Thursday, 12 February 2015

Drama ASI; Berat Badan Kecil + Tips



"Kalau ASI ibu kurang, kenapa ngotot ASI eksklusif?"

Itulah sepenggal quote dokter anak di RSPI, dr. Aman Pulungan.
Memang, berat Mavi tuh hanya naik 400gr sebulan. Berat lahirnya 3kg, saat sebulan beratnya hanya 3.400kg.

Sakitnya itu pak, Ya Allah.. meneror hati banget. Rasanya gue gagal jadi ibu, gue gagal ngerawat anak, gue gagal semuanya.
Dan dokter ini pun gue rasa agak beda sama dokter klinik laktasi di EKA Hospital yang menyemangati gue nge ASI. 
Kok dokter ini malah ngejahotin banget ya?

Cuman ya bener emang, 400gr sebulan itu kecil.

Dan bener, gue patah arang divonis "ASI sedikit".
Kenapa? Karena gue selalu baca di forum bahwa gak ada ibu yang ASI nya sedikit, ASI itu hanya permainan pikiran.
Jujur gue kecewa sama dokternya, gue kira dia akan bilang, "Bisa dikejar kok bu, yang penting jangan stress, banyak makan, semangat ya!"
Eh ternyata dokter itu bilang hal yang mematahkan semangat banget.
Mana gue ibu muda cantik pula *trus hubungannya apa?*

Dan ketika gue ke dokter anak di EKA (Bukan dokter laktasi), beliau pun meresepkan susu formula.

Padahal gue inget banget, habis melahirkan ASI gue banyak..


Tapi gue gak nyerah!!

Gue yakin, Allah tidak akan menelantarkan ciptaanNya!

Dan akhirnya setelah googling, gue menemukan satu cara memperbanyak ASI.



1. Pumping

Gue pakai breastpump merk Medela Swing, ini memang gue udah beli sebelum melahirkan, nah kesalahan gue adalah: Gak pumping lebih awal.
Harusnya, gue pumping se awal mungkin, agar ASI gue lebih banyak keluar.

Semakin ASI dikeluarkan, semakin ASI bertambah.
Itu adalah prinsip mutlak ASI!

Jadi, untuk ibu-ibu, pompalah sedini mungkin, ASI nya bisa ditabung di botol kaca untuk siap-siap kalau mau mulai ngantor atau kuliah lagi.



Akhirnya, gue pumping saat umur anak gue 1 bulan. Awalnya gue optimis dapet banyak, ternyata..........
Ini hasil pumping ke 3 gue.



Sedikit? Iya.
Gak sampai ke garis sama sekali, dan inipun hasil dari kedua payudara gue.
Pantesan aja anak gue cuma naik 400gr.. 

Tapi ingat! Hasil pumping itu tidak memresentasikan jumlah ASI sebenarnya.
Ibaratnya, menyusui secara langsung itu pelukan dengan pasangan, sementara pumping itu cuma liat-liatan foto.
Ketika kita menyusui langsung, hormon kebahagiaan kita meningkat.
Katanya sih gitu.
Tapi saat awal-awal melahirkan, gue malah merasa trauma tiap ingin menyusui, ceritanya simpen buat lain waktu ya.


Tapi sekali lagi, gue gak nyerah!
Gue pumping, hasilnya gak beda jauh...
Karena gak cukup banyak utnuk disimpan, jadi gue buang aja ASI nya ke kloset..
Sedih, iya.

Lalu gue ingat, saat gue melahirkan, gue diberi suplemen ASI dari rumah sakit, namanya....


2. Milmor.

Milmor ini isinya plasenta sapi, kalsium fosfat tribasa, B12.
Ada jenis milmor yang 'herbal', tapi gue lebih suka yang 'kimia'.
Gak usah nge-judge gue karena gue milih yang kimia, coba lu ada di posisi gue.

Dan Milmor ini memang reaksinya cepat, dan Alhamdulillah... hasil pumping gue meningkat!

Ini hasil pumping dua minggu setelah gue pumping pertama kali.



100ml pertama gue! Kyaaaaaa~

Milmor ini diminum sehari 3x. Harganya sebox isi 6 strip @10 kapsul mencapai 120.000 an.


I swear by this.

Dan tips yang gak kalah penting....

3. Makan lebih banyak!

Serius.

Jangan mikirin badan dulu, gak munafik sih, gue juga mau langsung kurus pas melahirkan, gue gak mau jadi tipikal emak-emak gendut, apalagi umur gue masih muda bangettttt...

Tapi gak bisa sekarang, ada makhluk kecil yang hidupnya tergantung sama gue. Well, gak hidup juga sih, tapi makanannya itu hanya bisa gue yang menyediakan.

Makanlah sehari 3x, minum yang banyak, ngemil yang banyak.
Serius, ngaruh banget. Ketika gue makan dikit, ya ASI gue jadi dikit.

Karena ASI itu berdasarkan nutrisi dan kalori yang masuk ke badan.

Karena hal ini, berat gue masih sama kayak berat gue pas hamil 9 bulan.
Ya, gue gak turun se ons pun.

Malah sedikit naik.

But hey, gue dianugrahi wajah yang lumayan panjang, dan gue pake jilbab menutup badan, so......

Dan yang terpenting....

4. Dukungan.

Jujur, gak perlu muluk-muluk kayak bikin baliho ato bikin invitation di fesbuk tulisannya "SEMANGAT NAHLA KAMU BISA HORE".

Simpel aja: Jangan rese.
Udah, cukup.

Jangan ngumbar mitos, mencibir gue karena ASI gue dikit, mau nasehatin tapi jatohnya malah ngejelekin dan nge sotoy, apalagi nyuruh gue ngasih anak gue susu formula.

Seriously, just... give me a peace of mind.

Gue juga seorang ibu, keles. Gue tau apa yang terbaik buat anak gue.



Jadi, kalau kalian ingin berbicara ke temen kalian yang ASInya dikit, cukup bilang:
Semangat ya, pasti bisa!


Udah, cukup.

Untung ada suami gue, yang gue jadiin tempat curhat dan tempat cemberut kalo gue lagi kesel.

Dia selalu mencium kening gue saat awal-awal menyusui, saat Mavi bisa latch on ke dada gue.






Dan akhirnya....


Bulan ke 2, Mavi naik 1,1kg.
Tanpa sufor!!



Tuh kan gue bilang juga apa, gue, kita para ibu-ibu, pasti bisa menghadapi yang namanya berat badan kecil!


This is not the end of the world!

Bu, kita tuh bisa memperbanyak ASI!
Kalau ASI kalian masih dikit, coba lagi cara-cara lain: Minum susu ASI, minum suplemen ASI, makan lebih banyak, apapun itu!

Gak ada ibu yang ASI nya sedikit, adanya ibu yang belum nemu 'celah'nya aja.

6 comments :

  1. Replies
    1. Iya... kalo bukan kita yg semangat, siapa lagi..

      Delete
  2. Seneng banget deh baca post ini.. hore hore..

    Eh tapi itu dsa yang di rspi kok gitu sih.. kan dia terkenal di dunie per twitteran..
    Katanya bu dok yang terkenal di dunia per twitteran yang juga konselor laktasi juga gitu loh *jrenk jrnek jrenk*

    Jadi gosipp..

    Aniway.. semangat! Keren banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu gak lain gak bukan ya karena postingan kamu.... kalo kamu gak posting itu, aku mgkn udah nyerah sekarang..

      Mrs. Sanny Lie, thanks for the heartful post!

      Delete
  3. Baca ini jadi ingat, betapa susahnya memang memperjuangkn asi eksklusif utk anak kita.. Sy juga ngalamin kyk kamu, malah yg matahin semangat sy itu yaa orgtua sy.. Mereka bilang, revan ga ckup klo cuma ngandelin asi ..hrus d bantu sufor.. 😭😭

    ReplyDelete
  4. nahlaaa, akupun pas pertama pumping kanan kiri cuma dapet segitu hihihihi ada kali seminggu tiap pumping dapetnya segitu doang. terus bingung kenapa orang sekali pumping bisa ratusan mili. yatapi aku baru pumping di bulan kedua *menurut nganaaaa* hahaha aku tapi pakenya lactamor yang harganya sama kaya milmor HAHAHAHAHA kemudian bangkrut dan bertekad tanpa lactamor pun aku bisa! XD

    ReplyDelete

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top