Categories

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 03 Juni 2023

Why I Said Yes



 “Jadi, kamu mau nikah gak sama saya?”

“Hah? Mau...”

Begitulah cuplikan ajakan nikah sama Eki Satria lewat videocall whatsapp. Kami lagi bahas soal tabungan, Eki merasa bahwa dia harus mulai menabung untuk memulai hubungan yang serius ke jenjang pernikahan, tapi dia tuh kayak butuh konfirmasi kalau “eh lu tuh mau nikah kan yaaa sama gue?”. Lamaran ini tuh kayaknya sekitaran pertengahan tahun 2022 kalau gue ga salah inget. Kami tuh uda pacaran dalam hitungan bulan, berapa ya? Kayanya belom sampe 5 bulanan deh, asli gue selupa itu karena kejadiannya random banget cuy.

Gue waktu itu menjawab mau tuh ya refleks aja, wong dia nanyanya juga dadakan kok.

Tapi ada satu hal yang perlu kalian semua tahu, bahwa: aku tempe. Halah basi banget.

Oke, here’s the thing:

Aku sebenernya males menikah lagi.


Inner circle gue tuh udah paham banget bahwa gue sangat menikmati life as an unmarried woman, bisa bebas, tidak usah adjusting sana-sini dan hanya menjalani hidup dengan label Nahla aja tanpa embel-embel istri. Waktu itu, gue merasa bahwa ‘label’ istri itu berat sekali cuy. Ada sebuah kewajiban yang dipikul ketika menyandang status “istri”, kalo kewajiban gue sebagai individu kan seputar nyari duit biar ga repotin orang tua, bisa bantu-bantu bayar bill, terus ya bekerja dan bersosialisasi aja and i loveeeee that. Kalau jadi istri kan ga bisa sebebas itu ya.


Sehingga ketika aku ngga membayangkan akan nikah lagi, setidaknya dalam umur kepala 2. Aku nyaman sama hidupku yang seperti itu dengan aktivitasku. Aku udah membayangkan jadi istri itu harus ngurusin suami, masak-masak, nyuci baju, bersosialisasi ma tetangga, keluarga suami, dsb dsb

Eki pun tau hal ini pas awal pacaran, sehingga dia pun bilang kalau dia rada ogah kalau pacaran tapi ujung-ujungnya ga nikah, buat apa?

Ketika argumen soal pernikahan itu dimulai, kami membiarkan topiknya di situ aja, ga ada resolusi apa-apa. Eki tetap dengan opininya, gue tetap dengan ketidaksiapan gue untuk jadi istri.

Namun saat pacaran, gue ngulik banyak hal soal pandangannya tentang pernikahan, salah satunya soal tugas domestik yang membuat gue berpikir bahwa “oh nikah kayanya bisa dibikin lebih asik ya”, yaitu:

1. DOMESTIK

“Fleksibel aja”

Kalau males nyuci, laundry.

Kalau merasa ga perlu masak, ga usah.

Ditutup dengan kalimat, “Jangan maksain diri”.

Gue tuh melihat sosok istri sebagai sosok yang harus selalu on clock, professional, dengan tuntutan domestiknya. Kalau males masak ya ga boleh, sono lu masak. Males nyuci males ngepel ya ga boleh, sana lu kerjain itu semua dah. Sebagai orang yang berpikir bahwa istri memiliki tuntutan ‘profesi’, Eki ga menempatkannya di posisi itu. “Santai aja, fleksibel”. Kata-kata itu selalu dia ulang-ulang. 

Sehingga ketegangan profesi ‘istri’ yang ada di kepala gue bisa ternetralisir dan terkikis. Ini butuh waktu ya guys, gak gila-gila besoknya gue jadi hayuk nikah. Pembicaraan ini BERULANG ULANG ULANG ULANG ULANG ULANG, gue tanya mulu dari Eki jawab santai, terus emosi, terus santai lagi.

Eki memberikan definisi baru label istri yang humanis.

Ini faktor terbesar yang membuat gue berpikir bahwa nikah tidak setegang itu. Ini penting ya, soalnya yang membuat gue males nikah lagi kan karena tuntutan yang tidak bisa ditolerir itu.


2. ANAK

Ini bukan masalah sepele ya guys, gue punya pandangan sendiri soal punya anak lagi. Satu hal yang bikin gue kagum adalah, pandangan kami tuh beda pas awal-awal ngomongin masalah anak.

Lama-lama Eki bisa memahami gue, pure 100% tanpa mencoba sok-sok mengubah sudut pandang gue soal anak. Dia ga mencoba negosiasi di topik super sensitif ini, untuk perihal anak, gue kasih nilai 100 ke Eki untuk rasa cintanya ke gue dalam ngikut value gue soal memiliki anak agi.

Eki melakukan sebuah aksi ‘ngalah’ terbesar sepanjang sejarah demi bersama pasangannya, gue nganggep ini besar banget karena mengingat dia orangnya kalo udah pengen kan sulit untuk dihadang ya wkkwkwk

Eki paham kalau kondisi gue beda sama perempuan lain, dan dia dengan ikhlas menerima gue. Sebagai orang dewasa yang punya bayangan soal keluarga, yang Eki lakukan sangat luar biasa buat gue. 

Seumur hidup gue ga akan pernah melupakan bagaimana ikhlas dan nrimonya mas Eki soal masalah anak. 


3. EKI TIDAK PERNAH MAU GUE KESULITAN

Disaat gue sulit, Eki selalu menjadi nomer satu yang nolong gue.

“Kamu harus rilis stress ini”

Gue ga akan pernah lupa gimana proses kami beli cincin tunangan ketika kami ga nyiapin budget sama sekali untuk cincin. Dengan budget yang ada, gue kesulitan banget untuk mencari cincin itu. Eki dengan segala kemampuannya, bekerja lebih keras untuk memenuhi yang tidak direncanakan. 

“Udah beli aja yang bagus... gapapa nanti uangnya dicari lagi”

Cincin tunangan gue bukan hanya simbol pengikat, tapi simbol berjuangnya Eki untuk meminang gue dengan layak. 

Setelah menikah pun gue akan pindah ke Jogja, namun sebelum gue pindah, rumah Eki harus dibereskan dulu dan dengan kondisi dia yang beberes sendiri serta kondisi rumah yang belum kondusif, Eki bilang gini saat pamit ke Jogja,

Kamu tunggu dulu di sini ya... Aku mau beberes dulu agar kamu lebih nyaman”

😢

Ini mungkin terdengar biasa aja ya, tapi buat gue yang tau kondisi riil Eki, gue bener-bener merasakan bahwa Eki ngga pernah sekalipun ada pikiran untuk membuat gue ga nyaman dalam hidup bersamanya.

Gue ga pernah diminta untuk ngambil resiko yang ngga nyaman seakan itu kewajiban gue sebagai istri, contohnya seperti, “ya kamu kan istri, ngikut dong”, “ya adanya segini, biasakan dong”. Terlepas dari gue yang memang siap adaptasi sama lingkungan baru, Eki selalu berupaya menyediakan lingkungan yang paling nyaman buat gue.

Dia selalu berusaha provide agar hidup gue lebih mudah.


4. EKI GIVES HIS BEST


Eki memberikan apapun yang dia punya buat gue. 

Gue tau apa-apa aja yang dia miliki, dan gue tau bahwa Eki ngasih hampir semuanya buat gue dan hanya menyisakan sedikit buat diri sendiri.

Gue tau seberapa dia harus berhemat buat diri sendiri, tapi ngga pernah ‘nawar’ buat keperluan pernikahan kami.

Gue tau capeknya dia harus bolak-balik ke Jakarta, kondisi keuangan dia, dan Eki mendorong itu pada titik maksimal. 

Pada titik gue merasa kalau dia kasih 90% yang dia miliki buat gue dan menyisakan 10% untuk diri sendiri. Disitu gue tau seberapa besar kemauan Eki untuk hidup bersama selamanya sama gue.

DAN tidak pernah ada satu keluhan pun yang keluar dari mulut dia ketika menjalani proses yang sangat memakan energi tersebut. Tidak pernah sekali pun dia ngeluh padahal gue tau bahwa dia di posisi struggling yang sangat menguras energi dan uang. Dia ga pernah nyalahin gue dengan kalimat, “demi kamu nih aku kaya gini, kamu jangan ngeselin makanya, bersyukur lah jadi orang”, “duh susah banget idup hadehh demi kamu nih semuanya nih aku jadi kayak gini”. 

Belum lagi masalah emosional di mana Eki sangat berjuang memperbaiki isu-isu berat dalam hubungan kami, dimana dia belajar adaptasi biar diterima keluarga, dimana dia belajar terus menerus soal memperlakukan gue lebih baik. 


Eki gives his all.

Eki gives his best.

And i said, yes.

***









5 komentar :

  1. I'm single mom with 2 kids, my husband pass away 2 years ago. Baca ini rasanya hangat sekali. Doa baik untuk kalian berdua ya Nahla dan suami. Semoga jadi keluarga yang saling menguatkan dan membahagiakan satu sama lain

    BalasHapus
  2. I am so happy for you, Nahlaa. Semoga kalian langgeng dunia akhirat❤️

    BalasHapus
  3. Bahagia ya... setidaknya kamu memulai 'hidup baru' dengan orang yang membuatmu nyaman dengan segala apapun yang kamu punya... itu saja sudah cukup untuk menjadi 'hidup'. Dan semoga bahagia senantiasa menghiasi.

    BalasHapus
  4. Kenal Nahla bener-bener hanya sebatas postingan blog dan IG. Ikut seneng banget karena Nahla sama Eki saling bertemu. Semoga bahagia selalu ya

    BalasHapus
  5. I only knew nahla as a "Terong-blog-itu-lho." Congrats mbak terong. Mudah²an semua dimudahkan selalu yaa. Sebagai pengantin baru yg baru juga merasakan berumah tangga rasanya banyak yg relate sekali sama yg mbak terong bilang. Saya underline soal label istri yg humanis itu ya yg fleksible. Setuju.

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top