Categories

SOCIAL MEDIA

Minggu, 11 Oktober 2020

Review G Menstrual Cup

Review G Menstrual Cup

Berjuta-juta blogger bersumpah atas nama menstrual cup, katanya menstrual cup adalah gebrakan terbaru dalam dunia kewanitaan, lantas apakah aku langsung percaya?

YAIYALAH GILA KALI.

Gue tuh orang yang in trend banget, apapun yang majority lakuan, maka gue harus beli, gitu aja sih, namun yang membuat gue ngga ((langsung)) beli menstrual cup adalah... harganya! Hahaha.

Menstrual cup yang digadang-gadang sebagai ((FENOMENA)) adalah menstrual cup merk Organicup, harganya? 300 ribu-an :( walaupun fenomenal, tapi kalo harganya 300-ish duh ngga dulu deh, budget gue sama benda harta duniawi itu 200 ribu max, sehingga gue ngga berminat beli Organicup, bukan ga berminat ya, NGGA MAMPU HAHA.

Seiring berjalannya waktu, brand-brand menstrual cup lokal makin mencentreng di Shopee. Menstrual cup yang menarik perhatian gue adalah G Menstrual cup, yang harganya 159 ribu. Gue ragu banget awalnya karena diwanti-wanti sama temen gue, “eh jangan-jangan itu bahannya ga jelas? Ih jangan main-main deh, benda itu nanti dimasukin ke vagina loh!” And i was like, “okay huhu”, namun jangan sedih karena akhirnya gue meyakinkan diri membeli G Menstrual cup karena testimoninya yang bagus-bagus, and then... DEAL! I bought G Menstrual cup!

Deskripsi:

Review G Menstrual Cup

G Menstrual Cup terbuat dari medical-grade silicone yang biasa dipakai untuk bikin dot bayi, kateter, dan semacamnya, materialnya non-toxic, kayak hubungan aku sama dia halah norak lo.

Warnanya ada 2, biru dan pink. Ukurannya ada 3; XS, S, L.

XS untuk yang perawan dan belum berhubungan, S untuk yang uda berhubungan tapi belum melahirkan, kalau L artinya Lambemu halah. 

Gue beli yang L karena gua uda melahirkan secara vaginal, so yeah i’m your L cup yo.

The ((THING)):

Pas barangnya sampai, kita dapet box berisi instruksi, menstrual cup, dan pouch penyimpanan menstrual cupnya. Saat dipegang, gue kira bahannya lembut dan lemes, ternyata cukup tebel dan alot, butuh tenaga ekstra untuk mau mlenyot-mlenyotin, namun bahannya alot agar mudah terbuka di dalam vagina, jadi selaw gengs itsoke.

Kalau kalian liat di foto, ada satu keanehan, yaitu: ngga ada stemnya. Kenapa? Karena gue potong. Aslinya, di ujungnya ada stem sepanjang 2-3 cm untuk menjadi pegangannya, tapi at the end, gue gunting ujungnya sampe abis, kenapa? Nanti gue ceritain deh.

Review G Menstrual Cup

Ini penampakan bagian dalamnya, ada ukuran mililiter untuk mengukur volume darah yang keluar.

Review:

G Menstrual cup harus direbus dulu 3 menit di air mendidih, baru deh dimasukin ke vagina. Katanya tuh masukin menstrual cup ke vagina itu serem, masukinnya susah, harus dengan keberanian, namun gue memasukannya dengan nyali besar dan rasa kepenasaranan yang mengalahkan ketakutan, hasilnya?

MASUK! Gampang pula!

Gue pakai metode C-fold, yaitu dengan menekuk menstrual cup menjadi huruf C dan langsung shove it to your vajayjay sambil duduk di kloset, alhamdulillah langsung sit in dengan rapih, jangan lupa diputer-puter dulu dasar cupnya agar terbuka dengan sempurna di dalam. Ngga sakit, asli, sumpah dah, demi dah.

Review G Menstrual Cup
Teknik lipat C-Fold yang gue lakukan pas awal-awal pake menstrual cup

Habis dimasukin ke vagina, gua mencoba mengeluarkannya lagi, caranya adalah dengan mencubit pantat menstrual cup agar udara yang ada di menstrual cup bisa keluar, lalu tinggal ditarik aja! Proses ngeluarinnya ngga akan sakit selama vacuum udaranya udah dikempesin dulu. Kalau vacuum udaranya belum kempes, maka akan sulit banget untuk ngeluarin, rasanya kayak usus disedot-sedot ke luar (hidih).

Masalah masuk-keluar ini tuh easy peasy lemon hifzi, karena yang bikin drama adalah....

1. GANJEL BANGET MEN

Gue chat kak Icha untuk mengeluh, “Kak, kok ini ganjel banget sih!!!” karena rasanya emang GANJEL BANGET MAU NANGIS. Gue udah coba untuk potong 1 strip stemnya dan tetep ganjel, ganjelnya bikin gue kebangun tengah malam karena ngilu. Stem menstrual cupnya nongol banget tanpa harus ngeden, gue tau kalau biang kerok dari semua ini adalah stemnya,  tapi gue masih terlalu takut untuk babat habis stemnya, jadinya gue berusaha dorong-dorong lebih dalem lagi biar antenanya ga nongol, huhu tetep ga berhasil.

Namun karena gue udah ga tahan sama ngilunya, gua menerapkan teknik reverse menstrual cup, kira-kira begini:

Review G Menstrual Cup

Saat gue praktekin ini, langsung BOOM HILANG dan nyaman banget! Akhirnya ngerasain yang namanya “senyaman itu”, karena jadi invisible banget, lalu gue tau kalau gue punya ukuran cervix yang rendah sehingga gue ngga perlu ngeden sama sekali untuk meraba ujungnya, bahkan ketika stem-less seperti ini. Ka Icha sendiri bilang bahwa stem menstrual cupnya bisa masuk banget ke dalem sampai harus ngeden untuk meraba ujung stemnya, sedangkan gue ngga perlu ngeden walaupun menstrual cupnya ngga ada stem sama sekali.

Yang menarik dari sini adalah: kita jadi kenal sama tubuh kita sendiri, and that’s awesome!

2. Bau yang kurang sedap

Pas bersihin darah dari menstrual cupnya, gue ngga mencium bau apa-apa sama sekali, ternyata darah kotor kita itu odorless, ngga bau amis sama sekali.

NAMUN.

Yang bikin bau adalah cairan keputihan yang keluar di ujung siklus. Biasanya abis menstruasi, rahim akan mengeluarkan cairan keputihan untuk meluruhkan seluruh sisa darah yang ada di rahim.

Keputihan itulah yang baunya kurang sedap, tapi ini tergantung sama gaya hidup masing-masing orang.

Triknya adalah, di ujung menstruasi dimana darahnya udah dikiit banget berupa flek, menstrual cupnya dilepas. Tenang, kalau dilepas pun ngga akan tembus atau bocor kok, karena darahnya udah dikiiit banget, terkadang hanya keluar kalau kita pipis, so, aman!

Kalau udah terlanjur bau ga sedap, tinggal dicuci aja pakai sabun dan direbus lagi biar steril. Sabun apa? Sabun... mandi! Hahahah, harusnya sih sabun kewanitaan ya, tapi karena gue ngga punya jadinya sabun yang ada aja.

--

Review G Menstrual Cup


I have something to be flaunt on: i never had a leak!

Menstrual cup gue ga pernah nembus - satu kali pun - from day 1! Wow! Amazing riiight? Gue selalu make sure kalau menstrual cupnya kebuka dengan sempurna di dalem vagina, and it’s not that hard kok selama mau ‘ngulik’in bagian dasar menstrual cupnya, ingat: always double check!

Selain double check saat memasukkan, double check juga cupnya tiap lagi pipis, karena cup yang penuh bisa jadi penyebab leaking, gue pribadi selalu kosongin menstrual cup tiap harus ke kamar mandi, walaupun katanya bisa menampung selama 12 jam, tetep aja better safe than sorry, tenang aja makin lama makin jago kok proses lepas-pasangnya!

Is it recommended?

YES. YES. YES.

Dengan catatan: berani ngulikin badan sendiri.

Menstrual cup adalah proses mengenali organ intim; seberapa panjang cervixmu? Seberapa banyak darah menstruasimu? Seberapa banyak keputihanmu?

It’s MOREEE than just a menstrual cup, it’s a journey!

Belinya di sini ya! LAGI DISKON JADI Rp. 143.000!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top