Categories

SOCIAL MEDIA

Kamis, 06 Juli 2023

Pengalaman Operasi Laparoskopi Usus Buntu

Pengalaman Operasi Laparoskopi Usus Buntu - Seminggu sesudah acara nikahan, gue merasa pinggang kanan atas gue tuh sakit. Sakitnya ketrigger kalau lagi tarik napas dalem-dalem, kayak NYUUUTTT MEN sakit banget, namun trigger ter-simulasi neraka adalah ketika lagi bersin, duh sakitnya ampe tulang belakang, sehingga gue ga bersin karena ga sanggup nahan sakitnya. Posisinya ini kayak di pinggang, tapi di perut, rada tengah, tapi ngga terlalu ke belakang, ngerti ga sih? Posisi sakit yang aneh banget dan ga kedetect. 

Berikut ikhtiar gue dalam menyembuhkan sakit gajelas ini:


1) Ke Puskesmas

BPJS ye bunda, terus pas dicek tuh baik-baik aja, cuma dikasi obat nyeri doang sama vitamin. Kaga ngefek.

2) Manggil kang pijet

 Setelah beberapa hari mengeluh sakit perut-pinggang tersebut, orang tua gue merasa kalo itu tuh karena otot, karena kecapekan. Suami gue pun merasa bahwa ini karena nyeri otot, sehingga gue memutuskan untuk ikhtiar, yaitu manggil kang pijet (eh mbok deng, kalo kang kan lakik ya kwwkwkw). Pas dipijet, mbok ini bilang kalau “kak, ini anginnya udah dalem banget tuh kak”, lalu bagian pinggang itu dikerok ampe item SAKIT BANGET COY. 

Gue kira akan membaik, taunya KAGA JIR MAKIN NYERI gue kayak mo nangiessss....

3) Halodoc

Pas curhat pake halodoc, si dokter bilang kalo keknya ini sakit empedu dah karena posisinya di sebelah kanan. Setelah bla ble blo, gue diresepin obat empedu yaitu Urdafalk, obat nyeri, dan ape ye satu lagi, vitamin ape ye.

KAGA NGEFEK JUGA

4) Eka Hospital BSD

Akhirnya gue ke Eka Hospital BSD karena udah pasrah dan mau di jalan medis aja lah ya. Gue janjian sama dokter internis, dan beliau menganjurkan untuk tes darah, tes urin, dan USG. Gue si nurut-nurut aja yak, tapi ngantri USGnya buset boooosku, lama banget not rikomendit untuk orang yang punya kesabaran setipis tisu. 

Pas hasil USGnya keluar, ada peradangan usus tapi ngga keliatan ada usus buntunya. Empedu oke, ginjal oke, ape ape oke, tapi ya ada peradangan usus doang. Kaga jelas dah pokoknya, kayak kaga kebaca aja gitu. 

Gue balik lagi ke dokter internis, dan beliau bilang kalo tes darah dan urin gue tuh menunjukkan kalau gue ada infeksi bakteri or something, tapi sumbernya belum jelas. Lalu beliau menyarankan untuk CT Scan karena ini masi gajelas nieeee sumbernya.

Gue ke kasir lah untuk nanya kisaran harga CT Scan, dan pingsan banget pas kasir nyebut angka Rp. 4.700.000. Mungkin maksudnya totalan dari biaya dokter, tes urin, USG dan macem-macemnya ye, tapi tetep aja cuy gua menangis di dalam hati soalnya mahal banget.

Muka gue udah suram aja, terus kata dokter internisnya, udah kamu ke dokter bedah aja, mungkin dia bisa nyaranin opsi lain. Akhirnya gue dirujuk ke dokter bedah kan, pas ketemu dokter bedahnya, tetep aje disuruh CT Scan.

Di kala itu, aku hanya bisa ngechat Eki untuk make duit tabungan angpau nikah buat bayar CT Scan. Untung Eki tipikal yang “siap istriku”. Guanya yang kaga siap bang menghadapi bokek ini.

Pas CT Scan, baru ketauan kalau gue usus buntu. Panjangnya udah 8 cm cuy, gile itu usus apa uler sawah kata gw. 

“Nah, ibu usus buntu nih, dia posisinya di belakang, makanya ga kedeteksi USG”

Duh elu ye udah posisinya ribet, bikin bokek pula, ade-ade ajeeeee bun bun (usus buntu panggilannya "bun”).

Gue disaranin untuk laparoscopy, yaitu bedah ubuntu canggih dengan kamera, bekasnya kecil dan pemulihannya lebih cepat. Tapi harganya mahal banget cuy, di Eka Hospital tuh kisaran harganya Rp. 47.000.000, kan pingsan yak....

Akhirnya gue komunikasi sama mamah papah karena aku dan Eki ngga punya duit segitu euy, maafkan mamah papah karena aku merepotkan.

Di saat itu batin gue ngedown banget sih.....

“Duh, kenapa tiba-tiba sakitnya mahal gini sih... gaenak banget harus repotin orang tua, tabungan nikah juga jadi habis... hiks... maafkan aku ya orang tuaku dan suamiku”. Gue kena mental sumpah, isinya bingung, bimbang, sama bengong doang.

Mamah papah suamik sepakat untuk memasukan gue ke lemari es rawat inap biar besokannya di-operasi. Gue naik kursi roda udah lemes dah yak.

Pas masuk kamar rawat inap, alhamdulillah dapet kamar yang lebih bagus dari kamar yang gue pilih karena kamar yang gue pilih lagi penuh. Rezekii banget sih, walaupun kalau uda ada kamar yang tersedia, harus segera dipindah. 

Gue ditemenin sama mama karena suami gue di Jogja, kasian banget dah dia, di sana dia ngablu banget mikirin gue, ya sama sih gue juga ngablu banget mikirin dia dan mikirin duit.

Malem pertama di rawat inap, gua nangis banget nangis sumpah nangis senangis itu tapi diem-diem ajah takut ketauan mamah (tapi kan nanti mamah baca jadi ketauan donggg), cuman sumpah nangis banget CUY gila, berat banget perasaannya, karena

1. Merasa ngerepotin karena mendadak sakit yang butuh operasi

2. Merasa jadi beban orang tua

3. Tabungan nikah yang tadinya diplotting macem-macem jadi AMBURADUL semua byarrrr dhyarrr titik 0, kembali ke 0 ya kakak.

4. Kaga ada suami karena blio jauh

Miris banget ya baru nikah udah dihajar usus buntu dan kebokekan serta perasaan membebani keluarga ini, asli menyedihkan banget loh huhuhu.

Pak suami dengan keterbatasan jaraknya, menenangkan gue dari jauh. “Gapapa, uang bisa dicari lagi, yang penting kamu sembuh dulu”. LOVE BGT PAKSU I LOVE U

Besoknya gue operasi, di situ ada mama, tante, dan tante gue (kenapa gak sekalian bilang dua tante aja sih?). Gue uda ganti baju, udah nervous, udah didorong masuk ke ruang operasi.

“Ma, aku mau video call mas Eki dulu”, gue pingin video call sebelum dioperasi untuk dukungan mental.

Tapi dia ga angkat.

Gue memaklumi karena dia lagi sibuk sidang skripsi.

Saat masuk ruang operasi, gue dibius dulu, biusnya dari infus kalau ga salah. Kesadaran gue udah menurun, tapi masih sadar, terus dokter anastesi bilang “Yuk mulai”

GUE NYAUTIN

“BELUM DOK MASIH SADAR”

LAH KAN AKU TAKUT YAK KALO DIANGGAP UDAH PINGSAN PADAHAL BELOM

Sekian detik sesudahnya gue black out.

Bangun bangun, perut gue sakit, gue uda di ruang operasi tapi di bilik-biliknya gitu. “Wih gabut juga”, kata gue. Akhirnya gue kembali ke kamar. Alhmadulillah ngga menggigil, ngga mual, ngga pusing, ya biasa aja cuma nyeri di bagian perut.

Gue kembali ke kamar, disambut sama mama dan tante gue (kali ini ngga jamak karena tante gue lagi di bawah, ga di ruang operasi). Yang gue lakukan adalah? Video call mas Eki lagi. Mama nyodorin hapenya, gue ngeliat chat mama, “Mas Eki, Nahla pingin video call sama suaminya....”, namun tetap belum dibaca. Pas gue video call lagi, lagi-lagi ga diangkat.

Lalu kuambil hapeku, aku teror doi.

“Kok kamu tega banget ninggalin aku lama kayak gini? Kemana aja sih sampe ga ngecek keadaan istri?”

Gue GONDOK BANGET CUY, tanduk udah keluar.

Tante gue masuk kamar sambil bilang, “Nak, ini ada dokter mau visit”.

TAUNYA PAK EKI.

GUE KAGET




LAH KENAPA NI ORANG DISINI

DARI JOGJA

KAPAN BERANGKATNYA

KENAPA GUA GA TAU

KENAPA GAADA YANG TAU

KOK TAU TAU UDA SAMPE

Gue melihat pak Eki membawa gembolan bajunya dan menghampiri gue. Gue ngeliat kalo dia kusut dan lelah banget.

Gue ga nyangka banget mas Eki akan nyambangi gue ke Jakarta dari Jogja, padahal dia juga lagi sibuk banget. 

Kalimat pertama yang terlontar dari mulut gue adalah,

“Aneh banget sumpah”

“Gila lu aneh banget sumpah”

“Lu di sini aneh banget sumpah”

Abisan aneh, gue tuh posisinya lagi marah, lagi di bawah pengaruh obat bius, lagi nyeri, lagi sedih, terus pas ada Eki kan residu-residu perasaan gue masih ada banget ya, jadinya ngga bisa yang wow surprise terharu biru 💭😓

Mama langsung nyaut,  “Wah kita udah ga laku di sini, pulang yook..”

Akhirnya datanglah suamiku dari Jogja.

Gue tuh ga pernah punya pengalaman dirawat mas Eki ya, jadi gue juga meragukan kemampuan nursing dia, “Ah palingan ketiduran atau sibuk ngegame”

Eh ternyata nggak loh

Dia nyuapin, bantuin bangun, mendampingi gue, menyimak ketika dokter visit.

Sekali lagi... aneh banget.

“Kalau aku tidur dan kamu butuh sesuatu, misscall aja ya, hapenya aku bunyiin”. Dia begitu biar gue ga usa teriak teriak ga jelas buat bangunin dia.

Gue merasa ini pengalaman yang sangat unreal dan tidak nyata.

Masih kaget.

Dia juga mau melihat bekas operasian gue (dia sangat tidak sanggup liat yang begitu-begitu), ada tiga titik kecil yang membentuk formasi segitiga di pusar dan dua pinggang bawah. Kata dokter, gue uda bisa latihan bergerak agar ususnya ga lengket, jadi gue dibantu bangun dari tempat tidur sama pak Eki dan melakukan segala macam aktivitas ringan.

***

Setelah gue pulang, mas Eki pun nemenin gue untuk recovery sekitar semingguan. Dia semangatin gue untuk bergerak karena gue harus bergerak biar ga ada perlengketan usus. Dia bantuin gue bangun dari kasur, dan segala macam lainnya.

Di titik itu gue sangat berterima kasih dan melihat bahwa hmm ni orang ternyata cinta juga ya sama gue.

“Aku tuh dari kemarin gelisah mikirin kamu, pingin ke Jakarta buat nemenin kamu.”

Gue butuh waktu untuk ikhlas sama tabungan yang nihil, butuh waktu untuk ngga meratapi awal pernikahan gue yang dimulai dari usus buntu,  butuh waktu untuk menerima kalau perubahan ini kok ekstrim sekali.

Gue berterima kasih sama orang tua gue yang ga lepas tangan dan tetep mau mengupayakan kesehatan gua di rumah sakit yang terbaik, gue berterima kasih sama suami gue yang maksimal melakukan sesuatu buat gue.

Thank you.

Doakan semoga setelah ini gue hanya yang sehat-sehat aja.


1 komentar :

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top