enterpreneur. Semoga komunitas muslimah kaya gini selalu ada terus ya, good job loh Hijup!





No comments :

Post a Comment

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top