Sunday, 19 July 2015

ASI Seret Untuk Kedua Kalinya!

ZONK.

ASI seret pada hari pertama memang suatu masalah yang cukup berat, tapi ASI seret untuk yang KEDUA kalinya is on another level.
Ibaratnya kayak habis ngelawan Patamon, eh langsung disambut Metalgreymon.


Jadi, waktu itu gue lagi ujian mayor biola, stress parah, bahannya sulit, dan hasilnya: tangan gue gemeteran dan mainnya super fales dan berantakan, sampai gue distop di tengah ujian. Gak tau sih, mungkin karena jelek? Atau karena waktunya gak cukup, tapi gue yakin gue mainnya jelek banget..

Karena waktu ujian yang lama, gue pun gak menyusui Mavica selama 6 jam, yang membuat payudara gue sangat keras, paling keras dalam sejarah menyusui :")

Karena lemas dan stress, gue pulang ke rumah, tapi malemnya gue masih ada acara nonton konser klasik kelulusan senior gue... Yang akhirnya gue super duper lelah.

Besoknya, gue masih ada ujian presentasi opera Turandot. Opera ini sudah gue kerjakan 2 minggu sebelumnya, opera ini berdurasi 2 jam, yang artinya gue harus begadang ekstra 2 jam untuk nonton opera itu berkali-kali. Gue berangkat kuliah tuh udah lemes, capek, ngantuk, nguap-nguap mulu, dan gue gak sempet makan siang karena kelas. Gue udah ngeluh ke Chelsea bahwa hari ini gue capek banget, Chelsea itu teman kuliah, "Duh gue capek banget" gitu terus 50x.

Dan ketika gue makan, gue masih super lemes, dan habis kuliah pun gue harus ke rumah sakit karena Mavica kurapan (............)

Saat gue mau nyusuin Mavica, lho.. ASI gue kemana?

Kosong, gak bernyawa, gak ada yang bisa diisep.
Gue coba aja nyusuin Mavica, dan hasilnya...... dia gak betah nyusu lama-lama.

Gue udah makan super banyak, tetep dikit, gak bernyawa..

Gw bingung, kenapa... gue nangis, gimana kalau ini saat terakhir gue menyusui Mavica? Ngebayangin aja gue bisa stress berat.. Dalam hati gue bilang, "Biarin deh gue gendut, yang penting anak gue bisa ASI.."

Tiap malam, gue selalu nyuusuin Mavi sampai dia tidur...
Tapi malam itu, Mavi tidur dengan sendirinya saat waktu sudah terlalu larut, tanpa menyusui..
Karena.. dia gak betah nyusunya..

Dalam hati, gue berpikir, "Berarti kalau dia gak nyusu sekarang, minimal 3 jam lagi ASI gue bakal penuh lagi.."


Ternyata nggak. ASI gue kosong.

Jam 11 ketika dia bangun untuk nyusu, gak ada susu yang harus dia minum, akhirnya dia nangis dan ketiduran karena capek nangis.

Gitu terus selama 3 hari...


Dan paginya, bibir dia kering parah.. Mengelupas..
Bisa dikopekin.. Terlihat sekali karena kekurangan cairan.
Gue udah nangis, curhat sana-sini, tetep ASI gue gak pernah penuh.

Lalu, bibir Mavica berdarah karena terlalu kering.... 
Bagian tengah bibir bawahnya berdarah... dan gue seka pake tissue sambil menangis...

Akhirnya... gue memantapkan hati beli suplemen ASI 3 buah, gue minta ke penjualnya yang paling cepet bereaksi, dan gue merogoh kocek 900ribu untuk 3 kaleng suplemen:

Blackmores Pregnancy, Blessed Thistle, Fenugreek.

Hasilnya..


Nol besar.

Sampai detik ini, suplemen itu gak bereaksi sama sekaliiii....
Gue RUGI beli itu.

Akhirnya gue curhat ke Kak annisast.com (Kak Icha), "Kaaakkk ASI ku kosongggggg".
Setelah berbaris-baris chat, akhirnya Kak Icha ngusulin power pump.
"Kamu pumping selama 5 menit, 10 menit sekali".
Okelah.

Habis chat, gue juga mau protes sama owner suplemen ASI
"Sist, kok suplemennya gak ngaruh sih?"
Iyalah gue protes, gue ngerogoh kocek sebesar 900ribu. Gila lu masa gua iklas bae?!

Lalu ownernya bilang. "Coba sist pumping sehari 6 kali.."

Oke fine.
Ternyata spare part breastpump gue jamuran!
Yang akhirnya gue harus nunggu 3 hari untuk sampainya spare part breastpump baru.

Okelah fine, gue power pumping..

Hasilnya?


NOL KOMA SATU.

Nein. Kaga nendang.

Gue beli Milmor..
Nein, kaga nendang.


Gue beli Moloco?
Nein. KAGA NENDANG.


ZONK!!


Gue stress. SEMUAAA saran gak nendang. Anak gue bibirnya masih kering. Masih kempes ASI gue.

....

I'm just.... No good.

Hasil pumping gue kadang kering, kadang 50ml tapi harus 6x pump dulu.. 

Gue ampe nanya ke page Breastfeeding Mama Talk yang isinya orang bule :')


Dengan inggris pas-pasan, gue bertanya ke forum mama mama bule ini, dan guepun mendapat 24 balasan dari mama-mama bule.

Yeay for me...




Hhh..


Lalu nyokap gue beliin gue susu menyusui, dan gue ya minum aja susunya, kali aja kali..
Tapi gue gak berharap banyak, karena ketika gue minum Prenagen Lactamom, gak membantu sama sekali....

Dan di hari tersebut, suami gue pulang dari luar kota..

Malemnya, payudara gue NGISIIII!

YEAYYYYYYYYYYYYYYYYYYY


Mungkin ini yang dinamakan keajaiban suamiiiiiii! 

Dan akhirnya gue gak minum susu menyusui lagi, karena Mavica batuk-batuk kecil..
Gue gak yakin sih sebenernya karena apa, tapi gue hentikan aja.



Besoknya ASI gue ciut lagi.




Gitu terus...... 





Sampai akhirnya, gue minum susu menyusui lagi.. dannn...

Payudara gue keras lagi!


WOWWWWWWWWWWW!

Dan sekarang, gue nyetok susu ini, harus diminum tiap hari, gak boleh skip seharipun!
Dan ternyata feeling gue bener, ASI gue akhirnya keras lagii kayak dulu!!


Bye suplemen ASI 900 ribu
Bye Milmor
Bye Moloco
Bye breastpump!!!!!!!




Welcomeeeeeee, Anmum Lacta!

Sekarang, ASI gue cepet banget isinya! Sejam juga udah keras lagiii!
Sudah merembes-merembes!

Rasanya, kejadian ASI seret kemaren tuh cuma fatamorgana..

wth fatamorgana -_-

Gue taunya Morgan
Morgan tunggal AHAHAHA

Ini bukan sponsored post yah, ini murni pengalaman pribadi!


Setelah 2 minggu gue nangis-nangis di toilet, bibir berdarah, gak ada yang namanya nyusu-nyusu kenyang, akhirnya payudara gue prima seketika dalam 1 hari mengkonsumsi Anmum Lacta!
Malah kalo timingnya pas, ASI gue pernah muncrat-muncrat ampe kena layar hape -_-
Dan Mavica bibirnya sudah lembab lagiii... Sudah nyusu sampai tidur lagiii... Sudah semangat lagi liat payudara...


Gue heran banget kenapa gak ada reviewnya di internet, padahal ini AMAHZING!
Membuat gue mengurangi pengeluaran obat-obat mahal yang gak nendang di gue.








Viva la Anmum!



15 comments :

  1. kok ternyata gampang. anmum doang pun cemen amat payudaramuuhhh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bedakan ya cemen sama pengertian :'))))))))))))))

      Delete
  2. Berarti ini seretnya karena stress dan kurang istirahat mak..hrs liburan tuh:D

    ReplyDelete
  3. wow keajaiban suami hihi.. powerfull

    ReplyDelete
  4. Aq juga mengkonsumsi ini mbk, biasa aj sih pengaruhnya, tapi krn enak yo tetep diminum hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh mungkin tiap orang beda ya.. tapi yang coklat emang enak sih :D

      Delete
  5. Aku minum anmum kayaknya gak ngaruh. Tapi masih tetep minum seh sekali sekali. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti bener yaaa.. asi booster orang tuh beda2 hehehe.. aku juga ga ngaruh kalo makan sayur2an (kayak saran ibu2 pada umumnya)

      Delete
    2. Berarti bener yaaa.. asi booster orang tuh beda2 hehehe.. aku juga ga ngaruh kalo makan sayur2an (kayak saran ibu2 pada umumnya)

      Delete
  6. Haha sempet getun gak sih Mbak, kenapa gak nyoba dari Anmum dari dulu? Gile tuh 900rb kagak ngefek :v

    Atau memang gitu prosesnya biar pengalamannya berkesan xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. **berkesan** hahahaha! Soalnya aku minum prenagen ga ngaruh, jadi skeptis sama susu lain :")

      Delete
  7. wiiiihh nyasar kesini karena lagi sedih ASI berkurang dan guggling "asi seret", baiklah akan gw beli itu anmum lacta, karena dompet gw ga mampu kalo beli-beli suplemen mahil-mahil itu.
    Doakan akyu dong plis..

    ReplyDelete
  8. Halo Mbak Mev (eh panggilannya biasanya apa?), thanks untuk ceritanya yang detail banget. Ternyata mungkin2 aja untuk mengembalikan produksi asi bahkan setelah beberapa hari seret banget. Nah ak sekarang lagi kejar setoran nih. Ga kosong banget sih, cuma yang ak pump hari ini adalah untuk diminum besok, jadi ga ada stok samsek. Ni ak lagi minum herbal tea yang isinya fenugreek dll. Semoga ngaruh, nanti klo enggak ak mau coba anmum lactanya..

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top