Categories

SOCIAL MEDIA

Jumat, 16 Februari 2024

Nyoblos Pilih Siapa?


 

Gue suka banget nyoblos karena merayakan demokrasi Indonesia, men bayangin kalo tinggal di negara yang kagak boleh nyoblos, kan ga seru ya? Maka dari itu, gue selalu semangat nyoblos untuk memperingati bahwa demokrasi Indonesia masih berjalan dengan baik saat ini, tapi gue tertampar fakta bahwa TPS gue masih di kota gue yang lama, yaitu Tangerang Selatan.


Gue udah ber-KTP Jogja per tahun kemarin, udah bisa njawab “KTP ndi?” Kalau beropini soal Jogja. Gue pikir sistem udah ke-update di daftar pemilih, ternyata belum, TPS gue masih di Tangsel sedangkan KTP dan domisili gue udah DIY.

Gue udah pasrah banget sampai hari H, bahkan jam 10 pagi tuh udah merengut aja liat orang-orang nyoblos, tapi impuls gue berkata lain. Gue telpon tuh PPS di kecamatan tempat gue tinggal, ternyata BISA! Gue bisa nyoblos di TPS terdekat di jam 12:00-13:00. 

Udah kan tuh, hepi, tapi ga sampe situ, ini orang lama banget pas gue tanya “TPS terdekat di mana ya?” Karena gue beneran gak tau. Balesnya lama banget ya Allah, dan itu udah jam 12:15. Akhirnya gue sama lakik gue ke kantor kecamatan untuk nanya TPS terdekat.

Pas gue tanya, mereka nyebut TPS 05 dan ngasih ancer-ancer, jiakh gua kan gatau ancer-ancer, orang gua baru pindah. Akhirnya gua buka maps dan orang kelurahan nunjukin jalannya kalo dari rumah gua.

Gue ma lakik gw akhirnya motoran tuh ujan-ujanan ke TPS terdekat.


***


Udah dari tahun lalu gue join orkestranya Prabowo, namanya Garuda Yaksa Orchestra atau disingkat jadi GYO. Orkes itu udah berjalan beberapa bulan sebelum gue masuk, terus akhirnya ada lowongan dan gue ikut audisi, akhirnya gue masuk ntu orkes. Lakik gue jadi conductor Garuda Yaksa saat ini, sehingga kami semacam satu paket (and that explains my perfect attendance).

Sepengalaman gue ikut GYO, manajemen ngetreat pemain tuh baek bener, salut untuk mas Kopong dan kawan-kawan. Makanan selalu sedia, snack dibeliin, walaupun gesture ini mungkin terlihat `standar`, tapi ada momen dimana mas Kopong nanya ke gue, “Snack yang enak apa ya mbak? Yang temen-temen bakal suka….” Terus terang gue terketuk hatinya wakakaka karena doi mikirin banget temen-temen bakal suka snack apa. Ada juga momen-momen di mana manajemen menjenguk pemain yang sakit, gue merasa wow perhatian banget.

GYO juga orkes pertama di Indonesia yang pemainnya digaji bulanan dan per-transport, dan gajinya di atas UMR Jakarta, which is sangat ISTIMEWA SEKALI! Gue ga berhenti bersyukur karena dapat kesempatan jadi anggota GYO.

Aransemennya juga beli dari arranger-arranger lokal sehingga ekosistem penghidupan musisinya sangat terjaga dan dihargai dengan harga yang pantas.

Gue ga ngomong gini karena dapet bayaran ya, tapi lingkungan GYO menurut gue nyaman hehe.

Orkestra ini terbentuk karena pak Prabowo suka musik klasik dan orkestra, sehingga orkes ini berfungsi sebagai hiburan untuk acara-acara pak Prabowo.

Gue yakin temen-temen musisi juga merasakan syukur yang sama dengan gue, karena GYO ini one of a kind banget.

***

Mendekati momen pemilu, gue menyimak tiga capres berdebat. Gue ngerasa paslon 01 sangat akademis, mengingat pak Anies Baswedan memang mantan rektor dan bergelar PhD. Paslon 02 memiliki character development yang gue suka terutama dari pak Prabowo, walaupun debat terakhirnya dibilang dingin dan main aman, tapi gue suka bagaimana beliau fair setuju dengan ide-ide bagus paslon lain. Paslon 03 menurut gw yang cemerlang adalah cawapres pak Mahfud MD, beliau berbicara sesuai kompetensi dan memaparkan pengalaman real sehingga jauh dari kata perandai-andaian, untuk pak Ganjar gue ga punya opini apa-apa sih jujur aja, buat gue karakter dan orientasi politiknya 01 dan 02 menutupi 03, i’m so sorry.

Terus pas mau nyoblos, gue jujur aja ngga serajin itu untuk kepoin track record caleg, sehingga gue milih caleg yang gelarnya paling panjang aja, minimal gue tau mereka pernah kuliah dengan serius (tanpa melihat isu beli gelar ya wkwkkw), gue memutuskan percaya pada proses pendidikan. Sehingga gue terbeli banget dengan caleg dengan embel-embel Dr.. Menariknya lagi, gue melihat caleg yang gelarnya sama kayak gue, “S.Sn., M.Sn.” Wah itu paku coblos melesat secepat kilat melihat seniman akademisi mau berkecimpung di dunia legislatif.

And nowwwwww the big question issss:

Pilpres nyoblos siapa?

I assume pembaca di sini pintar menganalisa teks yah, untuk menghindari perdebatan dan diskriminasi-diskriminasi capres (sumpah gue kesel banget sama orang yang memojokkan pilihan capres orang lain), pasti dari tulisan ini kebaca banget kok gue milih siapa.


Salam pilpres 2024 damai!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top