SOCIAL MEDIA

Tuesday, 19 December 2017

[Sp.] Teman Bumil, Aplikasi untuk Bumil yang Ada Fitur 3D!

Gue inget banget pas dulu hamil, saat itu gue lagi sendiri banget karena bapaknya anak lagi di Bogor, yaa emang kerjaannya disitu sih. Untuk gue yang waktu itu masih 19, gue ngerasa selow aja, tapi kok kalo dipikir-pikir, wawasan gue tentang kehamilan tuh ya cetek banget?

Cetek karena umur segitu gue masih sibuk latihan biola (YAIYA), ngga mikirin perkembangan janin. 
Kehamilan awal sih yang paling menantang, secara masih kalang kabut kaaan sama pantangan ibu hamil. The good thing is, dokter kandungan gue ngasih nomor kontaknya dia, jadi tiap kali gue ragu tentang sesuatu, gue kontak beliau.

TAPI KALO NGGA PUNYA KONTAK DOKTER KANDUNGANNYA GIMANA? -_-

Ya udahlah pasrah aja. 
Nanya tetangga, disuruh makan timun. 
Nanya Google, kadang hasilnya suka ngagetin. 
Nanya keluarga, disuruh makan 23 biji nugget biar jadi penangkal setan. Ah terserah aja lah...

Begitulah balada ibu hamil, kadang ngga tau mau nanya siapa. Kalau nanya pun belum tentu dapet jawaban yang bener.

Tapi sekarang udah ada lho aplikasi untuk bumil-bumil yang butuh teman sekaligus partner dalam mengandung, Teman Bumil!

Kemarenan gue ke launching aplikasi Teman Bumil di Grand Hyatt tuh tanggal 29 November 2017. Asik banget sih parah, pas dateng udah ada 1 orang yang nemenin gue untuk foto-foto dan jelasin aplikasinya. IYA, 1 blogger dapet 1 orang pendamping gitu. Terus orangnya encourage untuk foto-foto pula.

"Mba ini cahayanya kurang bagus deh"
"Posenya gini ya mba?"
"Pake props mau ngga mba?"

YEEE MAU BANGET LAAAH HAHAHAHAH <3


Launching ini dalam rangka ngenalin aplikasi Teman Bumil, fungsinya, fitur serta filosofi dari pemilihan warna ungunya. Ya yang terakhir sih ngga dikhususkan banget, tapi kind of dijelasin sih kenapa pake warna ungu.

Aplikasi gadangan Gue Sehat  ini ngikutin langkah perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan ibu hamil dari segi wawasan. Karena jaman sekarang, makin banyaknya informasi yang berseliweran, makin bias juga hasil yang didapet.

Apalagi kita mah gadget banget lah. Rasanya nunggu kunjungan dokter selanjutnya terlalu lama untuk sekedar menanyakan hal-hal remeh seputar kehamilan.

Jadi seperti companion yang dibawa kemana pun, Teman Bumil pun begitu.


Acara ini dibuka dengan talk show bersama Robyn Soetikno (dua dari kiri, bukan dua lipa ya) sebagai Co-Founder Teman Bumil.

Robyn mengatakan bahwa Teman Bumil merupakan jawaban dari sedikitnya aplikasi untuk ibu hamil di Indonesia. Karena kalau dibilang "aplikasi ibu hamil", dari luar negeri ya udah banyak lah yaaa.. Tapi yang dari luar kan ngga relevan sama kondisi yang ada di Indonesia.

Ini juga didukung oleh Dr. Ardiansjah Darra (paling kanan) sebagai narsum dokter kandungan. Ia berkata bahwa di luar negeri mungkin bumil dianjurkan mengonsumsi salmon, tapi salmon di Indonesia kan ngga semudah itu untuk didapat. Jadi dengan aplikasi ini, bumil bisa menggantikan peran salmon dengan ikan lokal.

Nilai gizinya bisa disamakan dengan bahan makanan yang beredar di Indonesia, jadi bumil bisa memenuhi kebutuhan gizinya dan janin.

Karena perihal makanan ini juga, Robyn dan team juga memasukkan info-info seputar makanan yang harus dikonsumsi, mitos tentang makanan, pantangan dan segala macemnya.

"Karena di Indonesia masih kental sekali dengan mitos berbau klenik seperti bawa-bawa gunting lah, apa lah, maka dari itu konten Teman Bumil juga disesuaikan dengan kebudayaan yang ada". Jadi jelas banget kaaan kenapa Teman Bumil ini harus didownload.

Lalu ada Sandra Dewi yang berbagi pengalaman selama masa hamilnya. Sebagai soon-to-be mother, Sandra Dewi merasa terbantu banget dengan fitur Teman Bumil, dia jadi tau apa aja sihh yang harus dilakukan di minggu-minggu tertentu.

Terus ini ada layar yang isinya motion graphic ala-ala Ironman gitu, pertanda launchinya aplikasi Teman Bumil!


Sekarang kita ke aplikasinya yuk!
Pertama, download aplikasi Teman Bumil di App Store atau Play Store. Aplikasinya sendiri udah bisa didownload lho!

Ketika register, kita harus masukkan detail kehamilan seperti HPHT, berapa bulan hamil dan segala macemnya. Yaiyalah namanya juga aplikasi khusus bumil kaaaan..


Terus swipe kanan untuk melihat fiturnya. Naaah, kayak yang di atas ada Home, Checklist, Agenda, Album, Artikel dan Tips. Lengkap ya! 

Yang pertama, kita ke Home yuk untuk mengetahui info kehamilan.


NAAAAH, tiap minggu infonya akan terupdate. Ada hal unik yaitu Janin 360 untuk model 3D janin loh! Seperti di atas, kalau di klik, model janinya bisa diputer-puter depan-belakang-samping, zoom in-zoom out kayak sinetron juga bisa. 

DAN INI AVAILABLE DI SEMUA MINGGU KEHAMILAN LOH! Jadi mulai bentuknya kayak kecambah sampe kayak orang beneran juga ada. Puter-able pula, gila yea.


Tanda (+) pada janinnya juga merupakan info loh, seperti "Minggu ini, hidung janin mulai tumbuh", "Minggu ini lo gendutan", ya itu mah tiap hari sih..

Di bawahnya ada "info". BAGIAN INI LUCU BANGET DEH, jadi janinnya disamain sama makanan biar bumil lebih familiar. ILUSTRASINYA LUCU BANGET!






 Setelah itu, ada fitur Checklist untuk daftar hal yang harus kita tempuh untuk kehamilan sehat. Listnya ngga hanya yang 'ecek-ecek' lho, tapi meliputi tes kesehatan seperti TORCH, analisis kromosom, pemeriksaan darah rutin, hal-hal bersifat teknis dan medis lain. Bahkan beberapa obsgyn kadang luput untuk menganjurkan tes-tes ini. Jadi kita bisa lebih proaktif deh demi kelancaran dan kesehatan janin.

Kok bisa lengkap sihhh? Bisa dong, karena Teman Bumil dibuat berdasarkan riset dan rundingan dokter kandungan yang kompeten. Jadi semua info yang terdapat pada aplikasi ini dapat dipertanggungjawabkan.
 

Selanjutnya ada fitur Agenda nih, untuk nandain kapan harus kontrol lagi. Yaaa sebagai agenda sehari-hari juga bisa.



Selanjutnya ada Album untuk menyusun foto-foto janin (berupa USG lah masa selfie) yang akan diurut menjadi timeline. Kalau kita ganti hape, apa fotonya akan raib? Ngga dongssss, selama akun email yang dipakai sama. Semua foto keupload ke 1 account, jadi ngga usah khawatir dokumentasi anak jadi ilang yaaaa...


Artikelnya pun diurut berdasarkan minggu kehamilah. Kalau minggu ke 18, artikelnya seputar tendangan bayi, tendangan Kapten Tsubasa yang sampe 3 episode gitu kali ya maksudnya?

Ada juga nih tentang pantangan ibu hamil, yang pasti medis yaaa jadi ngga usah takut lagi makan-makanan yang katanya menyebabkan janin gugur. Kalau ngga medis mah santai ajaaa, ibu hamil harus seneng-seneng makan!


Lalu ada tips nih untuk mama-mama yang suka dikasih wejangan. Ada tips untuk hamil anak laki-laki, hamil anak perempuan, mencegah stretch mark, mimpi saat sedang hamil, makanan sehat dan banyak lagi. Tipsnya udah all-in-one banget dari janin sampe ke ibunya sendiri. Dan semua disortir menurut minggu, jadi ngga kemana-mana pembahasannya.


Jadi yuk download aplikasi Teman Bumil di Appstore dan Play Store! Bebas download, tanpa harus bayar. Wih padahal mah manfaat aplikasi ini gede banget!

Jadilah ayah, keluarga yang suportif dengan memahami kehamilan ibu dengan baik dan medic. Supply deh tuh oksitosin ibu ibu.

Kalau kalian, udah tertarik download? Donwload yuk!

2 comments :

  1. Tertarik bangettt. Dan sudah download. Emang aplikasi ini masih jadi yang paling lengkap di antara aplikasi lojal serupa. Semoga ada komunitas dan forumnya juga :)

    ReplyDelete
  2. Ku jadi penasaran hamil tu rasanya kek apa :'D

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top