SOCIAL MEDIA

Friday, 29 December 2017

2017 Ter-Gaspol


Semua pada buat summary ya? Gue juga deh! Karena tahun 2017 ini tahun yang cukup roller-coaster dibanding tahun sebelumnya.

I never really write about this kind of thing pada taun sebelumnya, ye coba aja yekaaan?

Banyak banget sisi dari dalam diri gue yang terbangkitkan pada tahun ini. Sisi yang udah lama dikubur, sisi yang menjadi kelemahan, sisi yang 'Nahla' banget.


Jadi menurut gue 2017 adalah taun dimana gue menemukan lagi diri sendiri. Taun dimana ternyata gue tuh pingin ini, gue butuh ini, Nahla ya seperti ini.

Perlu di-list gaksih? Yaudahlah ya list aja biar tulisannya mantap. AH baru 2 poin juga bakal bubar, liatin aja. Gua kan gitu, buku tulis aja kosong mau sok-sok buat list.

1. Nemuin passion dalam bermusik

Tahun ini ada dosen baru, namanya pak Tamam Hoesein. Beliau adalah musisi senior Indonesia. Projectnya banyak dari pemerintah, entah ngurus kompetisi apa, urusin peraturan copyright, bahkan menjadi director AFI 1 dan 2.
Tapi beliau berangkat dari genre jazz, genre yang gue idam-idamkan tapi ngga tergali. Sempat belajar di Jepang dengan kelulusan yang luar biasa cepat, menjadikan beliau menjadi..... ya jago lah ahahhah! Pernah sekelas sama Minoru Mukaiya!!!!! (Keyboardistnya band fusion Cassiopea)


DAAAAN beliau ngajar di STIKMI, tempat gue kuliah. Sebenernya gue udah off perkuliahan kan, tapi gue sengaja ambil kelas yang diajar beliau, kelas aransemen musik. 

Di sana gue belajar subtitute chord, two-five motion, chord-chord aneh HAHAHA duh pokoknya menguras otak banget lah! Bukunya mana susah pula.

Tapi di kelas ini, ide gue diterima dan dikembangkan banget. Ngga hanya diterima dan dikembangkan, karya gue direkam dan diwujudkan!

Karya yang gue buat kebanyakan berbentuk format band, format yang ngga diajarkan di sekolah karena basicnya klasik (biasanya anak klasik formatnya orchestra, string quartet dan alat-alat gesek lainnya). Sedangkan sejak SMA gue nyamannya aransemen combo pop/jazz.

WAH langsung terpacu banget dong? Langsung semangat untuk cari chord, bikin gubahan, bayar studio untuk latihan, kasih brief ke anak-anak, apalagi proses rekaman yang asik banget.

Selalu merasa hidup terbahagia jika udah latihan band memainkan lagu aransemen sendiri, selalu merasa ALIVEEEE dengan berbagai macam adrenaline rush!

Ditambah pak Tamam yang sangat sukarela bayarin operator rekaman, studio latihan, bebas menggunakan rumahnya sebagai tempat bermusik. Gue merasa disupport dan terwujud banget! Gue merasa dukungan pak Tamam sangat real, nganterin dari proses pembuatan sampe proses rekaman.
Maka dari itu, gue melahirkaaaaan aransemen pertama gue yang udah di-mastering,
Blue Campaign - Melayang. Ditonton dong! Di sana ada full-scorenya juga.


Dan ngga hanya rekaman, pak Tamam juga ngga malu untuk bermain bersama kami murid-muridnya dalam satu band. Main lagu jazz tentunya. Silahkan diplay yah!



Wah gue merasa kemajuan banget dari segi semangat bermusik, inspirasi dan masa depan gue tentang bermusik. Gue jadi tau banget sebenernya gue enjoynya dimana. Karena gue sebenernya agak males main klasik, ngga semangat gitu lho, ngga ada sparksnya, ngga semangat ngulik apalagi latihan.

Dengan genre pop-jazz ini, gue lebih terbebas dari dogma-dogma klasik yang yaaaaa ngga boleh diotak-atik, play by baca, robot banget aing males.

I've found myself in this genre! Terima kasih banyak untuk pak Tamam Hoesein atas segala perhatian dan pengajarannya. I'll do my best!

2. Berani bersuara

Karena dalam dunia nyata, gue pengecut banget. Ngga berani menyuarakan apa-apa, ngga berani memulai apa-apa, yang gue lakukan cuma ngedumel, menyesal dan meratapi hidup.

Tapi di tahun 2017, gue udah bisa menyuarakan ketidaksukaan, keprotesan, argumen yang menurut gue adalah kemajuan yang pesat banget.

Gue juga berusaha lebih jujur, lebih "Ya karakter gue emang gini, gue ngga mau nutupin apa-apa lagi". And trust me, itu ngebuat gue merasa lebih powerful dari kapanpun juga. Ternyata gue bisa ambil andil, gue bisa jadi leader untuk diri sendiri, bisa ngambil keputusan dan mengubah apa yang gue rasa ngga nyaman.

Tentu ini ngga lepas dari orang-orang sekitar yang, "Ya ngga apa-apa. itu diri lu, it's okay". Ngga lepas dari keluarga yang support keputusan dan apapun tetek bengek gue lah.

Dulu tuh gue ala-ala kalem soleha banget, sampai gue sadar kalo gue ya ngga gitu. Ye soleha mah amin lah ya, tapi kalem mah ngga. Tukang nyacat 2017 banget.

Yang paling utama sih gue uda bisa membuat langkah besar, memutuskan nasib sendiri, step out dari comfort zone. Ini sik yang ngebuat gue kenalan dan ketemu lagi sama diri sendiri. Jangan bayangin gue salaman sama kaca gitu ya, walo sedikit gila gue belom sampe situ sih. ...

.. belom.

Ini tahun yang tancap-gas banget untuk diri sendiri. Harus dirayain dengan sekantong empedu beserta ijo-ijoannya karena hati berhasil terdetoks-kan EAAAAAAA MANTAP.

(Gua mau masukin gambar empedu tapi jiji banget)

Terus apalagi ya? 2017 gue dapet bermacam anugrah dari Tuhan berupa skill yang diapresiasi, teman yang mencintai apa adanya, orang tua yang beneran tulus banget walaupun gue blangsak gini. Duh kalo gua punya anak kayak gua sih, uda gua jadiin pupuk kompos aja. 

Ngomong-ngomong pupuk kompos, sebenernya pup berguna juga loh. Bisa jadi pupuk, bisa jadi lahan numbuhnya magic mushroom, entah kapan manusia sekreatif itu makanin jamur tokay buat ngetrip?

Bisa tuh dijadiin slogan, "Tokay aja berguna masa lu kagak?".


Bodo amat, La..

Tahun 2017 walaupup (BAHAS PUP LAGEEE) ada stress-stressnya, sisanya mah waw banget. Gue jadi lebih mementingkan kesehatan diri, lebih rileks, lebih merasakan apa yang ga pernah gua rasakan sebelumnya.

I think 2017 is the beginning of my self-journey.

I think.


I U think think hahahaha
*jayus jir!*



4 comments :

  1. Good job!
    Terutama yang bisa bersuara. Karena kita belum ketemi, jadi casing mu di mataku itu vokal banget loh. Itu karena lewat tulisan blog ya. Kalo ketemu, kamu sering bilang pendiam, kalo gak diajak ngbrol bakal diam.

    Ah apapun kamu lah... 2018 semoga makin berguna untuk siapapun... :) dan selalu berprestasi....!

    ReplyDelete
  2. Proud of you, always have been <3

    ReplyDelete
  3. nahla ternyata kamu benar. 2 poin langsung bubar AHHAHAHAHAAH
    selamat tahun bayuuuu~

    ReplyDelete
  4. WOHOOO! Tetap menggebu-gebu tahun ini, Nahlaa~ \m/

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top