Categories

SOCIAL MEDIA

Senin, 21 November 2022

Aku dan Eki yang (Tidak) Se-Soulmate Itu

Foto lamaran kami yang awikwok


 Iya, kalian tidak salah baca, aku dan Eki tidak se-soulmate itu.

Tapi kita memutuskan untuk naik kelas a.k.a lamaran pada tanggal 30 Oktober 2022.

“TERUS KALO GA SE-SOULMATE ITU, KOK MAU NIKAH??

Jadi begini, sebagai sedikit profil kami, gue adalah anak Banten Tangsel by heart, pemain biola by pride, circlenya sama anak jekate dan be-es-de banget, nongkrongku di Bintaro dan BSD, temen-temenku adalah temen-temen dari SMM BSD yang pas gede jadi musisi job-joban di Jakarta. Candaanku sangat Tangsel sekali, logatku juga rada Betawi walo aku ga keturunan orang sana. Terus aku anaknya metropolitan banget (huek) dan urban sekali (asik bgt i love myself but not really). S1 ku di BSD, S2 ku di IKJ. Musik yang kumainkan di IG adalah jazz progressive fusyen susah berhitung artimatika sinkop-sinkop gagap. Sebagai anak ibukota kelahiran 95, umurku adalah umur yang cukup buat dandan-dandan pake soflens dan bikin makeup tutorial. 

Eki, on the other hand, kelahiran Malang, SMA merantau ke Jogja sampe dia tua kek sekarang. Kerjaannya adalah pemain cello klasik terdepan pada masanya, sekarang jadi conductor orchestra dengan format klasik Barat abieeeezzz dan sirkelnya adalah bapak-bapak PNS. Eki fasih bahasa jekate karena berasal dari keluarga campuran Betawi - Jatim. Hidup Eki cuma di depan laptop sama di kampus doang pada masanya, oh sama di belakang stand part karena ngondak mulu. Doi ngakunya ga suka denger musik tapi boong karena kalo bersenandung lagu-lagu klasik mulu. Perbedaan 6 taun membuat jokes kami kok beda ya. Gaya hidup? Udah pasti sih ya. 

We are SO SO DIFFERENT, ampe detik ini gue jadi tunangan Eki pun gue masih kayak “dih kok bisa yaaa?? Bukannya kita BEDA BANGET??”


Awal-awal pacaran, kerjanya debat terus, karena banyak gaya hidup dan perbedaan kultural yang terlalu jauh banget, mulai dari habit nongkrong, habit keseharian, dan yang paling fatal: konsep boundaries.

Konsep batasan ini susah banget ya untuk dicari jalan tengahnya, apa yang kita ga boleh kita lewati, apa yang boleh kita nego, apa yang ga boleh dinego, syarat apa yang harus dipenuhi ketika melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. WOW, i never had this kind of talk in my life.

Di tengah perjalanan itu, kami emang sering capek banget sih, gontok-gontokan terus. Ngga hanya masalah gaya hidup dan batasan, masalah opini-opini sosial juga sering bikin ribut. 

We were fighting fighting debating repeat. 

Sampai pada bulan ke-sekian, gue merasa... “kok kita udah jarang ribut ya?

Kok bisa yaaa? Bukannya kemaren berantem terus? Kok bisaaaa??

Bukannya dulu gue berprinsip, “kalo dari awal udah ga cocok, ga akan cocok sampe belakang-belakangnya”? Ini kok bisa perlahan-lahan adem ayem, perlahan-lahan udah jarang ngomel-ngomel lagi. KOK BISA?

Setelah gue pikirin, itu karena kami berdua, BERDUAAA, bener-bener berdua, saling mencari jalan tengah. Ada yang lebih santai, ada yang lebih ekspresif, ada yang lebih menjaga batasan, ada yang lebih mawas diri, dan berbagai macam adaptasi-adaptasi lainnya.

KOK BISAAA?? (untuk yang ke sekian kalinya)

Kok gue bisa berubah jadi kayak gini? Kok bisa dia berubah jadi kayak gitu? Kok komunikasi kita makin enak? Kok dia lebih pengertian? 

Kami berdua orang yang sama-sama keras, tapi kami berdua, yang batu ini, sadar kalau kami begini terus, hubungan kami ga akan maju. Mas Eki sangat sangat beradaptasi sama gaya hidup gue yang nananininunu, dia yang ga terlalu suka telfonan, jadi telfonan tiap hari, dia yang awalnya ga kenal konsep kado, jadi ngirimin gue kue, kado ultah, dan hal-hal yang gue pengen (dengan bumbu-bumbu malak), lalu dia juga belajar cara menghandle ketika gw marah-marah. 

Gue belajar untuk ngga membuat dia was-was berhubung kami LDR, gue belajar buat paham apa yang bikin dia triggered, daerah sensitif dia, dan belajar memahami kondisi mental dia.

Usaha-usaha kami sangat berasa sekali.

Puncaknya adalah, ketika kami akhirnya berbicara soal pernikahan. Tentu saja gue terus terang dan terbuka sama ketakutan gue akan menikah, karena i didn’t want to remarry back then. Kalo sama Eki, walau kita akan berantem, gue tetep akan address the issue, jadi gue luapin semua ketakutan gue akan pernikahan. Eki menghandle dengan sangat baik sekali, dia menawarkan solusi, dia ngga berusaha ‘mengubah’gue, dia mengakomodir kekhawatiran gue soal pernikahan.

Ada beberapa poin yang cukup mengharukan tapi ga bisa ditulis di sini, tapi keputusan dan solusi dia saat itu, sangat membuat gue tersentuh. Intinya, betapa dia ngga mau gue repot dan stress dalam berumah tangga. Dia pingin bikin rumah tangga yang enjoy, yang santai, yang ngga ada pressure, setidaknya berusaha meminimalisir itu.

Setelah sekitar setahun pacaran, gue baru melihat ada orang yang melakukan effort segitu besarnya buat gue, secara mental maupun finansial. Usaha dia betul-betul berbobot, perubahannya banyak sekali. Ini kalo diketik semua, bisa-bisa gue nangis, ini aja udah berkaca-kaca hahhahaha!

Kami berdua punya trauma, dan perlahan we healed along the journey. We’re progressing a lot. Dua-duanya sama-sama adjusting.

Even though kami bukan soulmate yang semua-muanya sehati, kami adalah pribadi yang mau saling diskusi.

Kami mau berkembang dan bertumbuh bareng, kami mau berusaha untuk menemukan solusi, kami mau adaptasi.

Berbekal sikap-sikap itu, akhirnya gue bilang “mau” pas doi nanya “kamu mau gak nikah sama saya?” via video call. Dipikir-pikir apaan sih, spontan uhuy banget, kaga mau bikin occasion yang apeeee gitu?

Gue yakin sikap itu bisa jadi bekal berpasutri yang baik. Karena apalah hubungan manusia kalo ga ada progress apa-apa? Perubahan itu ngga hanya dari faktor internal, tapi external, kalau salah satu dari kami punya fixed mindset, kami ga akan bisa beradaptasi diguncang perubahan di sekitar kami.

Kalo gue keras, kalo Eki batu, kami ga akan damai sentosa kayak sekarang, pasti udah putus dari kapan. 

Aku berupaya memenuhi kebutuhan psikis beliau, beliau berupaya memenuhi kebutuhan psikis dan MATERIALISTIS SAYA HAHAHAHAHAHHA (matre alert). Bercanda, ya maksudnya kan, nikah butuh biaya ya, jadilah gue nana nini nunu untuk anu ini itu dan lain sebagainya (ngeles).

Komunikasi kami juga santai aja sih, ngga disopan-sopanin HAHAHAH. Kalo bercanda kaga difilter, kalo ngakak-ngakak bareng kadang suka act out. Karena ya gimana? Kami kan udah saling kenal jauh sebelum kami pacaran, jadi mau sok pencitraan mana sempaat keburu terlambaat. 

Ada masa-masanya gue scroll DM kami yang lalu lalu, dan gue bilang ke Eki, “Mas, gila ya gue akhlakless banget waktu itu”, dijawab sama dia, “EMANG KWKWWKWK”.

He’s such a nice temen nongkrong for me (ini penting). Karena jokes-jokes sopan gitu AKU TIDAK BISA HAHAHHAHA.


***


Di penghujung tulisan, gue jadi merasa, apalah pentingnya soulmate? Lebih penting kemampuan adaptasi. Ya, kalau soulmate sih ngga perlu adaptasi ya, tapi kalau dihadapkan di situasi yang harus beradaptasi, apakah bisaaa? Kan ngga belajar adaptasi.

“Mas, yang sodaraan aja bisa berantem, apalagi kitaaa? Ya berantem deh hayok, ayo diomongin aja, dicari solusinya, konflik itu ga bisa dihindari bukan”

Aku dan Eki tidak se-soulmate itu.

Tapi kami nyaman berdiskusi dan cari solusi. Sehingga apapun rintangannya, kami bisa jalani dan memecahkannya bersama-sama.


4 komentar :

  1. Aaaak suka banget mengikuti perjalanan cinta ini, bener2 ikut bahagia dan mendoakan kelancaran untuk hari pernikahan dan kehidupan rumahtangga nahla. Ga sabar banget nunggu cerita2 seru selanjutnya hehe.. dan ya aku setuju bgt sama isi blog ini. Benar2 seperti membaca perjalanan hidupku sendiri, tentang perjalanan bersama suami selama 5 tahun ini. Karena beneran sama bgt kita tu sering bilang kok bisa sih kita nikah, tiap hari berantem karena banyak perbedaan lalu sekarang udah sejarang itu berantem. Malah jadi kaya bestie bgt gitu hehe.. ternyata secara ga sadae kita saling beradaptasi seperti yg nahla sebutkan. Makasih banyak udah nulis ini nahla, ditunggu banget cerita2 lainnya yaa ❤

    BalasHapus
  2. Have fun through the Journey yaaaa. So happy to read this.

    BalasHapus
  3. Kok aku malah berpikiran berbeda, memang tidak sama ya pemikirannya. Tidak salah kalau menikah itu bukan hanya menyatukan dua orang, tetapi juga dua kepala yang berbeda. Memang agak sulit, untuk menyamakan pemikiran tapi kadang itulah yang mendominasi, yang buat pernikahan menjadi sebuah tantangan. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  4. Cicitku sayang, terharu baca kisah kalian berdua yang saling berusaha menerima segala kekurangan dan kelebihan masing masing.. Salut buat nak eki.. Keluarga bisa bertahan jika kalian bisa saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing masing saling tawadhu.. In shaa Allah kalian akan jadi keluarga sakinah mawadda wa rahmah Aamiin YRA
    Peluk cium buatmu nak dari sato di makassar

    BalasHapus

Halo..
Semua komentar akan dimoderasi, jadi jangan kasar-kasar yaaa...
Kritik dibolehin lah pastinyo, cuman yang membangun eaaa~

Back to Top