Categories

SOCIAL MEDIA

Senin, 19 Februari 2024

Suka-Duka Kerja di Jakarta dan Tinggal di Jogja

Cr: Pinterest


Sebagai musisi, kami paham banget kalo lapangan konser (lapangan kerja musisi wakakak) itu lebih banyak di Jakarta. Gue sedang mengalami dinamika ini, dan gue mengalami banyak hal yang bisa gue share untuk kalian-kalian yang mau menempuh gaya hidup yang sama,  baik yang musisi maupun yang non musisi.

Jargon “Kerja di Jakarta, Hidup di Jogja” kerap diidam-idamkan masyarakat, karena ceritanya gaji di Jakarta tinggi, biaya hidup di Jogja rendah.

Tapi benarkah kayak gitu?


1. Gaji Jakarta vs. Gaya Hidup Jogja


BETUL bahwa gaji Jakarta bisa 2-3x lipat gaji Jogja, terutama fee musisi. Ada beberapa orkes atau job di Jogja yang gajinya hampir setara dengan Jakarta, tapi ngga banyak, dan gak menjadi normal rate.

Tapi gini guys, kalau kamu di Jakarta, dengan gaji di Jakarta, akhirnya kebanyakan kamu pake biaya hidup yang mana? Ya biaya hidup Jakarta, karena selama kamu kerja kan kamu pasti minimal punya tempat bermukim, makan di sana, ngopi di sana. Jadi sebenernya kan sama aja… kecuali kamu ngejob di Jakartanya sekali-sekali aja, maka bisa dah tuh kamu menikmati gaji Jakarta dengan biaya hidup Jogjakarta.

Satu job di Jakarta misalkan Rp. 3.000.000 gitu ya, biaya kereta ekonomi premium PP ya pukul rata Rp. 580.000, terus ngekos atau hotel sekian hari (6 hari misalkan), akau patungan ngekos bareng temen, ya paling yang dibawa pulang ke rumah kurang lebih Rp. 2.000.000an atau kurang dari segituan.

Tapi jadi good deals kalau konsernya berturut-turut, jadi bisa double penghasilannya, tapi ya dijaga aja gaya hidupnya biar bisa bawa pulang banyak ke Jogja. 

Tapi ya kalau mega job banget, akan lebih banyak cost di Jakartanya dibanding Jogjanya.

Sebaga orang yang meng-utilized hal ini, gue merasa tetep good deals sih dengan kerja di Jakarta dan tinggal di Jogja dari segi finansial. 

Tapi….

2. Capek betul coyyy

Gue merasa tinggal seminggu di Jogja jadi sebuah kemewahan, bayangin dah kalo di Jakarta minimal spare sehari untuk perjalanan dengan kereta 8 jam. Oh jangan nyaranin pake kereta malem dan tidur di kereta ya, mana bisa, waspada terus, mana kondisi kereta kadang ga memungkinkan untuk tidur yang layak (not even nyenyak), apalagi kalo sebelah lo stranger. Gue sebagai perempuan sangat sumpah demi Allah was-was banget kalau tidur di kereta, takut dicopet lah, takut digrepe orang lah, takut ternyata pas tidur baju gue berantakan, jilbab berantakan keliatan rambutnya, no no no i cannot.

Salah satu pengalaman traumatis gue adalah naik kereta ekonomi malem-malem, walaupun sebelah gue suami gue, tetep aje depan gue entah siapa au dah, apalagi gue dapet kursi yang 3 orang BEUGH SEMPITNYE. 

Terus jangan ngatain gue klasis ya, tapi di kereta ekonomi tuh lapisan masyarakatnya kadang ga punya konsep higienis dan etiket yang sama, kadang suka naikin kaki di kursi depan, ada yang ngeludah di tisu dan tisunya dibuang sembarangan dan bauk, ada yang ngobrol berisik. Iya deng klasis, cuman gimana ya ini harus di-point out. 

3. Mode kerja

Pas uda sampai di Jakarta pun mode kerja semua, tau aja kalo orang Jakarta mode kerjanya gimana apalagi di industri hiburan. Gladiresik aja bisa ampe jam 12 malem, standbynya dari jam 12 siang, ya iya kalau dari jam 12, yang dari jam 7:30 juga banyaaaak.

Gue jadi mikirin soal kesehatan fisik dan mental karena asli berantakan dan capeknya 4x lipat dibanding kerja di kota yang sama.

Trafficnya coba dibayangkan tuh kalau tinggalnya di Tangsel atau Jaksel tapi lokasi kerjanya di Kemayoran, aaaak siap-siap kopi satu gentong.

Saat mode kerja, ga bisa yang tipikal abis latian (jam 9 malem, setengah 11 max) lalu nongkrong. Ya bisa sih tapi asli gue salut banget ma tenaga lu pada, gua sih uda mode bodoh banget kalau diajak nongkrong after hour. Nongkrong sebelum kerja? Ga mungkin coy mending turuuuuuu mending bobok hahahaha (kecuali yang energinya 600%)

Ini kan dari sudut pandang gue yang energinya selalu 70% ya, maklum batery healthnya uda gabisa ngecharge sampe 100% hahahaha.

Gue sampe tempat latihan tuh ya 60% lah, kelar latihan udah gabisa diajak ngobrol, udah 20% energinya. 


4. Balik lagi ke gaji

Desain kamar mandi baru karena sudah optimis akan punya duit dari lelahnya perjalanan kereta

Tapi zuzur emang enak hahahahahaha, berkat gaji Jakarta aku bisa upgrade kasur di Jogja ahahahahah aku bisa pasang AC ahahahaha aku bisa ganti horden jadi roller blind hahahaha aku bisa nabung ahhahaha

Kata orang, mumpung masih muda, semangat nyari duit.

Kalo kata gue, gapapa kalau mau milih full di kota yang UMRnya rendah ini demi kesehatan fisik dan mental, ga ada yang nyuruh lo tajir kayak Donald Trump juga, kerjain lah yang paling nyaman. Asli.

Gue sih menikmati ya, sebagai born and raised di Jakarta coret (Tangsel), uang adalah hal yang sangaaattt masuk akal untuk dikejar walau cape dikit (gak deng, capek banyak).

***

Pada akhirnya, gue jadi tau gimana dinamika diaspora Jawa yang nyari uang di Jakarta, kalian sangat tangguh dan sangat mantap dah pokoke.

Semangat ya!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top